header

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura

Konten [Tampil]

Wah ga terasa ya sudah mau akhir Maret, artinya sudah memasuki musim semi nih. Eits tapi kan kita di Indonesia tidak mengenal musim semi. Iya dong kan kita cuma mengalami 2 musim, kalau ga musim panas ya musim hujan, bisa jadi ada satu musim lagi yaitu musim buah (ngarang haha). 

Kalau sudah memasuki musim semi, kami sebagai warga Batam khususnya yang berada di dekat kawasan industri Muka Kuning sangat antusias menyambut waktu ini. Mengapa? Bagaimana tidak, sebab Bunga Sakura Batam akan bersemi dengan indah dimusim ini, persis seperti bunga Sakura yang ada di Jepang. Masa' sih? Beneran kok. Coba lihat gambar dibawah ini, ini di Batam lo. Ya, bunga sakura Batam atau tempatnya bunga Tabebuya sedang bersemi nih. 

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura

Baca juga : Pisang keju, kuliner Batam ramah dikantong 

Bunga Sakura Batam sebenarnya berjenis tanaman apa? 

Bunga sakura yang tumbuh di Batam ini sebenarnya adalah pohon Tabebuya, yang berbunga seperti bunga sakura yang ada di Jepang. Jadi pohon bunga sakura ini bukan jenis bunga sakura yang sama seperti di Jepang ya, hanya bunganya mirip sekali. Bunga Tabebuya memiliki bentuk pohon yang tinggi dan besar, Jika tidak berbunga maka pohon ini akan dipenuhi dedaunan yang rindang, namun jika sedang berbunga hampir semua daunnya berganti bunga. Tampak sangat serupa dengan bunga sakura Jepang. 

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura

Dilansir dari Wikipedia, bunga Tabebuya ini adalah jenis tanaman yang berasal dari Brazil, yang ditanam di iklim kering dengan minim perawatan makanya sangat cocok untuk penghijauan. Pohon Tabebuya ini memiliki varian yang bermacam-macam ada yang berwarna putih, pink, plum, merah,magenta, kuning hingga kuning jingga. Kebetulan bunga Tabebuya yang ada ada di Batam jenis Tabebuya yang berwarna merah muda (Handroanthus impetiginosus atau Handroanthus heptaphyllus) dan berwarna putih. Ada beberapa yang berwarna kuning (Handroanthus chrysotrichus) namun biasanya digunakan untuk penghijauan di kawasan perumahan. 

Kapan Saat Bersemi? 

Bunga Tabebuya ini atau lebih dikenal dengan nama bunga Sakura Batam sebenarnya mekarnya tidak memiliki jadwal yang pasti, namun lebih sering mekar di musim semi seperti sekarang ini, pada bulan Maret hingga April. Terkadang ada kalanya mekarnya juga tidak berbarengan, hanya satu dua pohon saja. Kebetulan di tahun ini mekarnya berbarengan jadi terlihat indah sekali. Biasanya bunga sakura ini akan bertahan selama kurang lebih 1 bulan bahkan lebih. Pohon Tabebuya ini bisa mencapai tinggi hingga 8 meter loh, namun jangan khawatir akarnya tidak akan merusak bangunan. 

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura

Salah Satu Destinasi Wisata Dadakan

Masa bermekarannya bunga Sakura ala ala  negara Jepang ini menjadi momen tersendiri bagi kami warga lokal maupun karyawan perusahaan yang berada di kawasan industri BIP. Waktu Istirahat makan siang atau jam pulang kantor akan menjadikan kawasan pintu 1 dan pintu 2 industri BIP-Muka Kuning menjadi lokasi foto dadakan. Bahkan tak jarang ada yang sengaja datang hanya untuk melihat bunga Sakura Batam ini dari dekat

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura
Foto di ambil dari arah pintu 2 BIP

Waktu pagi hari dan sore sehabis ashar adalah waktu terbaik untuk mengabadikan momen bunga sakura mekar ini. Wajar bila sangat ramai orang hendak berswafoto mengabadikan momentum yang hanya bisa di nikmati setahun sekali ini.

Rumah mom Queen yang hanya 10 menit ke lokasi bunga Sakura ini, pun sebenarnya ingin mengabadikan momen ini, namun karena baru memiliki bayi (lagi) maka niat ini diskip dulu. Tahun ini cukup melihat foto eyang uti (putri)nya, yang kebetulan baru datang dari Palembang bergaya disana sudah bahagia juga kok hehe. 

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura
Bunga Sakura yang berada di kawasan industri BIP

Lokasi Bunga Sakura Batam

Ditanam sejak tahun 1993, bunga Tabebuya ini berada di sepanjang jalan dan kawasan hijau kawasan Industri Batamindo Industrial Park (BIP) yang di kelola oleh PT Batamindo Investment Cakrawala (PT BIC). Sudah ada sekitar 1000an pohon Tabebuya yang ditanam disana. Jadi saat bunga ini mekar secara serentak pemandangan sepanjang jalan kawasan industri ini tampak seperti taman sakura. 

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura

Lokasi yang bisa di akses oleh masyarakat umum berada di kawasan industri sekitar pintu 1 dan pintu 2 BIP, sedangkan untuk masuk melalui pintu 3 yang berhubungan langsung dengan kawasan industri maka akan dimintai tanda pengenal sebagai jaminan keamanan. It's ok, dari pintu 2 saja bunga sakura sudah sangat cantik kok, apalagi disana memang pusat kawasan hijau BIP, memang spot fotonya disitu.

Bagaimana Menuju Lokasi?

Apabila teman-teman blogger ingin menuju ke lokasi, dari Bandara Hang Nadim Batam (HNB) - Muka Kuning (Batamindo) menggunakan taxi Bandara nanti bisa turun di halte BIP atau Plaza Batamindo. Tarif taxi argometer kurang dari 100 ribuan, bisa jauh lebih murah jika menggunakan taxi online, namun sayang taxi online tidak diperkenankan di lokasi ini. Perjalanan hanya memakan waktu kurang dari 20 menit kok, Jika menggunakan taxi. Jika ingin lebih murah menggunakan mobil Damri Trans Batam jurusan Bandara - Batu Aji cukup membayar 22 ribu saja, nanti turun di halte muka kuning (Plaza Batamindo), namun mungkin akan Memakan waktu lebih lama. 

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura
Warna hijau Gedung Plaza Batamindo nampak dari kejauhan

Jika sudah berada di halte Plaza Batamindo ini teman-teman tinggal jalan kaki saja melalui Pintu 1 Batamindo Industrial Park (BIP) menuju lokasi bunga sakura ini. Pohon Tabebuya ini tersebar di sepanjang jalan menuju kawasan ini. Jangan kaget jika ada security check karena ini memang kawasan industri jadi pemeriksaan dijadikan sebagai standar keamanan. 

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah ala ala Negeri Sakura

Jika sudah lelah berswa foto teman-teman blogger juga bisa kok nongkrong di sepanjang jalan ini, ataupun membeli makan dan minuman di food cout yang ada disekitar lokasi. Jika ingin lebih dingin dengan suasana mall, bisa duduk santai di lantai 4 Plaza Batamindo atau Panbil Mall yang berada tak jauh dari lokasi. Teman-teman blogger tinggal pilih saja. 

Penutup

So, bagi teman-teman yang sudah bosan dengan wisata yang lokal yang itu lagi itu lagi cobain deh wisata ala-ala negeri Sakura. Yuk datang ke Batam dibulan Maret hingga April nanti, mumpung bunga sakura Batam masih bersemi dengan cantik. Lumayan loh buat update instagram kamu hehe. 

Salam, 

Mom QueenMQ 

#AyoKeBatam #PesonaIndonesia

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

8 comments

  1. Bagus banget ya kak jadi pengin ngunjungi juga

    ReplyDelete
  2. Serasa di jepang ya mba, aku baru tau nih batam ada pohon mirip sakura. Semoga kapan-kapan bisa main ke sana ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sakura Kw ini haha... Kalo ke Batam mampir lah

      Delete
  3. Cantik banget bunga sakuranya mba. Orang-orang yag kerja disana bisa dapat pemandangan bagus nih di bulan maret-april

    ReplyDelete
  4. Ooww.. nama tanamannya tebubuya.. pernah tau bunga kayak gini di tepi jalan, tapi yg bunganya warna kuning.. hehehe.. kalau bunganya warna pink dan putih jadi mirip sakura banget ya.. keren deh. penghijauan sekaligus bisa jadi tempat wisata.. 😁👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabebuya Mba.. Iya yang warna kuning juga ada, tapi biasa ditanam di rumah-rumah sih. Yang pink paling mirip.

      Delete

Post a Comment