header

Urutan Skinker Untuk Kulit Kering, Ikuti 7 Aturan Ini Untuk Kulit Lebih Lembab!

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Semakin bertambahnya usia, saya meyakini bahwa elastisitas dan kelembapan kulit semakin menurun. Namun bukan berarti hal itu membuat kita down ya. Selain faktor usia, penurunan kualitas kulit juga terjadi karena faktor lingkungan, gaya hidup, dan kurangnya perawatan. Makanya kita mesti mengetahui pemakaian urutan skinker untuk kulit kering dengan benar.

skinker untuk kulit kering

Menyadari kelembapan kulit yang menurun menmbuat saya lebih concern lagi dengan penggunaan skinker yang benar. Jangan sampai kalah dengan rasa malas ya Moms. Ingat! Bagi wanita penampilan adalah nomor satu haha.. Maka serangkaian skinker untuk kulit kering sangat dibutuhkan. Sepakat?!

Urutan Skinker Untuk Kulit Kering


Urutan pemakaian skinker untuk kulit kering yang benar memberi dampak yang signifikan pada kulit lho. Andai saja saya mengetahui aturan skinker yang benar ini lebih awal, tentu sangat baik sekali untuk kondisi kulit saya. Sayang sekali saya baru mengetahuinya setelah usia sekarang. Yang mana perawatan wajah usia 30an lebih pricey dari sebelumnya. Tapi, dari pada tidak tahu sama sekali, tak ada salahnya memperbaiki khan?

Melansir Nordstorm menyebutkan bahwa kulit kering bisa disebabkan karena banyak faktor. Salah satu penyebab kulit kering adalah faktor genetik, lingkungan, peralihan musim, kelembapan udara, membersihkan wajah secara berlebihan, serta pengaruh skinker berbahan keras.

Lantas jika sudah mengalami kulit kering, apa yang harus kita lakukan Moms? Nah ini urutan pemakaian skinker untuk kulit kering agar kulit tampak lebih lembab atau dewy finish.

1. Cleanser

Pembersih (cleanser) merupakan bagian penting dari perawatan wajah. Gunakan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan yang selaras untuk kulit kering. Pilih pembersih wajah yang mengandung lebih banyak AHA, Vitamin C, Vitamin E, hingga Niacinamide dan Ceramide. Bahan-bahan ini baik untuk membantu pengelupasan kulit serta merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru.

Hindari juga melakukan eksfoliasi yang berlebihan, karena akan berdampak pada kelembapan kulit. Lakukan satu atau dua minggu sekali untuk eksfoliasi kulit wajah. Gunakan skinker yang mengandung alpha hydroxyacids atau AHAs untuk membuat kulit lembut.

Kapan sebaiknya menggunakan cleanser?

Sebaiknya kamu membersihkan wajah dengan cleanser sehabis menggunakan makeup atau menjelang tidur malam. Pilih pembersih wajah khusus untuk kulit kering ya Moms!

2. Toner

Moms, penggunaan toner menjadi hal wajib dalam pemakaian wajah. Toner untuk kulit kering berfungsi mengembalikan kelembapan kulit pasca pencucian muka, mempersiapkan kulit agar produk skinker lebih mudah menyerap, serta membantu menetralkan pH wajah. Hayo siapa yang sering skip menggunakan toner?

Kapan sebaiknya menggunakan toner?

Kalau saya menggunakan toner sesaat setelah mencuci wajah, baik pagi, siang atau kapan saja sehabis mencuci muka. Namun waktu wajibnya menggunakan toner saat pagi dan malam menjelang tidur.

3. Hydrating serum

Selain berfungsi menambah kelembapan kulit, serum juga sangat baik untuk menetralkan pH wajah, Serum juga memiliki fungsi untuk mempermudah penyerapan nutrisi kulit. Kamu bisa menggunakan serum vitamin C untuk membantu menghidrasi kulit kering agar lebih lembab.

4. Moisturizer

Penggunaan moisturizer sebaiknya kamu gunakan secara teratur ya Moms. Moisturizer membantu mengembalikan kelembapan kulit. Gunakan moisturizer yang bebas dari parfum maupun alkohol.

Mengutip dari Healthline menyebutkan bahwa moisturizer berbahan Petrolatum based lebih disarankan untuk mengembalikan kelembapan kulit dan mencegah kulit pecah-pecah. Kandungan pelembab berbahan dasar minyak lebih ampuh mengembalikan kelembapan kulit.


Kapan waktu yang tepat menggunakan moisturizer?

Kalau saya pribadi wajib banget pakai pelembab sehabis mandi atau sehabis mencuci muka. Kamu bisa menggunakan pelembab minimal pada pagi dan malam hari

5. Sunscreen

Sunscreen berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen di pasaran terdiri atas sunscreen kimiawi dan suncreen mineral. Sunscreen memiliki Sun Protection Factor (SPF) yang beragam, mulai dari SPF15, SPF30, hingga SPF50. Semakin tinggi SPF-nya maka semakin lama tingkat perlindungannya.

Sunscreen yang disarankan untuk kulit kering adalah sunscreen mineral alih-alih menggunakan sunscreen kimia. Sunscreen mineral yang mengandung Titanium dioksida dan Zinc oksida tidak meresap ke kulit, sehingga tidak menimbulkan reaksi di kulit.

Pilih sunscreen mineral yang mengandung bahan aktif seperti Hyaluronic acid yang berbentuk lotion atau krim. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek ganda dalam melembabkan dan juga melindung kulit di waktu bersamaan.

Kapan sebaiknya menggunakan sunscreen?

Bagi kamu yang sering beraktifitas di luar ruangan bahkan di bawah panas matahari, wajib menggunakan sunscreen sebagai 'payung' wajah dari sinar UV ya moms.

6. Facial wash

Sudah punya cleanser tetapi masih menggunakan facial wash? Iya donk! Karena facial wash dan cleanser memiliki fungsi yang berbeda ya. Facial wash berfungsi membersihkan kotoran yang menempel serta oil yang ada di wajah, sedangkan cleanser berfungsi membersihkan wajah lebih deep, dari sisa make up dan mengangkat sel kulit mati.

Kapan sebaiknya menggunakan facial wash?

Facial wash sebaiknya digunakan di pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan oil yang ada di wajah yang keluar selama tidur semalaman.

7. Facial mask

Gunakan masker wajah setidaknya seminggu sekali untuk membantu kekencangan wajah serta membantu mengembalikan keremajaan kulit. Pilih facial mask khusus untuk melembabkan kulit. Sebaiknya tidak mencuci wajah setelah pemakaian masker wajah, makanya pilih sleeping mask umtuk pemakaian lebih optimal serta meresap di kulit.

Pemakaian skinker di siang dan malam hari hanya berbeda pada penggunaan sunscreen saja. Jika membutuhkan perawatan kantung mata, kamu juga bisa menggunakan eye cream untuk mengatasinya. Mata panda atau kantung mata yang tebal dapat mengganggu penampilan.

Untuk membuat kulit tampak lebih dewy kamu bisa menerapkan ururan skinker untuk kulit kering di atas ya Moms. Poin penting yang harus kamu terapkan selain menjaga kesehatan kulit dari luar, kamu tetap memerlukan kelembaban kulit dari dalam.

Perawatan kulit dari luar bisa dilakukan dengan bantuan skinker, sedangkan perawatan kulit dari dalam dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran sehat, serta penuhi kebutuhan cairan tubuh terutama saat puasa. Selamat berpuasa dan tetap jaga kondisi kelembapan kulit ya! Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Referensi:
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care#treatment
https://www.nordstrom.com/browse/content/blog/dry-skin-routine
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/tips-memilih-sunscreen-terbaik/
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/urutan-pemakaian-skincare
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment