header maminca sharing

5 Alasan Kamu Harus Ngeblog

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh 

Alhamdulillah sudah berbuka puasa semua? Bagaimana buka puasanya dihari pertama? Lancar? Insya allah ya kita semua diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa, dan bagi yang belum bisa menjalankan ibadah puasa karena alasan yang dibenarkan syariat, semoga secepatnya segera bisa menjalankan ibadah puasa, amin. 

Baca juga : Review Buku : 60 Hadits Shahih karya KH Faqihuddin Abdul Kodir   

Memasuki hari kedua challenge dari Blogger Perempuan yaitu bertema alasan ngeblog. Waw, sungguh tema yang sangat menarik untuk dibahas. Berbagai sebab bisa saja menjadi alasan orang akhirnya menekuni dunia blogging. Kalau moms ingin tahu alasan mom Queen mulai ngeblog, yuk baca sampai selesai ya. 

1. Ngeblog Sebagai Sarana Sharing for Healing

Healing dalam bahasa inggris berarti penyembuhan ataupun pengobatan. Penyembuhan dari apa? Dari berbagai sebab yang bisa saja terjadi pada diri kita. Banyak sebab yang bisa menjadikan kita membutuhkan pengobatan, bukan hanya pengobatan secara fisik namun juga pengobatan secara psikis. Efek trauma yang berkepanjangan menjadikan kita perlu mgeliminasi satu persatu penyebabnya. Salah satu cara mengurai trauma psikis adalah dengan cara berbagi. Ya berbagi! Tidak ada masalah yang bisa selesai jika dipendam sendiri. Solusi hanya akan datang jika kita berusaha mencarinya. Lewat apa? Bisa dengan bercerita langsung ataupun menulis, intinya berbagi! Jadi dengan berbagi atau sharing bukan hanya mampu mengurai sedikit demi sedikit trauma yang ada namun bisa juga mendapat bonus solusi. Yang perlu diperhatikan dalam sharing hanyalah perlu dicek apa-apa yang bisa dikonsumsi publik atau hanya konsumsi pribadi. Jika sharing kepada orang lain, harus diperhatikan apakah orang yang dijadikan tempat sharing bisa menjaga rahasia atau tidak.

Berbicara blogging sebagai sarana healing tentu sangat baik, karena bisa jadi apa yang kita bagikan bisa menjadi pelajaran bagi pembaca. Mendapat support sekaligus bisa juga sebagai ajang mencari solusi. Nah mom Queen menggunakan blogging sebagai sarana healing dari berbagai masalah yang terjadi dalam keseharian, terutama dalam pola pengasuhan anak-anak. Ibu rumah tangga sangat rentan dengan stress dan depresi, makanya harus ada suatu wadah yang positif untuk berbagi. Sejauh ini mom Queen sangat bersyukur berada dalam komunitas blogger salah satunya di komunitas Blogger Perempuan. Kita bisa menemukan komunitas khusus moms blogger yang sharing tentang parenting, seputar MPASI dan sebagainya, bisa saling bercerita dan berbagi solusi. Apapun masalahnya jika kita mau berbagi maka insya allah akan ada solusinya. 

2. Ngeblog Sebagai Wadah Penyaluran Hobi

Sebelumnya mom Queen sudah membahas bahwa menulis adalah hobi mom Queen sejak kecil. Dulu zaman SD, guru mom Queen senang sekali memberikan tugas mengarang. Ya ampun kalau dihitung setiap hari pasti ada saja tugas mengarang. Bagi teman-teman yang kurang suka berolah kata, mungkin menjadi masalah. Namun entah kenapa mom Queen kecil suka sekali pelajaran ini. Tugas mengarang satu paragraf bisa menjadi 2 halaman penuh haha. Kalimat pembuka "pada suatu hari" seperti sangat lekat dengan diri ini hehe. 

Entah bagaimana awalnya jadi suka menulis ya, yang jelas ketika menulis perasaan itu jadi plong dan nyaman bisa menuangkan banyak kata didalam tulisan. Seperti ngeblog, niatnya cuma pengen maksimal 650 kata agar pembaca juga ga terlalu bosan, eh yang terjadi bisa sampai 1000+(ups hehe) Mungkin juga karena sebenarnya mom Queen suka bercerita namun karena kesibukan menjaga anak-anak dan lain hal sehingga untuk sekadar duduk manis 5 menit sulitnya luar biasa. Dan menulis menjadi pilihan dan solusi jitu bagi mom Queen. 

3. Ngeblog Untuk Memperluas Ukhuwah

Tidak dipungkiri dengan ngeblog yang hampir setahun ini membuat mom Queen secara pribadi memiliki banyak relasi. Sekarang memiliki teman bukan cuma lewat tatap muka, lewat dunia maya juga bisa memiliki teman baru. Justru teman-teman mom Queen lebih banyak teman yang dikenal lewat sosial media terutama blog. Lewat blogging mom Queen memiliki teman dari berbagai kalangan, pelajar, mahasiswa hingga Dosen. Dari usia muda hingga usia dewasa. Dari ibu rumah rumah tangga hingga Pengusaha, semua tergabung dalam komunitas moms blogger. Memang benar semakin kita memperluas pertemanan semakin banyak ilmu dan informasi yang kita dapatkan. Mom Queen jadi banyak belajar dari pertemanan yang ada, bahkan ada teman dokter dan psikolog yang belum pernah sekalipun bertatap muka (hanya via online) kami berbagi ilmu pengasuhan anak-anak. MasyaAllah sungguh kasih sayang Allah sangat dekat, mempertemukan dalam satu ukhuwah islam lewat komunitas blogger. 

4. Ngeblog Sarana Dakwah dan Syiar Agama

Teringat sekali akan petuah dari ustadzah Nunung Nurlaela, pengampu materi blogging di Bengkel Diri. Bahwa tujuan utama ngeblog bukanlah untuk menjadi penulis yang dikenal banyak orang, atau juga menerbitkan banyak buku sehingga best seller, tetapi jadikan tujuan ngeblog adalah sebagai dakwah dan syiar agama yang ganjarannya adalah surganya Allah. Ustadzah Nunung juga mengingatkan bahwa menulis juga bisa menjadi surga neraka bagi penulisnya, makanya selalu berupaya untuk menulis yang baik-baik dan yang bermanfaat bagi orang lain. Masya Allah, sungguh dalam nasihat ini, sehingga setiap kali menulis selalu berharap pahala dari Sang Maha Pencipta.

Baca juga : Keutamaan Ramadhan dan Mempersiapkan si Kecil Berpuasa  

5. Ngeblog Asyik Bonus Duit

Ga pernah terbayang sebelumnya jika dari hobi tulis menulis ini bisa menghasilkan income bagi mom Queen. Sudah mendapat banyak manfaat dari menulis ini, eh ternyata dibalik hobi ini ada penghasilan yang didapat. Meski belum seperti para blogger professional, namun apa yang didapat sudah cukup bagi mom Queen. Karena ini bukan masalah nominalnya namun bentuk apresiasi terhadap hobi yang kita jalani, itu yang penting.

Baca juga : Cerita Dibalik Nama Blog MomqueenMQ  

Belajar dari para moms blogger professional yang memang menekuni dunia penulisan sejak lama, penghasilan yang didapat dari blogging cukup menggiurkan. Bahkan ada yang bisa mencapai angka puluhan juta per bulan hanya dari menulis, MasyaAllah. Menurut Fakta, bahwa penulis adalah salah satu pekerjaan yang tidak mungkin tergantikan, bahkan oleh robot sekalipun. Selain itu pula menjadi penulis juga bisa berkesempatan memiliki  penghasilan tanpa batas. Insya Allah ya, apabila suatu hobi bila di tekuni akan memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri bahkan bonusnya duit. Jadi tagline 'ngeblog asyik bonus duit' ini sangat berlaku. Boleh kok bagi Moms memiliki hobi menulis untuk menjadikan ngeblog sebagai salah satu cara mendapatkan penghasilan meski dari rumah, yang penting jari kemari rajin menjelajah hehe. 

Itulah beberapa alasan yang paling mendasar bagi mom Queen dalam menekuni dunia blogging. Cuma bermodalkan laptop dan handphone pintar sudah bisa menyelami dunia blogging dan mendapatkan penghasilan. Moms ada yang tertarik untuk mulai ngeblog juga? Yuk mulai ngeblog.


#BPNRamadan2021

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

6 comments

  1. Masya Allah, mba yun alasan ngeblognya tuh udah kuat deh :)
    Aku mah kadang nulis mentok di 500 kata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah 1000++ kadang-Kadang Kasian ma yang Baca juga mba wkwk .. 500-800 yang paling ideal nurut aku

      Delete
  2. Luar biasa mba. Sama mba Saya juga menjadikan menulis sebagai sarana healing. Semoga Saya bisa menulis sebaik mba juga

    ReplyDelete
  3. Wow.. Alasan ngeblognya keren semua mba. Blogging memang banyak manfaatnya. Apalagi kalau diseriusin, bisa cuan dari hobi nulis

    ReplyDelete

Post a Comment