header maminca sharing

Tips Ngeblog Pakai Smartphone? Ini caranya

Konten [Tampil]

Ga punya laptop atau komputer bukan halangan untuk tetap bisa ngeblog lho. Ngeblog itu tidak melulu harus mempunyai laptop atau komputer. Sekarang sudah bisa kok ngeblog pakai smartphone. Masak sih? Iya donk.. Apalagi sekarang hape sudah super canggih kok. Fitur-fitur yang ada di hape memang dibuat semakin mirip mini notebook. Makanya untuk cuma buat ngeblog aja, ah itu mah gampang banget. 

Masalah Utama Blogger

Permasalahan para bloger yang membuat semangat ngeblog hilang adalah minimnya waktu untuk bercengkrama dengan laptop. tau juga sudah ada alokasi waktu khusus untuk ngeblog eh malah tergoda untuk scrolling instagram atau twitter. Jadi, yang niatnya buat mengisi postingan diblog berakhir sia-sia hanya scrolling medsos. Sudahlah menumbuhkan niatnya setengah mati, eh hancur digilas medsos akibat salah fokus. 

Namun sekarang perkara ini tidak lagi menjadi masalah besar, jika memang niatnya untuk merawat blog agar tidak menjadi sarang laba-laba hehe. Ngeblog pakai handphone? Bagi yang belum terbiasa memang butuh pembiasaan dulu, tapi ga akan lama kok, mungkin 1-2 hari kamu akan semakin cinta dengan ngeblog cara instan ini. 

Cara Ngeblog Pakai Smartphone 

 

Tips Ngeblog pakai Hp

Mau tahu caranya?? Yang pertama harus disiapkan dulu adalah pastikan kamu sudah pegang hape, boleh hape teman, tetangga atao siapapun boleh. Udah ada hapenya?good. Hape jenis apa? Apapun deh yang pasti hape pintar, bukan yang model tulilut ya :(

Yuk mom Queen bisikin, ini dia tips Ngeblog menggunakan smartphone. 

1. Draft dulu di notepad/google docs smartphone

Silahkan draft apa yang ada didalam pikiranmu saat itu didalam notepad smartphone. Mungkin setiap hape bisa beda-beda namanya namun semua hp pasti memiliki fitur ini. Jika tidak mau menulis di notepad, bisa juga memilih menggunakan google docs. Semua yang tertulis di google docs bisa dilihat kapanpun dan dimanapun kok. Karena kan media penyimpanannya adalah google drive. Bisa juga dibuka saat offline. Jadi simpel dan mudah kan. Kita juga bisa menambah dan mengedit setiap waktu tanpa ribet buka lappy lagi. 

2. Tuliskan judul kemudian pecah menjadi beberapa sub judul

Pertama setidaknya kamu sudah punya pikiran tentang judul tulisan apa yang akan dibuat. Kemudian dari judul tersebut bisa dipecah menjadi beberapa sub judul. Jika kesulitan dengan judul apa yang akan kamu tulis, bisa dimulai dengan melihat niche blog kamu. Misalkan niche blog kamu adalah tentang hobi. Kamu bisa membuat judul dengan mengubahnya menjadi pertanyaan. Misalnya " gimana mengubah hobi menjadi uang?" atau "apa hobi yang bisa dilakukan saat pandemi?" dari jawaban atas pertanyaan tersebut bisa dijadikan judul tulisan. Dari judul kemudian dikembangkan lagi menjadi sebuah sub-sub judul. Isi sub judul juga dibuat dengan cara membuat pertanyaan serupa dari jawaban yang ada. Sudah ada gambaran kan? Cuss langsung nulis. 

Baca juga : Tips Menulis Novel Viral dan Laris 

3. Siapkan gambar atau infografis menggunakan aplikasi canva

Siapa bilang nge-desain canva lebih bagus kalau pakai laptop doank?? ga juga kok, kalau lebih nyaman mungkin, tapi itu tergantung kebiasaan saja. Kalau sudah terbiasa desain pakai hape bagus-bagus aja hasilnya. Hasil desain dan infografis di blog ini mostly menggunakan desain canva by hp. Kalau mom Queen menunggu desain harus pakai laptop, sampai lebaran gajah juga ga bakal kelar. Karena masalah desain adalah masalah otak-atik gambar yang butuh waktu tidak sedikit. Mom Queen bisanya pegang laptop hanya diwaktu malam hari, dilalaah sudah keburu tidur duluan hehe. 

Yang kita butuhkan hanya sebuah skill dan niat yang kuat kok. So, stop beralasan bahwa kamu ga bisa menghasilkan gambar desain yang bagus hanya karena laptopmu rusak atau kamu belum beli laptop. Lah, smartphone aja sekarang fungsinya sudah hampir mendekati laptop kok. Bedanya hanya ga ada mouse doank. Selebihnya hampiiiirr sama. Ini contoh desain canva yang menggunakan smartphone yang pernah mom Queen buat. 

 

Header Blog Tulisan Lama MQ
Property by Tulisanlamamq.blogspot.com 

 

Header blog background putih
Property by Tulisanlamamq.blogspot.com 

4. Endapkan tulisan minimal 4 jam

Setelah selesai menulis, endapkan dulu tulisanmu alias simpan tulisan yang sudah dibuat di notepad gawai dan lakukan hal-hal lain yang perlu dikerjakan. Entah sarapan, makan mie instan, ngopi, nyuci baju atau apapun. Silahkan lakukan tugasmu seperti biasa karena tugasmu menulis sudah cukup untuk sekarang. 

Jangan langsung di edit

Untuk sementara jangan coba-coba membaca ulang tulisanmu diwaktu yang berdekatan dengan menulis. Beri jeda sebentar, kalau mom Queen bisa 3-4 jam. Tujuannya apa? Agar saat membaca artikel yang sudah ditulis, kita betul-betul dalam kondisi fresh, tidak ada tumpang tindih kata dalam pikiran.

Jadi kita bisa memposisikan diri sebagai pembaca bagi tulisan sendiri. Dari situ kita bisa melihat apa yang kurang dan apa yang perlu dibenahi. Oh ya, sebagai informasi tulisan ini dibuat dalam waktu kurang dari 12 jam dengan menggunakan full hape, menulis 1 jam sebelum tidur dan editing menjelang shubuh, saat pikiran sedang jernih banget. 

Tips editing, posisikan diri kita sebagai pembaca

Nah ini tips editing dari mom Queen yak. 

◾posisikan diri layaknya pembaca setia bagi artikel yang ditulis.

Pembaca setia tentu mengerti gaya bahasa penulisnya, apa yang perlu ditambah atau dikurangi. Hal itu bisa dilakukan saat editing ini. 

◾ Hindari distraksi saat menulis, misal saat kamu mengikuti lomba menulis biasanya disertakan minimal jumlah kata dengan jumlah tertentu. 

◾ Stop untuk mengecek berapa jumlah kata yang sudah kamu buat. Ini akan membuat mood menulismu hilang dan dirimu jadi tertekan dengan jumlah kata yang belum tercapai.

◾ Selesaikan dulu semua tulisanmu dan lanjut ke proses editing baru kemudian cek berapa kata yang sudah kamu tuliskan, dari situ kamu akan terkejut dengan hasilnya. 

◾ Makanya mom Queen menyarankan untuk menulis di note hape dibandingkan di google docs, karena di notepad gawai tidak ada fitur word count-nya hehe. 

Editing selesai, saatnya posting di blog

Saat editing selesai saatnya untuk posting tulisan di blog. Gimana caranya? Yuk cekidot :) 

Login dari Browser

Silahkan login ke blog pribadimu dari browser. Hindari membuka langsung dari aplikasi platform. Misal nih mom Queen memiliki akun blog dari blogger, maka mom Queen akan buka dari browser chrome dengan mengetik www.blogger.com dan log in dari itu. 

Klik tombol "+" dan silahkan copy hasil tulisanmu ke bagian blog post. Silahkan isi bagian judul ditempat judul dan isi dibagian bawah judul. 

Tombol menambah postingan di blog spot

Editing Blog Post

Lakukan editing untuk penulisan bold, italic ataupun underline bisa dilakukan di atas menu blog post.

◾ Masukkan gambar

Untuk gambar juga bisa dimasukkan melalui fitur yang ada dibagian atas ini. Jangan lupa untuk membuat tulisan rata tengah sebelum memasukkan gambar, agar gambar yang dimasukkan juga rata tengah di dalam artikel.

 

Dashboard editor blogger
Menu menambahkan gambar

◾ Preview sebelum posting

Sebelum posting bisa di preview dulu dengan menekan tombol "👁️" pada dashboard blog post. Masukkan label dengan menekan tombol 'roda' di dashboard, bisa juga setting custom permalink, jadwal posting dan deskripsi disana. 

 

Editor menu di blogger
Tampilan menu di dashboard editor sama seperti tampilan laptop, tinggal geser ya. 

◾ Tulisanmu siap di publish. 

Jika kamu sudah klik dari hasil preview, maka postingan blogmu dengan menggunakan hp sudah jadi dan siap dipublikasikan. Untuk memublikasikan postinganmu tinggal tekan tombol segitiga warna orange di pojok kiri. Selesai! 

Gampang kan ngeblog pakai smartphone ?? Jadi ga harus tunggu punya laptop dulu baru ngeblog. Jangan menunggu waktu luang untuk menulis tapi luangkan waktu untuk menulis. Seperti kata bloger di group blogger yang mom Queen ikuti 

"Silahkan ngeblog bagi yang luang, dan luangkan waktu bagi yang repot" 


Keep blogging!

Mom Queen 

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

12 comments

  1. Alhamdulillah nambah ilmu baru

    ReplyDelete
  2. setuju, aku biasanya draft poin dulu di notepad jadi nanti tinggal pasang puzzlenya di blog ya :D

    ReplyDelete
  3. Waaah menarik sekali mom. Aku sejujurnya agak aneh kalau ngeblog pakai smartphone. Kalau desain canva memang sesekali pakai smartphone karena gak sempat buka laptop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipake kalo udah kena deadline dan ga bawa laptop mba

      Delete
  4. Endapkan tulisan. Aku menganalogikan proses ini kayak buat donat mba. Setelah adonan selesai, dibiarkan dulu. Baru editing.
    Memang terasa bedanya ngedit setelah tulisan dibiarkan dulu, dibanding pas selesai nulis langsing edit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya ya kayak adonan.. Hmm tapi ngapa donat ya wkwk, mungkin biar ngembang dan membesar kayak donat ya hihi

      Delete
  5. Lebih praktis ya mba klo pake gadget, tpi aku gampang kedistraksi dgn notif2 yg muncul..jdinya make laptop lebih fokus

    ReplyDelete

Post a Comment