header

Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 2 Tahun, Cek 5 Penyebabnya!

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Punya anak dengan usia yang berdekatan membuat Mom Queen harus pandai mengelola emosi dengan baik. Jika salah menempatkan emosi maka memori indah masa kecil anak-anak balita saya akan terlukai. Tentu ini bukanlah yang diharapkan oleh saya dan semua orang tua.

Cara Mengatasi Anak Nakal Usia 2 Tahun

Saya ingin sharing pengalaman cara mengatasi anak nakal usia 2 tahun. Disini saya sangat tidak setuju jika ada orang yang melabeli anak dengan sebutan anak nakal. Karena itu bukan saja melukai hati mereka, namun ini akan menjadi preseden buruk terhadap dunia parenting.

Hmm Sepertinya saya terlalu overthinking, sehingga mengkhawatirkan masa depan. Namun, hal ini bukan tanpa alasan, secara tidak langsung pola pengasuhan kita sangat dipengaruhi oleh pengasuhan orang tua kita zaman dulu.

Label anak nakal seperti stigma yang selalu melekat pada anak yang tinggi eksplorasi. Maka, untuk kedepannya saya lebih senang menggunakan istilah anak aktif atau anak pintar sesuai minat dan bakatnya sebagai pengganti istilah anak nakal. Bukankah ada 8 jenis kecerdasan anak yang bisa di eksplorasi? Mungkin kita perlu menggali ulang pengetahuan tersebut.

Cara Mengatasi Anak Nakal Aktif Usia 2 Tahun


Memiliki anak adalah impian terbesar bagi pasangan muslim yang telah menikah. Karena dalam salah satu sabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam mengatakan, kelak dihari kiamat Rasulullah sangat membanggakan umatnya yang banyak. Maka, wajar bila umat muslim yang kaffah, sangat ingin memiliki anak sebagai penerus keturunan dan mengikuti sunnah Rasul.

Beberapa hari lalu, saya mengikuti kajian parenting di sekolah anak pertama saya. Setiap pekan, sekolah dasar Islam tersebut selalu mengadakan pendidikan parenting bagi semua orang tua. Tujuannya agar orang tua dan guru bersinergi menghasilkan generasi rabbani yang menambah bobot kebaikan di dunia dan akhirat.

Mengambil tema besar 'Ketika Anak Berperilaku Buruk" dengan narasumber Ustadz Slamet Raharjo hafidzahullah. Acara ini diadakan di lingkungan sekolah yang berlokasi di Masjid Al'Amin sebagai majelis ilmu.

Saya begitu bersemangat ketika ada seminar parenting begini, terlebih mengambil lokasi masjid sebagai pusat pembelajaran. Seakan hal ini menjadi napak tilas ketika Rasulullah SAW memberikan ilmu kepada para sahabat, semua dilakukan di dalam masjid Nabawi.

Kembali ke topik pembicaraan cara mengatasi anak yang berperilaku buruk, rupanya sangat relate dengan apa yang pernah saya alami. Saya nyaris tak bisa mengontrol emosi ketika anak mulai sangat aktif dan tak terkendali.

Itulah pentingnya pemahaman pada setiap orang tua bahwa anak sebenarnya adalah amanah sekaligus ujian.

Perbedaan Antara Kesalahan dan Perilaku Buruk


Moms, pahamkan diri bahwa anak sebenarnya bukan milik kita seutuhnya, tetapi anak adalah titipan Alllah SWT yang harus dijaga. Karena sifatnya tiipan maka harus dijaga dengan baik layaknya barang titipan. Karena barang titipan, maka orang tua juga harus siap kelak anak tersebut diambil pemilikNYA.

Oleh karena itu, sangat disayangkan ketika orang tua memperlakukan anak yang berperilaku buruk dan memperlakukannya buruk juga. Apalagi untuk usia anak 2 tahun. Bahkan anak 2 tahun, sistem syaraf dan otaknya masih berkembang. 

Jadi apakah pantas anak usia 2 tahun dilabeli sebagai anak yang nakal? Tidak! Mereka sedang belajar. Belajar memahami mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

Untuk itu sebelum berbagai pengalaman cara mengatasi anak nakal aktif usia 2 tahun, orang tua harus paham perbedaan antara kesalahan dan perilaku buruk.
  • Kesalahan adalah sesuatu tindakan yang dilakukan sesekali dan tidak disengaja, sedangkan
  • Perilaku buruk adalah suatu tindakan yang dilakukan secara terus menerus dan sering.
Untuk anak usia 2 tahun, mereka belum memahami perbedaan keduanya. maka yang harus dilakukan orang tua adalah memberi pengertian pada anak yang aktif ini. Berikan pemahaman yang benar antara keduanya, sesuai dengan bahasa mereka.

Beberapa penyebab anak berperilaku buruk dan cara yang bisa dilakukan seperti yang disampaikan oleh Ustadz Slamet Raharjo adalah sebagai berikut.

Penyebab Anak Berperilaku Buruk (Nakal) dan Cara Mengatasinya


Ada beberapa penyebab anak berperilaku buruk dan cara mengatasinya. Disini saya juga sekalian sharing beberapa penyebabnya dan cara mengatasi anak nakal aktif usia 2 tahun antara lain:

1. Anak bosan

Anak-anak yang merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja cenderung melakukan sesuatu diluar ekspektasi. Dalam hal ini yang saya lakukan adalah mengatur berbagai agenda kegiatan anak selama sepekan atau bulanan. Materi biasa saya dapatkan dari internet** atau juga dari buku-buku parenting yang saya miliki.

2. Lapar

Moms ingatkah dengan iklan salah satu produk yang mengatakan bahwa, "Kamu nggak asik kalau lagi lapar." Pernah dengar? Hal ini ternyata sangat berlaku pada anak-anak. apalagi anak usia 2 tahun. Mereka yang sedang tumbuh dan berkembang sangat memerlukan energi untuk bergerak, maka ketika lapar mereka kehilangan tenaga dan ini membuat mereka frustasi. Maka perhatikan jam makan mereka

3. Anak Lelah

Meski telah menyusun banyak aktivitas untuk buah hati, Moms tetap harus memperhatikan jam istirahat mereka. Semangat orangtua untuk memberikan berbagai eksplorasi pada anak tentu baik, tetapi sekali lagi jangan ganggu waktu tidur mereka.

4. Tidak ada kegiatan

Selain bosan dengan kegiatan yang berulang, tidak adanya agenda yang jelas akan kegiatan anak membuat anak mudah tantrum dan tak terkendali. Akibatnya mereka bisa berulah sesuai keinginan mereka. Sebaiknya Moms memperhatikan jenis kegiatan harian anak-anak, bisa dengan bermain warna, menuang, melukis, dan berbagai aktivitas fisik lainnya.

5. Kurang perhatian

Ustadz Slamet mengingatkan bahwa anak-anak yang kurang perhatian dari orang tuanya juga menjadi penyebab mereka berperilaku buruk. Maka, sebagai orang tua hendaknya mempunyai waktu khusus untuk mengajak anak bermain dan ngobrol. Bisa juga dengan dialog kecil tentang kegiatan mereka hari itu. Anak yang terbiasa diajak diskusi oleh orang tua akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan mandiri.

Nah, Moms itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang berperilaku buruk. Semoga pengalaman mengatasi anak nakal aktif Usia 2 Tahun yang saya bagikan di atas bisa menjadi pendidikan yang bermanfaat dan pengingat bagi saya. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment