header

Cerita Liburan di Rumah Saja, ini 7 Aktivitas Seru Bersama Anak!

Konten [Tampil]

Hi Moms,
Mom Queen mau berbagi cerita liburan di rumah saja yang kami lakukan beberapa waktu lalu. Karena sebentar lagi akan datang masa liburan panjang, maka tulisan ini sepertinya cocok untuk dibagikan sekarang hehe.

Laporan world happiness report tahun 2023 menyebutkan bahwa negara yang paling bahagia di dunia adalah Finlandia.

Negara seribu danau atau The land of a thousand lakes ini telah 6 tahun berturut turut menduduki peringkat pertama sebagai negara paling happy di dunia. Apa sih yang membuat negara Finlandia selalu menduduki peringkat atas sebagai negara paling bahagia?

Menurut para ahli Finlandia, salah satu dosen dari Universitas Aalto, Frank Martela, menyebutkan bahwa kesejahteraan warga Finlandia adalah prioritas utama pemerintah. Pemerintah memberikan adanya tunjangan pengangguran, fasilitas kesehatan (hampir) gratis, hingga sistem keamanan yang tinggi.

Melansir salah satu artikel CNN Indonesia bahwa masyarakat Finlandia juga senang berinteraksi dengan alam. Selain itu orang Finlandia tidak suka membandingkan kehidupan mereka dengan orang lain atau menyombongkan kebahagiaannya kepada orang lain.

Sebuah syair dari penyair Finlandia yang menyebutkan bait 'Kell' onni on, se onnen kätkeköön' yang artinya tidak membandingkan diri atau bersikap sombong.

Berkaca dari kehidupan orang Finlandia, menurut Mom Queen penyebab utama Finlandia menjadi negara paling bahagia adalah karena mereka fokus pada kebahagiaan diri sendiri dan tidak suka membanding-bandingkan kehidupan diri sendiri dengan kehidupan orang lain. Karena pada dasarnya kebahagiaan itu tentang bagaimana kita bersyukur atas setiap kondisi yang terjadi.

Back to the topic, kita sebagai perempuan Indonesia yang sangat gemar berinteraksi di medsos, kalau lihat postingan orang lain sedang liburan ke suatu tempat yang indah atau ke negara 4 musim, jangan jadi iri hati ya hehe. Siapa tahu itu adalah hasil kerja keras si AI (baca: editan) haha

Berdoa saja suatu hari cerita liburan di rumah saja ini akan berganti latar menjadi Menara Eifel atau London Bridge. Amiiinn kan yuk?!

Bagaimana bisa membuat liburan yang seru bersama anak meski hanya di rumah saja? Hmm mungkin ini bisa jadi referensi Moms untuk liburan bersama anak nantinya hehe. Here We go!

Cerita Liburan di Rumah Saja, Masih Bisa Seseruan?


Cerita liburan di rumah saja

Salah satu manfaat berlibur adalah meningkatkan perasaan bahagia di dalam jiwa. Setuju nggak Moms?

Bayangkan saja, jika kamu selalu melakukan aktivitas yang monoton selama waktu tertentu tanpa memberi jeda pada tubuh untuk rileks. Misal pergi pagi pulang petang bagi pekerja, atau ibu rumah tangga yang selalu melakukan aktivitas domestik yang itu lagi-itu lagi setiap hari, hal ini bisa membuat pikiran stress hingga burnout.

Nah, berhubung bulan Juni adalah momen libur sekolah bagi anak-anak. Sepertinya sangat tepat jika kita mengambil waktu sebentar untuk rehat dari rutinitas. Setuju?

Mom Queen pernah membuat staycation ala hotel di rumah, dan ini sukses meningkatkan momen kebersamaan antar anggota keluarga.

Jika ditanya apakah cerita liburan di rumah saja tetap bisa menghadirkan momen seru bersama keluarga? Tentu saja bisa! Sejatinya seru atau tidak, bahagia atau biasa itu datangnya dari mindset.

Mindset kita yang harus di ubah, bahwa dimanapun saya berada, saya bisa bahagia dan menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri dan orang lain. Sepakat? Yuk Intip aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah saja bareng anak.

Aktivitas Seru yang Bisa dilakukan di Rumah Saja Bersama Anak Balita


Mom Queen mempunyai 3 anak yang semuanya usia di bawah 6 tahun. Ya, kalau di pikir-pikir mirip buah anggur sih, besarnya hampir sama haha. Tubuh mereka juga hampir sama besar, positifnya mereka bisa jadi teman satu sama lain. Kalau repotnya jangan ditanya ya haha.. 

Mom Queen lebih sering melakukan liburan dalam kota dan so far tetap bisa jadi cerita liburan yang indah. Sebab, jika memilih liburan ke suatu tempat di luar kota atau luar negeri Mom Queen harus menghitung budget dengan cermat, jika tidak, bisa boncos wkwk.

Apa yang kami lakukan selama liburan di rumah saja? Ini aktivitas yang kami lakukan.

1. Mengenal alat masak dan mengelompokkannya


Anak mengenal alat masak

Memasak adalah aktivitas rutin yang nyaris tak terlewatkan. Mengajarkan anak-anak peralatan masak cukup menarik bagi mereka. Anak-anak juga bisa belajar nama-nama alat masak, jenis bahan pembuat alat masak, beserta fungsinya. Menjelaskannya secara detail diiringi tanya jawab tentu jadi aktivitas seru bareng Ibu

2. Membantu mencuci alat masak


Mencuci alat masak sambil bermain gelembung sabun? Tentu jadi momen paling asik bagi mereka. Anak Mom Queen usia 6 tahun senang sekali saat praktik mencuci alat masak. Dia sangat 'terpesona' bisa melihat perubahan kimia yang terjadi pada air dan sabun. Tapi tetap awasi anak-anak ketika melakukan praktik mencuci alat masak ya Moms!

3. Memotong sayur


Memotong sayur menjadi bagian kecil ternyata dapat membantu kemampuan motorik anak lho Moms. Anak-anak yang terbiasa memotong sayur juga mampu melatih fokus mereka. Jangan lupa, Moms juga harus fokus mendampingi buah hati saat mereka memegang benda tajam ya.

4. Aktivitas memasak bersama


Masak Bersama anak

Memasak bersama juga bermanfaat untuk melatih keberanian dan mengenalkan konsep matematika dasar pada anak. Anak-anak usia dini akan senang dengan adanya konsep menghitung berat, jumlah, takaran, hingga mengenal beragam bahan-bahan makanan.

5. Melakukan aktivitas keagamaan


Anak sholat

Meskipun liburan, Moms bisa mengemasnya menjadi waktu yang tepat untuk mendekatkan diri dengan sang pencipta. Cerita liburan di rumah saja bisa diisi dengan melakukan aktivitas keagamaan. Kegiatan yang bisa dilakukan seperti sholat bersama, mendengarkan sirah Rasulullah SAW dan sahabat, hingga mentadabburi ayat Al Quran.

6. Mengenal alam sekitar


Salah satu alasan mengapa Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia adalah karena mereka dekat dengan alam. Tak ada salahnya Moms mengajak anak-anak lebih dekat dengan alam saat liburan di rumah saja.

Caranya bagaimana? Kenalkan anak-anak dengan lingkungannya, ajak mereka berjalan-jalan di waktu pagi, kenalkan mereka alam sekitar. Jika ini pengalaman pertama bagi mereka, tentu Moms akan berhadapan dengan banyak pertanyaan anak-anak. Siap-siap ya! 

7. Berkebun dan merawat tanaman


Mengajak anak-anak berkebun dan merawat tanaman juga bisa jadi pilihan menarik. Anak-anak sangat menyukai hal-hal baru. Apalagi melihat bagaimana proses pertumbuhan tanaman. Anak-anak dijamin makin happy liburannya. Ajarkan mereka bagaimana menanam pohon, agar suatu hari mereka siap menjadi salah satu penjaga bumi

Moms, sebelum memulai aktivitas liburan di atas, jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulunya ya. Liburan dengan persiapan akan memberi cerita yang bermakna.

Semoga cerita liburan di rumah saja bisa membuat bahagia dengan adanya berbagai kegiatan menarik bersama si Kecil ya. Selamat mencoba Moms!

Salam,
Mom Queen


Referensi:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230320190602-277-927495/5-rahasia-bahagia-finlandia-enam-kali-jadi-negara-paling-bahagia/amp
https://www.forbes.com/sites/laurabegleybloom/2023/03/20/ranked-the-20-happiest-countries-in-the-world-in-2023/amp/
https://worldhappiness.report/ed/2022/

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment