About mom QueenMQ

Konten [Tampil]

Hi, I'm Yunniew ! Wanita di balik blog mom Queen MQ. Kenapa suka dipanggil 'Yunniew' sih?? Suka aja, soalnya unique hehehe.. Itu merupakan gabungan inisial namaku, jadi kalau di pisah jadinya begini 'yunnie-w' . Yunnie dari kata Yunita dan W dari kata Wijaya, ah begitulah. Sekarang aku mau cerita tentang blog Maminca Sharing ya, ada yang pinisirin dengan jalan ceritanya?? Yuk penasaran yuk ^_^

Tentang Mom QueenMQ 

Aku seorang istri dan ibu dari 3 orang anak yaitu Queensha Aleena (4 tahun), Griselly Khaliluna (2 tahun) dan Uwais Muhammad (4 bulan). Saat ini aku tinggal di pulau yang bersebrangan langsung dengan negara Singapore dan Malaysia. Ada yang tahu? Yap. Batam! Sejak menamatkan pendidikan di kota kelahiran, Palembang, aku langsung terbang dan mengadu nasib ke pulau Batam, menyusul saudara-saudariku disini. 

Yah, memang niatnya ingin keluar dari kampung halaman sih. Eh beneran, jadi betah dan menetap disini. Apalagi ketemu jodohnya di Batam. Katanya Batam itu kepanjangan dari Bila Anda Tabah Anda Akan Menang. Hmm bisa jadi sih :) 

Sejak memutuskan resign dari pekerjaan sebagai staff quality assurance perusahaan migas 2 tahun lalu, keseharianku diisi dengan mengasuh dan mengawal tumbuh kembang ketiga amanah ini sambil membantu suami mengurus project franchise jasa konsultasi laundry 'MQ Consultant

 

Mom queenmq and family
Foto paling baru nih diambil saat moment idul fitri 2021

Aku juga pernah berkerja sebagai seorang staff HRD perusahaan asing selama kurang lebih 5 tahunan sebelum akhirnya berpindah ke dunia quality products. Ah cukup komplit ya kalau bicara pengalaman kerja, kadang kangen juga dengan dunia kerja. Kangen blazer yang sekarang sudah digantung wkwk. 

Aku pun memiliki hobby menulis dan sangat konsen tentang dunia literasi, harapannya agar anak-anak ini melek literasi ditengah pengaruh pesona gadget yang aduhai. Saat ini tergabung dalam beberapa komunitas blogger diantaranya Blogger Bengkel Diri, Blogger Perempuan Network dan komunitas blogger 1minggu1cerita. 

Selain itu aku juga fokus pada pembekalan dan perbaikan aqidah (khusus akhwat) untuk kaum milenial melalui group ngaji bareng dibawah naungan teh Karin (home schooler dan salah satu pengampu materi Bengkel Diri). Saat ini group ngaji bareng masih berbasis online melalui platform WAG dan Zoominar. Bagi yang berminat bergabung baik sebagai narasumber atau pun participant bisa contact aku ya :) 

Senang mempelajari berbagai bidang ilmu, termasuk ilmu blogging dan copy writing. Aku juga concern pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sedang berusaha bangkit terdampak pandemi. Maka isi blog ini juga sebagian didedikasikan kepada pelaku UMKM yang mencoba membangun kembali serpihan semangat untuk maju dan bergerak demi keberlangsungan ekonomi umat. 

Beberapa produk dan jasa yang tampil didalam blog ini merupakan produk rekan seprofesi yang bisa saja berbayar ataupun murni membantu branding produk teman-teman dekat. Semoga sedikit usaha kecil ini bisa membantu meraih asa membangun kebermanfaatan bagi sesama. 

Maminca Sharing by Phai Yunita S Wijaya 

Awal mula aku membuat blog maminca sharing ini adalah karena aku ingin bercerita seputar milestone anak. Saking bahagianya dikaruniai anak yang sudah lama dinantikan. Selain itu  karena alasan menjadi orang tua baru yang penuh 'drama'. Minimnya ilmu tentang menjadi orangtua baru, menjadi ibu baru, kagetnya kehidupan new mom dan seputar dunia ke-ibu-an dengan anak bayi dan semisalnya. Maka lahirlah blog Maminca Sharing by Phai Yunita S Wijaya, tujuannya berbagi ilmu dan sharing pengalaman yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh calon mom dan mommies yang memiliki problem yang sama. 

Behind the mom Queen's scene 

Teringat 4 tahun lalu ketika pertama kali menjadi ibu, aku tidak mengerti bagaimana cara agar ASI menjadi lancar, mengatasi bendung ASI, bahkan kaget setengah mati saat hisapan pertama bayi saat menyusui, dan lebih shock lagi ASI yang berhenti keluar di hari ke 14 pasca kelahiran. Semuanya serba membingungkan dan penuh tanda tanya. Ditambah lagi belum hilangnya rasa trauma melahirkan normal dengan robekan yang banyak karena minimnya treatment kehamilan untuk mengusahakan kelahiran yang gentle.

 

Mom QueenMQ
Inspirasi lahirnya blog Maminca Sharing 

Jadi bisa dibilang aku melahirkan anak pertama jauh dari kata nyaman. Setelah mengusahakan belajar cepat dan otodidak setelah melahirkan, aku jadi rajin baca buku, optimasi medsos (bukan optimasi SEO yak wkwk), follow akun-akun parenting, influencer serta mengikuti berbagai seminar parenting online.

Akhirnya saat anak kedua lahir, kehidupan berubah, angin segar kebahagiaan mulai menyapa, kelahiran yang gentle  dan nyaman akhirnya terwujud, no begadang-begadang club, no drama nangis-nangis saat pembukaan jalan lahir, proses melahirkan cepat dan mudah, bayi lahir sehat, berat cukup dan penyembuhan pasca melahirkan hanya memakan waktu 1 minggu. 

Aku sering membagikan kisah seputar kehamilan atau cerita kelahiran anak-anak, teman-teman dekat kerap meminta sharing pengalaman. Saking seringnya ditanya dengan masalah yang sama berulang-ulang, maka timbul niat dihati untuk berbagi kisah pengalaman melalui blog. Akhirnya April 2020 lahirlah blog Maminca Sharing, Maminca berarti Maminya Qunca ( panggilan kecil Queensha, anak pertama ). Kemudian karena memiliki 2 anak perempuan, beralih menjadi mommy Queen. 

Tagline blog Maminca Sharing : "Here you're not alone, We can be strong and smart momma"

Tagline blog Maminca Sharing ini menjadi bagian yang paling seriiing banget mengalami perubahan. Ketika baru launching blog, Maminca Sharing menggunakan tagline yang berbunyi "Daily thoughts and sharing for healing". Kemudian karena tidak melulu tentang healing, berharap ada manfaatnya dari sekadar tulisan curhat, maka tagline pun berganti menjadi "Daily activities and thoughts of mom Queen MQ". 

Ah namun lagi-lagi keseharianku ga melulu tentang anak-anak, aku juga ingin aktualisasi diri dan ruang berekspresi. Maka sekarang aku mulai mengganti tagline blog sesuai dengan tujuan awal 'berbagi dan memberi manfaat' buat pembaca setia, aku pun mengganti tagline menjadi "Here you're not alone, We can be strong and smart momma" ah sepertinya dengan tagline ini kiranya dapat menjawab semua kegalauan saat menjadi new mom. 

Perubahan ini dengan maksud untuk menjadikan setiap sharing yang dibagikan dalam blog maminca sharing bisa memberi kekuatan, kebahagiaan dan membuat momma jadi lebih berdaya dan berilmu. Tidak hanya tentang pemikiran, opini ataupun refleksi keseharian mom Queen (daily thought) namun semoga juga blog ini bisa memberi sedikit tambahan ilmu bagi pembaca setia blog maminca sharing. 

Slogan ini mengandung arti yang intinya bahwa Kamu (para moms) tidak (usah) merasa sendirian, dengan kita sama-sama berdaya, kita (para moms) akan menjadi ibu tangguh dan cerdas. So, ga ada lagi cerita tentang ibu yang kagok saat jadi new mom. Tinggal baca dan ulik saja di google ketemu deh blog maminca ^_^

Maminca Sharing is Parenting blog

Tema yang diangkat dalam pokok bahasan blog ini sebagian besar adalah Parenting, meski ga jago-jago banget. Setidaknya  ada setitik ilmu yang mom Queen dapatkan dari seminar dan pengalaman pribadi. Sebagai wadah untuk sharing informasi dan mengedukasi ibu baru dan berbagi cerita mengasuh anak. Aku memilih tema parenting karena tema ini yang paling dikuasai, meski ingin juga memiliki blog dengan tema traveling dan hobi . Tapi makin hari tema parenting mulai sedikit melenceng ke 'gado-gado' blog, efek dari berbagai macam kebuntuan ide dalam menulis serta gencarnya tawaran untuk mengulas produk dan jasa. 

Setelah diteliti lagi ternyata blog Maminca Sharing memiliki banyak label atau kategori. Karena saran dari coach Marita, akhirnya aku 'memangkas' label blog yang seperti gerbong kereta itu. Dan akhirnya label blog ini (sementara) hanya ada:

Marriage & Parenting seputar sharing pengalaman kehidupan pernikahan, toilet training, pola asuh anak, penerapan disiplin ilmu, liburan ala keluarga dan lain-lain. 

Hamil & melahirkan adalah label yang membahas tentang treatment melahirkan yang nyaman, tips kesehatan, seputar ASI, produk yang dipakai, persiapan menjadi ibu hingga olahraga ringan yang bisa dilakukan meski #dirumahAja. 

Reviews & Tips berisi seputar tips receh ala mom Queen , tips keuangan, tips menjaga kesehatan, review tentang produk ataupun jasa  yang dipakai baik untuk anak maupun yang dipakai untuk keluarga. 

Blogging-Blogspedia berisi semua tentang kepenulisan, tentang ODOP (One Day one post), resolusi, kelas Blogspedia Coaching juga masuk didalam label ini dan seputar dunia literasi.

Resep & kuliner mengulas tentang berbagai macam resep simpel dan kuliner favorit yang biasa disantap bersama keluarga beserta cara membuatnya. 

DIY ala Mom Queen tentang bebikinan ala kadarnya (wkwk) daripada gabut, hasil kreasi tangan mom Queen dengan bahan seadanya dirumah. 

Belajar Islam berisi tentang semua yang berhubungan dengan pemenuhan hak dalam kehidupan dengan sang Pencipta dan Islam, tentang resume kajian maupun pelajaran dari shirah nabawi dan sahabat Rasul. 

Health - Beauty adalah tulisan tentang cara menjaga kesehatan ala mom Queen baik untuk diri sendiri, anak-anak maupun ke seluruh keluarga. Label ini juga tentang produk yang dipakai selama masa kehamilan dan menyusui sekira tidqk memberikan efek kepada janin dan bayi. 

Mom QueenMQ, Domain impian

Awalnya  aku sempat ragu ingin memilih nama yang mana saat membeli custom domain. Pilihannya antara mom queen MQ atau maminca sharing. Akhirnya aku memutuskan untuk memakai nama "mom queenmq" untuk domain TLD (Top Level Domain), sedangkan 'maminca sharing' digunakan sebagai judul blog. Keputusan ini agar bisa mengakomodir nama keduanya tetap terpakai. Sejauh ini aku masih belum berpikir untuk mengganti nama domain TLD yang sudah ada, hanya saja jika ditanya mau ga punya blog selain blog maminca sharing? Jelas mau, karena mom Queen ingin memiliki blog yang isinya lebih spesifik tentang hobi crafting dan DIY, serta blog tentang traveling

Loggo Blog

Tentang logo blog yang aku sematkan dalam blog adalah inisial nama anak-anak yaitu inisial huruf MQ didalam background lingkaran berwarna peach, plus ada 2 hati didalamnya untuk cinta yang tulus dari mom Queen dan suami, dengan tulisan maminca Sharing dibawahnya.

 

Loggo blog about QueenMQ
Sayangnya warna putihnya nge-blend dengan background :(

Makna dari logo ini adalah karena anak-anak ini sebagai sumber inspirasi tulisan. Lingkaran bermakna kebulatan harapan dan tekad untuk selalu memberikan yang terbaik meski tidak selalu sempurna. Warna putih diluar lingkaran peach bermakna ketulusan perlakuanku dan usaha tanpa sebab 'karena' terhadap anak-anak, putih alias kosong tanpa alasan. 

Warna putih juga melambangkan tulusnya cinta ibu meski tak selalu putih tapi setidaknya mom Queen berusaha untuk memberikan cinta tulus pada mereka. Warna peach berarti kelembutan hati seorang ibu, yang bermakna juga bahwa blog maminca sharing adalah wadah para ibu untuk saling bercerita, berbagi kisah. 

Warna blog maminca juga disesuaikan dengan tema seorang wanita adalah girly, jadi lebih menyukai warna-warna pastel. Gambar header pun disesuaikan dengan tone yang senada. 
 
header blog maminca sharing
Header blog Maminca sharing


Gambar yang ditampilkan juga semuanya bersumber dari anak-anak. Terlihat seorang wanita yang santai menghirup secangkir teh dengan anak-anak yang sedang beraktifitas. Semua bermakna seperti rutinitas didalam rumahku, sama seperti ini. Jika diperhatikan usia anak pada gambar ini jaraknya berdekatan, yes! Betul, anak-anak memang memiliki rentang usia yang berdekatan, thats why aku butuh secangkir teh untuk menetralisir toxic harian. 

Gambar sticky note juga melambangkan to do list harian sembari tugas utama mengasuh 3 bocil. Rentan stress? Tidak! Karena aku punya setumpuk alat tulis di sudut gambar yang bisa ku gunakan untuk mengelaborasi rasa ini. Alih-alih menjadikan anak-anak pelampiasan emosi, aku justru 'memakai' anak-anak sebagai bagian dari sumber inspirasiku menulis. 

Well, selamat berseluncur di rumah maya mom Queen yak. Senang bisa terus berbagi cerita dan manfaat untuk para orangtua, terutama moms! 

Salam hangat, 
Mom QueenMQ