header maminca sharing

Blogging : Passion, Skill & Consistency

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh

Hai teman-teman blogger apa kabarnya? Mengawali hari dibulan Juni ini, mom Queen mau sharing resume materi kelas blogger pemula dari Blogspedia Coaching batch #2. Ada yang sudah kenal dengan Blogspedia? Atau bahkan pernah ikut kelas Blogspedia juga? Jika sudah pernah mendengar tentang Blogspedia wajar kok, sebab Blogspedia memang wadah belajarnya bagi blogger pemula.

Mom Queen sebelum menjadi peserta dalam coaching class batch #2 ini, seriiiing banget cari informasi seputar blogging dari laman web Blogspedia. Soalnya disana lengkap banget informasi tentang blog, terkhusus pengguna platform blogspot. Cerita sedikit, awal mula mengganti domain TLD juga belajar tutorialnya dari Blogspedia hihi.. Nah kalau dulu cuma ngintip-ngintip aja, sekarang langsung belajar sama empunya blog yaitu Marita Ningtyas.

Kenalan dengan Coach Marita Ningtyas

Tak kenal maka taaruf! Hayoo siapa yang belum mengenal Marita Ningtyas? Ibu dua orang anak ini merupakan seorang womanpreneur, parenting dan mental health enthusiasts. Kami sebagai peserta Blogspedia Coaching batch #2 memanggil beliau dengan sebutan "coach". Meski beliau sendiri risih dengan panggilan itu, karena menurutnya ilmu yang di bagikan merupakan basic sekali. Padahal jika di lihat dari paradigma kami sebagai peserta, materi yang di bagikan bukan main-main. Beberapa materi juga banyak yang belum mom Queen pahami. Ini bentuk ke-humble-an coach Marita pada kami.

Membaca sepintas tentang profil beliau, mom Queen sampai terkesima sendiri, ternyata orang yang menjadi guru mom Queen ini juga sedang membangun agensi penulisan konten dalam naungan Blogspedia group. Beliau juga sudah menyelami dunia literasi sejak tahun 2012 dan mulai berkarir sebagai konten writer dan terlibat dalam proyek antologi. Tercatat hingga 2020 sudah ada 29 buku antologi yang beliau terbitkan, memenangkan beberapa kompetisi blog dan menerbitkan buku solo. Wanita asal Semarang ini memiliki tagline : "Bahkan jika aku terlahir kembali, aku tetap akan menulis. Karena dengan menulis kurasakan keberadaanku dan kutemukan jadalan kebermanfaatanku."

Beliau sebenarnya mulai ngeblog sejak 2007 tetapi berhenti ditengah jalan. Mulai ngeblog lagi sejak 2013 dan menuju blogger professional sejak 2016. Saat ini coach Marita mengasuh 3 blog sekaligus yaitu maritaningtyas.com, blogspedia.my.id dan rumah-kita.my.id. 


Pengertian Blog dan Blogging 

Sebelum membahas lebih jauh tentang dunia blogging, ada baiknya kita membahas tentang pengertian blog. Blog asal katanya adalah web log yang berarti jurnal online dalam aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (postingan) pada halaman website, namun biasanya blog lebih bersifat personal karena dikelola secara pribadi, meski tidak menutup kemungkinan bisa dikelola oleh beberapa penulis. Sedangkan blogging adalah aktivitas yang berkaitan dengan blog seperti updating blog dengan konten-konten yang berkualitas. Media blog pertama kali dikenalkan oleh blogger dot com ditahun 2003, sejak itu banyak sekali bermunculan aplikasi serupa berbasis web log. Sedangkan orang yang mengendalikan atau mengelola sebuah website blog disebut blogger.

Blog biasanya banyak digunakan sebagai jurnal harian, blog juga sering digunakan sebagai media publikasi dan kampanye tertentu seperti produk barang ataupun jasa. Mengapa banyak orang memanfaatkan media blog? Beberapa alasan orang menggunakan media blog dikarenakan cara membuat, menyimpan dan perawatan blog yang cenderung rapih serta mudah untuk dibagikan kepada orang lain. Proses publikasi yang cepat, tanpa harus menunggu seleksi penerbit ataupun approval editor juga menjadi alasan lainnya. Disamping itu, blog juga kerap dimanfaatkan sebagai pembentuk personal branding seseorang karena ada sentuhan personal touch pada setiap tulisan yang dibuat. Makanya banyak orang memanfaatkan media blog sebagai bentuk aktualisasi diri. 

Diantara manfaat blog yang sangat banyak antara lain :

◾Media penyaluran hobi

◾Tempat untuk mengutarakan ide, opini

◾Berbagi kisah, inspirasi dan tips

◾Mengikat ilmu

◾Media tugas belajar ataupun pekerjaan

◾Media pencatatan portofolio anak dan lain-lain. 

Bagaimana membentuk skill blogger agar konsisten untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas? 

Beberapa tips blogging juga dibagikan oleh coach Marita Ningtyas untuk membentuk skill menjadi blogger yang konsisten agar menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas. Yuk lanjut baca ya :) 

1. Fokus


Fokus! Aktivitas blogging memang membutuhkan ketenangan dan waktu khusus agar bisa fokus. Mau tidak mau sebagai blogger kita harus mengalokasikan waktu khusus. Alasan ini agar kegiatan blogging ini tidak mengganggu pekerjaan domestik ataupun publik. Alasan lain juga dikarenakan hasil tulisan kita nantinya akan mencerminkan kondisi kejiwaan pada saat menulis. Mom Queen sendiri memilih waktu malam sebelum tidur atau dini hari untuk mengelola blog, karena hanya diwaktu itu pikiran bisa fokus dan bebas dari suara tangisan bayi hehe. 

Lantas apa platform yang baik dalam menulis blog? Tentunya semua platform memiliki plus dan minus, setidaknya pilih yang paling nyaman menurut kita. Baik dari segi fitur maupun biaya perawatan nantinya. Tip yang dibagikan oleh coach Marita dalam menentukan platform yang nyaman adalah mencoba semua jenis platform blog, maka kita akan tahu apa plus minus dari masing-masing platform. Mom Queen sendiri memiliki 2 blog satu di blogspot dan yang kedua di Wordpress. Namun secara personal yang paling gampang adalah akun blogspot ini yang sudah menggunakan top level domain alias TLD. 

Sebagai blogger kita juga hendaknya mengatur blog kita agar tampilannya sedap dipandang mata. Gunakan template (tema) yang baik agar pembaca betah berlama-lama mampir di dalam 'rumah' kita. Tip dalam memilih template blog yang baik diantaranya :

Good friendly

Reader friendly

◾ Minimalis, jangan terlalu banyak widget, dan perpaduan warna juga sebaiknya tidak lebih dari 3 warna. 

◾Loading cepat

◾Pilih background putih, dan tulisan menggunakan warna hitam 

◾Gambar sebaiknya dikompress agar tidak memberatkan saat loading

◾ Pemilihan font yang mudah dibaca

◾Tersedia page "about me" dan navigasi yang mudah. 

Baca juga : 5 Alasan Kamu Harus Ngeblog 

Tip lain sebagai blogger adalah dalam pemilihan niche. Niche adalah tema yang diusung dalam sebuah blog, niche juga sering disebut sebagai ceruk pasar. Pemilihan niche blog, baik untuk one segmented blog (seperti traveling, parenting, food dan sebagainya) ataupun blog gado-gado/lifestyle blog semua memiliki plus dan minus. Sebaiknya juga jangan terlalu profil oriented, mulailah dari yang kita suka dan kenali passion.

2. Know what you do and do what you know


Pastikan kita mengetahui apa yang kita tulis dan menuliskan apa-apa yang kita tahu untuk menghindari kemacetan atau writer's blog. Cara yang bisa dilakukan dalam menghalau writer's blog diantaranya :

◾ Kulakan ide, mencatat ide tulisan dibuku atau notes hp saat ide muncul. 

◾ Buat mind mapping, tulis dulu poin-poin yang akan disampaikan. Jika kesulitan dengan mind mapping, tuliskan saja tema utamanya. 

◾ Tuliskan judul tulisan dulu dan pecah menjadi sub-sub judul. 

◾ Selesaikan tulisan, dan endapkan baru diedit. Jangan berhenti untuk mengedit disaat proses menulis. 

◾ Perbanyak blog walking, dengan blog walking kita akan ketularan semangat menulis, mendapat kosakata baru, tekhnik belajar penulisan/SEO/template designing dan sebagainya. Sediakan waktu khusus untuk blog walking, jangan menunggu waktu untuk bisa blog walking. 

Baca juga : Tips mengatasi writer block  

Dalam melakukan blog walking atau berkunjung ke halaman blog orang lain ada adab yang harus kita perhatikan. Beberapa adab blog walking seriiiing sekali kurang diperhatikan oleh blogger. Simak adab blog walking berikut ini :

◾ Stay dihalaman yang akan dikomentari 3-5 menit. 

◾ Berikan komentar yang sopan minimal 5 kalimat. 

◾ Jangan meninggalkan link hidup dikolom komentar, karena akan dianggap spam. 

◾ Jika ingin memberi kritik atau masukan lakukan lewat jalur pribadi (bisa lewat email yang tertera di laman blog). 

◾ Hindari asal komentar tanpa membaca seperti "terima kasih kak, artikelnya bermanfaat sekali" atau sejenisnya. 

◾ Hindari komentar semacam "endorse ya?" dan semisal

◾ Akan lebih baik jika setidaknya mengunjungi satu internal link dari halaman tersebut. 

3. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama


Banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan bagi seorang blogger. Namun sekali lagi coach Marita mengingatkan kami untuk tidak menjadikan uang sebagai tujuan utama ngeblog. Tapi ngeblog lah dengan hati, sesuatu yang dikerjakan dengan hati yang tulus akan menyentuh banyak orang. Ketulusan hati akan diganjar dengan rezeki yang berlipat-lipat oleh Allah SWT, salah satunya dengan uang. Anggap uang sebagai bonus atas apa yang kita kerjakan dengan suka cita. 

Meski begitu, banyak peluang penghasilan yang bisa diraup oleh seorang blogger. Yuk intip peluang penghasilan bagi seorang blogger :

◾Placement content

◾Job reviews (products, events, services) 

◾Buzzing 

◾Blog competition 

◾Adsense

◾Pemasangan banner

Namun sebelum itu perlu diingat bahwa cara mendapatkan penghasilan dari blog memiliki syarat diantaranya usia blog minimal 6 bulan, blog sudah TLD (Top level Domain). Blog juga telah memiliki minimal 30 postingan. Nilai blog baik, ditinjau dari Domain Age/Page Authority, Domain Rating, Alexa, Minimum Traffic serta aktif di sosial media. 

4. Learn under fire


Istilahnya jangan menunggu mood baik baru menulis, tapi menulislah hingga mood baik. Banyak-banyaklah belajar dari kesalahan. Sebaliknya, jangan memulai proses penulisan tanpa planning yang baik. Ya, penting banget bagi seorang blogger untuk membuat sebuah konten plan. Buat jadwal khusus untuk postingan bulanan/mingguan/harian. Catat semua referensi penulisan yang baik, bisa menggunakan canva, excel atau buku tulis. Ingat bahwa persiapan yang matang adalah "setengah jalan menuju kesuksesan". 

5. Build your personal branding


Sekarang ini banyak juga client yang mencari rekanan tidak hanya melihat kualitas blog tetapi juga lewat media sosialnya. Pilihan niche blog juga turut mendukung personal branding. Cara membangun personal branding lewat sosial media dapat dilakukan dengan cara rajin mengupdate sosial media pribadi dengan sesuatu yang bermanfaat. Jangan mengunci sosial media serta perhatikan jumlah follower dan engagement sosial media. 

6. Consistent 


Ada istilah yang terkenal diantara blogger "bikin blog itu gampang, yang menantang adalah update postingan". Untuk menjaga konsistensi dalam menulis, sebaiknya blogger memiliki jadwal khusus untuk menulis. Bagi blog baru sebisa mungkin membuat postingan setiap hari, jika blog sudah dikenal barulah bisa membuat postingan minimal satu minggu sekali. Usahakan jangan sampai sebulan tidak ada postingan sama sekali. 

Baca juga : 9 Cara Mencari Sumber Inspirasi Untuk Mengusir Rasa Jenuh 

Bagaimana memulai menjadi seorang blogger? 

Untuk menjadi seorang blogger, mulailah dengan niat lillahi ta'ala, niatkan menulis untuk berbagi inspirasi dan memberi manfaat kepada sesama. Kemudian pilihlah platform yang sesuai dengan kenyamanan diri sendiri, dan mulailah menulis, posting dan bagikan ke sosial media. Selain itu untuk tetap menjaga konsistensi dalam menulis bergabunglah dengan komunitas blogger seperti ODOP Squad blogger, BRT, Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Gandjel Rel (Semarang dan Jateng), Blogger Crony, ISB dan lainnya. 

Selain itu untuk menjadi seorang blogger professional, miliki kemampuan dasar seorang blogger, antara lain:

◾ Mampu mengganti themplate (theme) blog

◾ Membuat halaman statis seperti about me, site map. 

◾ Memasang widget di sidebar

◾ Memotong artikel, agar yang tampil dihalaman depan adalah potongan-potongan artikel. 

◾ Memasang gambar atau photo pada artikel. 

◾ Memasang link pada anchor text tertentu. 

◾ Memasang link pada gambar. 

◾ Memasang banner di sidebar maupun pada badan artikel. 

◾ Bermain di dashboard untuk membuat draft artikel beserta pernak-perniknya. 

Untuk menjadi seorang blogger professional, minimal memenuhi klasifikasi berikut ini :

◾ Meningkatkan kemampuan menulis artikel yang baik. 

◾ Artikel yang google friendly, minimal 1200 kata (sesuai dengan algoritma google dan kompetitor) 

◾ Belajar SEO (Search Engine Optimization) 

◾ Menguasai pengetahuan tentang Google Search Console, Google Analitycs, Keyword planner, DA/PA. 

◾ Update wawasan tentang dunia blogging terbaru.

◾ Belajar tekhnik fotografi dan membuat infografis.

Bagaimana cara membuat konten blog yang menarik?

Lantas pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat konten blog yang menarik? Untuk membuat konten blog yang menarik ada beberapa cara yang perlu dilakukan yaitu :

◾Melakukan riset yang mendalam, apakah ingin menulis artikel viral atau legendary 

◾Menentukan narasumber /referensi

◾Menentukan judul : klik bait, kata kunci, tidak terlalu panjang atau pendek. 

◾Perhatikan penggunaan heading dan sub heading

◾Lengkapi dengan gambar dan infografis yang menyesuaikan dengan panjang artikel. 

◾Gunakan tekhnik showing dont tell

◾Bisa menggunakan soft selling. 

Buatlah tulisan yang original bukan plagiat, persuasif, natural, bermanfaat dan informatif. Selalu ingat bahwa jangan memulai sesuatu hanya karena ingin mendapatkan uang, tapi mulailah untuk membuat perubahan. Begitu juga dengan ngeblog, mulailah ngeblog bukan karena tujuan materi tapi ngebloglah karena ingin menebar manfaat pada umat. Ngeblog untuk membuat perubahan. Agar konsisten dan berkembang dalam ngeblog, skill memang penting, namun menumbuhkan passion dan happiness saat ngeblog juga tak kalah penting. 

Happy blogging!




Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

15 comments

  1. seru banget dapet ilmu dari kegiatan seperti ini, sayang waktu itu aku nggak ikutan daftar mbak
    paling seneng kalau dengan ngeblog bisa dapet beragam ilmu seputar dunia blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah ambil yang baiknya saja ya mbak. Semangat belajar kita, meski tdk ikut di kelas Blogspedia tapi tetap bisa belajar dari mana aja kan.

      Delete
  2. udah follow instagram blogspedia sih. mau ikut ah coachingnya kayaknya seru. ngeblog sejak 2017 dan alhamdulillah sudah dapat cuan. thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh masya Allah senangnyaa.. Semoga bisa ikuta batch selanjutnya ya mbak.

      Delete
  3. Ya ampun baca tulisan ini jadi mengingatkan untuk niatan ngeblog untuk apa sih? Ternyata PR banget untuk konsisten nulisnya hiks.

    Semoga mom bisa sampai selesai, ya. Siap-siap begadang hehehe

    ReplyDelete
  4. Hi, mom! Happy banget ya baru materi pengantar aja dah reminder untuk kita kembali ke niatan awal ngeblog :') jadi semangat bertumbuh karena banyak temennya juga. Semoga bisa konsisten sampai akhir kita ya mba...

    ReplyDelete
  5. barokallah ya mba, dapet banyak ilmu dari blogspedia. Mba Marita salah satu idola ku selamat ngeblog dengan bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish, isin aku... aku yang banyak belajar dari mbak Nyi yooo... sun sayang, semangat selalu kakak... :)

      Delete
    2. Aah senengnya baca resume yang super lengkap ini. Ditulis dengan asyik pula. Makasih ya mbak.. and happy blogging!

      Delete
    3. Masya Allah sesama mastah berkumpul seru dan semua pake ilmu padi kereenn... Btw makasih atas kunjungannya para mastah :)

      Delete
  6. MasyaAllah, semangat terus ya mbak. Semoga ilmunya berkah dan sukses menulisnya Aku pribadi masih terus berusaha jaga konsistensi diri dalam ngeblog.

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget Kak. Ijin diterapkan...
    Konsisten yang oaling rumit. 😂

    ReplyDelete

Post a Comment