header maminca sharing

Alasan Blogging dan Tips Manajemen Waktu

Konten [Tampil]
Assalamualaikum warahmatullah wabaarakatuh

Hai teman-teman bloger gimana kabarnya? Hari ini mom Queen masih mau membahas materi di kelas blogging Blogspedia Coaching for Newbie yaitu Alasan Blogging dan Tips Manajemen Waktu.

 
Alasan Blog dan tips Manajemen Waktu
Desain by Canva


Alasan Blogging dan Tips Manajemen Waktu


Jika berbicara mengenai alasan ngeblog, tentu setiap bloger memiliki alasan yang sangat kuat dan mendalam. Kalau boleh meminjam kata-kata dari coach Marita, bahwa temukan the big why masing-masing, karena setiap kita memiliki 'the big why' yang akan menuntun dan menjadi ruh dalam ngeblog nantinya.

Sebelumnya mom Queen sudah membahas materi pemanasan tentang istilah blog dan blogging selengkapnya bisa baca disini.

Pengertian Blog dan Asal Kata

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, pengertian blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses siapapun. Sedangkan bloger adalah sebutan untuk orang yang mengeblog, pengeblog atau pun narablog.

Meskipun banyak platform penyedia jurnal pribadi di internet, mengapa teman-teman harus memilih blog? Bukankah ada media sosial seperti facebook, instagram dan lainnya. Semua juga sama, bisa dimanfaatkan sebagai jurnal harian online yang bisa juga diakses setiap saat. Dan juga tetap bisa menuliskan apa saja yang ingin kita bagikan kepada orang lain, mengapa harus blogging? Semua platform jurnal online juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekali lagi kita bebas memilih platform mana yang paling pas, paling nyaman bagi kita. Namun bagi mom Queen, blog adalah pilihan yang paling pas dan nyaman dihati.

Baca juga :
5 Alasan Kamu Harus Ngeblog
Tips mengatasi writer's block

Why Blog?

Mengenai mengapa memilih blog sebagai platform tulisan? Seperti yang disampaikan oleh coach Marita bahwa setiap pengeblog atau bloger memiliki satu kesamaan yaitu sama-sama suka menulis dan menyampaikan ide lewat tulisan. Pertanyaannya banyak orang yang suka menulis juga namun mereka tidak ngeblog.

Jangan sampai alasan ngeblog hanya sekadar ikut-ikutan tren karena ngeblog lagi hit. Atau karena ngeblog sebagai syarat mengikuti kelas menulis, ikut komunitas yang ada challenge menulis diblog atau mungkin juga karena pasangan yang suka ngeblog, jadi tertular ngeblog juga hehe..
 

Awal Mula Ngeblog

Flash back niat awal mengapa blog ini lahir adalah karena sebagai syarat kelulusan dari sekolah online Bengkel Diri sekitar setahun yang lalu. Memang mom Queen sudah lama ingin mempunyai blog, tapi belum ada trigger buat ngeblog dan juga ga ada mentornya so harus memulai dari mana. Nah saat itu di bulan April 2020, ada kelas blogging dari sekolah online Bengkel Diri, disitu diajarin cara membuat blog, dasar-dasar blog dan segala pernak-perniknya.

Baca juga :

Harapan Ngeblog Mom Queen

Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah


Menemukan Big Why

Semacam menemukan jati diri yang telah lama hilang wkwk..mulai saat itu mom Queen mulai rutin menulis di blog, dan perlahan meninggalkan platform legendaris facebook. Why?? inilah alasan mom Queen memilih untuk menulis di blog.

Alasan ngeblog


◾ Bebas berekspresi

Ternyata menulis diblog itu amat sangat menyenangkan dan bikin happy. Kita bisa bebas mengekspresikan diri kita. Karena blog itu bisa diibaratkan 'rumah' maya kita, yang bisa kita atur dan tata dengan cantik sesuai selera dan passion di empunya blog.

◾ Bebas desain tema


Kita juga bebas mengatur akan seperti apa bentukan rumah kita ini, mulai dari desain hingga warna bisa diatur sesuai dengan kepribadian yang punya rumah. Kalau bosan dengan tampilan blog yang itu-itu aja, bisa diganti dengan tema yang telah ada, semua bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya.

◾ Bisa Moderasi Komentar 


Seperti halnya rumah pada umumnya, rumah maya kita ini juga bisa kita atur, sesiapa saja yang boleh komentar, siapa yang tidak. Meski blog bisa dikunjungi oleh siapa pun dengan mesin pencarian gugel, namun untuk komentar yang masuk bisa di atur, ingin ditampilkan atau tidak. Istilahnya moderasi. Jadi kita bebas-bebas saja memilih hendak menampilkan komentar yang masuk atau pilih menghilangkannya (tidak dipublish). Moderasi komentar di blog juga berguna untuk mengurangi presentasi spam score di blog kita juga.

◾ Ada Fitur Archive 


Kemudahan lain dalam menulis di blog adalah adanya fitur archive. Fitur ini berfungsi untuk meng-called back tulisan dari zaman antah berantah hingga ke hari ini. Berbeda dengan platform lain, jangankan tulisan tahun lalu, tulisan bulan lalu saja harus scroll down sangat mendalam dan itu pun belum tentu ketemu. Kemudahan ini menjadikan blog layak diminati penggiat literasi.

◾ Bebas nulis panjang


Bagi pecinta curhat online, blog menjadi pilihan tepat. Pasalnya jumlah karakter yang diizinkan didalam blog sangatlah banyak. Idealnya setiap postingan memuat 400-600 kata, namun bagi yang gemar menulis sesi curhat seperti mom Queen panjang artikel sampai 1000++ dalam satu postingan tidak ada larangan dalam blog. Enak banget kan?? Mungkin yang baca jadi mabok #eh

Jika sudah mengetahui apa yang membuat kita memilih nulis di blog, maka semangat ngeblog ini ga akan luntur dan tertanam kuat sampai kapanpun. Blog yang sudah kadung di buat pun tidak akan bernasib sebagai 'rumah tinggal' atau istilah coach Marita blognya menjadi sarang laba-laba. Jangan juga, jika niat ngeblog hanya karena tren, maka semangat ini akan aus seiring dengan hilangnya tren ngeblog. Setiap bloger hendaknya memiliki the big why yang kuat sebagai landasan fundamental untuk ngeblog, jadi seketika semangat ngeblog turun, the big why ini yang akan menyemangati teman-teman semua.

Manajemen waktu mom blogger


Sebagai seorang mom bloger yang memiliki 3 anak yang masih di balita dan newborn, sampai saat ini mom Queen masih terus belajar untuk mengelola waktu dengan baik. Mahir mengelola waktu dengan baik sangatlah penting. Agar tidak ada ketimpangan dalam menjalankan peran keduanya. Meski diranah domestik memiliki tugas yang tidak mudah, belum lagi harus ditambahi dengan peran sebagai bloger.

Kemampuan manajerial waktu ini seakan menjadi tantangan tersendiri bagi mom bloger. Agar keduanya bisa berjalan seimbang, tanpa harus mengorbankan salah satu peran, coba deh terapkan tips mengelola waktu ala mom Queen ya.

Tips Manajemen Waktu
Desain by Canva

◾ Miliki skala prioritas

Tahu mana yang menjadi top prioritas dan mana yang second priority. Buat skala prioritas pribadi, dari sana bisa dibagi kapan waktu bersama keluarga dan kapan waktu untuk ngeblog. Jika menempatkan keluarga sebagai top prioritas artinya jangan mengambil job blog yang timeline-nya pendek. Sesuaikan dengan waktu dan juga kemampuan diri. Jangan sampai menjadikan ngeblog no 1 saat deadline didepan mata. Padahal kondisi ini bisa diatur sejak awal perjanjian kontrak bloger.

◾ Ingat tujuan awal menulis


Perlu diingat bahwa tujuan awal ngeblog adalah karena apa? Apapun tujuannya yang pasti niatnya karena ngeblog dapat menimbulkan perasaan bahagia. Sehingga jangan sampai ngeblog menjadi beban dan menyita seluruh waktu dan perhatian. Intinya jangan diperbudak materi.

◾ Sediakan waktu khusus untuk menulis


Meskipun kita memiliki segudang to do list harian yang tak kunjung habis, tetaplah buat waktu khusus untuk ngeblog. Mom Queen menyediakan waktu sebelum tidur atau dinihari untuk ngeblog. Meski terkadang belum menghasilkan tulisan yang siap posting setidaknya sudah ada 'hilal' akan kemunculan artikel baru. Ingat jangan tunggu ada waktu, tetapi buatlah agar ada waktu.

◾ Gunakan me time untuk ngeblog

Setiap dari kita pasti memiliki waktu luang entah 20-30menit setiap harinya. Biasanya digunakan untuk apa? Sebelum berniat menggunakan waktu luang untuk hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan kebermanfaatan bagi orang banyak, gunakan waktu luang untuk ngeblog. Meski hanya berbalas komentar atau blog walking setidaknya rumah kita ga sepi-sepi amat.

◾ Hindari scrolling medsos


Sebelum ngeblog, hindarkan diri dari godaan smartphone dan medsos. Biasanya niat awal cuma 3 menit untuk scroll medsos dan berakhir molor jadi 3 jam duh..jika ingin bisa disiplin mengelola waktu hindarkan scrolling medsos. Jika terpaksa sekali karena kangen scrolling medsos, pasang alarm dan setting misal 20 atau 30 menit.

◾ Setting alarm 


Pasang pengingat di HP untuk reminder mengerjakan to do list. Mom Queen sampai harus setting 5-6 kali alarm untuk pengingat biar ga bablas. Karena sekali saja jadwal harian mundur maka akan berdampak pada to do list berikutnya.

Baca juga :

Demikian sharing dari mom Queen sekilas materi Blogspedia Coaching for Newbie tentang mengapa memilih nulis di blog dan tip mengelola waktu bagi mom bloger. Semoga bermanfaat.


Keep Blogging ya :)











Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

33 comments

  1. Hihi kalo saya ngeblog, ikut2an sama gebetan yang suka ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doh yang punya gebetan, jangan sampe gebetan ilang, blognya ikutan ngilang yak :)

      Delete
  2. Siap, mom Queen ^^

    Selamat berjuang menjalankan big why nya. Insyaa Allah, Allah mudahkan.

    Oh ya, buat yang scroll medsos, uhu memang paling menantang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haa iyak samaa.. Makanya kl mo nulis, jauh-jauh deh dari hp wkwk

      Delete
  3. Wuiih mantap, alumni Bengkel Diri juga nih. Biasanya yang lulusannya Bengkel Diri tulisannya kece2... terbukti MomQueen juga nih, hehe. Semangat terus ya mbak ngeblognya.

    ReplyDelete
  4. Bener mbak, luruskan niat. Tujuan kita ngeblog itu apa jangan karena ikut-ikutan, atau karena syarat ikut kelas menulis kaya saya dulu 😀. Direnungkan lagi dan fokuskan lagi dan terus semangat menebar kebaikan mellaui tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaa betul, niat awal emang gt.. Alhamdulillah udah berubah kan ya niatnya mba

      Delete
  5. Ingat awal menulis berasa big why bener nih untuk memulai menjadi bloger. Sering kali kita lupa waktu juga kalu udah liat hp atau laptop. Harus di utamain yang penting dulu ya agar kita tetap fokus untuk blogging :D

    ReplyDelete
  6. Scrollong medsos nih. Aku banget. Lama2 waktu abis trs gajadi bikin postingan :') manajemen wakti emak2 memang lebih menantang ya mba wkwk

    ReplyDelete
  7. maaf mbak aku buka judul auto ke bawah bacanya. di judul dengan background warna merah buat mata aku kaget mbak. hehhe jadi aku bacanya nggak dari awal. keep fight ngeblognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, maaf ya kak :( ku buat lebih soft deh di featuringnya, makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  8. Wah bisa dicoba nih setting alarm biar ga kebablasan ya Mom, salut deh walau anak sah 3 tpi smangat nya luar biasa, malu sndiri aku yg masih suka keteteran gini..

    ReplyDelete
  9. Masya Allah lulusan BD ya mba, Aku sempat ikut yang BD level 1, Selalu ingat tujuan agar tidak goyah, makasih inspirasinya mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kelas apa kak? Coba lanjut level 2 ada kelas blogging juga.

      Delete
  10. Baca tulisan senior jadi ngeri_ngeri sedap. Tulisannya kece banget, apa lagi dah melanglang buana, belajar disana-sini. Semoga bisa dapat tambahan ilmu dari membaca artikel ini, eh tambahan motivasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk masih cupuu banget mba, yang penting keep blogging yak

      Delete
  11. MasyaAllah saluuuut bgt mb, sdh ada 3 anak tp msh rajin ngeblog. Me time ku masih ku habiskan dg ntn hiburan nih mb, next aku coba utk habisin me time dg blogging ah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton ya?? Hmm sudah lama kutinggalkan mbak, bisa bikin lupa diri soalnya hihi

      Delete
  12. Wah tips baru lagi nih. Pasanag alarm. Bener sih dulu saya sering untuk pasang alarm buat prioritas tertentu tapi sekarang udh nggak lagi dan oenyakit ngaret pun kembali hadir.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  13. Wah keluarga BD juga... Menulis emang bikin happy mba... Hihihi

    ReplyDelete
  14. udah lama ga blogging, ternyata emang asik ya, nentuin desain blog itu bisa jadi keasikan tersendiri selain nulisnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang oprek-oprek blog bisa bikin lupa buat nulis, harus balance pokonya

      Delete
  15. Memang susah kalau terkait dengan gadget untuk medsos nih, kak :'D. Namun, memasang alarm sebagai batasan waktu pemakaian internet boleh dicoba nih, kalau ga dipaksa susah hihi.. Terima kasih atas tipsnya dan tetep semangat ya Kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaak betul.. Aku pasang alam 30 menit kl mau bika medsos. Takut khilaf

      Delete
  16. Keren, Momqueen. Yang bagian alarm bisa diikuti nih :"

    ReplyDelete
  17. Blog is freedom, bebas ekspresi, bebas nentuin tema, bebas waktu, bebas tempat, bebas mau sambil nyemil atau jalan-jalan. Btw, pasti seneng banget ya, Kak akhirnya tugasnya selesai dan bisa punya blog

    ReplyDelete

Post a Comment