header maminca sharing

Top 5 Pilihan Tempat Liburan Favorit Keluarga Ramah Anak

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh

Kali ini hari ke-8 dalam #30days #BlogChallengeBPN mengangkat tema Top 5 Tempat Liburan Favorit, berhubung sudah hampir setahun ini puasa liburan jadi tema ini terasa agak 'berat' untuk dibahas. Why? Khawatir setelah menulis, jiwa pengen liburan kembali menggelora. Sudah bersusah payah memendam hasrat untuk berlibur sampai-sampai dibela-belain bikin staycation dirumah hehe. Duh pokoknya selama menulis ini, mom Queen selalu berdoa agar hati ini teguh seteguh karet gelang walau ditarik kuat tetap kembali seperti semula (analogi yang memaksa).

OK fine, berhubung ini adalah challenge jadi tetap harus dijajaki. Mana tahu setelah ini, kakang prabu mengajak untuk staycation kilat (Ngarep dot com). Ini adalah top 5 pilihan tempat liburan favorit keluarga yang ramah anak versi mom Queen dan berani diadu dengan on the spot. Cekidot

Pic by Canva edited byself


1. Pantai

Pic by Canva edited by self


Terbiasa menghirup asap polusi dan bisingnya suara kendaraan membuat kita perlu menghirup udara baik dengan suasana yang menenangkan. Yap selain ke gunung, Pantai adalah pilihan tepat berikutnya. Kalau hendak pergi ke gunung dengan anak-anak balita pasti mikirnya panjang kali lebar. Belum lagi faktor cuaca dan keselamatan yang penting untuk diperhatikan. Maka pantai adalah pilihan tepat nan cermat. Selain murah, banyak spot bermain yang bisa di eksplor anak-anak. Sebagai orangtua kita sepakat bahwa liburan tak sekadar hanya liburan, tentu ada unsur edukasi yang ingin disematkan pada setiap kegiatan. Di pantai banyak edukasi yang bisa dimainkan selain hanya menghabiskan waktu. Misalnya mengasah kreativitas anak dengan membuat istana pasir, sisi ilmu pengetahuan alam yaitu pengenalan biota laut, dari segi agama yaitu pengagungan akan ciptaan Allah SWT, dan masih banyak lagi manfaat liburan ke pantai. Namun yang perlu diperhatikan harap selalu mengawasi anak-anak ketika bermain di dekat bibir pantai. Yuk kepantai biar santai.

Baca juga : 5 Serial TV Favorit Yang Wajib Ditonton 

2. Toko Buku

Pic by Canva edited byself


Ini salah satu tempat liburan penuh edukasi tapi sedikit (tidak) ramah dikantong. Kalau tadi berbicara liburan di pantai bisa dengan budget minimum, tapi tidak berlaku disini. Karena bisa dipastikan sepulang dari tempat ini, moms akan membawa sekresek buku-buku favorit. Makanya saran kalau mau berlibur ke toko buku, meskipun niatnya hanya untuk mencuci mata atau mengupdate buku best seller, lebih baik dilakukan saat lagi ada big sale atau cuci gudang. Bukan apa, khawatir nanti bisa bikin kantong bolong. Semua buku ingin dibawa pulang, apalagi dengan dalih 'untuk anak-anak' atau 'edisi ini belum punya' dan sebagainya. Eits perlu diingat juga, anak-anak yang sudah akrab dengan buku, bisa juga 'kalap' ketika liburan kesini. Bahkan, bisa jadi kantong belanjaan mereka lebih penuh dari pada orangtuanya. Ingat budget ya kalau ke toko buku.

3. Mall

Nah kalau yang ini sih sepertinya akan menjadi tempat favorit liburannya semua orang. Mau ke kota mana pun pasti yang dicari ujung-ujungnya mall kan? Ngaku deh. Meskipun sepintas mall tempat menghabiskan uang, namun banyak juga kok sisi edukasi yang bisa kita ajarkan pada si kecil. Seperti bagaimana caranya mengantri saat membayar dikasir, mengajarkan sisi sosial dan percaya diri dengan cara memesan sendiri menu yang ingin dimakan, atau juga cara mengedukasi bidang matematis yaitu dengan cara menghitung jumlah barang belanjaan yang sudah di beli. Namun lagi-lagi apabila berlibur ke tempat ini jangan lupa budget yang sudah dianggarkan, jangan sampai melebihi ambang batas atau malah merogoh budget yang lain.

4. Kebun Binatang

Berkunjung ke kebun binatang bisa menjadi salah satu alternatif liburan edukatif lainnya. Kecenderungan bahwa berlibur sama dengan menghabiskan uang tidak akan berlaku jika berkunjung ke tempat ini. Selain dapat menjadi sarana edukasi dengan mengenalkan berbagai macam jenis hewan yang ada, berkunjung ke kebun binatang juga bisa membuat anak berpikir kritis. Biasanya saat kita menjelaskan berbagai jenis hewan, anak akan bertanya seputar hewan tersebut, seputar apa dan bagaimana. Yakin deh moms akan terkaget-kaget dengan pertanyaan anak-anak ketika diajak berkunjung ke kebun binatang. Sisi imajinasi anak akan keluar sesuai dengan pertanyaan mereka. So, moms selalu standby smart phone ya untuk cari tahu informasi ketika ada pertanyaan yang di rasa sulit hehe. 

Baca juga : 5 Alasan Kamu Harus Ngeblog 

5. Botanical Garden (Kebun Raya)

Pic by Canva edited by self


Botanical garden menjadi alternatif berikutnya yang menjadi top 5 pilihan tempat liburan favorit keluarga yang ramah anak. Disini moms bisa mengeksplorasi semua spesies flora yang ada, satu jenis tumbuhan saja tidak akan habis dibahas. Apalagi anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap sesuatu yang baru. Pengetahuan dan pengalaman ini akan menjadi salah satu bekal mereka untuk mencintai lingkungan dan alam sekitar nantinya. Enaknya lagi berkunjung ke botanical garden ini membuat kita menjadi banyak tahu tentang informasi berbagai tumbuhan yang ada di kebun tersebut. Biasanya satu jenis tumbuhan akan disertai dengan nama dan informasi detail spesiesnya. Wah, bonusnya lagi jika berkunjung ke botanical garden moms akan mendapat banyak spot foto yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan. Yuk ajak si kecil ke botanical garden terdekat.


#BPNRamadan2021 

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

2 comments

  1. Pantai adalah tempat wisata yang tida pernah salah :D

    ReplyDelete

Post a Comment