header

Pengalaman Memutus Candu Gadget Pada Toddler

Konten [Tampil]

Dewasa ini sangat tidak asing apabila melihat anak-anak (bahkan) usia balita sudah memegang gadget dalam kesehariannya. Bahkan Ada orangtua yang sengaja memberikan gadget sebagai dalih untuk mengalihkan perhatian anak yang melulu ingin ditemani bermain.

Memutus Candu Gadget Pada Anak

Pada dasarnya fitrah anak, apalagi diusia balita adalah bermain. Namun terkadang karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan orangtua untuk mengakomodir keinginan anak inilah yang membuat orangtua menyerahkan kegiatan anak untuk berinteraksi pada gawai.

Gadget Tidak Selamanya Buruk, Tapi Anak-Anak Belum Butuh! 


Saya bukan orangtua yang anti sekali untuk memberi gawai pada anak. Tidak juga, namun dibalik sekian banyak dampak negatif dari gadget ada juga beberapa manfaat yang bisa di petik.

Misalnya bisa mendapatkan ide bermain anak, memvisualisasikan apa-apa yang terasa sulit di pahamkan dengan kata-kata, video edukasi, lagu reliji dan lain sebagainya.Tetapi diantara daftar manfaat gawai ini, ada setumpuk efek negatif penggunaan gadget pada anak, apalagi balita :(

6 Dampak Negatif Gadget Bagi Anak


Saya mencoba menuliskan beberapa dampak negatif atas penggunaan gadget pada usia dini. 

  • Efek radiasi yang bisa mengganggu kinerja retina mata,
  • Keterlambatan dalam perkembangan kemampuan gerak (motorik) dan bahasa anak (speech delay),
  • Mengurangi kemampuan anak dalam bersosialisasi,
  • Menjadikan anak cenderung pasif akibat pemberian informasi yang satu arah,
  • Emosi anak yang tidak stabil cenderung mudah tantrum,
  • Belum lagi dampak negatif apabila anak-anak yang rentan terpapar konten kekerasan hingga pornografi, naudzubillah.

Untuk menghindari penggunaan gawai yang berlebihan pada anak sangat diharapkan supermom untuk terbiasa menjadi ibu kreatif. Intinya jangan malas, jangan berdalih dengan banyaknya tumpukan to do list domestik sehingga menyerahkan perhatian anak pada gadget.

Saya termasuk ibu yang big no! pemberian gadget pada anak (tanpa pendampingan) apalagi usia balita. Namun anak pertama Saya, Queensha, sempat terpapar bahkan sudah sedikit mengarah pada kecanduan gadget diusianya belum genap 2 tahun :(

Saat itu ketika Saya masih bekerja dan Queensha berada dalam pengasuhan nanny. Setiap hari diberi "asupan" gadget, walaupun dengan dalih hanya lagu-lagu anak.

Saya kemudian mengingatkan pada pengasuhnya bahwa Saya tidak mengizinkan anak bermain gadget meski hanya menonton lagu sekalipun. Namun mungkin karena terlalu sering ya melihat pengasuhan dan sekelilingnya interaksi dengan gadget membuatnya mulai tertarik.

Saat dirumah, setiap melihat abi nya memegang handphone ketika membalas percakapan pribadi atau sekedar menjawab telepon, dia yang paling aktif sekali ingin turut serta melihat dan memegang gadget, dan kemudian minta diputarkan lagu-lagu diyutup.

Bahkan dia sangat hafal lagu mana untuk diputarkan. Jika tidak dituruti emosinya bisa meledak-ledak, menangis sejati-jadinya. Satu dua kali masih kami tolerir, tetapi kemudian Saya dan Suami melihat ini sudah tidak sehat lagi bagi buah hati kami. Kemudian kami mengambil keputusan untuk menyetop perilaku sebelum menjadi candu.

Awalnya usaha ini penuh dengan drama tantrum dan kami betul-betul dituntut untuk memiliki kesabaran ekstra demi memutus mata rantai "nutrisi" gadget ini. Kami berdua sepakat bahwa anak-anak tidak seharusnya menerima paparan gadget apalagi konten video yang berdurasi lebih dari 30 menit.

Sekalipun hanya untuk menerima telepon tentang pekerjaan, bahkan suami harus mencari tempat yang aman hingga keluar rumah. Saya pun, praktis sepulang kerja tidak akan memegang gadget hingga Queensha tertidur.

Beruntung dia memiliki ritme tidur yang sangat teratur, jam 9 sudah terlelap, jikalau pun terlewati maksimal 30 menit dari jadwal. Saat itulah bagi kami bebas bergadget, sekedar mengecek pekerjaan atau melihat berita trending hari itu.

Diawal fase ini adalah fase tega dan kesabaran kami diuji, namun sebagai orangtua kami harus tegas dan mampu mengontrol emosi.

Alhamdulillah lebih kurang 3 bulanan kami baru bisa merasakan Queensha benar-benar lepas dari gadget. Sekarang diusianya 3 tahun 5 bulan, dia benar-benar (tidak begitu) tertarik dengan pesona gadget lagi.

Alhamdulillah tidak Ada usaha yang mengkhianati hasil. Laa hawla wala quwwata illa billah.

5 Cara Memutus Candu Gadget 


Beberapa cara yang kami lakukan untuk memutus perilaku kecanduan gadget pada Queensha diantaranya akan Saya sharing dibawah ini :

1. Segera memutus langsung penggunaan gadget pada anak.

 
Akan sangat berbeda perlakuan terhadap anak balita dengan anak remaja dalam menggunakan cara ini. Karena anak Saya baru berumur 2 tahunan saat itu, maka kuasa penuh dalam kendali kami. Praktis cara ini sangat efektif.

2. Perbanyak Mainan.


Saya sebagai ibu bekerja (saat itu) tentu memiliki waktu yang sedikit dengan anak (ini juga yang kemudian mendorong Saya untuk resign dari perusahaan ) maka yang Saya lakukan adalah memberikan banyak mainan pada nanny nya dan mengatakan bahwa Queensha tidak boleh terpapar gadget sampai usia minimal 5 tahun, jadi sebisa mungkin hindari penggunaan gadget didepan dia. Mainan yang Saya berikan waktu itu adalah buku-buku animasi tipe board book.

3. No Gadget Selama Anak Belum Tidur.


Karena ekstrimnya keinginan Queensha ketika melihat gadget, maka kami sebisa mungkin menghindarkan perhatiannya pada gadget. Agak sedikit mengganggu ketika suami saya masih ada pekerjaan dengan klien yang komunikasi via online telepon dan email. Suami terpaksa harus kucing-kucingan deh :D

4. Bekerja Sama dan Koordinasi dengan Circle Inti Dalam Keluarga.


Terkadang om atau tantenya kala bertandang sambil bermain gadget. Disini lah pola komunikasi diperlukan. Kami meminta kerjasama dari mereka untuk tidak bermain gadget didepan Queensha. Walau susah, namun mereka mengikuti rules keluarga kami.


5. Perbanyak Quality Time Bersama Anak.


Percayalah ketika anak mendapat perhatian penuh dari orangtuanya, seketika itu juga keinginannya untuk bergadget ria akan hilang, apalagi kondisi anak balita.

Quality time ini bisa dengan mengajaknya bermain, menggendongnya, mendengarnya bercerita, menanyakan tentang beragam aktifitasnya seharian , ataupun sekedar mendampinginya menonton TV. 

Ini akan menjadi bahasan khusus mengenai pengaturan screen time pada anak ala keluarga kami. 

Quote mom queen

Namun yang paling penting dari semua ini adalah adanya niatan yang kuat antara suami istri untuk segera menghentikan kebiasaan candu gadget ini.

Suami istri harus satu bahasa, tidak bisa hanya istri(atau sebaliknya) saja yang memiliki keinginan kuat untuk memutusnya sedangkan pasangan masih ada perasaan tidak tega, ungkapan seperti "ah sekali ini juga" harus di hindari, atau hal semisal yang bisa meruntuhkan pertahanan anti gadget dirumah.

Karena ini menyangkut bagaimana mempola kebiasaan yang kemudian bisa menjadi perilaku dan karakter anak kelak.
____

Semoga kita bisa menjadi orangtua yang arif untuk memberikan gadget pada anak tepat pada waktunya. Tidak tergoda dengan trend lingkungan. Anggapan bahwa semakin muda anak bergadget semakin keren dan gaya adalah pembunuhan minat dan potensi anak.

Salam, 
Mom Queen 
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

35 comments

  1. Noted banget mba.. terima kasih udah sharing

    ReplyDelete
  2. Waah berguna banget ni sharing pengalamannya..terima kasih banyak mbaaaaa :D

    ReplyDelete
  3. aku juga pernah punya pengalaman serupa mom. awal awal memang harus komitmen untuk anak stop gadget karena kecanduan cukup sulit untuk merubahnya.

    ReplyDelete
  4. Kuncinya emg bgn terakhir, harus komit dgn suami dan keluarga serumah, klo ibu nya aja yg disiplin tpi yg lain kasih gadget maka akan sulit ya mba

    ReplyDelete
  5. Harus ngelatih diri sendiri biar ngga sering-sering mainan gadget ni
    aku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akuu jugaa (kadang) makanya lebih milih bnulis atau buka hp dini hari atau shubuh hihi

      Delete
  6. Kadang, para ortu ga sadar gadget merusak komunikasi anaknya dgn sesama. Semua anak dpt gadget 1org 1 miris ngeliatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah banget aku pernah Lihat situasi begini, dan aku miris Lihat keadaan mereka, semua fokus dgn 'pegangan' masing-masing saat dirumah.

      Delete
  7. Banyak belajar tentang pembatasan gadget pada anak. Terima kasih sharingnya mbak...

    ReplyDelete
  8. Makasih sharingnya.. bisa dicoba juga nih biar anak gak kecanduan gadget.

    ReplyDelete
  9. Strugglenya pasti sesuatu ya mba, alhamdulillah udah berhasil. Semoga bisa menjadi pelajaran dan penyemangat bagi yang lain..

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah dapat ilmu parenting (lagi), jazaakillahu khairan🙏

    ReplyDelete
  11. aku pernah melewati fase ini beberapa tahun yg lalu. dulu sempet merasa jadi ibu yg gagal. tapi emang perkembangan teknologi juga gak bisa dihindari ya mbak. meski balitaku kadang baca buku dari gadget, alhamdulillah ngga kecanduan lagi :')

    ReplyDelete
  12. Terimakasih atas sharingnya mbaa :). Mengatur penggunaan gadget ini menjadi tantangan ya baik bagi anak-anak maupun orang dewasa..

    ReplyDelete
  13. Wih bener banget mba.. ini tuh tantangan banget di jaman sekarang... Barakallah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, yg penting kita nya yah yg membentengi keluarga kita

      Delete
  14. harus kuat memang dukungan dari lingkungan sekitar...

    ReplyDelete
  15. Tfs mba.

    Sekarang anak-anak semakin banyak dikasih gadget, terlebih anak usia 1 tahunan :(

    ReplyDelete
  16. Ini yang namanya experience is the best teacher ya mb. Terima kasih mb, pengalamannya benar-benar bisa menjadi guru bagi saya

    ReplyDelete
  17. Kakak. Jazakillah khayr. Banyak tulisan bergizi di blog ini. Izin share ya

    ReplyDelete
  18. sulit sekali memutus gagdet pada balita apalagi kalau orang tua atau pengasuhnya juga pegang gadget sepanjang waktu. harus dari ortu dulu memang yang memperbaiki sikap dan kelihatannya tega kalau buat orang luar

    ReplyDelete

Post a Comment