Skip to main content

Nonton final Euro 2020 sambil jalan-jalan virtual di London

Apa yang terpikirkan pertama kali saat mendengar kata London, Inggris? Ratu Elizabeth? Big ben? Atau Pangeran William - Harry? Hmm, tapi kalau pecinta super soccer pasti ingatannya pada final Euro 2020. 

Pecinta bola mania, tentu tidak melewatkan pertandingan Euro 2020 tadi malam kan? Ya pastinya dong, final perhelatan 4 tahunan tadi malam menghadirkan tim Italia versus tim tuan rumah, Inggris.

Baca juga :



Mom Queen ga nonton sih, cuma ngobrol tipis aja sama bapak negara (baca: pak suami) tentang hasil final Euro 2020. Namun sayang sih, tim kesayangan suami gagal merebut trofi champion. Padahal nih kalau menang, kan mom Queen bisa minta diajak jalan-jalan ke negeri Ratu Elizabeth ini wkwk. 

Tapi, bener sih kalau ngomong masalah London itu selalu menarik untuk dibahas sebagai salah satu destinasi wisata keluarga. Tapi sebelum bahas wisata keluarga, kita bahas dulu yang lagi hangat tentang hasil pertandingan final Euro 2020 tadi malam.

Jalannya pertandingan final Euro 2020

Inggris sempat unggul lebih dulu dibabak pertama

Menurut suami nih, banyak para pengamat sepakbola yang sudah memprediksi jika kampiun pada Euro 2020 ini adalah negeri asal Pizza, Italia. Tapi kenapa suami masih kekeuh mendukung tim Inggris ya? Hmm.. Meski pada babak awal pertandingan, tim Gli Azzurri ketinggalan satu gol hingga turun minum di babak pertama. Inggris lebih dulu berhasil menjebol gawang Donna Rumma. Barulah di babak kedua, tim asuhan Roberto Mancini bisa menuntut membalas.

Diawal babak pertama tim tuan rumah, Inggris, memang memegang kendali pada pergerakan bola. Hal ini tampak pada keberhasilan Luke Shaw yang membuka keunggulan pada menit ke 2. Luke Shaw dengan bantuan assist dari Kieran Trippier berhasil menjebol gawang Gianluigi Donnarumma.

Tim Inggris yang berlaga didepan penonton sendiri tampak mendominasi pada menit-menit awal pertandingan. Tampil dengan pendukung penuh dari penonton di stadion Wembley, tim Italia tampaknya sedikit grogi pada putaran pertama pertandingan. Anak asuh Roberto Mancini ini kocar kacir dengan pergerakan Luke Shaw dan kawan-kawan.

Barulah pada menit ke 67,  Italia berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakan pemain Leonardo Bonucci. Sampai disini suami mom Queen mulai lemas deh, tim kesayangan ga jadi unggul. Hingga akhir waktu 120 menit pertandingan, score imbang 1-1 masih bertahan. Sehingga pertandingan harus berakhir dengan babak adu penalti.

Berakhir dengan adu penalti

Karena hasil imbang hingga babak kedua dan extra time 2x15 menit dengan skor 1-1, Italia dan Inggris akhirnya melaju ke babak tos-tosan. Kamu percaya ga sih kalau kekuatan sebuah tim itu tidak bisa di ukur dengan adu penalti? Mom Queen percaya kok, karena tekanan pada saat adu penalti lebih tinggi dari pada pressure saat berlaga. 

Tim Italia mengutus Berardi ,Andrea Belotti, Bonucci, Bernardeschi, Jorginho sebagai algojo penalti, sedangkan kiper Gli Azzurri dijaga oleh G. Donnarumma.  

Sedangkan Tim Inggris yang diutus adalah Harry Maguire, Harry Kane, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka sedang kiper Inggris dijaga oleh Jordan Pickford.

Dua kegagalan tembakan beruntun dari Jadon Sancho, dan Bukayo Saka menyebabkan tim Inggris gagal keluar sebagai jawara. Tim besutan Gareth Southgate ini gagal mengakhiri masa paceklik gelar sejak tahun 1966. Skor terakhir pada babak adu penalti ini adalah 3-2 untuk kemenangan tim tamu, Italia.

Italia jawara Euro 2020
Foto viva

Yang bersinar pada final Euro 2020

Dalam perhelatan 4 tahunan ini, Golden ball pada final Euro 2020 ini jatuh kepada Gianluigi Donna Rumma. Kiper anyar Paris Saint German (PSG) ini sukses membawa Italia menjadi kampiun pada pertandingan di Wembley stadion.

Gianluigi Donna Rumma
Gianluigi Donna Rumma peraih golden ball

Pada final Euro 2020 ini juga, Golden boot diraih oleh Christiano Ronaldo dengan 4 gol dan 1 assist. Sedangkan tim yang paling banyak menghasilkan gol yaitu Spanyol. Tim matador ini berhasil menjebol gawang lawan sebanyak 13 gol dalam 6 kali laga. 

Christiano Ronaldo
Christiano Ronaldo peraih golden boot Euro 2020 

Publik Inggris menangis di final Euro 2020

Bermain di depan penonton sendiri bukannya tanpa beban, justru hal ini memberi tekanan tersendiri bagi tim tuan rumah. Harus menelan pil pahit dengan menduduki posisi runner up, membuat suporter setia negara ratu Elizabeth membanjiri stadion Wembley dengan deraian airmata.

Disaksikan langsung oleh putra mahkota kerajaan Inggris dan keluarga, Pangeran William, Kate Middleton, dan Prince George, tak membuat tim Inggris mampu menghadirkan trofi juara kepada sang Pangeran.

Jangan khawatir masih ada 4 tahun lagi kok bagi tim ratu Elizabeth untuk kembali merebut gelar juara. Nah, untuk menghibur kamu yang sedang sedih gegara tim kesayangan ga bisa angkat trofi dan PPKM #eh, yuk kita jalan-jalan virtual ke tempat wisata di kota penyelenggara final Euro 2020 yaitu London, Inggris. 

Baca juga :

Pesona wisata pantai reviola batam

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah 

Starterkit wajib jika traveling keluar negeri bersama sikecil 

9 Tempat wisata keluarga di London, tuan rumah final Euro 2020 

1. Buckingham palace

Istana ratu inggris ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Yang paling menarik wisatawan adalah masa pergantian piket penjaga istana. Pergantian penjaga istana ini dilakukan dengan upacara dengan iring-iringan musik kerajaan Inggris. Penjaga istana yang mengenakan pakaian berwarna merah lengkap dengan topi yang tinggi, menambah daya tarik wisatawan untuk melihat lebih dekat upacara ini. Banyak wisatawan yang menyaksikan upacara pergantian penjaga istana ini dari depan Buckingham palace

Buckingham palace

2. Kensington palace

Kensington palace merupakan tempat tinggal dari The Duke and Duchess of Cambridge, William dan Kate Middleton. Istana ini juga disebut sebagai istana generasi perempuan kerajaan Inggris, mulai dari Ratu Marry, Victoria dan Lady Diana.  Sebagian wilayah istana Kensington terbuka untuk umum. Ada tempat yang bernama Sunken garden, yaitu taman yang cantik di Kensington palace ini.  

 

Kensington palace
Foto visitlondon.com

3. Westminister abbey

Yes, mom Queen ingat nih Westminister abbey merupakan biara kerajaan Inggris. Menjadi tempat bersejarah bagi pasangan Prince William dan Kate Middleton. Pasangan ini menikah di bangunan yang berdiri sejak tahun 1066. Westminister abbey juga termasuk dalam warisan budaya UNESCO. Selain sebagai lokasi pernikahan bangsawan Inggris, lokasi wisata ini juga digunakan sebagai tempat penobatan raja dan ratu Inggris. Seperti penobatan ratu Elizabeth II pada tahun 1953. 

Westminister abbey
Foto au.trip.com

4. London eye

Bianglala setinggi 135 meter berada tepat di seberang Houses of Parliament dan West Misnister abbey. Untuk bisa menaiki kincir raksasa ini, kamu harus sabar karena memang antriannya sangat panjang. Namun saat sudah berhasil menaiki London eye ini, maka kamu akan merasakan sensasi seperti terbang dengan pemandangan kota London yang indah. Hmm pengen banget naik London eye, bisa lihat Singapore flyer aja mom Queen sudah happy luar biasa, apalagi kalau bisa naik London eye yah. 

London eye
Foto visitlondon.com

5. Big Ben 

Jam besar kuno di London ini di bangun pada tahun 1958, nama Big Ben berasal dari nama Sir Benjamin Hall. Sir Benjamin Hall sendiri adalah chief of Commissioner of work pada saat pembangunan jam besar ini. Makanya namanya lebih dikenal sebagai Big Ben. Dimalam hari, penampilan Big Ben ini akan sangat cantik. 

Big ben
foto visitlondon.com

6. Tower Bridge 

Jika tadi sudah menaiki London eye, maka akan tampak Tower Bridge London. Gerbang kota London ini merupakan landmark kota London. Tower Bridge banyak dikunjungi wisatawan saat mengunjungi kota London. Bangunan yang berdiri diatas sungai Thames ini akan tampak sangat indah nan mempesona dengan hiasan lampu dimalam hari. Ternyata bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1894 lho! Wah sudah lama juga ya.  

7. Madam Thussauds London 

Museum Madam Thussauds London mempunyai replika tokoh-tokoh terkenal yang dibuat nyaris menyerupai aslinya dalam bentuk patung lilin. Patung lilin ini biasanya memuat replika tokoh-tokoh terkenal dunia, seperti pemimpin dunia, seniman, penulis hingga artis terkenal. Patung lilin group musik kenamaan seperti One direction juga ada disana lho disana.

8. Camden town

Puas dengan jalan-jalan di kota London, saatnya berburu oleh-oleh. Mari mampir ke pusat oleh-oleh Camden town. Disinilah tempat mencari oleh-oleh khas London. Ada beragam jenis buah tangan yang bisa dijadikan hadiah kepada orang terdekat. Hadiah kecil seperti magnet kulkas hingga gantungan kunci pun ada disini. 

9. Portobello road market

Nah, kalau ke London, belum puas rasanya jika tidak pergi ke pusat penjualan barang antik di London. Portobello road market, disinilah kamu bisa menjumpai barang-barang antik khas London. Mulai dari furniture, telepon, keramik dan barang-barang kuno lainnya. 

Baca juga : Kelebihan mesin cuci LG FV1285S5WS AI DD Front Loading 

Gimana sudah tahu kan mana yang bakal dikunjungi bersama keluarga kalau ke London? Semoga ya, kita semua bisa berkunjung ke salah satu tempat diselenggarakannya final piala Euro 2020 ini. Amin ^_^


Salam, 

Mom Queen 

Comments

  1. Seru banget! Aku dulu sebelum nikah suka bgt nonton bola. Setelah nikah malah jd ga suka wkwk yang gini2 paksu sih yg ngikutin.

    Tapi semoga suatu saat bisa ke London ya. Liat rekomendasi wisata keluarganya bikin laper mata pingin liburan ke sanaaa :') aamiin yg kenceng

    ReplyDelete
  2. Aku kalau liat bola sukanya kalau pas goal aja nih.. Hehee,,
    Walau gatau siapa yg nge goal in :D..
    Tapi kalo diajak main ke London walau virtual mau juga nih :D

    ReplyDelete
  3. Seru ya, berasa lagi jalan jalan pas baca...
    Tentang bola, sama nih. Nggak begitu mengikuti wkwkwk.

    ReplyDelete
  4. Aamiin semoga bisa ke sana..Suka inggris dari dulu..sejak liat pangeran william di majalah wkwkwkwk aq smpe apal namanya William Arthur Philip Louis. Sayang aq nikah duluan hahahaha ... makasih virtual tour nya mba catet dlu nanti mau kemana aja 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hapal bangettt... Aku teracuni dari alm kakakku sih, dia fans berat Lady Di, bahkan pas Lady Diana meninggal dia nangis huu

      Delete
  5. Ga kerasa ya mom tau2 dah final euro aja, liat foto2 di london jdi kangen travelling...
    Tpi saat ini cukup virtual aja yaa >.<

    ReplyDelete
  6. Masya Allah.. terus aku bayangin tiap baca tempat2 yang dijelasin.

    The duke dan duchees ini banyak legendanya ya..eh historynya. Aku sempat tahu dilm adaptasi yg berjudul the duke

    Eh btw aku bukan pecinta sepakbola meski aku suka kalau mainnya hahaha.
    Beredar postingan teman2 bebrapa hari lalu ttg euro. Tapi akucuma rola toleh hehe

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah sedikit terobati rasa pengen jalan-jalan ke London yg sedari dulu belum juga kesampaian.hhe

    ReplyDelete
  8. kebetulan suamiku dari dulu memang gak suka bola, jadi aku pun belum pernah ngikutin tentang bola. tapi baca tulisan tentang london nya, ya pengen juga ke sana wkwk

    ReplyDelete
  9. Mba ga suka bola tapi ulasannya bagus banget. Aku cuma nonton bola kalo timnas main 😄

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks so much to all of reader. Please comment if any doubts or suggestions

Popular Post

Benarkah ada orangtua yang gagal?

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh. Apa kabar happy parents semua? Semoga selalu happy meski pandemi belum juga mereda. Kali ini Aku mau membahas sedikit mengenai topik yang terngiang-ngiang dikepalaku "Benarkah ada orangtua yang gagal?" . Gagal dalam membesarkan anak, gagal dalam mengelola dan menyalurkan emosinya sehingga meluapkan pada anak, gagal dalam mengasah kemampuan dan bakat anak, gagal dalam membersamai tumbuh kembang anak, atau bahkan gagal dalam mendidik dan mempersiapkan anak-anaknya menjadi generasi terbaik dimasanya. Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. foto dokpri Aku pikir pemikiran seperti ini tidak akan pernah terlintas dalam pikiranku,karena menurutku tidak ada orangtua yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya apalagi untuk anak-anak. Semua orangtua sangat mencintai anak-anaknya, entah anak-anak tahu atau tidak, mereka rela memberikan yang terbaik bahkan rela menghimpit kebutuhan diri sendiri demi memenuhi kebut

Pengalaman memutus candu gadget pada toddler

Pic from google Dewasa ini sangat tidak asing apabila melihat anak-anak (bahkan) usia balita sudah memegang gadget dalam kesehariannya. Bahkan Ada orangtua yang sengaja memberikan gadget sebagai dalih untuk mengalihkan perhatian anak yang melulu ingin ditemani bermain. Pada dasarnya fitrah anak, apalagi diusia balita adalah bermain. Namun terkadang karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan orangtua  untuk mengakomodir keinginan anak inilah yang membuat orangtua menyerahkan kegiatan anak untuk berinteraksi pada gawai. Saya bukan orangtua yang anti sekali untuk memberi gawai pada anak. Tidak juga, namun dibalik sekian banyak dampak negatif dari gadget ada juga beberapa manfaat yang bisa di petik. Misalnya bisa mendapatkan ide bermain anak, memvisualisasikan apa-apa yang terasa sulit di pahamkan dengan kata-kata, video edukasi, lagu reliji dan lain sebagainya.Tetapi diantara daftar manfaat gawai ini, ada setumpuk efek negatif penggunaan gadget pada anak, apalagi balita :( Saya mencoba

Ibu Karir dirumah

Sejak melahirkan anak pertama, Queensha, suamiku sudah mengingatkan untuk memasang target kapan akan berhenti dari pekerjaan, dan fokus mengurus anak. Waktu itu aku mengatakan "nanti ya kalau Queensha sudah mulai sekolah, sekira umur 5 tahunan" Suami membalas "Kalau bisa lebih cepat dari itu, karena anak sangat membutuhkan figur ibunya, Jika waktunya banyak bersama pengasuh ketimbang orangtua terutama ibunya, ikatan bathin ibu dan anak akan berkurang ." Dan, itu memang benar. Aku merasa anakku  cenderung lebih dekat dengan pengasuhnya, misalnya jika pengasuhnya hendak pergi ke warung (karena rumah pengasuhnya didepan rumah kami), maka Queensha akan langsung berlari menghampiri, dan berteriak " ibuu, ikuuutttt" Akupun menuruti keinginannya, walaupun saat itu aku lagi bermain bersamanya.Karena jika dilarang dia akan menangis. Dan, Qodarullah menjelang umur Queensha 2 tahun, aku dinyatakan hamil anak kedua, alhamdulillah masyaAllah. Padahal baru beren

Membiasakan berhijab sejak dini

   Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh  Ukhtifillah  yang dirahmati Allah Subhanahu Wata'Ala dalam rangka menggalakkan campaign   #hijabsejakdini , disini Aku mau berbagi tips mengenai cara membiasakan anak-anak mengenakan hijab dalam kesehariannya.  Seperti kita tahu bahwa menutup aurat hukumnya wajib sebagaimana kesepakatan para ulama berdasarkan firman Allah azza wa jalla: "... Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera–putera mereka, atau putera–putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita....." (QS An-nuur : 31)  Jadi, karena m

Ayo, dukung UMKM disekitarmu bangkit lagi!

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh  Apa kabar teman-teman semua? Semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wata'Ala amin allahumma amin . Nah kali ini Aku mau membahas tentang cara mendukung bangkitnya dunia usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM disekitar kita. Sebagai bagian dari ikhtiar membantu teman-teman semua pelaku UMKM untuk kembali bangkit dan bersinergi membangun perekonomian Indonesia khususnya keluarga.  Pandemi Covid-19 yang dialami dunial termasuk Indonesia sejak Maret 2020 telah memukul banyak sektor usaha. Berbagai sektor terdampak diantaranya yang paling terpukul adalah sektor usaha transportasi, perdagangan makanan dan minuman, pariwisata, industri pengolahan dan masih banyak lagi. Bukan hanya menimpa para pelaku usaha berskala besar namun juga pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah(UMKM). Mengambil dari hasil survei yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan bahwa sebanyak 82,85% perusahaan terdampak oleh pandemi virus coro

Ayo membaca nyaring bersama Lets Read

Menteri pendidikan dan kebudayaan Nadim Makariem pernah mengatakan bahwa di Indonesia saat ini tengah mengalami yang namanya krisis literasi. Pernyataan ini sebenarnya bukan tanpa alasan, hal ini didasari pada rilis hasil studi Programme for International Assessment (PISA) 2018 yang dilakukan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 3 Desember lalu. PISA adalah hasil program studi internasional dibidang pendidikan per 3 tahunan bagi pelajar berusia 15 tahun. Yang bertujuan untuk mengamati kemampuan membaca, matematika dan sains suatu negara untuk mendorong pendidikan. Dalam hasil rilis hasil studi tersebut didapat bahwa skor kemampuan membaca di Indonesia ditahun 2018 turun menjadi 371 dibanding tahun 2015 diangka 397 poin, dengan skor rata-rata OECD 487 poin. Aku sepakat bahwa literasi tidak hanya tentang kemampuan membaca, tetapi juga tentang kemampuan memahami bacaan, numerasi, sains dan kecakapan dalam memecahkan suatu masalah tertentu. Namun sem

DIY: Cara Membuat Hamper Mudah dan Simple untuk Hantaran Nikah

Dewasa ini tradisi berkirim hadiah seperti sudah menjadi tren baru. Banyak orang mengabadikan momen khusus sebagai ajang untuk berkirim pesan lewat hadiah. Jika dulu berkirim parsel atau hamper hanya dihari besar keagaamaan seperti lebaran atau natal. Sekarang berkirim parsel juga di berbagai momen bersejarah seperti di hari ulang tahun, menyambut kelahiran bayi, wisuda kuliah dan sebagainya. Baca juga :  Manajemen keuangan keluarga anti bocor ala Maminca   Berkirim hadiah ini dulu dikenal dengan sebutan berbagi parsel, namun sekarang lebih banyak dikenal dengan sebutan berbagi hamper. Sebenarnya tidak ada beda antara keduanya, mengambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, jika kita melakukan pencarian untuk kata parsel maka akan berarti bingkisan yang berisi berbagai hadiah, seperti aneka kue, makanan dan minuman dalam kaleng, barang pecah belah, yang ditata apik dalam keranjang dan dikirimkan kepada orang-orang tertentu pada hari raya. Pun begitu ketika kita mencari dengan kata hamper