header maminca sharing

Ngeblog Asik bareng Teh Fira

Konten [Tampil]

Awal ngeblog dulu, mom Queen lihat iklan di medsos ada kelas blogging di Bengkel Diri dengan tema ngeblog asik bonus duit dan ukhuwah. Wah siapa yang ga mau  khan? mom Queen langsung join di kelas blogging itu. Secara,. Mom Queen memang hobi nulis kan eh bisa dapat bonus dari ngeblog asik.

Dari kelas ngeblog asik itu mom Queen mulai berkenalan dengan istilah-istilah dalam dunia blogging dan segudang manfaat lainnya, yang utama tentu saja bisa menambah ukhuwah.

Ngeblog bonus ukhuwah

Sebelum mendapat bonus duit dari ngeblog, yang wajib kita syukuri dari ngeblog asik itu adalah lingkaran pertemanan (ukhuwah) yang satu frekuensi. Kalau ngomongin ngeblog asik bonus duit itu masih jauhlah ya, apalagi blogger pemula seperti mom Queen. Yang pasti bagi mom Queen blogging itu kudu meningkatkan ukhuwah dulu.

Baca juga : Blogging : Passion, Skill and Consistency

Ngomongin ngeblog bonus ukhuwah, masih di kelas Blogspedia Coaching for Newbie , mom Queen bertemu dengan seorang mom blogger asal Sukabumi nih, namanya Fitrah Rahmah atau biasa di sapa Teh Fira.

 

Lebih dekat dengan teh fira

Lebih dekat dengan Teh Fira

Fitra rahmah atau lebih dikenal dengan sebutan teh Fira. Ibu satu orang putri yang berusia 2 tahun ini, mom Queen kenal didalam kelas blogging yang saat ini sedang berlangsung, yup kelas Blogspedia . Siapa sebenarnya Teh Fira ini? Yuk kenalan lebih dekat dengan teh Fira.

A. Seorang Guru Biologi

Nah teh Fira ini selain sebagai seorang blogger (ngakunya blogger pemula, tapi tulisannya kece badai, faham SEO lagi) beliau juga berprofesi sebagai seorang guru Biologi sebuah Madrasah Aliyah di Sukabumi. Memiliki latar belakang pendidikan sarjana biologi teh Fira sangat menggemari pelajaran biologi.

 

Teh Fira seorang guru

Usut punya usut ternyata teh Fira menyenangi pelajaran biologi dikarenakan beberapa alasan :

1. Karena Allah SWT

Menurut ibu satu orang putri ini, segala bidang ilmu harus berlandaskan asma Allah, untuk mengharapkan keberkahannya. Termasuk ilmu biologi, teh Fira sangat mengharapkan ilmunya berkah dan bermanfaat atas izin Allah SWT. Masya Allah mulia sekali kan. 

2. Bisa lebih bertafakur

Biologi menurut teh Fira bisa membuat kita bisa lebih bertafakur akan kebesaran ciptaan Allah. Banyak hal-hal yang bisa di jadikan bahan perenungan kita sebagai makhluk Allah.

3. Biologi mudah pelajari

Bagi yang tidak suka atau fanatik dengan rumus-rumus, maka biologi pilihan tepat. Pasalnya istri dari M azwar Ibrahim ini menyebutkan dirinya tidak perlu dipusingkan dengan hapalan rumus-rumus yang njelimet. Bagian ini kami memiliki persamaan, ga mau terlibat akrab dengan banyak hapalan rumus.

4. Menjadi lebih menghargai alam

Teh Fira meyakini bahwa lewat ilmu biologi, kita diberi pengetahuan tentang interaksi  dengan makhluk hidup lain, antara manusia dengan alam, dan antara makhluk biotik dan abiotik. Semuanya saling terikat dan saling membutuhkan satu sama lain.

5. Lebih menghargai sesama makhluk

Katanya dengan mendalami ilmu biologi kita bisa paham bagaimana korelasi kita antar sesama makhluk, adanya hubungan atau simbiosis antara satu dengan yang lain tak dapat dipungkiri.

Itu alasan yang membuat teh Fira sangat menyenangi ilmu biologi hingga membuatnya menjadi seorang guru Biologi. Keren ya!

B. Senang menulis Puisi

Selain keseharian sebagai seorang ibu dan guru Biologi, teh Fira juga ternyata amat senang menulis puisi. Puisi yang ditulis teh Fira ini sering juga di publikasikan lewat media sosialnya. Beberapa puisi ada juga yang diterbitkan di blog. Inspirasi puisi yang ditulis guru hijaber ini biasanya berangkat dari kejadian sehari-hari ataupun juga kegalauan hati. Duh, mom Queen kalau galau mah boro-boro menghasilkan karya teh. Butuh sesuatu dulu untuk menaikkan mood boster hehe. 

Baca juga : Menulis,hobi yang bernilai dakwah

C. Butuh komunitas Ngeblog

Saat mom Queen tanya apa alasan teh Fira untuk mengikuti coaching  class ini, ternyata beliau beralasan bahwa dalam menulis diblog adalah sesuatu yang baru, jadi teh Fira butuh sebuah komunitas ngeblog. Kendati sudah mengenal blog sejak 2019, tetap saja teh Fira membutuhkan teman yang sefrekuensi dalam menulis.

Jadi alasan ini sama banget sama mom Queen yang ingin menambah teman serta komunitas ngeblog. Komunitas ngeblog ini yang nantinya akan memberi suntikan semangat bagi pemilik akun instagram (at) fitrah_rahma ini dalam merawat blog. Ya kan kalau ngeblog ada teman yang menyemangati ngeblog asiknya jadi makin semangat.

D. Menulis sebagai refleksi jiwa

Nah bagian alasan blogging ini teh Fira dan mom Queen memiliki persamaan. Toss teh :) alasan memilih nulis diblog sebagai bentuk refleksi jiwa, media pelepasan uneg-uneg dan penyampaian ide.

Rasanya saat berhasil menuliskan banyak hal di blog itu seperti ada kepuasan tersendiri. Ya kan kebutuhan wanita dalam berbicara itu, menurut dokter Aisyah Dahlan mampu mengeluarkan 22 ribu kata perhari. Nah, masalahnya kalau ada yang bisa diajakin ngomong sih enak ya, tapi pas lagi galau, sendirian, suami kerja, anak-anak tidur, akhirnya blog menjadi labuhan isi hati ini.

Baca juga : Tips Menulis Novel Viral dan Laris 

Jika penampakan blog mom Queen seputar dunia anak dan parenting, lain halnya dengan teh Fira. Ibu dari putri cantik ini mengisi blog seputar dunia pengajaran mata pelajaran biologi (tentunya) dan puisi. Alasan lainnya karena tulisan diblog juga bisa lebih panjang dan rapi dibanding media sosial lain, sama banget nih kita.

E. Masih sulit mengatur waktu

Nah bagian mengatur waktu ini, bagi teh Fira masih menjadi pe-er banget nih dalam ngeblog asik. Kalau mom Queen yang sudah terbiasa dengan jadwal menulis di malam hari dan dini hari, tapi bagi teh Fira yang nyambi profesi sebagai guru. Masalah pembagian waktu memiliki tantangan tersendiri.

 


Saat materi tugas berpasangan ini pun mom Queen sambil maraton dalam pengumpulan data seorang teh Fira, sambil nulis sambil interview wkwk. Niatnya bisa interview langsung via video call gitu, tapi apalah daya waktu yang tak memungkinkan. Ya, karena memang saat tugas ini dibuat teh Fira lagi sibuk mengolah data nilai siswa-siswi yang akan mendapatkan nilai raport kenaikan kelas.

Baca juga : Alasan Menulis di Blog dan Tip Manajemen Waktu bagi Mom blogger

Agak sulit juga awalnya mengatur waktu dengan mom Queen yang terbiasa mengerjakan sesuatu dengan cepat dan anti jam Cinderella wkwk. Ya, mom Queen gampang stress kalau udah mepet deadline untuk submit tugas, apalagi anak-anak yang susah diprediksi kondisinya.

Jika mom Queen berlomba dengan ke-riweuh-an 3 orang anak balita, nah teh Fira berlomba dengan tugas sebagai guru yang kena deadline bagi raport. Duh apa ga sport jantung tuh kita.. Tapi bismillah aja deh, tetap berikan yang terbaik ya teh (aslinya menyemangati diri sendiri)

Jujur tugas mengulas profil pasangan teman ngeblog asik ini adalah yang paling berat. Mana konsekensinya bagi salah satu pasangan yang tidak mengerjakan tugas, telat submit, tidak sesuai instruksi, maka pasangan lain juga ikut di tendang dari kelas ini.

Kok berat yaa... So, Mom Queen berusaha melakukan yang terbaik jangan sampai kami berdua tereliminasi dari coaching class kali ini. Bukankah kami ingin menjadikan kegiatan blogging ini menjadi tujuan ngeblog asik meski mengatur waktu versus writer's block  kadang masih menghantui hiii.

F. Media pengingat 

Selain sebagai tempat curhat menulis kegalauan dan uneg-uneg dihati, teh Fira juga menggunakan blog sebagai media pengingat. Jadi apa-apa yang sudah dituliskan di dalam blog terlebih lagi masalah bidang ilmu, setelah dituliskan di blog, konsep mengingat ilmunya jadi lebih kuat. Mantul teh :)

G. Terlatih melihat dari sudut pandang lain

Oh ya, satu lagi nih menurut wanita kelahiran tahun 1995 ini, dengan ngeblog kita jadi terbiasa melihat dari sudut pandang orang lain. Jadi sebelum tulisan itu di publikasikan, harus dipikirkan juga bagaimana orang lain menilai tulisan dirinya.

Baca juga : Cara Ngeblog Pakai Smartphone

Seru juga ya membahas ngeblog asik bareng teh Fira, mom Queen sampai lupa waktu tetiba sudah siang nih, alarm pertanda to do list lain sudah menanti. Ah sebahagia itu mom Queen bisa menuliskan tentang teman ngeblog asik bareng Teh Fira. Kapan-kapan kita ngeblog bareng lagi ya teh.


Salam, 

Mom Queen 

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

8 comments

  1. Masalah waktu aku pun jga masih PR sama kyak Teh Fira, bdannya ga kuat klo begadang terus, tpi golden hour cma itu..huhuhu
    Baca2 gini tuh seneng plus malu kadang klo masih krg optimal make waktu.

    ReplyDelete
  2. I love biology... Walau sempat hampir merah nilainya 🤭

    ReplyDelete
  3. Masya allah.

    Alasan suka biloginy nih bisa ditiru ya. Kalau ada alasan kuat saat kita memilih sesuatu tampaknya menjadi lebih mudah ngejalaninya.

    Huhuhu...iya aku juga menjadikan mengatur waktu itu tantangan banget deh.

    Bisa membayangkan bagaimana kesibukan guru di akhir tahun pelajaran gini.

    Masya Allah semangat semuanya!

    ReplyDelete
  4. Happy banget banyak guru yang ngeblog dan share sesuai keahliannya. Kebayang ngga cuma muridnya yg nerima kebermanfaatannya. Tapi murid onlinenya juga bisa menikmatinya. Sukses terus teh Fira, guru inspiratif ;)

    ReplyDelete
  5. Selamat atas kerja kerasnya MomQueen, semlet sport jantung pula, hehe.

    Masyaa Allah th Fira dan suami memang orang yang begitu baik. Karya-karyanya di media tulisan maupun di keseharian benar adanya.

    Uh, guru biologi yang jago sastra, menarik buat diikutin... ☆☆☆

    ReplyDelete
  6. Aku suka biologi tapi nilaiku dulu ga pernah besar wkwkkw
    Masyaa Allah banyak juga ya temen2 bengkel diri...
    Bener banget mbak komunitas ngeblog butuh banget buat konsisten

    ReplyDelete
  7. Tersentuh dg alasan kenapa suka biologi baru kalinini menemukan alasan yg lain daripada yg lain. Inspiring bgt

    ReplyDelete
  8. Wah seru nih kalo misalnya materi biologi nya bisa di post di blog.. apalagi sekarang lagi pembelajaran online.. pasti murid muridnya lebih exited belajar biologi.. sukses terus teh Fira

    ReplyDelete

Post a Comment