header

5 Alasan Penting Ikut Kursus Microsoft Office

Konten [Tampil]

Kursus Microsoft Office

Di era digital seperti sekarang ini nampaknya memiliki kemampuan mengoperasikan komputer untuk berbagai kepentingan dan pekerjaan sudah menjadi skill yang wajib dimiliki oleh semua orang. Itulah mengapa saat ini salah satu jenis kursus keterampilan tambahan yang paling banyak dicari adalah kursus Microsoft Office.

Meskipun nampaknya sepele, namun ternyata belum semua orang memiliki kemampuan penguasaan Microsoft Office yang baik. Padahal kemampuan ini sangatlah dibutuhkan bahkan dalam semua bidang pekerjaan yang ada sekarang ini. Jika kamu masih ragu untuk memulainya, beberapa poin berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu, mengapa kursus Microsoft Office sangat penting dan perlu untuk dilakukan.

1. Memudahkan Penyelesaian Pekerjaan


Salah satu poin utama yang menjadi alasan mengapa kamu perlu belajar dan menguasai Microsoft Office secara mahir adalah, untuk membantu menyelesaikan berbagai macam jenis pekerjaan. Saat ini jika kamu bekerja terutama di lingkup kantor yang mengharuskan kamu berhadapan dengan layar komputer setiap harinya, maka kamu akan sangat menyadari betul bahwa fitur-fitur yang ada di software Microsoft Office akan sangat membantu pekerjaan yang menjadi tugas mu.

Contoh sepelenya ketika kamu ditugaskan untuk membuat surat menyurat, maka yang kamu butuhkan adalah Microsoft Word. Selain itu jika kamu berada pada posisi pekerjaan yang berhubungan dengan data, angka, dan keuangan, maka kamu akan sangat membutuhkan software Microsoft Excel untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Tak hanya itu, bagi kamu yang butuh melakukan presentasi tentunya kamu akan memanfaatkan Power Point, dan masih banyak lagi.

2. Skill Yang Banyak Dibutuhkan


Karena penggunaan Microsoft Office sudah sangat memonopoli hampir di semua aspek pekerjaan yang berkaitan dengan komputer, maka bisa dikatakan bahwa kemampuan seseorang dalam menguasai pengoperasian software ini menjadi sebuah skill yang wajib. Banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan skill utama penguasaan Microsoft Office antara lain :

Sekretaris


Membutuhkan MS Office untuk membuat berbagai macam dokumen surat menyurat, menyusun jadwal, surat perjanjian, dan masih banyak lagi.

Akuntan


Membutuhkan MS Office untuk kebutuhan menyusun laporan keuangan, mulai dari laporan laba rugi, neraca perdagangan, laporan perubahan modal, dan lain-lain yang menjadi pekerjaan wajib setiap hari.

Marketing


Membutuhkan MS Office untuk mendukung pekerjaan mereka dalam hal mempresentasikan produk perusahaan kepada klien, membuat selebaran produk, iklan, dan masih banyak lagi.

3. Memudahkan Diterima Kerja


Tentu saja dengan banyaknya bidang pekerjaan yang membutuhkan skill penguasaan Microsoft Office, jika kamu berhasil menguasai skill ini salah satunya dengan melakukan kursus Microsoft Office, maka kamu akan memiliki nilai tambah untuk mudah diterima kerja. Kamj bisa mencantumkan skill yang kamu miliki ini menjadi salah satu poin di resume atau Curriculum Vitae. Dengan demikian HRD akan melihat kemampuan kamu ini sebagai nilai tambah.

4. Meningkatkan Skill Desain


Tahukah kamu bahwa menguasai program-program yang ada di Microsoft Office juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan skill desain kamu? Ada beberapa jenis software yang ada di Microsoft Office yang bisa mendukung kemampuan kamj untuk menguasai desain. Mulai dari MS Word yang bisa digunakan untuk membuat desain sederhana, hingga Power Point yang bisa digunakan untuk membuat desain tampilan presentasi sesuai yang kamu inginkan.

5. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Digital


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kemampuan penguasaan Microsoft Office saat ini sudah menjadi basic skill yang harus dimiliki setiap orang. Terlebih bagi kamu yang tak mau dianggap kelewat zaman karena tidak bisa mengikuti arus era zaman yang serba digital seperti sekarang. Maka tentu sangat penting bagi kamj untuk mencoba mengikuti kelas-kelas kursus Microsoft Office, terutama bagi kamu yang berencana bekerja di bidang yang akan sangat membutuhkan kemampuan ini untuk menyelesaikan tugas harian.
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment