header

Review Buku Ummahatul Mukminin karya Syaikh Mahmud Al-Mishri

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh 

Moms, kadang kita banyak tau mengenai berbagai macam kisah dongeng tertentu, film yang sedang trending bahkan menonton berulang-ulang,hingga kita hapal jalan cerita bahkan dialog per session nya.Tapi pernahkah kita menonton berulang ulang tentang shirah Rasulullah Shallallahu alaihi Wa Sallam? manusia terbaik panutan kita? 

Kita bahkan sanggup membaca novel bertumpuk-tumpuk sehari semalam, demi menyelesaikan dan penasaran akan akhir kisah nya. Tapi disisi lain tahukah kita cerita hidup kekasih Allah, Muhammad Shallallahu alaihi Wa Sallam? Semoga setelah ini kita segera mencari buku-buku shirah Rasulullah ataupun link film tentang perjuangan Rasulullah dan sahabatnya yah aamiin. 

Bagaimana Kehidupan Pribadi Para Istri Rasulullah? 


Baiklah, mengenai shirah Rasulullah, Istri-Istri beliau dan para Sahabat, Saya akan rekomendasikan  buku yang Saya baca beserta garis besar ceritanya. Kali ini Saya akan mencoba mereview tentang buku shirah istri-istri Rasulullah Shallallahu alaihi Wa Sallam  yang berjudul : Biografi Ummahatul Mukminin karya Syaikh Mahmud Al-Mishri, adapun detail bukunya seperti dibawah ini. 




DETAIL BUKU


Kitab Asli: Ummahatul Mu'minin Zaujatur Rasuli Shalallahu 'alaihi wa Salam 
Penulis: Syaikh Mahmud Al-Mishri
Penerbit : Maktabah As-Shafa Lin Nasyr what Tauzi' 
Cetakan I : Tahun 2013
Judul Terjemahan : Biografi Ummahatul Mukminin
Penerjemah: Umar Mujtahid, Lc
Editor : Abu Hudzaifah, Lc
              Abu Afifah
Tata letak : Riv@i
Desain Sampul : Farisdes@in
Cetakan I : Juli 2016
Cetakan II : Mei 2019
Ukuran: 15,5 cm x 24 cm
Cover: Hard Cover
Berat: 650 Gram
Tebal : 300 halaman
Harga: Rp. 68.000
Harga beli : Rp. 45.000 (Diskon)
Penerbit: Zam Zam Mata air ilmu

Buku Biography Ummahatul Mukminin ini memuat shirah tentang biography para istri Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam . Di mulai dari Ummul mukminin :

1.Khadijah binti Khuwailid Radhiallahuanha, 
2.Saudah binti Zam'ah Radhiallahuanha, 
3.Aisyah binti Abu Bakr Radhiallahuanha , 
4.Hafshah Bintu Umar Bin KhatabRadhiallahuanha ,
5.Zainab binti Khuzaimah Radhiallahuanha
6.Hindun binti Abu Umayah(Ummu Salamah) Radhiallahuanha
7.Zainab Binti Zahsyi Radhiallahuanha
8.Juwairiyah Binti Harits Radhiallahuanhu
9.Shafiyah binti Huyai Radhiallahuanha
10.Ramlah binti Abu Sufyan (Ummu Habibah) Radhiallahuanha
11.hingga Maimunah binti Harits Radhiallahuanha

Menggunakan Bahasa yang Ringan


Disini penulis mengisahkan masing-masing istri Rasulullah Shallallahu alaihi Wa Sallam secara gamblang dengan bahasa yang mudah dipahami. Biasanya bahasa dari buku terjemahan terkesan kaku dan monoton, tapi tidak dengan buku karangan Syaikh Mahmud Al-Mishri ini.

Sebagai pembuka kisah, diawali dari kisah masa muda Nabi Shallallahu alaihi Wa Sallam, yang disibukkan dengan kegiatan menggembala kambing, mengikuti sang paman Abdul Muthalib berniaga ke negeri Syam dan bertemu Rahib Bahira.

Sang Rahib yang bisa membaca tanda-tanda nubuwah dari sang Muhammad Shallallahu alaihi Wa Sallam kecil, hingga memperdagangkan barang perniagaan kepunyaan Khadijah Radhiallahuanha, dari sini lah awal mula kisah cinta Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi Wa Sallam bersama Sayyidah Khadijah binti Khuwalid Radhiallahuanha di mulai.

Review Buku Ummahatul Mukminin karya Syaikh Mahmud Al-Mishri

Rasulullah Menjalani Monogami Saat Beristri Khadijah Ra


Tahukah teman-teman bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi Wa  hidup Sallam bermonogami kala berumah tangga dengan ibunda Khadijah Radhiallahuanha? Ya, beliau lah satu-satunya istri Nabi yang tidak pernah dimadu oleh Rasulullah.

Ibunda Khadijah memiliki keutamaan dihati Sang Nabi, Ibunda khadijah Radhiallahuanha dijuluki at-thahirah (wanita suci) pada masa jahiliyah, dialah wanita cerdas, terjaga, lagi mulia, dari keturunan bangsawan Qurays.

Memiliki 6 Anak dari Khadijah ra


Dari ibunda Khadijah Radhiallahuanha inilah Rasulullah Shallallahu alaihi Wa Sallam di karunia 6 orang anak yaitu Qasim, Zainab, Ummu Kultsum, Ruqayah dan Fatimah yang lahir sebelum nubuwah, setelah nubuwah Ibunda Khadijah Radhiallahuanha melahirkan Abdullah yang disebut sebagai Ath-thayyib (lelaki baik) dan ath-tharir (lelaki bersih).

Keutamaan dan teladan rumah tangga nubuwah dikisahkan secara apik didalam buku ini, antara lain bagaimana ikhlasnya sikap Ibunda Khadijah dalam membantu perjuangan Rasulullah dalam menegakkan agama Allah Subhanahu Wata'Ala melalui segenap jiwa dan hartanya. Hingga Nabi Shallallahu alaihi Wa Sallam pernah bersabda :

"Khadijah beriman kepadaku kala orang-orang ingkar kepadaku, ia membenarkanku kala orang-orang mendustakan ku, ia membantu ku dengan hartanya kala orang-orang tidak memberi ku. Dan Allah memberi ku anak-anaknya kala Dia tidak memberi ku dari wanita-wanita lain"
(shahih, HR Bukhari 3818,kitab Fil Manaqib).

Masih banyak teladan-teladan lainnya yang bisa kita temukan ketika kita membaca lembar demi lembar buku ini.

Dikisahkan juga dalam teladan rumah tangga nubuwah, dari istri beliau yang lain dapat pula kita temui pelajaran mengenai keutamaan sifat zuhud dan taat, hanya mengharap ridho Allah dan Rasul-Nya, yaitu dari Istri Rasulullah Ibunda Saudah binti Zam'ah.

Baginda Nabi menikahi Saudah binti Zam'ah pasca meninggalnya Ibunda Khadijah, selama 3 tahun baru kemudian Nabi Shallallahu alaihi Wa Sallam menikah dengan Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakr.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil hikmah dari kisah Ummul mukminin Saudah binti Zam'ah radhialllahuanha . Penulis menyajikan kisah yang dapat dijadikan teladan bagi kita umat pengikutnya.

Tentang bagaimana ikhlas hatinya bahwa kehadirannya dalam rumah tangga nubuwah tidak akan mampu menggantikan posisi Ibunda Khadijah Al Kubra dihati Rasulullah, mengenai kemudian dengan keridhaan hatinya menyerahkan bagian giliran malamnya pada Ibunda Aisyah radhiallahuanha, dan masih banyak lagi.

Belum lagi tentang kisah teladan Ummul mukminin Aisyah binti Abu Bakr Radhiallahuanha, bagaimana kecerdasan, Akhlak, dan ketaatan Ibunda Aisyah menyatu dengan Akhlak Rasulullah menjadikan rumah tangga nubuwah menjadi rumah tangga yang patut diteladani. 

Ibunda Aisyah juga merupakan wanita dengan perawi hadist terbanyak di kalangan perempuan yang mencapai 2210 hadist yang diriwayatkan beliau, setelah Ummu Salamah 378 hadist dan Ummul mukminin Maimunah 76 hadist. Semua terangkum dalam buku ini. 

Masih banyak lagi kisah-kisah keteladanan yang bisa kita ambil dari para Ummul mukminin. Bagaimana kisah Ibunda Hafshah binti Umar yang mempunyai andil besar dalam menjaga keutuhan Alqur'an. Kemudian dari Alqur'an yang disimpannya inilah yang dijadikan referensi penggandaan mushaf dizaman Khalifah Ustman bin Affan. Kisahnya tertuang sempurna disini. 

Review Buku Ummahatul Mukminin karya Syaikh Mahmud Al-Mishri


Setiap istri-istri Rasulullah shallallahu alaihi wa Salam memiliki tempat dan keistimewaan tersendiri dihati beliau. Masing-masing mempunyai keutamaan daripada manusia pada umum nya, mereka lah ibu teladan bagi kaum Muslimin yang dijamin Allah Subhanahu Wata'Ala masuk surga dan mereka tidak sama kedudukannya dengan wanita-wanita lain disisi Allah Jika mereka bertaqwa sebagaimana tertuang dalam 

QS 33.Al-Ahzāb : 32

يَا نِسَاءَ النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِنَ النِّسَاءِ ۚ إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلًا مَعْرُوفًا

Wahai istri-istri Nabi! Kamu tidak seperti perempuan-perempuan yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk (melemah-lembutkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.

(Dibagikan menggunakan MyQuran myquranina.com) 

Penutup


Sebagai umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wa Sallam kita patut mengetahui dan mempelajari shirah para Ummul mukminin,dan buku ini bigorafi Ummahatul Mukminin karya Syaikh Mahmud Al-Mishri yang menyajikan begitu jelas dan dalam kalimat yang ringan dan mudah dipahami. 

Selamat membaca dan teman-teman Ada rekomendasi buku-buku islam lainnya sharing dikolom komentar yah :) 


Salam Sayang, 
Mom Queen 

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

28 comments

  1. Makasih untuk remaindernya mba. Masih jadi pr banget ini. Udah di niatin tapi belum juga terlaksana untuk bedah san baca-baca lagi sejarah panutan kita sebagai seorang muslim.
    Semoga Allah mudahkan niat baik kita untuk meneladani kisah nabi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Rina.. Semoga yah Allah mudahkan langkah kita meneladani Rasulullah ❤️

      Delete
  2. Terima kasih review nya, mba... bisa ini dimasukkan ke dalam reading list supaya kita lebih mengenal Ummahatul Mukminin dan mengambil tauladannya 😊

    ReplyDelete
  3. Udah baca ini jg, tp blm kelar... Duh aku😐

    ReplyDelete
  4. Saya pernah baca ni beberapa tahun lalu..tpi gk runtun dari awal hingg akhir🤣

    ReplyDelete
  5. Masuk list buku yang harus dibeli. Makasih mbak reviewnya

    ReplyDelete
  6. Waah..buku bergizi bgt ini mba, masuk wish list dlu deh buat motivasi diri

    ReplyDelete
  7. Pengen banget bisa paham tentang sejarah dalam Islam dan segala hal tentang Islam 😭 udah beli buku2 nya tapi belum ada yang selese di baca 😞. Makasih reviewnya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plan tapi pasti mb, yg penting bergerak, semangaattt

      Delete
  8. Berharap banget bisa memiliki bukunya
    Mdh2an lain kali diberi rezeki u beli
    Mksh sharingnya mba😊

    ReplyDelete
  9. makasih rekomendasinya mbak, lengkap review nya 😍

    ReplyDelete
  10. Makasih sharingnya mba, kembali diingatkan harus mulai rajin baca buku, termasuk buku islam..
    Kalau ada buku lain boleh share review lagi ya mba hehe

    ReplyDelete
  11. makasih banyak mba review nya, aku pun suka sekali sama buku buku islami sprti ini, semoga bisa jadi book list selanjutnya. bermanfaat banget mba :D

    ReplyDelete
  12. masyaAllah.. kita bisa benyak menyerap ilmu dan memetik pelajaran dari sirah seperti ini ya mba.. terimakasih review nya ^^

    ReplyDelete
  13. MasyaAllah.. sangat informatif sekali, jazakillah khair untuk sharing dan remindernya 💕

    ReplyDelete
  14. Terima kasih reviewny Mba. Saya juga lagi nyari-nyari buku sirah nabi. Bukunya langsung aku masukin list mba :)

    ReplyDelete

Post a Comment