header maminca sharing

Merawat cinta dalam pernikahan

Konten [Tampil]

Jika berbicara tentang merawat cinta dalam pernikahan, maka rumah tangga baginda Rasulullah SAW adalah teladannya. Bagaimana nabi Muhammad SAW dan para istrinya berumah tangga adalah contohnya. Ummul mukminin Aisyah ra. banyak memberikan gambaran bagaimana cara Rasulullah mengajarkan cara merawat cinta dalam rumah tangga. Dalam banyak hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat, bagaimana manusia terbaik ini memberi teladan dalam menjaga keharmonisan rumah tangganya.

Baca juga : Belajar dari ummu Imarah tetangga Rasulullah di syurga

Berikut ini mom Queen akan menyampaikan resume hasil kajian dari gurunda Buya Yahya dalam streaming youtube dengan judul kajian mewujudkan keindahan dalam rumah tangga. Hasil resume mungkin akan sedikit berbeda dengan kajian, karena berdasarkan perspectif mom Queen ya :)

Cinta dalam pernikahan harus dipupuk

Pernikahan sejatinya adalah ibadah sepanjang masa. Maka merawat cinta dalam pernikahan harus dipupuk terus menerus. Jatuh cinta itu mudah namun untuk jatuh cinta berulang kali dengan orang yang sama itu butuh seni. Maka nabi Muhammad SAW contoh teladan paling sempurna untuk urusan memupuk rasa cinta berulang kali dengan orang yang sama. 

Rumah Tangga Rasulullah

Rumah tangga Rasulullah adalah rumah tangga yang penuh cinta. Rumah tangga yang dibangun oleh sang nabi bukanlah tanpa konflik , tetapi bagaimana nabi SAW mengelola konflik menjadi cinta dalam rumah tangga itu yang harus ditiru. Mengubah konflik untuk mendekatkan bukan menjauhkan, menambah kebahagiaan dalam ibadah sepanjang masa ini.

Baca juga : Bersyukur, Cara Mudah Meraih Kebahagiaan

7 Cara merawat cinta dalam pernikahan ala Rasulullah

Konsep cinta yang diajarkan oleh Rasulullah dalam teladannya adalah memberi, bukan menerima. Seni merawat cinta ala Rasulullah adalah bukan untuk kebahagiaan  diri sendiri tetapi, bagaimana membahagiakan orang lain.

Pernah perempuan Arab berkata kepada Khadijah ra dimasa itu, " wahai Khadijah, alangkah bahagianya engkau dapat bersuamikan Muhammad" (waktu itu nabi SAW belum menjadi Rasul, namun ketenaran dan ketampanan beliau dambaan setiap wanita Arab). Apa yang dikatakan istri pertama nabi ini pada saat itu? Beliau berkata, "sejak aku menikah dengan Muhammad, aku tidak berpikir aku bersenang-senang dengannya, tapi aku berusaha bagaimana Muhammad bersenang-senang kepadaku" Masya Allah inilah konsep seni merawat cinta yang dikedepankan dalam rumah tangga Rasulullah, konsep memberi.

Menurut pepatah Jawa menyebutkan witing tresno jalaran soko kulino (cinta datang karena kebiasaan). Kulino=kebiasaan. Kebiasaan selalu bersama, berdekatan maka akan menumbuhkan benih-benih cinta. Jadi hanya karena seringnya bersama bisa membuat kita jatuh cinta kepada lawan jenis. Buya juga sempat menyinggung masalah taaruf dan konsep pacaran. Semua bermuara pada cinta = memberi.

Baca juga : Tentang konflik dalam rumah tangga 

Bagaimana caranya agar bisa jatuh cinta berulang-ulang dengan pasangan kita? Cara yang diajarkan oleh sang nabi bukan hanya berlaku untuk istri saja, tetapi suami pun harus menerapkan hal yang sama sebagai prinsip kesalingan (mubadalah) dalam berumah tangga.


Cara merawat cinta dalam pernikahan ala Rasulullah

Kita simak bagaimana  merawat cinta dalam pernikahan ala Rasulullah yang disampaikan oleh Buya Yahya berikut ini.

1. Lemah lembut terhadap wanita

Siapa yang meragukan sikap lemah lembut sang nabi? Bahkan rasa sayangnya sanggup menutupi rasa marah pada musuhnya. Jika terhadap musuh saja nabi bisa berlemah lembut, terlebih lagi terhadap istri-istri beliau.

2. Selalu menjaga kebersihan

Buya yahya menyebutkan bahwa ada teladan yang selalu dicontohkan nabi yaitu beliau selalu mencuci tangan dan bersiwak setiap kali datang ke rumah Aisyah ra. Padahal kita tahu bahwa Rasulullah selalu bersiwak setiap akan solat. Tapi demi meyakinkan sang istri, beliau kembali bersiwak. Ini bukan hanya perlu dilakukan oleh istri atau suami saja namun harus dilakukan oleh keduanya.

Teladan lain yang diajarkan nabi dalam merawat cinta dalam rumah tangga adalah menjaga kebersihan daerah-daerah tubuh yang tersembunyi, seperti mencukur, merapikan dan membersihkan bagian yang tertutup. Jangan hanya merawat wajah namun lupa bagian yang tersembunyi.
Bab menjaga kebersihan ini dibahas tuntas oleh Buya, hingga pesan untuk selalu memberikan aroma wewangian yang digemari pasangan.

3. Romantis dengan Istri

Dalam satu hadits disebutkan bahwa baginda nabi pernah meminta gelas yang sedang diminum Aisyah ra. dan mencari dimana bekas bibir sang istri. Lantas Rasulullah SAW minum ditempat yang sama dibekas bibir Aisyah ra. Beliau menjelaskan agar bibir dirinya bertemu dengan bibir Aisyah. Masya Allah betapa romantisnya manusia terbaik ini pada istrinya.

4. Selalu memuji istri

Suatu ketika pernah Rasulullah pulang dari perang dan mendapatkan luka yang cukup parah, saat tiba di rumah Aisyah, Aisyah pun bertanya "Demi Allah, ini darah ! Sakit ya Rasul?"
Rasul pun menjawab,
"Demi Allah, tadinya ini memang sakit wahai istriku. Tapi setelah melihatmu, rasa sakitnya hilang"
Ah bayangkan jikalau jadi Aisyah, so sweetnya nabi kepada istrinya. Seni bercinta seperti ini yang perlu dipupuk dalam pernikahan.

5. Meninggalkan atribut diluar ketika dirumah

Nabi Muhammad ketika dimedan perang begitu gagah perkasanya seperti tidak mengenal kemesraan, akan tetapi ketika tiba dirumah begitu mesra terhadap istri seperti tidak mengenal peperangan. Allahu akbar! begitu indahnya cara Rasulullah menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada istrinya.

Baca juga : Belajar Tentang Kasih Sayang Dari Anak

6. Jangan menelantarkan pasangan

Perlu dipahamkan ketika seorang suami mendatangi istrinya, tentulah karena suami sudah menahan pandangannya selama berapa waktu. Maka dari itu, islam melaknat istri yang menolak ajakan suaminya. Jangan sampai seorang istri menelantarkan hasrat suaminya. Karena laki-laki yang sholih akan menyalurkan keinginannya pada tempat yang halal.

Disisi lain, suami juga harus paham tentang seni dalam membangun cinta dan keindahan bersama sang istri. Buya berpesan, lihatlah cara nabi yang selalu mendahului 'ajakan' dengan kata-kata romantis dan pujian kepada sang istri.

7. Berdandan untuk pasangan

Masalah berdandan ini bagian penting lain dalam merawat cinta dalam rumah tangga. Berdandan bukan hanya bagi istri saja, namun suami juga di anjurkan untuk berdandan dihadapan sang istri. Seperti nabi sebelum masuk kerumah istrinya selalu menyelupkan tangan kedalam bejana air dan merapikan rambutnya.

Ini juga wajib dilakukan sang istri tatkala menyambut suami, misal sepulang kerja sambutlah suami dengan tampilan menarik, wangi dan pakaian terbaik. 

Ada bahasan lain yang coba diungkap Buya dalam kajian streaming kali ini yaitu tata cara suami 'mendatangi' istri, bagaimana suami bisa 'menyenangkan' istri ala Rasulullah juga dijelaskan secara lengkap cara merawat cinta dalam pernikahan, demi mewujudkan keindahan dalam rumah tangga.

Menariknya, Buya yahya menjelaskan bab cara merawat cinta dalam pernikahan ini dengan sangat santun, penuh ilmu, berwibawa dan jauh dari kesan jorok dan vulgar. Majelis ilmu sebagai taman surga sangat dikedepankan dalam setiap kajian yang dibawakan oleh Buya. Selengkapnya bisa simak di kajian Buya Yahya dalam video di bawah ini ya.



Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

30 comments

  1. Memang mba gak ada kisah cinta yang lebih romantis daripada kisah cinta nya Rasulullah..

    Semangat.. Bagi orang2 yang sedang memupuk cinta..
    Semoga cintanya sehidup, sesurga.. 🔥🔥

    ReplyDelete

  2. "Pernikahan sejatinya adalah ibadah sepanjang masa. Maka merawat cinta dalam pernikahan harus dipupuk terus menerus. Jatuh cinta itu mudah namun untuk jatuh cinta berulang kali dengan orang yang sama itu butuh seni".

    Masha Alloh seolah² kembali di ingatakn tentang bagaimana merawat cinta walaupun usia pernikahan tak lagi seumur jagung.

    Semoga kita terus meneladani apa² yang sudaj di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, menjadi keluaraga yang sakinah, mawadah, warohmah. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Masya Allah terima kasih wejangannya mbak. Bismillah semoga pernikahan2 kita adalah pernikahan yamg sskinag mawaddah warohmah ya mbak.

    Aku juga sering denger chanel kajian online gini mbak. Di dunia digital mendapatkan ilmu lebih mudah ya. Apalagi pandemi gini beum bisa bermajelis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, lebih mudah dan kajian online sekarang emak friendly bgt kan, gampang tinggal buka yutup sambil nge-DJ di wastafel bareng piring dan panci, alhasil piring bersih pikiran jernih krnq siraman rohani.

      Delete
  4. Masyaa Allah... romantisnya, ah tak terbayang bagaimana aslinya. Oh iya, "cinta adalah memberi" tersirat di sini.

    Subhaanallah, masalah rasa tak ada habisnya memang. Bisa membahagiakan bisa pula menjadi ujian. Thank's MomQueen sharingnya~

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, baca tulisan ini jadi diingatkan kembali adab ke suami. Ngebayangin Rasulullah segitu mesranya ke istri ikut tersipu. Manis banget. Mudah-mudahan aku bisa belajar supaya lebih manis ke suami, supaya cinta terawat, membuat keluarga jadi sakinah, mawaddah, dan rahmah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. Akun nulisbini buat reminder sebetulnya kok mamz

      Delete
  6. Bagian "sejak aku menikah dengan Muhammad, aku tidak berpikir aku bersenang-senang dengannya, tapi aku berusaha bagaimana Muhammad bersenang-senang kepadaku", masya Allah membuatku kembali tersadar akan kodrat seorang istri. Kadang masih lalai dan abai karena letih sama kehidupan keseharian.
    Sungguh ulasan yang bermanfaat mom, terima kasih sudah mengulasnya dengan bahasa yang mudah sekali saya cerna sebagai orang yang fakir ilmu agama :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masya Allah kita sama-sama belajar ya mbak menuju keridhaan Allah lewat ridho suami.

      Delete
  7. Rumah tangga ahli surga memang rumah tangganya Rasulullah. Masya Allah, walau susah tapi selalu berusaha dan belajar dari rumah tangga Rasulullah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya meski tidak bisa 100% setidaknya mendekati sudah alhamdulillah.

      Delete
  8. Berdandan yang masih suka sulit hihi
    Semoga bisa dipraktekkan mba
    Memupuk cinta emang penting hihi

    ReplyDelete
  9. Aku pun suka dgn cara penyampaian buya yahya Mba, slalu nongol di bernada youtube ku...
    Smoga kita smua bisa merawat cinta dalam pernikahan selalu ya Mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak cara penyampaiannya ngilmu bangett, minim becandaan tapi ga tegang juga, porsinya pas gt.

      Delete
  10. Masya Allah mbak..terima kasih remindernya...
    Makin kangen sama suami ini..deket tapi tak bisa menyentuh...

    ReplyDelete
  11. Memang Rasulullah Saw. ini benar-benar teladan ya, Mbak. Dari catatan di atas, bisa disimpulkan bahwa merawat pernikahan itu dengan prinsip kesalingan ya, Mbak. Semua akan berasa hambar kalau yang melakukan hanya satu pihak saja ndak sih? Bakal jadi bekal nih. Terima kasih ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benerr prinsip mubadalah (kesaalingan) dalam rumah tangga itu perlu, untuk mengukur pembagian peran yang seimbang bagi suami maupun istri.

      Delete
  12. MasyaAllah... membaca ini jadi malu sendiri karena kadang masih lalai merawat cinta 🙈. Mentang-mentang bukan pengantin baru lagi, jadi kurang perhatian. Terima kasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi toss pengantin lawas kita... Tp cinta harus rasa pengantin baru ya

      Delete
  13. Masya Allah, aku senyum-senyum bacanya. Memang ya Rasulullah patut jadi contoh kita dalam merawat cinta dalam pernikahan.

    ReplyDelete
  14. Maa syaa Allah
    Role model terbaique yang pernah ada, Rasulullah saw.

    Relate banget sama point romantis mba..
    Klo role modelnya gini, romantisme drama korea mah lewaaat

    Romantis dalam taat itu baru mantaap

    Jazakillah khair insightnya mba..
    Salam kenal dengan ani dari depok

    ReplyDelete
  15. MashaAllah yah dari dulu tuh kalo denger tentang kisah Rasulullah bersama istrinya2 tuh suka senyum sendiri2 kyk So Sweet banget gitu.. Semoga kita semua bisa mencontoh apa yang sudah Rasulullah dan Istri2nya ajarkan.. Aamiin..

    ReplyDelete
  16. kalau ustadz felix bilang, rasulullah memang teladan dan manusia paling mulia yang pernah berjalan di muka bumi. masyaa allah 😍❤️

    ReplyDelete
  17. Speechless mbak... Tak bisa berkata-kata lagi... 😢 Semoga kita bisa meneladani Baginda Rosulullah SAW. Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
  18. Gimana ya mba mau mulai step diatas tapi kayanya kaku ya dan gak biasa

    ReplyDelete

Post a Comment