header maminca sharing

Pesona wisata pantai Reviola Batam

Konten [Tampil]

Jika berbicara tentang pesona wisata Batam, maka pantai akan menjadi destinasi wisata yang banyak direkomendasikan. Banyaknya pilihan untuk memilih wisata pantai sebagai tujuan berlibur menjadi daya tarik tersendiri di Batam.

Pantai memang memiliki pesona wisata yang aduhai, selain karena memang Batam merupakan propinsi dengan bentuk kepulauan. Maka tak heran jika provinsi yang berulang tahun pada setiap 18 Desember ini memang memiliki pantai yang indah hampir di setiap penjurunya.

1. Sekilas tentang Batam

A. Luas wilayah

Berbicara tentang Batam, pulau yang memiliki luas keseluruhan 1.595 km2 (wikipedia) terdiri atas daerah perbukitan ini terletak di selat singapura dan Malaysia. Pulau Batam dihubungkan oleh jembatan Barelang yang dibangun dari tahun 1993 ini digagas oleh BJ Habibie yang melibatkan ratusan tenaga ahli dalam pembangunannya.

Barelang bridge
Credit foto fb Trijoko Suroso


Jembatan barelang ini merupakan penghubung antara Batam dan beberapa pulau didekatnya seperti pulau Rempang, pulau Galang serta pulau-pulau kecil lainnya. Nama Barelang sendiri berasal dari singkatan ketiga pulau yaitu Batam, Rempang dan Galang.

Baca juga : Top 5 Pilihan Tempat Liburan Favorit Keluarga Ramah Anak

B. Sejarah singkat

Kota Batam yang pada 18 Desember 2020 merayakan hari jadinya ke-191 ini, awalnya adalah sebuah kecamatan bernama Batam Kota (oleh penduduk lebih dikenal dengan sebutan Batam Centre), Barulah di tahun 1983 melalui PP no 34/1983 wilayah Batam ditingkatkan statusnya menjadi Kodya Batam yang memiliki tugas menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan. Pembangunan wilayah Batam dilakukan oleh Badan Otorita Batam (sekarang disebut BP Batam).

Welcome to Batam
Credit foto tribunnews

Pesona bumi melayu yang mulai banyak digemari para pelancong adalah karena adat istiadat tanah Melayu yang masih amat kental. Bahasa yang digunakan di pulau Batam adalah bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia

C. Kota Industri

Sebagai kota industri mata pencarian sebagian besar penduduknya adalah bekerja sebagai karyawan diperusahan-perusahaan yang tersebar dihampir seluruh kawasan industri di Batam. Kota dengan jumlah penduduk 1.037.187 penduduk (Data disduk capil tahun 2015) ini memiliki banyak pesona wisata yang sangat memikat.

2. Pesona wisata Batam

Sebutlah beberapa jenis wisata Batam yang menjadi primadona baik bagi turis lokal maupun manca negara antara lain wisata kuliner Batam, shopping centre, wisata pantai dan sebagainya. 

A. Wisata kuliner

Batam memang kaya akan kuliner laut. Sebut saja kuliner makanan laut yang paling terkenal di Batam adalah soup ikan, otak-otak ikan, gonggong dan kepiting saos pedas.

Beberapa tempat rekomendasi kuliner laut seperti Golden Prawn, Barelang Seafood dan Piayu love seafood. Kamu bisa memilih dan menimbang langsung jenis seafood apa yang ingin disantap dilokasi. Harga yang ditawarkan juga cukup variatif dan affordable, bisa disesuaikan dengan kondisi kantong pengunjung.

B. Shopping centre

Saat ini wilayah Batam sebagai pusat industri dan pusat pariwisata telah berdiri banyak shopping centre sebagai pusat hiburan dan pusat perbelanjaan.
Sebut saja seperti Nagoya hill mall, Mega Mall Batam Centre, Kepri Mall, Panbil Mall, mall Botania dan masih banyak lagi.

Baca juga : 10 Barang Wajib Ada di Tas Ibu Balita  

C. Wisata pantai

Pesona wisata Batam yang lain adalah wisata pantai. Sebagai wilayah kepulauan yang memang hampir seluruh wilayahnya terdapat pantai, pesona pantai Batam juga tidak kalah dengan wisata pantai negeri seberang. Pengelolaan pantai yang baik menjadikan pantai sebagai primadona wisata Batam.

Tak heran jika dihari libur, akses menuju jembatan Barelang sebagai pintu masuk wilayah wisata pantai terpanjang ini selalu padat merayap di jam-jam sore hari. Akibat dari pertemuan arus balik wisata pantai Barelang dan jam keberangkatan kantor.

Beberapa nama pantai yang tersohor bagi masyarakat Batam diantaranya pantai nongsa, pantai sekupang, pantai tj pinggir, dan pantai Barelang. Pantai Barelang memiliki banyak wisata pantai seperti pantai Glory Melur, pantai Melayu, pantai Viu-Viu, pantai Reviola dan masih banyak lagi.

3. Pantai Reviola Batam

Minggu kemarin, mom Queen bersama keluarga berwisata ke pantai Reviola. Karena situasi pandemi yang hampir setahun lebih belum mereda, kami hampir tidak pernah berlibur. Kali ini mom Queen dan keluarga mencoba liburan tipis-tipis di dalam kota saja. Yes, kami akhirnya ke pantai Reviola Batam.

 

pantai reviola

A. Lokasi pantai Reviola Batam

Pantai Reviola berlokasi cukup jauh dari pusat kota Batam. Pantai berpasir putih ini berada di jembatan 6 pulau Galang. Berjarak sekitar  +/- 62 km dari Batam centre (Batam kota).

Karena belum pernah kesana, kami menggunakan panduan google map sebagai penunjuk arah. Berangkat dari rumah jam 10.00 wib, tiba didepan jalan masuk pantai Reviola sekitar pukul 11.15 WIB.

Baca juga : 

10+ tips membeli nama domain yang bagus

Dan, dari jalan raya besar menuju pantai Reviola, kita masih harus menempuh jarak 2 Km lagi untuk sampai di lokasi pantai. Jalan masuk menuju pantai pun masih berupa jalan tanah yang bergelombang dan belum di semeninasi. Disarankan kalau mau kesana harap menggunakan kendaraan yang agak tinggi. Sekitar 15 menit dari jalan raya, akhirnya kami tiba juga di pantai Reviola.

B. Suasana pantai

Ahh indahnya, lama perjalanan terbayar dengan suasana pantai yang asri, syahdu nan memanjakan pandangan mata. Karena suasana masih terbilang pagi, dibawah jam 12 siang, suasana pantai masih sepi pengunjung. Baru ada 1-2 orang yang sudah bersantai disana.

view laut


Mungkin karena pandemi atau bisa jadi karena jarak yang cukup jauh dan pantai terbilang baru sehingga belum banyak yang datang. Berbeda dengan pantai lain di wilayah Barelang ini, jika hari libur sudah penuh dengan turis lokal yang ingin berlibur.

 

view pohon pinus reviola batam

Kondisi pantai ditumbuhi pepohonan pinus yang berjajar disepanjang pantai. Angin sepoi seolah mengajak untuk dinikmati di pondok yang sudah disediakan. Hamparan pasir putih yang halus juga memanggil anak-anak untuk segera disentuh. Kondisi pantai yg bersih dan indah sangat rekomen untuk wisata pantai keluarga, apalagi disaat pandemi seperti saat ini.

 

pantai reviola batam

Bisa meminimalisir interaksi dan jarak interaksi. Jika biasanya antrian panjang dan ramai ketika hendak ke toilet atau musholah. Tidak terjadi disini. Pokoknya kita betul-betul merasakan wisata pantai layaknya private island.

family trip
Pertama kali ke pantai bawa anak-anak 

Waktu kunjung kami dari jam 11 sampai jam 15.30 wib. Menjelang sore baru mulai banyak pengunjung yang berdatangan dengan rombongan. Mungkin mereka hendak camping dan menginap di pantai ini.

C. Fasilitas pantai

1. Pondok sewa

Untuk fasilitas yang ada di pantai Reviola ini yaitu terdapat pondok sewa ukuran kecil sekitar 2 x 2.5m dengan harga 75 ribu sekali sewa. Untuk ukuran besar sekitar 3x3.5 meter seharga 100 ribu rupiah sekali sewa.

pantai reviola batam
Kami sewa pondok yang kecil ini

Harga sewa pondok sudah termasuk tikar seukuran pondok dan 2 kursi plastik. Oh ya, jika sewa pondok ini kita diharuskan juga membayar deposit sebesar 50 ribu. Tujuannya untuk mengetahui jam kepulangan pengunjung, agar pondok bisa dibersihkan kembali. Deposit ini bisa diambil lagi jika kita melapor pulang.

Baca juga : Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah

2. Toilet

Oh ya tiket masuk ke pantai Reviola ini sebesar 10 ribu ya. Cukup murah untuk ukuran pantai yang indah ini.  Toilet yg tersedia juga bersih dan jumlahnya lumayan banyak. Sanitasi air juga baik, biaya masuk ke toilet sebesar 2 ribu untuk BAK/BAB, mandi anak-anak 3 ribu dan 5 ribu rupiah per orang untuk dewasa.

3. Mushola

Bagi kita muslim, jangan khawatir untuk tetap bisa sholat tepat waktu karena terdapat mushola tidak jauh dari bibir pantai. Ukurannya cukuplah untuk sholat berjamaah sekitar 5-10 orang. Cuma kekurangannya, mushola dipantai Reviola ini adalah tidak adanya pembatas antara laki-laki dan perempuan. Jadi, pengunjung wanita kadang sholat di tempat jamaah laki-laki. Alhasil, jika ada jamaah laki-laki yang mau sholat bakal berdekatan dengan jamaah perempuan.

mushola pantai reviola batam

Selain itu, di pantai berpasir putih ini pun, pengunjung yang memiliki hobi camping atau menginap, bisa juga bermalam dipantai ini. Tiket masuk untuk camping sebesar 25 ribu per orang. Ada juga penyewaan tenda disini yaitu berkisar antara 75 ribu - 100 ribu tergantung ukuran tenda. 

pantai reviola batam
View pantai Reviola dari depan pondok kami

4. Kantin

Bagi yang tidak membawa bekal yang cukup selama menikmati suasana pantai, di dalam lokasi pantai ini juga terdapat kantin yang menyediakan berbagai jenis makanan. Mulai dari ayam goreng, nasi goreng, mie rebus hingga bakso. Minuman khas pantai alias kelapa muda juga ada donk. Harganya juga cukup bersahabat kok, mulai dari 15 ribuan kok. 

Baca juga : Tips agar liburan dirumah rasa staycation ala resort 

Hal yang harus diperhatikan 

Sebelum memutuskan untuk berlibur menikmati pesona pantai Reviola ini, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut :

◾ Jarak cukup jauh

Karena jaraknya cukup jauh, maka perlu diperhatikan kesehatan anak-anak, jangan terlalu lama disana, khawatir anak-anak kelelahan yang bisa berakibat tantrum. 

Baca juga :

Membuat tampilan blog lebih menarik dengan sitemap   

◾ Persiapkan perbekalan

Sebaiknya bawa bekal makanan maupun camilan yang cukup guna menghindari interaksi dengan orang lain, dan lebih hemat biaya tentunya. 

◾ Datang lebih pagi

Datang lebih pagi juga bertujuan agar tidak terburu-buru ketika anak-anak bermain, datang lebih cepat dan  pulang lebih cepat. Sehingga esensi berliburnya lebih santai dan fresh. Jika datang lebih pagi bisa menikmati sunrise. 

pantai reviola batam
Credit foto fb Dewi Asmorobangun

◾ Pakai baju panjang

Ada himbauan dari pengelola pantai bahwa saat ini banyak ubur-ubur, maka disarankan untuk berenang dengan lengan panjang. Untuk menghindari sengatan ubur-ubur yang bisa menyebabkan gatal. 

 

pantai reviola batam

◾ Bawa alat sholat sendiri

Meski di mushola terdapat banyak sekali alat salat. Tapi usahakan untuk bisa membawa dari rumah. Tujuannya agar menghindari bekas pakai orang. 

Baca juga : 15 menit setting custom domain dewaweb pakai Hape  

Well, itulah sekilas cerita tentang pesona wisata pantai Reviola Batam. Ada yang sudah kesini? Ingat ya Moms, selama pandemi jika mau liburan keluarga dengan anak-anak tetap terapkan prokes ya. 


Salam, 

Mom Queen 


#familytrip


Ref

https://jdih.batam.go.id


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

23 comments

  1. waaah jadi kangen batam, terakhir kesana udah lama banget dan belum kemana-mana karena dinas juga siii
    heheheh

    Next bisa jadi catatan list kunjungan ni.. makasi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh pernah ke Batam toh mba Ani?? Hayuu mba... Jangan lupa mampir ya

      Delete

  2. Aaaah... Jadi kangen ke pantai. Pantai memang jadi tempat wisata yg lumayan aman saat pandemi gini. Pantai kan luas, tempatnya juga terbuka

    ReplyDelete
  3. masya allah, bener-bener deh mbaak bikin aku kangen pantai. tapi aku kurang tau di jawa barat pantai yang ngga banyak pengunjungnya dimana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Jawa Barat semua pantai cuantiiikk... Dan ramee kan?? Eh tapi itu sebelum pandemi dink. Kalau saat pandemi gini mungkin berkurang ya mba Put??

      Delete
  4. Batam kota yg wajib dikunjungi jga nih, abis itu tinggal nyebrang ke singapore ya Mba :D

    ReplyDelete
  5. Ah kapan bisa ke batam biar mainnya agak jauh dikit keluar jawa bali wkwkwk

    Bagus banget mba oantainya jadi kangen mantai 😢

    ReplyDelete
  6. Mbak, Batam itu salah satu tempat yang dari dulu pengen aku datengin, karena deket juga kan dari Medan, eh sekarang udah di Bali, jadi makin jauh mau ke sana, haha.. Nengok Pantai Reviola ini jadi tambah pengen ke sana, hihi..

    ReplyDelete
  7. Wah sedang banyak ubur-ubur yang muncul rupanya. Tapi duduk santai di pondok sewa sambil mengobrol dan menikmati suasana saja rasanya sudah cukup menghilangkan penat sebab lama nggak kemana mana ya Mba.

    ReplyDelete
  8. Tiap denger batam yang ada di benak aku kenapa ya langsung ke shopping center? Apa karena deket Spore? Wkwkwk tapi ternyata pantainya bagus juga ya. Kulinernya kebanyakan seafood ya. Kalau bahasanya udah campuran melayu atau ada englishnya apa gimana mbak? Kepo aku

    ReplyDelete
  9. Pantainya bagus banget mbak. Jadi pengen kesana. Dulu cuma sering dapet jajanan dari batam aja hehehe

    ReplyDelete
  10. masya allah indonesia bener bener deh alamnya gak bisa dipungkiri cantik uey, batam ini sering dibuat guyonan lebih deket batam ke luar negeri daripada ke kota di indonesia sendiri betul gak sih mbak hehehe

    aku baru tahu kalo batam itu kodya ya. aku pikir dia itu semacam pulau kecil..aduh pokoknya tahunya di ujung gtu.. eh kenal sama orang batam jadi berasa jalan jalan di sana hehehe. semoga mom queen bisa mengulas tempat lain aku suka ualsannya lengkap deh

    ReplyDelete
  11. Salah satu wishlist pengen banget ke Batam. Dulu padahal hampir kejadian mau ke Singapore lewat Batam, ternyata cuti ngga di acc. Mudah2an ada kesempatan bisa kesana. Sebagai pecinta seafood, kuliner disana menggoda banget.

    ReplyDelete
  12. Wah ini yaa yang katanya kota dengan banyak industri, dulu adekku pernah beberapa tahun kerja di batam. Sepertinya dia blm pernah explore batam nihh makanya ngga betah tinggal di sana haha. Sibuk kerja melulu. Padahal ini keren banget viewnyaa dari pantai reviola

    ReplyDelete
  13. Belum pernah ke Batam nih, ternyata keindahan alamnya nggak kalah sama Bali ya

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah ke Batam, kalau lihat review teman-teman tentang kota dan pantai di Batam rasanya pingin banget bisa berkunjung ke sana, pantainya kelihatan cantik dan tenang.

    ReplyDelete
  15. Masku pernah merantau dua tahun ke batam mom. Aku pengen banget bisa dolan ke sini apalagi dengan penjabaran virtual ini makin pengen.

    ReplyDelete
  16. Cantik banget ya pantai-pantai di Indonesia. Aku belum pernah ke Batam sih.. semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki di pulau ini.

    ReplyDelete
  17. Dari dulu pingin ke Batam nih. Eh, begitu ada kesempatan mendadak ppkm. Ya udah tahan dulu nunggu kondisi reda nih

    ReplyDelete
  18. Wuih keren banget sih itu tempatnya. Pengen ke sana deh kk

    ReplyDelete
  19. Baru dua bulan pindah dari Batam, baca tulisan ini jadi kangen lagi. Pantai Reviola cantik. Pasirnya putih, lembut dan garis pantainya panjang sekali ya

    Salam kenal, Mom :)

    ReplyDelete

Post a Comment