header maminca sharing

One day trip to Singapore, 9 tempat wisata favorit di Singapore yang instagramable ini bisa kamu kunjungi secara gratis!

Konten [Tampil]

Jalan-jalan selalu menjadi mood booster yang ampuh. Apalagi kalau jalan-jalannya ke tempat wisata favorit dan instagramable. Mom Queen sudah lama sekali pengin jalan-jalan lagi. Sejak pandemi mendera, praktis tagline " #dirumahAja lebih aman" menjadi alasan jitu untuk memendam hasrat liburan. 

Untuk mengobati kangen liburan, mom Queen sesekali membuka album lama saat liburan. Atau menggunakan fitur jalan-jalan virtual untuk berkunjung ke tempat wisata favorit. Kamu, kangen liburan juga ga?? Kalau iya, berarti kita sudah berada di fase "pengin piknik" hehe

Baca juga :

Nonton Final Euro 2020 sambil jalan-jalan virtual di London  

Pesona wisata pantai Reviola Batam

Awas ya, jangan sampai dipelihara lho! Kurang piknik bisa menyebabkan panik. Yuk dari pada makin panik, lebih baik kita jalan-jalan virtual lagi nih. Kalau kemarin kita sudah jalan-jalan ke London, Inggris. sekarang saatnya kita kembali menjelajah Asia lagi. Yuk kita one day trip ke Singapore. Nanti pulangnya bisa keliling tempat wisata di Batam juga. 

Title

Spoiler dulu ah, ini mom Queen eksplor negara luar bukan berarti tidak cinta Indonesia. Tetapi karena budget yang tidak ramah. Bahkan, berkali-kali Queensha mengajak ke Trans studio, karena iklan di TV. Tapi melihat harga tiket untuk ber-5, bikin pengin pingsan hehe. Itu belum lagi ditambah biaya hotel dan lain-lain.

Kami jadi berpikir ulang untuk mengajak mereka mengenal wisata negeri sendiri. Kadang biaya berangkat ke Legoland, Malaysia jauh lebih murah dibanding harus ke Trans Studio, Bandung. 

Biaya akomodasi tiket PP Batam - Johor Bahru, Malaysia saja tidak sampai 400 ribu sudah termasuk pajak. Anak-anak 215 ribu untuk tiket two way atau pulang pergi. Bandingkan jika harus ke Jakarta atau Bandung, harga tiket  Batam-Bandung mulai dari 700an ribu, itu pun sudah tiket promo.

Jadi, memang kadang mikir, apakah kami tidak nasionalis? Karena lebih mengenalkan anak-anak dengan indahnya negara luar dibanding dengan negara sendiri yang punya potensi jauh lebih bagus dari negara tetangga? Sekali lagi, Tidak! Ini hanya karena masalah letak geografis dan ekonomis. 

Semoga kita sepakat tentang ini. Apalagi, mom Queen termasuk dalam komunitas ibu-ibu pecinta promo. Ada promo tiket murah, kita pergi. Semoga (lagi) saat ada promo, saat ada rezeki hihi. 

Tapi wishlist yang terdekat adalah pengin ke Trans studio Bandung. Mupeng sekali lihat iklannya begitu gencar di TV yah. Ah tim marketingnya, memang pandai meletakkan iklan di waktu-waktu prime time-nya anak-anak nonton. 

One day trip to Singapore 

Banyak wisatawan lokal  baik dari Batam maupun dari luar kota Batam sering memanfaatkan piknik singkat ke negeri Singa ini. Biasanya para turis mengambil jalur keberangkatan dari Batam. Mengapa? Karena tadi, letak geografis antara Batam - Singapore sangat berdekatan.

Kira-kira sedekat antara Jakarta dan Bandung. Cuma bedanya, kalau Jakarta-Bandung bisa melalui jalur darat, tetapi Batam-Singapore harus melewati jalur laut. Jadi istilah one day trip to Singapore benar adanya, dan kita bisa keliling Singapore kok. 

Jadwal keberangkatan Ferry Batam-Singapore 

Jarak tempuh yang sangat singkat menjadi salah satu alasan pelancong menggunakan jalur Batam. Antara Batam-Singapore hanya memakan waktu 45 menit - 1 jam perjalanan dengan menggunakan kapal Ferry. Dan dimasa sebelum pandemi, kapal ferry Batam-Singapore mempunyai jadwal hampir setiap 30 menit. 

Namun saat pandemi sekarang ini, jalur kapal fery ini ditutup sementara. Saat awal pandemi, Singapore masih mengizinkan turis Indonesia masuk ke negaranya, dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun sekarang mereka sudah benar-benar menutup pintu (sementara) bagi Indonesia. Tapi, entah sampai kapan. 

Harga tiket Batam-Singapore 

Biaya tiket PP 350 ribu sudah termasuk pajak pelabuhan. Harga ini merupakan harga tiket di konter pelabuhan, tapi kalau membeli di luar konter, ada e-ticket harganya jauh lebih murah hanya 270an ribu saja. Murah banget kan? Iya, memang! Makanya kami bisa berkali - kali 'nyebrang' ke Singapore dalam sebulan. 

Tujuan wisata Batam-Singapore ini termasuk yang paling banyak diminati. Selain karena letak yang sangat berdekatan. Juga karena tidak perlu menginap. Kalau menginap disana kan lumayan harganya, untuk hotel kelas 'melati' saja di kisaran harga di atas 1 juta, belum termasuk sarapan. Mending stay di Batam, harga segitu sudah tidur di hotel berbintang! Plus dapat makan lagi. 

Untuk mensiasatinya, kamu bisa berangkat pagi-pagi jam 6-7 pagi, dan malamnya sudah bisa sampai di Batam lagi. Tujuannya agar bisa menikmati lebih banyak tempat wisata di Singapura. Oh ya perbedaan waktu antara Batam dan Singapore adalah 1 jam. Singapore itu seperti waktu WITA kalau di Indonesia. 

10+ barang yang wajib dibawa one day trip to Singapore 

Sekarang kita sudah sepakat mau wisata ke Singapore. Kamu boleh persiapkan diri, passport, KTP dan uang tentunya hehe. Berikut 10+ barang yang wajib kamu bawa ke tempat wisata favorit di Singapore . 

1. Pena 

Pena akan sangat berguna saat kamu diminta untuk mengisi check list dari kantor imigrasi Singapore. Beberapa pertanyaan seputar biodata diri, berapa lama di Singapore, hingga kapan terakhir bepergian ke Afrika. Jika tidak punya pena, kamu bakal kebingungan saat di depan custom Singapore. 

2. MRT map plus MRT card

Kalau bepergian dengan cara mandiri, kamu butuh banget yang namanya MRT map dan MRT card. Kamu bisa menggunakan aplikasi atau bisa juga memfoto saat tiba di stasiun MRT. Oh ya, MRT card juga penting lho. Kalau lupa, kamu bisa beli tiket MRT tanpa kartu. Namun hal ini memakan waktu lama dan lebih mahal.

Tapi sebetulnya ada deposit didalam setiap tiketnya. Lagi-lagi bagi yang tidak biasa, cara ini lumayan bikin bingung. Mom Queen lebih sarankan untuk membeli MRT card ya. Dengan MRT card, kamu tinggal tap saja untuk bisa menggunakan fasilitas ini. 

MRT card bisa di beli di konter setiap stasiun MRT seharga $12 ada deposit $5, dan isi $5. Syarat pembelian kartu perjalanan ini dengan menunjukkan passport. 

Perjalanan dengan kartu MRT ini super hemat, dengan 5 dolar aja kita bisa keliling Singapura lho. Paling yang agak mahal itu, dari Harbour Front kalau mau ke Changi Airport sekitar 3 dolar lebih. Tapi memang affordable, wong lama perjalanannya saja 1 jam lebih. Tapi dibanding naik taxi, MRT pilihan cermat untuk berkelana keliling Singapore.

3. Bawa alat sholat

Meski di Singapura terdapat masjid lengkap dengan alat sholatnya, namun terkadang kamu harus antri untuk menggunakannya. Jadi lebih aman kalau kamu membawanya sendiri. 

4. Tumbler Air Minum

Traveler tanpa tumbler itu seperti Hati tanpa Jantung wkwk (nyambung ga sih). Tapi bener, saking pentingnya tumbler bagi seorang Traveler. Itu adalah satu kesatuan. Jadi kamu belum dikatakan Traveler sejati, jika kemana-mana tanpa tumbler. Ini wajib dibawa ya. Udah jangan tanya kenapa. Tahu kan demi apa? 

5. Tukar uang secukupnya

Sebelum bepergian setidaknya kamu sudah punya rincian belanja atau pengeluaran selama berlibur. Takutnya jika tanpa perincian yang jelas, wisata kamu kali ini akan bikin kantong bolong. Sebaiknya bikin management pengeluaran, budget seperti belanja oleh-oleh, makan, transport dan sebagainya. Hitung! Setelah dihitung, kamu bisa tambahkan 25% dari budget sebagai dana cadangan. 

Total semuanya dan tukar di money change. Sebaiknya tukar di money changer di Indonesia ya, rate-nya lebih bagus. Lumayan kan bedanya bisa 10-20 poin. Ingat ya, mata uangnya Singapore yaitu dollar Singapore.

6. Camilan

Bawa serta camilan atau makanan instan baik berupa snack, roti ataupun mie instan. Nanti sangat berguna kalau kamu terlalu asyik eksplor Singapore, dan bikin lupa makan. Camilan bisa digunakan sebagai senjata andalan. 

7. Payung

Di Singapore, membawa serta payung adalah hal biasa kok. Banyak warga sana yang berjalan sambil membawa serta payung di tas mereka. Jadi jangan heran jika melihat orang berjalan dengan 2-3 tas di tangan mereka. Salah satunya ya Payung! 

8. Tisu basah

Bagi kita muslim, atau orang Indonesia yang ke toilet dan membersihkan dengan air mengalir. Namun tidak dengan kondisi di Singapore. Jangan harap kamu ketemu toilet dengan selang air disamping kloset. Tidak ada! Jadi, gunakan tisu basah untuk bebersih. Kelebihan toilet di Singapore itu selalu bersih dan harum. Selain itu juga selalu tersedia sabun cair dan tisu kering yang jumlahnya banyak. 

9. Gunakan Flat shoes

Selama sering bepergian ke Singapura dan pernah training disana. Mom Queen jaraaaang banget lihat wanita bepergian pakai high heels. Mereka lebih seringnya pakai flat shoes. Ya, kan transportasi utama mereka MRT, bukan mobil pribadi kayak kita di Indonesia. Jalan kaki 20-30 menit bagi mereka itu dekat. 

Pernah nih, waktu mom Queen di training di Singapore pas masih kerja. Waktu itu minta diberi tahu tempat makan yang halal. Karena mom Queen sukanya nasi ayam Hainan, di beri tahu tempatnya. Kata teman waktu itu,

"oh dekat kok cuma 10 menit." 

Oh No! 10 menit itu artinya 1 Km! Oh my goodness! Coba bayangkan langkahnya mereka gimana?

10. Kamera

Jika kamera hape dirasa kurang maksimal, boleh banget deh untuk membawa kamera dengan resolusi tinggi. Sayanglah kalau momen liburan kali ini tidak diabadikan dalam memori foto. So, bawa kamera ya.

11. Kereta dorong

Bepergian dengan anak-anak, wajib hukumnya membawa benda satu ini. Kita yang dewasa saja jika tidak terbiasa jalan kaki, bikin pegal apalagi anak-anak. 

Tenang kok, jalanan di Singapore sangat ramah dengan stroller ataupun kursi roda. Bahkan disana, ibu-ibu dengan stroller akan di dahulukan naik MRT atau menyeberang jalan. Mereka sangat menghormati pejalan kaki, apalagi pengguna stroller. So, ini item wajib di bawa kalau jalan-jalan dengan anak-anak. 

Itulah 10+ barang yang wajib dibawa saat wisata ke Singapore . Sebaiknya barang-barang ini dibikinkan list tersendiri sebelum berangkat. Sudah? Bagus!

9 Tempat wisata favorit di Singapura yang instagramable yang bisa dikunjungi secara gratis lho! 

Sekarang saatnya kita mengunjungi tempat wisata favorit di Singapore. 9 Tempat wisata favorit di Singapore yang instagramable berikut ini bisa kamu kunjungi secara gratis! 

1. Vivo city 

Mall ini terintegrasi dengan tempat wisata Sentosa island. Disini banyak juga spot foto yang instagramable. Sebut saja saat baru keluar dari pelabuhan Harbour Front, kamu akan langsung melihat spot foto dengan tulisan Star Cruise Centre Singapore. Spot ini semakin menarik dengan tampilan lampu-lampu yang cantik.

Beranjak ke lantai atas kamu bisa melihat taman dengan arena permainan air yang indah. Semua bisa dinikmati secara gratis. 

Vivo city Singapore

2. Sentosa Island

Untuk bisa sampai kesini sangat mudah, cukup dengan naik dari stasiun Sentosa Express monorel di lantai 3 Vivo city menuju Sentosa island. Oh ya, untuk naik monorail ini bisa gunakan MRT card atau beli tiket di tempat ya.

Di Sentosa island, kamu akan 'gatal' ingin berswafoto disetiap sudutnya. Karena memang menyajikan tempat yang indah. Sebut saja bola raksasa bertuliskan Universal Studio Singapore. Disini termasuk spot favorit pilihan pelancong.

Universal Studio

Tak heran, kamu harus antri untuk bisa foto disini. Oh ya, karena hampir rata-rata yang datang kesana orang Indonesia, mereka bisa kok sabar dan menunggu antrian foto dengan tertib. Tapi kenapa kalau sudah sampai Batam, tertibnya (kadang) langsung hilang wkwk. 

Di sentosa island ini cukup banyak tempat yang bisa dijadikan spot berfoto. Jadi karena kita judulnya one day trip, maka kita kesini cuma singgah sebentar untuk kepentingan dokumentasi semata. 

Merlion Sentosa


Dan satu lagi, naik monorail ke Sentosa island ini sebaiknya, jangan langsung turun di stasiun pertama ya. Tapi biarkan saja, kereta listrik ini membawa kamu sampai ke stasiun terakhir yaitu pantai. Agar kamu bisa melihat semua lokasi pulau ini. Setelah sampai di stasiun terakhir, kalau mau turun boleh tapi semua isinya pantai yang menurut mom Queen ga jauh beda sama pantai di Indonesia. 

 

Merlion Sentosa Singapore

Jadi mendingan ga usah turun deh. Soalnya kalau sudah turun disini nanti akan susah untuk dapat monorel pulangnya. Biasanya sudah penuh dari stasiun pertama. Tetap didalam MRT dan silahkan nikmati kembali pemandangam Sentosa island. Silahkan turun di statiun pemberhentian pertama. Universal studio.

3.  Merlion park

Merlion Park merupakan Ikon dari negara Singapore yang cukup instagramable. Kayaknya ga sah deh, kalau ke Singapore tanpa berfoto di ikon Mermaid dan Lion ini. 

Untuk menuju kesini kamu bisa naik MRT dan turun di stasiun Raffles Place. Dari situ, kamu tinggal keluar stasiun dan berjalan melewati Singapore river. 

 

Merlion Park Singapore

Kamu bisa menyusuri sungai ini sambil berswafoto kok disini. Bagi yang membawa anak-anak silahkan gunakan kereta dorongnya. Karena perjalanan lumayan bikin otot kaki tegang hehe. 

Singapore river

Dari Singapore river ini kamu berjalan menuju ke arah Fullerton Hotel. Setelah sampai di Fullerton Hotel. Kamu tinggal menyeberang saja ke bangunan yang ada tulisan "One Fullerton". Dari situ akan tampak jelas Merlion Park. Kamu tinggal mendekat dan turun ke bawah untuk mendapat spot foto yang bagus disini. 

Disarankan datang jam 10.00 - 12.00 waktu setempat. Siang cuaca sangat panas dan terik. Tidak ada salahnya gunakan payung. Jika hendak ke toilet di dekat Merlion Park ini, kamu tinggal turun sedikit ke arah bawah, nanti ada petunjuknya disitu. 

4. Singapore Flyer

Singapore Flyer merupakan bianglala raksasa yang menjadi salah satu ikon negara singa ini. Untuk bisa mencapai tempat ini, kamu cukup naik MRT dan turun di Station Promenade kemudian keluar Exit A. Kalau berniat mau naik ke Singapore Flyer juga boleh kok. Tiketnya seharga $33 saja untuk dewasa, dan $21untuk anak-anak. Dari atas sana, kamu akan disajikan indahnya Singapore dari atas langit. Namun kalau mau yang gratis, boleh banget kok cuma untuk foto dengan latar bianglala besar ini. 

5. Orchad Road

Orchad road merupakan nama sebuah jalan di Singapore. Meski sebuah jalan, Orchad road merupakan tempat yang sangat populer. Banyak tempat yang bisa kamu jadikan spot foto disini. Orchad road merupakan surganya kuliner dan belanja di Singapore. Sebut saja seperti Lucky Plaza, Mal Ion Orchad dan Takashimaya. Karena disini memang sebuah jalan, maka tak heran kamu akan melihat banyak turis berlalu lalang disini. 

Orchad road buka hingga pukul 22.00 waktu setempat. Namanya juga jalan, jadi akses masuk ke sini ya gratis dong. Untuk bisa sampai kesini, kamu bisa menggunakan MRT dengan jalur merah dan berhenti di Orchad atau Somerset. Selanjutnya tinggal jalan kaki deh ke Orchad Road. 

6. Marina Bay Sands

Nah kalau Marina Bay Sands pasti sudah familiar kan buat kamu? Sering lihat foto dengan latar belakang tiga gedung tinggi dengan kapal diatasnya? Inilah Marina Bay Sands. 

Marina bay sands Singapore


Kamu bisa kesini dengan menggunakan MRT dan berhenti di stasiun Marina Bay. Sebenarnya karena singapore itu wilayahnya kecil, jadi saat melewati Singapore river, kamu bisa juga kok mengambil spot foto dengan background Marina Bay Sands. 

7. F1 Road Race

Sekalian sudah di Marina bay, kamu juga bisa menyaksikan sirkuit Marina Bay Singapore. Tempat inilah yang digunakan sebagai ajang Formula 1 Singapore Grand Prix.

Tempat ini akan sangat ramai dengan turis saat event balap mobil dunia. Hmm kalau kesini saat event F1, kamu akan terkagum-kagum dengan hebatnya tekhnologi yang digunakan di Singapore.

Negara ini bisa menyulap jalan raya menjadi tempat balapan. Tahu kan kualitas jalan rayanya sebaik apa? Artinya jalanan ini sangat bersih, bebas dari debu dan pasir. Kalau beruntung kamu bisa kok foto dengan mobil mewah di ajang F1 itu. 

8. Little India

Ingin berfoto dengan suasana layaknya di negeri Bollywod? Cocok bagi kamu untuk mengunjungi Little India. Tempat dengan suasana khas kampung India. Ornamen dan arsitekturnya mirip banget seperti di India. 

Little India ini ga jauh kok dari Orchad Road. Untuk bisa kesini, kamu tinggal naik MRT jalur ungu atau biru. Lalu turun di Little India Station atau di Farrer Park Station. Dan silahkan menemukan spot foto dengan arsitektur India. 

9. Bugis Street

Kalau ini adalah pusatnya oleh-oleh khas Singapore. Seringnya ketemu turis asal Indonesia disini. Jangan takut dapat harga terlalu mahal. Biasanya barang-barang yang ditawarkan disini sudah harga pas. Selalu tertera harga di dekat etalase seperti $5 for 3 atau $10 for 3. Untuk dapat mencapai tempat ini, kamu bisa naik MRT  jalur hijau atau biru dan turun di Bugis Station. Tempat ini bisa dikunjungi dari pukul 11 pagi hingga pukul 22.00. 

Itulah 9 tempat wisata di Singapore yang bisa kamu kunjungi saat melakukan one day trip to Singapore. Masih banyak tempat indah lagi kok yang bisa kamu eksplor di Singapore. 

Next ya, kita bahas tempat indah lainnya di Singapore, seperti Jewel, Chinatown dan rekomendasi tempat wisata favorit di Singapore lainnya. 

Yang pasti siapkan kaki untuk bisa berjalan-jalan menyusuri setiap sudut negara ini. Selamat berlibur! 


Salam, 

Mom Queen 


Note:  

Informasi yang tertera didalam artikel ini adalah informasi sebelum pandemi covid-19. Saat ini Singapore menerapkan travel warning dan travel regulation terhadap semua turis mancanegara termasuk Indonesia. Semoga pandemi covid-19 bisa segera berakhir. 


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

26 comments

  1. Bener mom queen aku suka iseng liat2 tiket jkt-spore lebih murah ketimbanh jkt-local. Jd ak emg paham bgt kalau orang batam ke spore atau malaysia bukan karena ga nasionalis tp emang ekonomi & geografinya lebih terjangkau. Aku belum pernah nih ke sana. Bava ini jadi ada gambaran harus ngaoain aja di sana. Semoga pandemi segera lenyap dan bisa jalan lagi tanpa halangan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn.
      Iyak, ini mah kayak luar kota aja sih, cuma bedanya pakai passport hehe

      Delete
  2. Wuaaa lengkap kali Mom, jadi kangen liburan jauh :').
    Bisa banget nih beberapa tipsnya dipake waktu berkunjung ke Singapore atau negara lain. :D
    Yoklah pandemi kelar :') huhuhu

    ReplyDelete
  3. Mq orang batam ternyata hihihi,, aku jadi inget kakak kelas ku, yg setiap liburan perginya ke Singapur, ternyata memang faktor ekonomi dan geografi

    ReplyDelete
  4. Masya Allah jiwa petualangku memberontak.
    Butuh piknik beneran deh.

    Btwz serius aku baru paham kenapa temanku yg kerja area barat Indonesia sering berkali2 nyebrang me Singapur. Jahahhaa nah tulisan mbak mencerahkanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo wisata macam ke Jawa atau Bali itu baru beneran wisata kalo kita.. Tapi muahaaal wkwk

      Delete
  5. Tempat-tempatnya unik-unik gitu. Ah, malah ngiler kebersamaan sama keluarganya. Pun pasangan hehehe.

    ReplyDelete
  6. Asli, dari dulu sering banget bertanya-tanya kenapa tiker ke singapura atau hongkong lebih murah dibandingkan tiket ke papua atau seumatra. Hihi

    ReplyDelete
  7. Lebih deket ke Singapura ya mba dari batam, ah aku cuma wacana aja nih mau ke sana, sampe udah punya anak dan sekarang pandemi wkwkwk
    Tp tertarik jg buat ke thailand

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ya, Thailand juga bagus lho.. Dari Batam lebih hemat, mau juga ke Kho phi phi aku.

      Delete
  8. Cuzzz kt berangkat stlh badai covid berlalu

    ReplyDelete
  9. Salah satu enaknya tinggal di batam ya ini ya Mom, bocoran nih TSB malah krg kids friendly Mom..lebih enak ke objek wisata alam klo ma bocil, mampir sini ya Mom klo ke Bandung, xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu yaa.. Itu iklannya ada snow play gitu, anak-anak jd mupeng. InsyaAllah setelah pandemi berakhir yaa..

      Delete
    2. Nah klo snowplay nya belum nyobain aku mom pdhal di dket bekasi juga ada. Htm nya menguras kntong soalnya >.<

      Delete
  10. Ah... Jadi pingin ke sana lagi. Singapore emang jahat ya! Selalu bikin nagih kesana lagi. Btw, tips nya kurang satu tuh: jangan lupa siapkan uang dolar singapore untuk belanja. Jangan lupa juga bawa ATM kemana-mana

    ReplyDelete
  11. lengkaaap...tinggal nunggu duitnya ajah aq ke sna xixixixixi
    eh nunggu pandemi juga deng, baru kali ini liburan gabisa ke singapur karena pandemi


    biasanya karna ga ada duitnya
    wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  12. Salah satu detinasi favorit Bunda. Kadang hanya duduk di salah satu bangku di orchard road sambil makan es krim rasanya sudah sangat menyenangkan.
    dulu Bunda sempat berobat bolak balik ke Singapore, Alhamdulillah sudah sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sama kita bun.. Makan eskrim di Orchad, modal 2dolar udah bisa eksia wkwk

      Delete
  13. Lengkap banget si mba tulisannya, bisa jadi referensi kalau liburan ke singapura nih:)
    Kalau baca tulisan gini tuh jadi pengen liburan. Udah lama banget di rumah mulu nih :D

    ReplyDelete
  14. Duh, jiwa jalan-jalanku meronta baca postingannya. Jadi pengen jalan-jalan. Kalau dari daerahku, Padang, tiket ke Spore memang lebih murah dibanding tiket ke Jakarta

    ReplyDelete

Post a Comment