header

3 Cara Menerapkan Disiplin Pada Anak

Konten [Tampil]

Hi Moms! 
Menerapkan disiplin pada anak susah-susah gampang ya Moms. Kita tidak boleh terlalu keras, tapi tidak bisa juga melakukan pembiaran dengan dalih mereka masih kecil. Intinya sih bagaimana cara menerapkan disiplin pada anak harus dilakukan sesuai tipe anak dan tahapan usianya.

3 Langkah Menerapkan Disiplin Pada Anak Usia 3 Tahun

 
Memupuk disiplin pada anak usia dini (dibawah 5 tahun) harus memiliki trik-trik tertentu. Karena usia mereka yang masih sangat muda belum, begitu mengerti esensi pembelajaran yang sedang diterapkan kepada dirinya.

Mom Queen mempunyai dua anak, yang pertama, Queensha berusia 3 tahun 3 bulan dan yang kedua, Khaily berusia 9 bulan.

Queensha
Queensha saat belum genap 3 tahun


Queensha memiliki kecenderungan sebagai anak kinesthetic alias nggak bisa diam haha.

baby newborn
Khaily saat usia 3 bulan


Sedangkan adiknya, sedikit lebih kalem (tampaknya) walaupun terlalu dini untuk menyimpulkan. Semoga tidak berubah ya penilaian Mom Queen hehe.

belajar menuang
Queensha dalam aktivitas menuang air


Nah hal utama yang harus dilakukan untuk memupuk kebiasaan disiplin diri pada anak usia dibawah 5 tahun adalah dengan keteladanan. Ya, hanya keteladanan yang mampu menggerakkan mereka agar mau mengikuti apa yang kita perintahkan.

Nah, kita ambil contoh kecil dalam pembiasaan kedisiplinan pada anak adalah membiasakannya membereskan mainan setelah digunakan.

Biasanya alur yang saya gunakan adalah
­čĺíSounding
­čĺíDeep talking, menjelang tidur nya, serta
­čĺíKeteladanan

#1 Sounding

Jika hanya mengandalkan teknik sounding semata, maka perlu dilakukan pengulangan alias sounding berkali-kali agar anak mampu mengikuti apa yang kita lakukan, dan itupun biasanya hanya dilakukan sesaat saja saat kita menyuruhnya oleh mereka (sabar ya Moms)

#2 Deep Talking

Nah langkah yang kedua yang saya pakai dalam menerapkan kedisiplinan pada anak adalah melalui deep talking, yaitu bicara dari hati kehati.

Biasanya kami memiliki sesi bicara dari hati ke hati menjelang tidur, biasanya anak dalam kondisi sangat nyaman untuk menerima insight positif apapun dari kita. Dan saat itulah hal-hal positif mulai saya sisipkan dalam cerita malam kami, seperti:

"Anak baik itu biasanya memang suka bermain, dan habis bermain biasanya langsung dibereskan lagi", atau juga begini

"Mami bangga, teteh sudah Bisa bantu Mami, dengan beresin mainannya sendiri

Moms juga bisa memulai dengan insight positif apapun yang lagi anda ajarkan.

#3 Keteladanan

Namun akan jelas perbedaannya apabila kita juga melakukannya dengan mencontohkan langsung kepada anak kita. Ajakan simple seperti:

"yuk Teh, kita beresin mainannya bareng-bareng" ataupun, 

"Ayo siapa yang duluan beresin mainannya akan dapet hadiah dari Mami

Wah dijamin mereka akan dengan suka hati segera melakukannya.


practical life
Queensha, practical life - menyiram tanaman


Demikianlah beberapa tips untuk menanamkan disiplin diri pada anak usia 3 tahun, semakin cepat kita menyegerakan kebiasaan baik ini, maka akan semakin cepat juga kita memetik hasilnya. Insya Allah aamiin.

Salam Sayang,
Mom Queen

Artikel ini dipilih untuk dimasukkan dalam kampanye "Blog Parenting Terbaik di Indonesia" dari penerbit bahan ajar pendidikan Twinkl.

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment