header

Merk HPL Termahal? Ini Harga 5 Merk HPL dan Kualitasnya!

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Bahan HPL (High Pressure Laminated) banyak digunakan sebagai bahan furniture rumah. Bahan HPL memang membuat furniture rumah menjadi mewah dan elegan. Sebenarnya apa sih bahan HPL ini?

Bahan HPL adalah bahan material yang digunakan pada saat finishing produk mebel. Bahan HPL terdiri atas tiga lapisan yaitu berupa lapisan kraft (kraft paper), lapisan decorative, dan lapisan bening atau overlay paper.

Kalau Moms bingung yang mana lapisan HPL pada sebuah mebel, Moms boleh melirik furniture yang ada di rumah. Furniture yang terdapat lapisan overlay paper atau laminasi glossy maupun bening pada material perabot rumah, itulah yang menggunakan material HPL.

Bahan HPL banyak digunakan pada perabot rumah seperti kitchen set, meja TV, lemari, meja sudut, rak multifungsi, dan berbagai perabot rumah tangga lainnya.

Saking banyaknya perabot rumah yang menggunakan material HPL, yang sering jadi pertanyaan adalah apa saja merk HPL termahal yang ada di Indonesia? Apakah harga mahal sebanding dengan kualitas yang pada material HPL? Yuk kita usut tuntas hehe.

Merk HPL Termahal, Siapa yang Paling Berkualitas?


Berbicara mengenai merk HPL termahal di Indonesia, memang agak bingung sih. Karena mahal atau murah itu relatif. Setuju nggak Moms?

Saya percaya dengan pendapat yang mengatakan, jika ingin murah, jangan minta kualitas. Tapi jika minta kualitas, maka harus siap bayar harganya.

Merk HPL termahal? Banyak! tapi yang berkualitas terdapat berbagai macam nama brand terkenal. Material yang diproduksi dengan tekanan dan suhu tinggi 140 derajat ini memiliki harga mulai dari Rp 180 ribuan per lembar.

Material HPL dijual dalam satuan lembar. Jadi harga HPL juga dihitung per lembar. Setiap lembar memiliki dimensi 1220mm x 2440mm dengan ketebalan 0,7mm hingga 1,5 mm.

Dengan harga yang bervariasi sesuai grade HPL, bagaimana dengan kualitasnya? Apakah sebanding dengan harga yang dibanderol tiap lembar HPL?

Kitchen set HPL

Berikut ini merk HPL berkualitas yang dijual dipasaran Indonesia beserta harganya.

1. Eco HPL


Eco HPL juga memiliki kelebihan dibandingkan bahan HPL lainnya. Beberapa keunggulan Eco HPL adalah
  • Memiliki banyak jenis texture dan pattern
  • Harga lebih terjangkau
  • Mudah perawatan
  • Waterproof
  • Tahan panas dan goresan
  • Mudah diaplikasikan
Dengan dimensi 1220 mm x 2440 mm x 0.7 mm, adapun harga Eco HPL yang dijual di pasaran sebagai berikut:
  • Motif wood grain/doff dijual dengan harga pasaran mulai dari 155.000,- per lembar.
  • Motif granite gloss (texture) Rp 180.000,- serta
  • Jenis solid, HPL eco 2000 silver gloss Rp 415.000,-


2. Himmel


Merk Himmel adalah salah satu jenis material HPL yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu produsen HPL di Indonesia, Himmel memiliki produk selain HPL seperti PVC Foam Board, Flooring, Edging, dan Flooring.

Keunggulan produk Himmel adalah:
  • Memenuhi standar FSC (Forest Stewardship Council) yaitu sertifikasi untuk rantai pengolahan hasil hutan setelah diangkut keluar hutan dengan pengolahan yang baik.
  • Produk sesuai trend masa kini
  • Motif produk motif kayu, warna solid, metalik, marmer serta granit.
  • Berorientasi memiliki produk yang ramah lingkungan, dan
  • Bahan HPL bebas emisi formaldehida dibawah standard greenguard.
Dijual dengan harga Rp 202.000,- sampai dengan Rp 305.000,- per lembar. HPL Himmel juga mempunyai ukuran 1220mm x 2440mm x 0,8mm.

3. Grasmerino


Grasmerino juga merupakan salah satu merk HPL berkualitas yang dijual di Indonesia. Grasmerino adalah perusahaan pembuat HPL yang berasal dari India sejak tahun 1995.

Keunggulan dari HPL Grasmerino adalah ciri khas desain yang elegan dan eye catching. Beberapa pelayanan publik seperti Ciputra Hospital, Haris Puri Mansion Hotel Jakarta, Bank Mega Syariah dan masih banyak lagi menggunakan desain dan material HPL Grasmerino.

Harga merk Grasmerino dijual dengan harga mulai dari 287.000,- sampai dengan 340.000,- per lembar. Ukuran yang dijual juga standar ukuran triplek yaitu 1220mm x 2440mm x dengan ketebalan 0,7 mm.

4. AICA HPL


AICA HPL adalah salah satu brand HPL buatan Indonesia dengan kualitas Jepang. AICA HPL memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Ketahanan permukaan yang baik dengan kualitas laminasi tinggi standar Japan Industrial Standard (JIS) Z 2801:2010
  • Meminimalkan penggunaan formaldehida yang menjadi salah satu penyebab Sick House Syndrome.
  • Produk AICA telah mendapat penghargaan Greenguard & Singapore Green. 
  • Kualitas produk anti bakteri dan resiko kontaminasi, penyebaran, dan pertumbuhan kuman sesuai hasil tes lab Jepang.

AICA HPL jenis apple wood dibanderol seharga Rp 270.000,- hingga Rp 327.000,- per lembar. Ukuran yang dijual juga tetap seukuran triplek yaitu 1220mm x 2440mm x 0.7 mm.

5. TACO HPL


TACO HPL adalah salah satu merk HPL yang ada di Indonesia. Mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2001. Sebagai perusahaan penyedia desain surface, lantai vinyl dan pemasangan perangkat keras, TACO Group sudah berkecimpung di dunia industri laminasi sejak tahun 1982.

Sesuai ukuran pada umumnya, ukuran HPL Taco per lembar juga 1220 mm x 2440 mm x 0.7 mm. Harga HPL Taco per lembar untuk motif wood grain adalah Rp180.000,- sampai Rp 210.000,-

Beragamnya harga bahan HPL dipasaran sebanding dengan kualitas yang diberikan. Material HPL banyak dipilih oleh Desainer interior karena memang memiliki banyak keunggulan. Mari kita simak apa saja kelebihan bahan HPL dibanding bahan lainnya.

Kelebihan Bahan HPL


1. Mudah dibersihkan

Perawatan bahan HPL tergolong mudah. Cukup dibersihkan dengan lap atau pembersih debu untuk membuatnya tampak mengkilap. Moms bisa juga menggunakan bahan furniture polish untuk membuatnya tampak mengkilap.

2. Membuat hunian tampak mewah

Lapisan glossy atau bening mengkilap pada bagian finishing HPL membuat furniture rumah tampak mewah. Perabotan rumah yang menggunakan bahan ini akan membuat rumah semakin elegan.

3. Anti gores

Bahan HPL yang licin dengan finishing laminating membuatnya tahan terhadap goresan. Mempunyai bahan dengan pelapis plastik bening, membuat HPL tahan terhadap goresan ataupun noda tinta.

4. Tersedia berbagai warna

Material HPL yang memiliki beragam warna juga menjadi alasan ramainya peminat. Pemilik rumah bisa menyesuaikan dengan tema warna rumah dengan warna HPL yang tersedia. Dengan demikian tak sulit menghadirkan warna warna favorit di rumah.

5. Tahan air

Bahan HPL memang didesain dengan bahan pelapis plastik yang tahan terhadap air. Lapisan plastik bening atau glossy dibagikan luar bisa mencegah percikan air atau air mengenai bahan multiplek pada furniture.

Meski memiliki banyak kelebihan, bukan berarti bahan HPL tanpa cacat ya. Tetap ada saja kekurangan dari furniture dengan bahan HPL

Kekurangan Bahan HPL


1. Pemasangan butuh ketelitian

Layaknya pemasangan wallpaper pada dinding, pemasangan pelapis bahan HPL juga membutuhkan ketelitian. Moms harus mengukur dengan tepat pada media yang hendak dilapisi. Agar hasil pemasangan lapisan HPL lebih rapi dan presisi.

2. Tidak bisa dipasang pada bagian siku

Untuk pemasangan pada bagian siku, Moms sepertinya harus sabar hehe. Karena pemasangan manual yang dilakukan sendiri pada bagian siku tidaklah semulus jika membeli material HPL yang telah jadi.

Bahan multiplek yang dilapisi HPL secara manual akan menimbulkan bagian yang berkerut atau menggelembung. Sebaiknya meminta bantuan tenaga profesional untuk melakukan pemasangan pada bagian siku. 

3. Pengiriman jarak jauh membutuhkan perlakuan khusus

Menurut beberapa penjual, meskipun bahan HPL banyak dijual secara daring, namun pengirimannya agak menyulitkan. Karena ukurannya yang besar, maka pengiriman dalam jumlah banyak membutuhkan pemesanan kontainer kosong. Hal ini bertujuan agar lapisan HPL tidak rusak ataupun pecah selama pengiriman.

Kesimpulan 


Menggunakan bahan penutup sintetis seperti material HPL memang menambah kesan mewah pada perabot. Banyak yang menggunakannya karena kelebihannya. Namun perlu diperhatikan juga bahwa bahan HPL memiliki kekurangan. Harus mempertimbangkan kedua elemen ini untuk memutuskan apakah ingin menggunakan dalam jangka panjang atau tidak.

Memilih merk HPL termahal pun tetap harus berdasarkan kualitasnya. Jangan asal pilih mahal, pilih yang paling baik kualitasnya serta aman untuk lingkungan. Kualitas HPL yang baik juga seharusnya sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!  

Salam,
Mom Queen

Referensi:
www.grasmerino.com
www.aica.co.id
www.taco.co.id
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment