header

Harga Service Kulkas Tidak Dingin, Mulai dari Rp 75 Ribu

Konten [Tampil]

Hi Moms,
Bagaimana jika kulkas di rumah tidak dingin? Pastilah Moms langsung berpikir apanya yang rusak nih?. Belum lagi pikiran berapa harga service kulkas tidak dingin dan lain sebagainya. Beragam pertanyaan cemas bagi ibu rumah tangga hehe.

Wajar kok Moms! Karena kita sama. Saat kulkas di rumah tidak dapat beroperasi dengan normal, maka sudah terbayang beberapa persediaan stok makanan di dalamnya tidak akan bertahan lama. Belum lagi stok frozen food yang entah bagaimana nasibnya ketika kulkas tidak dingin, serta berbagai kekhawatiran semisal yang bisa menguras pikiran.

Service kulkas 2023

Jika sudah begini, mungkin solusinya adalah sesegera mungkin mencari titik masalah atau memanggil tenaga service elektronik untuk memperbaikinya. Untuk sementara waktu Moms bisa membeli stok makanan secukupnya dan hanya menyisakan sedikit untuk esok hari. Jika membeli dalam jumlah berlebihan, pastilah khawatir malah tidak awet.

Harga Service Kulkas Tidak Dingin


Lemari es atau kulkas bagi kehidupan rumah tangga adalah kebutuhan utama. Apalagi bagi ibu rumah tangga seperti Mom Queen yang punya anak-anak kecil. Stok makanan segar serta frozen food sebagai jalan ninja, menjadi kebutuhan dasar yang harus ada. Jika tidak, harus siap-siap kerepotan dengan aktivitas bolak-balik belanja sayur.

Permasalahan kulkas tidak dingin sepertinya tak asing kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaannya, jika Moms mengalami kulkas yang tidak dingin apa yang harus dilakukan dan apa penyebab kulkas tidak dingin meski lampu tetap menyala? Pertanyaan selanjutnya adalah berapa sih harga service kulkas tidak dingin? Baik, kita akan membahas ya satu persatu ya.

Moms, adakah yang mengalami hal seperti ini: kulkas tidak dingin tapi kompresornya tetap menyala artinya kompresor dalam keadaan normal. Nah ini yang akan kita cari tahu ya. Jika Moms langsung memanggil tukang service kulkas kemungkinan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Berapa kisaran harga service kulkas pada 2023 ini?


Menurut sejasa.com harga service kulkas berkisar antara 75 ribu hingga 600 ribu tergantung tingkat kesulitan pengerjaan dan lama pengerjaan. Tentu saja harga ini di luar harga penggantian sparepart.

Selengkapnya kamu bisa dilihat pada tabel harga service kulkas 2023 dibawah ini.

 No.

Jenis Item        

Harga 

 1

2Biaya kunjungan dan pengecekan

3Rp 75.000.-

 2

Jasa service dan pergantian sparepart

Rp 100.000,-

 3

Ganti filter, pentil, isi Freon 1 pintu, dan flushing Rp 250.000,-

Las per titik

Rp 70.000,-

 4

Pembersihan unit kulkas 1 pintu/ showcase

Rp175.000,-

 5

Pembersihan unit kulkas 2 pintu

Rp 175.000,-

 6

Perbersihan unit kulkas side by side/ showcase 2 pintu

Rp 400.000,-

Sumber: sejasa.com

Harga sparepart kulkas sangat beragam, harganya bisa saja hampir sama dengan harga service kompresor AC. Namun saat Moms mengalami kulkas tidak dingin, jangan terburu-buru memanggil teknisi elektronik ya. Ada baiknya ketahui dulu penyebab kulkas tidak dingin namun lampu tetap menyala.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Tetap Menyala


Penyebab kulkas tidak dingin tetapi lampu tetap menyala, bisa disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini. Mom Queen sering membaca curhat teman-teman yang mengalami masalah kulkas tidak dingin padahal lampu kulkas tetap menyala.

Faktanya menurut para ahli service kulkas mengatakan lampu kulkas akan tetap menyala selama lampunya tidak putus dan kulkas dihubungkan dengan aliran listrik.

Cek kulkas

Jadi sebaiknya jangan terkecoh dengan lampu kulkas yang tetap menyala. Karena lampu bukan patokan kulkasnya dingin atau tidak dingin. Lantas apa penyebab kulkas tidak dingin padahal lampu kulkas menyala? Mari kita lihat apa saja yang penyebabnya.

1. Freon Habis


Ketika melihat kulkas tidak dingin, mungkin hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi kompresor. Namun ketika kompresor menyala dan tetap bekerja dengan baik, kemungkinan besar penyebab kulkas tidak dingin adalah freonnya yang habis. Jika mengalami freon habis, mau tidak mau kamu harus segera menggantinya ya Moms. Segera menghubungi tukang service adalah solusi jitu.

2. Kebocoran Freon


Jika kamu merasa baru saja mengganti freon atau kulkas masih baru, namun sudah tidak dingin, mungkin salah satu penyebabnya karena kebocoran freon. Salah satu ciri kebocoran freon pada kulkas bisa kamu tandai dengan meraba dinding kulkas.

Apabila dinding kulkas tidak panas atau justru berembun, kemungkinan freonnya bocor. Ciri lainnya dari kebocoran freon adalah terdapat bunyi gemericik di bagian evaporator. Aliran freon yang normal biasanya ditandai dengan bunyi yang berdesis. Jika sudah begini, maka lagi-lagi ini adalah ranahnya tenaga profesional Kang service.


3. Pipa Kapiler Tersumbat


Pipa kapiler pada kulkas adalah bagian pipa yang sangat kecil. Untuk mengetahui apakah pipa kapiler ini tersumbat atau tidak adalah dengan mendengarkan apakah ada suara berdesis atau tidak pada bagian evaporator. Jika tidak ada suara apa-apa, kemungkinan penyebabnya karena pipa kapilernya tersumbat sehingga tidak mampu mengalirkan suhu dingin.

4. Kompresor Bermasalah


Jika di awal tadi sudah dijelaskan hal pertama yang dilakukan saat kulkas tidak dingin adalah mengecek bagian kompresor. Karena kompresor adalah jantungnya kulkas. Ketika kulkas tidak dingin bisa jadi penyebabnya karena kompresor bermasalah. Untuk service kulkas karena kompresor bermasalah, kamu juga harus menyiapkan dana untuk biaya service kompresor kulkas atau malah harus ganti kompresor .

5. Karet Pintu Lepas


Kondisi karet pintu kulkas yang longgar bahkan lepas bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin meski lampu kulkas tetap menyala. Beberapa kulkas yang tidak dingin bisa disebabkan karena karet perekat (gasket) yang ada di pintu ikut terlepas. Kondisi ini mengakibatkan kondisi suhu didalam kulkas bercampur dengan suhu luar.

Sehingga kulkas menghasilkan suhu yang tidak semestinya. Solusinya kamu bisa mengganti bagian gasket kulkas yang ada di pintu ini ya. Untuk perawatan gasket atau segel pintu kulkas ini bisa dibersihkan secara berkala. Moms bisa membersihkannya dengan pembersih seperti Goo gone concentrated spray.

6. Cek Thermostat


Thermostat pada kulkas adalah pengatur suhu yang ada pada lemari pendingin ini. Sebelum Moms berpikir untuk memanggil teknisi, sebaiknya terlebih dahulu mengecek thermostat. Apakah alat ini sudah menunjukkan suhu normal, atau malah berada pada posisi off.

Anak-anak yang gemar bermain dengan kulkas kerap kali memutar bagian thermostat ini. Daripada sudah buru-buru panggil teknisi, ada baiknya cek pengatur suhu ini dulu ya Moms.

7. Cek Fan Motor


Pada kulkas terdapat dua jenis kipas angin (fan motor) yaitu fan motor evaporator dan fan motor kondensor.

Fan motor evaporator berfungsinya untuk menyebarkan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian kulkas.

Sedangkan,
Fan motor kondensor berfungsinya untuk menghisap udara melalui kondensor dan kompresor. Tujuannya untuk menjaga agar suhu kompresor tetap dingin.

Pada kondisi kulkas tidak dingin biasanya disebabkan ketidakmampuan fan motor pada evaporator menyebarkan suhu dingin ke seluruh bagian kulkas. Solusinya kamu bisa mengecek bagian kipas ini yang terletak di dalam freezer, biasanya terdapat bunga es atau kotoran disana. Videonya tutorialnya bisa kamu dapatkan dengan mudah kok.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin meski lampunya tetap menyala. Agar kulkas tetap awet untuk pemakaian jangka panjang, ada baiknya kamu merawat dan membersihkan kulkas secara berkala ya Moms.

Penutup


Kulkas tidak dingin memang mengganggu aktivitas dapur Ibu Rumah Tangga. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab rusaknya spare part kulkas. Perilaku yang salah terhadap kulkas juga bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Kalau sudah tidak bisa diatasi dengan cara diatas, segera panggilan ahlinya ya Moms.

Rawat dengan baik agar barang elektronik rumah kita awet sepanjang masa. Semoga tulisan harga service kulkas tidak dingin ini bermanfaat ya. Kamu pernah mengalami kulkas tidak dingin juga nggak? Cerita disini donk yang berbagi.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment