header

Biaya Ganti Kompresor Kulkas 2023, Mulai dari 200 Ribu!

Konten [Tampil]

Hi Moms,
Pertanyaan paling umum ketika kompresor kulkas rusak adalah berapa biaya ganti kompresor kulkas? Apa yang harus dilakukan dilakukan? Dan apa yang sih yang menyebabkan kerusakan pada bagian kulkas ini?

Kompresor kulkas

Karena kompresor kulkas merupakan jantung utama pada mesin pendingin. Ketika mengalami masalah pada kulkas karena  kompresor mati atau kulkas tidak dingin memang tidak mudah ya Moms. Apalagi kulkas sudah menjadi barang penting bagi kebutuhan di rumah. Bagi pemilik usaha jus buah 5000 yang memanfaatkan kulkas rumah tangga tentu sangat menghambat.

Jika sudah demikian, siap-siap dicek salah satu penyebabnya bisa karena kompresornya yang mati. Kalau kompresornya mati dan harus diganti, berapa biaya ganti kompresor kulkas yang harus dikeluarkan? Coba kita bahas yuk.

Biaya Ganti Kompresor Kulkas


Seperti yang sudah Mom Queen sinngung bahwa kompreaor merupakan jantungnya kulkas. Karena kompresor pada kulkas berfungsi untuk menghisap freon yang telah menghisap panas. Ketika kompresor mati, maka otomatis efek dingin pada kulkas lambat laun akan menghilang.

Ketika kompresor kulkas mati dan kulkas tidak dingin tentu saja fungsi kulkas sebagai mesin pendingin menjadi hilang. Mari kita mulai mengulik biaya ganti kompresor kulkas.

Service kulkas

Menurut pencarian Mom Queen dari marketplace, biaya ganti kompresor kulkas berkisar antara Rp 200 ribu hingga Rp 900 ribu Moms! Harga ini adalah harga kompresor kulkas mulai dari kompresor second hingga kompresor baru.

Biaya ini adalah hanya harga beli kompresornya saja, belum termasuk ongkos pasang Mome. Harga kompresor ini juga tergantung merk dan ukuran kompresornya. Selengkapnya bisa cek di tabel dibawah ini ya Moms!

No

Nama Barang

Ukuran/Model

Kondisi

Harga

1.

Kompresor merk untuk kulkas satu pintu

1/7 PK dan 1/8 PK

Second

Rp 180.000,-

2.

Kompresor merk random untuk kulkas 2 pintu (200L)

1/5 PK, 1/6 PK

second

Rp 290.000,-

3.

Freon kaleng R134 Bailian

R134 Bailian

New

Rp 70.000,-

4.

Freon kaleng R134/R12 Clea

HFC R134/R12

New

Rp 50.000,-

5.

Kompresor untuk kulkas 2 pintu merk Sharp/LG/Polytron atau merk lain

1/6 PK model QD52

New

Rp 550.000,-

6.

Kompresor untuk kulkas 2 pintu biasa dipakai kulkas merk Sanyo/Aqua

1/6 PK QD52H

New

Rp 570.000,-

7.

Kompresor untuk kulkas 2 pintu merk Panasonic, sudah ada relay, overload tutup, dan karet kaki

1/6 PK SFK48C

New

Rp 775.000,-

8.

Kompresor merk Handen bisa untuk semua  merk kulkas (harga sudah termasuk packing kayu)

½ HP

New

Rp 900.000,-

Sumber: https://shopee.co.id/list/Kompresor/Kulkas 

Meski demikian Moms, sebelum terburu-buru mengganti kompresor kulkas, ada baiknya Moms mengecek secara mandiri kompresor di rumah. Apakah benar-benar mati atau hanya proses normal on off pada kompresor saja. Bagaimana cara mengecek kompresor secara mandiri? Yuk kita bahas lagi

Cara Cek Kompresor Kulkas Secara Mandiri


Cara mengecek apakah kompresor pada kulkas masih normal atau tidak, sangatlah mudah. Moms bisa menyentuh dinding bagian belakang kulkas untuk mengetahui kondisi apakah kompresor masih bekerja atau tidak.

Biaya ganti kompresor kulkas

Rasakan apakah ada getaran halus atau tidak. Getaran halus pada dinding kulkas menandakan kompresor masih bekerja. Jika tidak ada getaran sama sekali, jangan langsung terburu-buru mengatakan kompresornya mati. Bisa jadi karena proses normal atau memang kompresor bermasalah.

Untuk mengetahui apakah kompresor mati karena proses normal atau karena mati total, Mom's bisa melakukan pengamatan sendiri. Biasanya kompresor akan mati beberapa menit kemudian akan hidup kembali. Waktunya dalam 6-9 jam sekali.

Jika dilihat kompresor masih memiliki getaran halus seperti biasa artinya tidak masalah. Namun jika kompresor tidak menyala dalam jangka waktu yang pendek bisa jadi memang ada masalah dengan kompresornya. Bisa saja memang kompresornya rusak. Maka perlu dicari tahu penyebab masalah kompresor ini.

Penyebab Kompresor Mati Total atau Rusak


Kompresor kulkas yang rusak menyebabkan berbagai masalah pada mesin pendingin kita. Ketika kompresor mati, maka lemari es akan mengalami masalah seperti:
  • Kulkas tidak dingin seperti biasanya
  • Ampere kompresor melebihi batas normal
  • Terdapat suara dengung atau berisik
  • Kompresor tidak hidup meski sudah terhubung dengan listrik.
Beberapa kondisi yang menyebabkan kompresor kulkas mengalami kerusakan hingga mati total, Moms. Apa saja yang menyebabkan kompresor rusak dan perlu diganti? Berikut ini alasannya.

1. Penurunan Kinerja Overload


Pada bagian kompresor terdapat unit atau bagian yang disebut Overload. Overload ini berfungsi untuk menstabilkan suhu kompresor agar tidak terjadi over heating (terlalu panas). Overload ini juga yang mengatur arus listrik dari power supply ke kompresor.

Jika kondisi kulkas terlalu panas, overload akan segera memutus arus listrik sementara waktu. Namun ketika performa overload sudah menurun, maka kemampuannya untuk memutus arus listrik yang terlalu panas tidak dapat dilakukan. Hal inilah yang menyebabkan kompresor kulkas tidak mampu menstabilkan suhu yang telah diatur pada kulkas.

2. Overload Error


Pada bagian overload yang sudah tua juga bisa menyebabkan masalah pada kulkas kita lho Mom's. Pada overload yang error biasanya menyebabkan kerjanya jadi bermasalah, misalnya saja 'salah baca' mengenai kondisi suhu panas oleh overload.

Akibat overload salah baca suhu panas ini, sehingga overload terlalu cepat memutus aliran listrik. Akibatnya kompresornya akan mati dan kulkas menjadi tidak dingin. Jika sudah demikian, ada baiknya Moms segera memanggil jasa service elektronik untuk mengecek kondisi dan segera memperbaikinya.

Perbaikan pada kulkas biasanya meliputi penggantian beberapa jenis spare part. Jenis spare part yang sering mengalami kerusakan selain kompresor adalah timer, thermo fuse, fan motor, thermo defrost dan Cooper strainer. Selain itu bisa jadi juga karena kulkas perlu dilakukan pembersihan secara menyeluruh. Dimana tempat service kulkas atau mengganti kompresor? Lanjut lagi ya.

Tempat Service Ganti Kompresor Kulkas yang Rusak


Jika Moms kebingungan dimana mencari tempat service kulkas, mungkin Moms bisa menghubungi service centre sesuai merk kulkas yang Moms miliki. Setiap kota biasanya memiliki service centre masing-masing. Nanti akan diberi arahan apa yang harus diganti dan biaya yang diperlukan.

Namun, jika enggan menggunakan jasa service center Moms juga bisa memanggil jasa service elektronik panggilan. Mengutip dari sejasa.com biaya service kulkas mulai dari Rp 70 ribu hingga 400 ribu. Daftar harga service kulkas bisa dilihat di tabel berikut ini ya Moms.

No

Jenis Item

Harga

1.

Biaya Kunjungan dan Pengecekan (hanya dikenakan jika tidak jadi menggunakan jasa service)

Rp 75.000,-

2.

Biaya Jasa Service Penggantian Sparepart

Rp 100.000,-

3.

Biaya Isi freon, flushing, penggantian filter & pentil untuk kulkas 1 Pintu

Rp 250.000,-

4.

Biaya Isi freon, flushing, penggantian filter & pentil untuk kulkas 2 Pintu

Rp 350.000,-

5.

Biaya Las Per Titik

Rp 70.000,-

6.

Biaya Pembersihan unit kulkas mini

Rp 125.000,-

7.

Biaya Pembersihan unit untuk kulkas 1 pintu atau showcase

Rp 175.000,-

8.

Biaya Pembersihan unit untuk kulkas 2 pintu

Rp 275.000,-

9.

Biaya Pembersihan unit kulkas side by side atau showcase untuk kulkas 2 pintu

Rp 400.000,-

Sumber: https://sejasa.com/

Nah, sudah jelas ya Moms besaran biaya ganti kompresor kulkas, biaya service kulkas, biaya pembersihan, hingga pengelasan. Biaya ini Kadang tidak pakem seharga diatas ya Moms, tapi tentu saja tidak jauh berbeda.

Penutup


Kulkas sudah menjadi barang wajib yang ada di rumah saat ini. Ketika kulkas mengalami masalah karena berbagai penyebab, tentu saja harus segera diatasi. Jika tidak segera diatasi, mungkin saja semakin lama bisa saja kulkas tidak bisa diperbaiki lagi.

Mom Queen berharap artikel biaya ganti kompresor kulkas bisa mendapat bayangan mengenai biaya ganti kompresor kulkas. Semoga menjadi pencerahan bagi Moms yang kulkasnya di rumah mengalami kompresor mati. Ada yang pernah mengalami ganti kompresor kulkas juga? Sharing dong!

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment