header maminca sharing

10 Barang Wajib Ada di Tas Ibu Balita

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh

Memasuki hari ke-9 dalam #BlogChallengeBPN mengangkat tema barang-barang yang wajib ada didalam tas saat bepergian. Sebagai ibu dengan anak-anak banyak yang masih balita dan para bayi, pasti isinya seputar peralatan bayi dan teman-temannya.

Isi tas ibu-ibu dengan balita 

Sekarang bayangannya kalau bepergian sudah mirip kayak tas sirkus, semua ada. Apalagi saat musim pandemi begini, peralatan makin bertambah lagi. Pokoknya bye-bye tas minimalis yang unyu cuma muat dompet plus hape.

Yang ada sekarang tas bepergian lebih nyaman dengan tas dukung multifungsi yang mirip kayak tas backpacker hehe. Untungnya sekarang tas backpacker sudah stylish, jadi ibu dengan anak tiga seperti mom Queen tetap bisa modis kalau ngemall.

Memang apa ya yang membuat tas ibu-ibu dengan anak bayi itu terlihat sangat penuh. Pengen tahu isinya? Yuk intip, berikut barang-barang yang wajib dibawa didalam tas ibu balita.

Pic by Canva edited by self

1. Peralatan Bayi

Meski cuma pergi sebentar baik satu jam atau seharian yang namanya isi tas ibu beranak balita ataupun bayi pasti terdapat peralatan bayi seperti popok sekali pakai, tisu basah, minyak telon, bedak bayi, baju ganti anak, dan parfum bayi. Kadang parfum ibunya sendiri lupa dibawa, tapi parfum anak wajib dibawa. Untuk baju ganti anak yang dibawa khusus untuk anak yang masih dibawah 2 tahun ya, soalnya anak bayi biasanya tidak bisa di perkirakan kondisinya, bisa jadi bajunya kena ompol atau kena poops saat diluar. Jadi baju ganti wajib dibawa.

2. Susu Anak

Nah ini kalau anaknya minum susu formula, wajib membawa spare susu formula sesuai kebutuhan. Biasanya disesuaikan dengan lamanya bepergian. Lebih praktis membawa susu yang sudah ditakar ke dalam kontainer susu. Jangan lupa untuk menyertakan botol susu sebagai cadangan, minimal membawa satu botol susu cadangan.

3. Make Up Ibu

Meski pergi dengan membawa anak-anak, jangan sampai lupa mendandani diri sendiri. Ibu tetap harus tampil fresh dan cantik. Ya, meskipun tidak terlalu menor dengan bulu mata anti badai minimal harus memakai bedak dan eyeliner, kalau lipstick tidak harus dibawa untuk saat ini, karena penggunaannya sudah ditutupi oleh tampilan masker. Jadi lipstik sekarang tidak begitu penting ada didalam tas, dan beban tas pun bisa berkurang. Lumayan meski hanya sebuah lipstik. 

4. Peralatan Protokol Kesehatan

Saat pandemi seperti sekarang ini membawa barang-barang sesuai standar protokol kesehatan adalah sebuah keniscayaan. Peralatan seperti masker kain dan hand sanitizer harus ada didalam tas.

5. Tisu

Seringnya bepergian keluar rumah pasti ada saatnya ingin ke toilet. Celakanya tidak semua toilet mall di negara kita ini dilengkapi dengan tisu. Sedangkan menjaga kebersihan organ kewanitaan sangat penting, maka tisu menjadi wajib ada didalam tas saat bepergian. Ada yang aneh rasanya bila ke kamar kecil tidak membawa tisu, entah hanya mencuci tangan ataupun memperbaiki make up.

6. Handphone

Nah ini seperti nyawa kedua bagi kebanyakan orang, ya ga sih? Katanya apapun bisa diselesaikan oleh benda satu ini selama masih ada pulsa dan kuota. Eh ada benarnya juga kok, coba sekarang apa-apa bisa nyari di hape, dompet ketinggalan tinggal hubungi orang rumah untuk nganterin. Tersesat ditengah jalan tinggal minta bantuan GPS. Bahkan nyari jodoh yang belum jelas hilalnya pun bisa cek di hape..eh gimana gimana.

7. Air minum (Tumbler)

Jika bepergian keluar sangat merepotkan jika masih harus mencari supermarket hanya untuk membeli sebotol air mineral. Solusi ibu hemat dan cermat adalah selalu sedia tumbler air minum didalam tas. Meski beban tas menjadi sedikit berat, yang penting praktis dan hemat biaya hehe. Minimal kalau sudah sangat kehausan, botol tumbler ini bagaikan oase di gurun pasir.

8. Dompet

Dompet terkadang menjadi item yang sering terlupakan untuk segera di masukkan ke dalam tas. Maklum urutannya didalam listing benda penting didalam tas sudah berada didalam urutan sekian. Tapi kalau tanpa dompet ga masalah juga selama perginya tidak sendirian, terlebih kalau perginya bersama pasangan ya sudah ga akan keluar juga benda satu ini. Eh bener ga sih?

9. Pembalut Wanita

Wah untuk urusan yang satu ini jangan sampai terlupakan ya. Meski terkadang kita sudah mengetahui jadwal pasti kapan si "tamu" akan datang, namun tidak ada salahnya untuk selalu bersiaga kan? Meski butuhnya cuma satu dan sesaat, namun jika tidak disiapkan bakalan repot sendiri untuk mendapatkannya. Kadang bukan kita sendiri yang membutuhkannya, mom Queen pernah juga ketika di kamar kecil umum ditanyai seorang wanita "maaf mbak, ada pembalut ga?" nah, bisa dibayangkan jika si wanita tidak menemukan orang yang mempunyai stok pembalut. Hmm bisa jadi dia akan merasakan hari yang paling tidak nyaman. Jadi ayo kita care terhadap diri sendiri dan wanita lain.

10. Parfum

Bepergian dengan anak-anak apalagi anak-anak yang sangat aktif, tentu ibunya pun akan menjadi ibu yang aktif pula. Jangan sampai keringat keaktifan ini juga turut memicu bau badan. Maka ga ada salahnya untuk selalu membawa parfum didalam tas. Semprot setiap habis berkejaran dengan anak-anak.

Itulah 10 item barang wajib yang harus ada didalam tas selama bepergian. Ada yang mau menambahkan?

#BPNRamadan2021 

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment