header maminca sharing

5 Buku Islami Yang Harus Dibaca Sebelum Menikah

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh

Mom Queen mau merekomendasikan 5 buku islami yang harus dibaca sebelum menikah sebagai bahan pengetahuan teman-teman tentang dunia islam. Jadi islamnya bukan cuma ala kadarnya saja. Harus memiliki basic pengetahuan dasar sejarah yang kuat.

Jika hanya bergantung pada pengetahuan yang bersumber pada pelajaran disekolah, tentu tidaklah cukup. Kita harus menggali lebih dalam tentang sejarah islam dan tokoh-tokoh yang berperan penting dalam lahirnya agama sempurna ini.

Jika boleh menyarankan untuk membaca 5 buku rekomendasi ini setidaknya sekali dalam seumur hidup. Jika bisa membacanya berulang-ulang itu lebih keren lagi. Hey, tapi membaca buku itu memang keren kok, kita bisa menggenggam ilmu lewat membaca, apalagi membaca sejarah islam akan semakin menguatkan keislaman kita.  Memangnya kenapa harus sebelum menikah? Karena jika sebelum menikah saja kamu ga punya waktu untuk membaca apalagi setelah menikah nanti. Mengingat jumlah halaman dalam buku-buku rekomendasi ini ga main-main, bisa mencapai 600++ halaman. 

5 Buku Islami Yang Harus Dibaca Sebelum Menikah


Makanya mulai sekarang yuk rajin baca buku, berikut 5 buku Islami yang harus dibaca sebelum kamu menikah.

1. Shirah Nabawi karangan Syaikh Shafiyyur- Rahman Al-Mubarakfury


Pic dokpri

Mempelajari sejarah bagaimana islam bisa hadir ditengah-tengah kita tentunya karena buah perjuangan sang Nabi yang sangat luar biasa. Kamu pasti akan menangis haru bagaimana seorang manusia biasa begitu kuat menggenggam amanah menyampaikan risalahNya. Perjuangan berat bukan hanya harta benda yang dikorbankan, namun nyawa pun sanggup diberikan. 23 tahun Rasulullah berjuang demi kesempurnaan agama islam, dengan cucuran keringat, air mata hingga darah. Bagaimana perihnya memperjuangkan keislaman ditengah tradisi masyarakat penganut berhala yang sudah mendarah daging. Bagaimana kerasnya meluruskan akidah dari penganut kepercayaan nenek moyang hingga beralih kepada islam yang rahmatan lil'alamin. Teguhnya hati sang Nabi dalam mengajak kepada jalan islam patut kita ketahui agar menambah rasa bersyukur kita dapat memeluk islam tanpa ada pertumpahan darah seperti zaman Rasulullah dulu. Buku ini berjumlah 640 halaman lebih, yang mengupas detail mulai dari kelahiran hingga perjuangan Nabi dalam menyampaikan islam. Dikemas dalam balutan cerita dengan kutipan ayat-ayat Alqur'an menambah khazanah keislaman kita. Membaca mulai dari halaman 25 (minus daftar isi dan prakata) akan membuat kita semakin takjub dengan sosok manusia pilihan ini. Allahumma sholli a'laa Muhammad wa'alaa alii Nabiyyina Muhammad.

2. Isa bin Maryam karangan Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Sallabi




Didalam buku ini kita dapat mengetahui bagaimana asal muasal keturunan nabi Isa bin Maryam. Perjalanan panjang mulai dari taatnya keluarga Imran, kelahiran sang ibunda Maryam binti Imran hingga kemudian di rawat dan dibesarkan oleh Nabi Zakaria untuk diserahkan kepada baitul Maqdis sebagai persembahan atas nadzar keluarga Imran kepada Allah. Bagaimana taatnya Maryam dewasa dalam pemeliharaan Nabi Zakaria, berita tentang kehadiran Nabi Isa tanpa perantaraan perkawinan hingga ditiupkan ruh ke dalam rahimnya. Bagaimana nabi Isa lahir, dewasa hingga kelak akan turun ke bumi selama 40 hari dan menumpas segala kemungkaran dan membunuh dajjal. Semuanya dibahas lengkap didalam buku ini. Sekali lagi harap menuntaskan membacanya sebelum menikah, karena jika sudah menikah kamu bisa membutuhkan waktu 9 bulan plus untuk menuntaskan membaca 679 halaman (pengalaman hehe).

3. Ummahatul Mukminin karya Syaikh Mahmud Al-Mishri



Mengenal dan mempelajari sosok istri-istri Rasulullah membuat kita mempunyai teladan dan gambaran mengapa istri nabi diganjar dengan surgaNya Allah. Bagaimana keseharian para ummul mukminin, kecenderungannya pada kehidupan yang sederhana, jauh dari kata kaya untuk ukuran istri seorang pemimpin negara saat itu. Bahkan para istri nabi ini tidak pernah menyimpan sesuatu untuk esok kecuali menyedekahkannya. Kecenderungan mereka untuk selalu berbagi dengan orang lain bahkan melebihi apa yang mereka miliki. Sebelum membeli bukunya ada baiknya membaca reviewnya terlebih dahulu disini
Ini adalah buku yang sangat ringan dibaca saat bersantai, selain jumlah halaman yang sangat sedikit dibanding beberapa buku rekomendasi lainnya. Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat lugas dan mudah dicerna. Saking enaknya membaca, kamu bisa menyelesaikan buku ini dalam sekali duduk. Ada yang sudah pernah membacanya?

4. Novel Aisyah karya Sibel Eraslan



Mencermati kehidupan ummul mukminin Aisyah radhiallahuanhu membuat kita tahu bagaimana kehidupan pribadi baginda Rasulullah SAW. Ibunda Aisyah di ceritakan memiliki kehidupan yang sangat sederhana, jauh dari kata foya-foya meski kondisi keluarga mencukupi untuk itu. Beliau dibesarkan dalam kehidupan keluarga yang taat beragama, bahkan ayahnya adalah orang kedua setelah Rasulullah yang petuahnya tentang islam sangat dipatuhi oleh para sahabat saat itu. Ya, siapa yang tidak mengenal khalifah Abu Bakar Ash siddiq. Ummul mukminin Aisyah ra banyak menurunkan sifat qanaah dari ayahnya. Beliau bahkan diriwayatkan merupakan sosok yang sangat lincah dan cerdas, bahkan bisa mengingat hadits meski hanya sekali mendengar. Ribuan hadits telah berhasil diriwayatkan oleh beliau. Membaca novel ini kita akan mengetahui kehidupan masa kecil beliau, menikah, dewasa, keikutsertaan dan penyesalan beliau pada perang Jamal hingga beliau wafat. Baca selengkapnya dinovel ini untuk tahu sosok ummul mukminin Aisyah ra, wanita yang hadir dalam mimpi Rasulullah.

5. 60 Hadits Shahih karya KH Faqihuddin Abdul Kodir

Isu kesetaraan gender menjadi bahasan yang selalu hangat untuk dibahas. Lantas bagaimana sebenarnya Islam memandang tentang kesetaraan gender ini? Kesetaraan gender ternyata dibahas sangat detail dalam agama islam. Tidak ada kecenderungan bahwa perempuan selamanya berada dibawah laki-laki ataupun sebaliknya. Islam pun mengakui jika laki-laki dan perempuan sederajat sehingga tak boleh adanya diskriminasi maupun Subordinasi. Review lengkap mengenai buku ini silahkan nembacanya disini 
Didalam buku juga terdapat hadits-hadits yang menyuarakan bahwa perempuan boleh melakukan aktivitas sosial, keagamaan, selama itu tidak bertentangan dengan nilai-nilai syariat. Pendapat perempuan juga menjadi sangat layak untuk didengarkan saat berhubungan dengan masalah seputar kehidupan sosial yang terjadi dimasyarakat. Membaca buku ini membuat kita menjadi melek tentang kesetaraan gender  lewat kaca mata islam.

Itulah buku-buku rekomendasi pilihan mom Queen yang wajib dibaca sebelum menikah. Adakah diantara buku diatas yang sudah pernah teman-teman baca?

#BPNRamadan2021

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

8 comments

  1. Terimakasih rekomendasi bukunya mba..Baru satu yang punya, yang lain belum, InsyaAllah baca reviewnya dulu, baru beli. Atau ada info buku PDF nya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manteo, cerdas itu.. Aku punya pdf yg seri aisyah, mau mba? Kalo mau drop email ke aku mba biar ku kirim.

      Delete
  2. Aku udah baca sirah nabawiyah dan 60 hadist shahih tentang hak-hak perempuan mba. Baca sirah nabawiyah emang butuh waktu berbulan-bulan si. Bukunya full tulisan dan tebel banget. Aku juga sekalian dengerin kajian sirah nabawiyah juga biar nggak bosen. Jadi selesainya bareng antara dengerin kajian dan baca bukunya.

    ReplyDelete
  3. Baca sirah nabawiah bikin nyelam ke kehidupan Rasulullah dan perjuangannya 😢
    Perlu baca nih buku2 perempuan hebat, makasih mba infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, jd tau susahnya menegakkan aqidah Islam dimasa itu

      Delete
  4. Aku masih belum kelar baca Sirah Nabawiyah. Emang harus pelan-pelan bacanya. Ga bisa ngebut kayak baca novel

    ReplyDelete
  5. Makasih mba rekomendasinya. Dicicil bacanya dr yg paling sedikit halamannya

    ReplyDelete

Post a Comment