header

Wisata Hemat dalam Kota, Apa yang Harus dipersiapkan?

Konten [Tampil]


Wisata dalam kota

Berwisata dalam kota adalah cara yang menarik untuk mengeksplorasi tempat-tempat menakjubkan di sekitarmu tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Meskipun mungkin terlihat lebih sederhana daripada liburan ke luar kota atau ke luar negeri, tetapi tetap memerlukan persiapan yang matang.

Salah satu persiapan yang harus kamu pikirkan adalah mengenai transportasi yang akan kamu gunakan. Ya, kamu harus mempertimbangkan apakah harus membawa mobil sendiri atau sebaiknya rental mobil via Traveloka demi keamanan dan kenyamanan berwisata.

Selain pertimbangan tersebut, apa saja hal lain yang harus kamu persiapkan? Ikuti dan simak artikel ini hingga akhir ya.

Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Saat Akan Berwisata di Dalam Kota


Ketika merencanakan wisata dalam kota, banyak faktor yang perlu dipikirkan agar kamu dapat mengoptimalkan waktu dan menikmati pengalaman yang berharga. Meskipun persiapannya mungkin tak seribet ketika kamu akan berwisata ke luar kota.

Akan tetapi, tentunya tetap memerlukan perencanaan yang matang agar liburanmu berjalan lancar. Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan ketika akan berwisata dalam kota, yaitu:

1. Penelitian Destinasi


Sebelum memulai perjalanan, telitilah destinasi yang ingin kamu kunjungi di dalam kota tersebut. Apakah kamu tertarik dengan objek wisata sejarah, seni, alam, atau kuliner? Cari informasi yang lengkap mengenai tempat-tempat yang menarik minatmu, jam operasionalnya, harga tiket, dan informasi penting lainnya.

Hal ini supaya kamu bisa mengatur jadwal dengan baik dan demi kelancaran wisata kota yang akan kamu lakukan.

2. Menyiapkan Itinerary


Buat rencana perjalanan yang terperinci agar kamu dapat memaksimalkan waktu liburanmu. Tentukan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi dan atur prioritasnya. Sebaiknya buatlah jadwal yang realistis sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk menikmati setiap tempat tanpa terburu-buru. Jangan lupa sisipkan waktu untuk istirahat agar kamu tidak kelelahan.

3. Transportasi


Periksa opsi transportasi yang tersedia di dalam kota. Apakah kamu akan menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum, atau jasa rental mobil? Jika kamu memilih untuk menggunakan jasa rental mobil, maka segera hubungi pihak penyedia rental mobil tersebut.

Pastikan apakah kamu ingin mengendarai sendiri mobilnya atau menggunakan supir dari pihak penyedia rental mobil tersebut.

4. Akomodasi


Jika kamu tidak tinggal di kota tersebut, maka cek pilihan akomodasi. Cari hotel, penginapan, atau apartemen yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu. Ketika mencari akomodasi yang sesuai, periksa ulasan dari tamu sebelumnya. Supaya kamu mendapatkan gambaran tentang fasilitas, lokasi, dan kualitas pelayanan.

Setelah itu, segera pesan akomodasi agar kamu mendapatkan harga terbaik dan jangan lupa untuk melakukan konfirmasi sebelum keberangkatan.

5. Persiapan Cuaca dan Pakaian


Seperti halnya berwisata di luar kota, kamu juga harus memeriksa perkiraan cuaca dalam kota yang akan kamu kunjungi. Siapkan pakaian yang sesuai dengan suhu dan kondisi cuaca yang diharapkan.

Apabila berencana melakukan aktivitas di luar ruangan, bawalah payung, kacamata hitam, topi, atau perlengkapan lainnya. Agar bisa melindungimu dari panas atau hujan yang bisa saja terjadi tiba-tiba.

6. Uang dan Dokumen Penting


Pastikan membawa uang tunai dan kartu kredit yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama berwisata. Selain itu, bawalah dokumen penting yang sekiranya nanti kamu butuhkan. Seperti kartu identitas, SIM, kartu anggota atau tiket diskon untuk atraksi wisata, dan lain sebagainya.

7. Makanan dan Minuman


Berwisata dalam kota juga memerlukan referensi tempat makan dan minum. Ini harus kamu pertimbangkan juga. Apalagi jika kamu memiliki preferensi diet khusus atau alergi makanan. Oleh karenanya, cari informasi tentang restoran atau tempat makan yang dapat memenuhi kebutuhanmu.

Selain itu, bawalah camilan ringan dan air minum dalam perjalanan untuk menghindari kelaparan atau dehidrasi saat berwisata.

8. Kamera dan Perlengkapan Tambahan


Pastikan untuk membawa kamera atau ponsel dengan kapasitas memori yang cukup untuk mengabadikan momen berharga selama berwisata. Bawalah perlengkapan tambahan seperti baterai cadangan, adaptor listrik, atau power bank. Supaya kamu dapat terus terhubung dan komunikasi tetap lancar.

9. Siapkan Rencana Cadangan


Ketika berwisata dalam kota, ada kemungkinan rencanamu berubah karena cuaca yang buruk, penutupan tempat wisata, atau hal-hal tak terduga lainnya. Kamu harus bersiap untuk semua kemungkinan tersebut. Oleh karena itu tetaplah fleksibel dan buat rencana cadangan. Selalu ada alternatif dan tempat menarik lain yang dapat dieksplorasi, bukan?

Berwisata Dalam Kota Dengan Memanfaatkan Rental Mobil Di Traveloka


Saat berwisata di dalam kota, ada baiknya jika kamu menggunakan jasa rental mobil. Utamanya bagi kamu yang tak memiliki kendaraan pribadi. Tak perlu khawatir, kini ada banyak jasa rental mobil online yang bisa kamu manfaatkan salah satunya adalah Traveloka.

Melalui Traveloka, kamu dapat menikmati keuntungan menggunakan kendaraan tanpa beban yang terkait dengan kepemilikan. Bukan itu saja, menggunakan jasa rental mobil dari Traveloka juga memberikan kamu banyak kemudahan, diantaranya adalah:
  • Akses dan pemesanan mudah.
  • Tersedia beragam pilihan kendaraan.
  • Harga bersaing dan banyak penawaran spesial.
  • Dukungan pelanggan yang selalu siap sedia.
Intinya, jika kamu ingin wisata praktis dan mudah di dalam kota, sebaiknya gunakan jasa rental mobil Traveloka. Supaya perjalanan wisatamu lebih fleksibel, aman dan nyaman. Semoga wisatamu menyenangkan dan jangan lupa jaga kesehatan ya!
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

5 comments

  1. Wow, traveloka ternyata semakin lengkap ya, sekaranga bisa rental mobil melalui aplikasi, tidak usah bingung-bingung nyari mobil rental jika ingin berwisata.

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau lho mba di traveloka ada jasa rental mobilnya. Cek² traveloka cuma buat liat tiket² aja. Wisata dalam kota juga perlu persiapan emang. Apalagi pergi sama anak

    ReplyDelete
  3. Bener banget nich untuk travelling yang utama siapkan itinenary, budget dan another plan. Karena mungkin disetiap rencana kita ada sesuatu yang diluar rencana.

    ReplyDelete
  4. Meskipun wisata hanya di dalam kota namun tetap butuh akomodasi dan transportasi. Ternyata sekarang makin mudah karena ada jasa rental mobil Traveloka.

    ReplyDelete
  5. Traveloka juga menyediakan rental mobil ya ternyata, belum pernah coba nih, jadi bisa ada alternatif lain untuk melakukan perjalanan

    ReplyDelete

Post a Comment