header maminca sharing

Membuat tampilan blog lebih menarik dengan sitemap

Konten [Tampil]


Sudah berapa kali
nyobain supaya bisa membuat tampilan blog lebih menarik dengan sitemap, tapi kok gimana caranya ya?? Ga ada yang ngajarin ?? Buka gugel yutup tak juga memberikan pencerahan, akhirnya ikutan Blogspedia Coaching For Newbie nie.

Eh beneran lho, setelah ikutan kelas yang dipandu oleh coach Marita Ningtyas barulah mom Queen berhasil membuat tampilan blog ini lebih kece (iya ga sih wkwk) salah satunya dengan memasang sitemap di tab bawah header.

Baca juga : 10+ tips membeli nama domain yang bagus 

Sebagai ucapan terima kasih sama coach Marita Mom Queen juga mau berbagi juga nih sama kamu, cara membuat tampilan blog lebih menarik dengan sitemap. Ga mesti pake laptop kok, ngeblog pake smartphone juga bisa kok. Yuk praktekin yuk.

Apa itu sitemap?

Sitemap adalah daftar isian blog yang dikelompokkan berdasarkan kategori atau label yang sudah kita buat. Nah jadi ada berapa isi label di blog kita akan keliatan tuh disini.

Mom Queen juga baru nyadar ternyata isi 'dapur' blog maminca sharing ini penuh label yang acakadut wkwk.

Ada yang satu artikel memuat 2-4 label (duh) efeknya menu isian sitemap jadi berulang-ulang. Untungnya mom Queen blog post nya masih dibawah 100, coba kalau udah diatas  ratusan bikin puyeng ngerombaknya. Pesan coach muda ini, sebaiknya setiap blog post hanya untuk satu label saja, jadi tidak ada judul yang double dan terdapat dalam label lain pada sitemap.

Apa fungsi sitemap?

Dengan adanya sitemap ini memudahkan pembaca kita memilih kategori atau pokok bahasan apa yang ingin dibaca didalam blog kita. Jadi ga usah pusing dengan bottom search di blog lagi.

Cukup lihat sitemap sudah beres. Dan masih menurut coach Marita, label blog sebaiknya tidak lebih dari 15 kategori.

Oh ya, sudah tau kan letak sitemap di blog ini dimana?? Boleh dilihat di tab paling atas dibawah header ya, ada tulisan 'sitemap' langsung deh dicari topik apa yang mau dibaca. 

Jadi menurut coach Marita nih, sitemap itu berhubungan dengan algoritma E-A-T nya google nih.

Apa itu algoritma E-A-T google?

E-A-T adalah kepanjangan dari Expertise (keahlian), Authoritativeness (keabsahan) dan Trustworthiness (kepercayaan). Jadi, Algoritma E-A-T google  itu berhubungan dengan kepercayaan google terhadap suatu situs apakah dibuat oleh seorang yang ahli atau tidak.

Simpelnya sih apakah sebuah blog kamu cukup akurat, bermanfaat, dan bisa dipercaya atau tidak oleh google. Algoritma E-A-T Ini juga katanya dapat mempengaruhi peringkat blog kita pada pencarian google lho. Makanya laman page about dan sitemap pada sebuah situs sangat bermanfaat untuk membantu google mengenali sebuah situs dan penulisnya.

Cara membuat laman page about juga hampir sama kok dengan sitemap. Cuma beda isinya saja. Membuat page about  hampir sama dengan membuat blog post. Untuk menampilkannya di tab header sama dengan cara menampilkan laman sitemap. Yuk kita buat sitemap dulu.

Bagaimana cara membuat sitemap?

Di materi ini ke 5 ini, adalah materi yang paling gampang seantero jagad selama Blogspedia Coaching Class ini hehe. Hanya 1 menit langsung bisa. Yuk cobain cara membuat dan  menampilkan sitemap di blogger.

◾ Buka dashboard blog, cari menu halaman atau pages

tampilan dashboard blogger

◾ Klik tanda "+" ketik judul dengan "sitemap"

tampilan awal HTML

◾ Pilih tampilan HTML view ya dan tinggal copy code dibawah ini

<script style="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://www.momqueenmq.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

◾ Ganti tulisan yang di block kuning dengan nama domain kamu.

◾ Letakkan diantara header ya, seperti dibawah ini

cara membuat sitemap

◾ Selesai, coba preview dulu. Kalau tampilannya seperti dibawah ini berarti sudah OK.

preview sitemap

◾ Silahkan di publish.

Nah sekarang tinggal kita tampilkan pada tab pages dibawah header ya.

Cara menampilkan sitemap di tab blog

Nah cara menampilkan sitemap di tab blog juga cukup mudah kok, simak nie caranya :

◾ Buka dashboard blog

◾ Pilih menu layout/tata letak

dashboard layout

◾ Cari menu daftar halaman atas/gadget pages

gadget pages

◾ Klik tombol pensil

◾ Pilih add external link atau bisa langsung centang menu sitemap

cara menampilkan gadget page

◾ Save!

Jangan lupa save juga di bagian kanan bawah ya. Daan blog dengan tampilan sitemap sudah jadi. Keren khan? sekarang tampilan blog kamu sudah kece.

Gampang kan?? Yuk cobain supaya bisa membuat tampilan blog lebih menarik dengan sitemap di blog kamu.


Salam,
Mom Queen

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

10 comments

  1. Bikin sitemap jadi belajar banyak ya mba, apalagi soal label. Dulu mah aku posting tanpa label jadinya harus bukain satu-satu dan alhamdulillah masih sedikit postingannya :D

    ReplyDelete
  2. Huaaa makasih infonya, Mbaaaakk. Ingat banget dulu rombak isi blog karena mau tambahin label. Udah banyak pula waktu itu isinyaa 不不不不不

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu banget ya ikutan coaching sebelum banyak nulis wkwk

      Delete
  3. Asyik.. dapat ilmu baru buat newbie macam saya. Alhamdulillah, terima kasih mbak. Mungkinkah saya harus ikut kelas blogger? hihi.

    ReplyDelete
  4. Pas udah bikin sitemap baru keliatan gimana semena-menanya kita ngasih label di artikel

    ReplyDelete
  5. Sitemap bikin gampang cari artikel ya mba, dulu asal aja pasang label, skrg udah aku hapusin label. Yang tidak beraturan itu smenjak belajar sitemap wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment