header

Harga Ganti Kapasitor AC, Segini Harganya!

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Beberapa hari ini cuaca di tempat tinggal saya terasa sangat panas. Bahkan AC di rumah seperti tak bekerja dengan maksimal meski sudah disetting pada suhu terendah. Saya curiga mungkin ada masalah dengan kapasitor AC-nya. Saya pun mulai mencari tahu berapa ganti kapasitor AC. Kamu mau tahu juga nggak?

harga ganti kapasitor ac

Memiliki air conditioner (AC) di rumah sudah menjadi kebutuhan utama sebagian masyarakat perkotaan. Udara perkotaan yang panas membuat kebutuhan AC menjadi prioritas utama. Begitu pun yang saya alami saat ini.

Tinggal di tengah-tengah kota industri, membuat saya merasakan betul fungsi AC. Jika tak menggunakan AC, hawa panas sangat membuat tak nyaman. Apalagi di rumah kami terdapat 3 anak-anak yang masih kecil. Mereka akan rewel jika udara terasa gerah.

Jadi berapa harga ganti kapasitor AC rumah jika terjadi kerusakan? Penasaran? Kita bahas yuk.

Harga Ganti Kapasitor AC


Moms. tahu nggak peran si kapasitor bagi kompresor pendingin ruangan begitu penting.Tak heran banyak orang yang mulai mencari tahu berapa harga ganti kapasitor AC jika pendingin ruangan di rumah mulai bermasalah.

Harga ganti kapasitor biasanya diambil dari harga jual produk (harga modal+biaya-biaya+keuntungan) ditambah dengan biaya service dan biaya lain-lain. Harga inilah yang saya dapatkan ketika kami mengganti kapasitor AC yang rusak. 

Agar lebih mudah memahami harganya, saya membuat perincian harganya sebagai berikut.
  • Harga kapasitor Rp 50.000,- sampai Rp 75.000,- (note: harga berdasarkan harga jual di tukang service AC langganan, beli online lebih murah mulai dari Rp 20 ribuan (kapasitor 5 uf dan AC 1/2pk) jika mengetahui ukuran kapasitor dan ukuran kompresor AC)
  • Biaya kirim (jika ada) Rp 0
  • Biaya service/pasang Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-
  • Maka total biaya ganti kompresor AC rumah mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 175.000,-
Note: Harga ini saya dapatkan ketika melakukan pergantian kapasitor AC di rumah kami baru-baru ini ya. Mungkin akan berbeda di kota lain di Indonesia.

Sebenarnya kamu bisa juga membeli kapasitor AC secara online, tentu harganya jauh lebih murah daripada yang harga yang ditetapkan oleh Kang Service. Tetapi resikonya kamu bisa saja salah membeli jenis kapasitor. 

Tetapi, sebenarnya hal ini bisa diatasi jika kamu melakukan konsultasi dulu dengan penjual atau kamu mau membaca-baca sedikit informasi tentang kapasitor AC hehe. Namun, karena saya dan suami gemar yang simpel dibanding yang syulit, makanya kami terima beres dari Kang Service. Harganya juga nggak jauh beda lah dari harga toko online (menghibur hehe)

Oh ya, jika kamu ingin membeli spare part secara online, pastikan kamu membeli barang dari toko tepercaya. Karena jika kamu membeli spare part elektronik secara online, harus waspada dengan produk aspal.

Selain itu kamu harus memperhatikan bahwa jenis kapasitor yang kamu beli sesuai dengan ukuran dan jenis yang dibutuhkan oleh AC kamu ya. Ada dua jenis kapasitor untuk pendingin ruangan, kita simak yuk!

Jenis-jenis Kapasitor AC


Moms, kamu pasti sadar bahwa kapasitor adalah bagian penting yang menopang kinerja kompresor AC khan? Kapasitor kompresor adalah salah satu komponen dalam sistem pendingin ruangan yang bertugas menjaga kestabilan motor kompresor agar berjalan sebagaimana mestinya.

Kapasitor berfungsi sebagai penambah daya pada motor kompresor untuk menjaga kestabilan putaran mesin kompresor ketika dinyalakan. Nah, rupanya terdapat dua jenis kapasitor pada AC. Ya, pada pendingin ruangan terdapat dua jenis kapasitor yang bekerja di dalamnya, yaitu kapasitor start dan kapasitor run.

  1. Kapasitor start adalah kapasitor beroperasi ketika AC baru dinyalakan, berfungsi sebagai pemberi daya tambahan pada motor kompresor. Ketika motor kompresor sudah berjalan stabil, kapasitor start akan mati secara otomatis.
  2. Kapasitor run berfungsi untuk menjaga kestabilan putaran motor kompresor. Kapasitor run juga berfungsi untuk menambah daya motor kompresor. Jika kapasitor run mati maka motor kompresor akan mengalami kerusakan

Penyebab Kapasitor Rusak


Beberapa penyebab yang menjadikan kapasitor AC menjadi cepat rusak dan tidak mampu menghantarkan daya ke kompresor. Ini adalah beberapa penyebab kapasitor AC rusak antara lain:

1. AC menyala dalam waktu yang lama

Penggunaan AC yang non stop bisa menjadi penyebab kerusakan pada kapasitor AC. Kapasitor yang bekerja terus menerus tanpa henti memungkinkan kerusakan pada komponen didalamnya.

2. Kapasitor bekerja ekstra

Kapasitor yang bekerja ekstra keras untuk menggerakkan kompresor memicu terjadinya kerusakan kapasitor. Hal ini bisa saja disebabkan karena ketika kondisi ruangan terlalu besar sedangkan kapasitas AC tidak mencukupi. Hal ini mengakibatkan kapasitor bekerja ekstra untuk menggerakkan kompresor, agar suhu ruangan sesuai dengan pengaturan AC.

3. Salah memilih ukuran kapasitor yang sesuai

Kesalahan dalam memilih ukuran kapasitor ketika penggantian memungkinkan terjadinya kerusakan kapasitor. Kapasitor pabrikan sudah diatur sesuai dengan kapasitas AC. Kesalahan memilih ukuran kapasitor dengan kebutuhan AC menjadikan kerja kapasitor menjadi lebih berat. Hal ini menjadikan kapasitor mudah rusak

4. Menopang kinerja komponen lain yang rusak

Kerusakan pada komponen AC lainnya menjadikan kapasitor bekerja ganda. Misalnya saja ketika kapasitor dipaksa menggerakkan kompresor sedangkan kompresornya sedang dalam keadaaan bermasalah. Ini bisa menyebabkan kapasitor cepat rusak.

Kesimpulan


Kapasitor AC merupakan bagian penting dalam komponen pendingin ruangan. Sebaiknya gunakan pendingin ruangan secara bijak, jangan memaksa menggunakan AC non stop 24 jam. Berikan jeda istirahat agar kapasitor dan kompresor tidak cepat rusak.

Tindakan ini bertujuan untuk menjaga kapasitor tetap bekerja normal sesuai dengan kapasitasnya. Jika sudah terjadi kerusakan, kita harus membayar harga ganti kapasitor AC yang tidak sedikit. Pernah ganti kapasitor AC juga? Bisa sharing biayanya di kolom komentar ya.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment