header maminca sharing

Tips agar liburan dirumah rasa staycation ala resort

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh 

Mana nih tim #LiburanDirumahAja? Adakah? Atau semua pada staycation di suatu tempat incaran sejak lama? Aku dan keluarga masih setia dengan memilih untuk #LiburandirumahAja :)

Banyak pertimbangan yang di pikirkan, meski jiwa sudah meronta mengajak untuk menyepi sejenak dari rutinitas. Tapi berbagai kondisi mengharuskan untuk memilih diam dirumah lebih baik.

Nah, bagi teman-teman dan parents yang senasib sama aku hehe, tetap harus dirumah aja bersama keluarga, atau yang masih tetap harus bekerja dan rolling shift di kantor, meski anak-anak sudah merengek ingin diajak jalan-jalan. Jangan bersedih. Kita juga bisa tetap ngerasain refreshing kok seperti habis liburan beneran. 


Gimana caranya? Yuk cek tips agar liburan dirumah rasa staycation ala resort ala Mom Queen berikut ini :

#1 Alokasikan waktu

Agar bisa mendapatkan suasana liburan yang sesungguhnya, maka kita harus mengalokasikan waktu yang akan digunakan sebagai waktu liburan. Misalkan pilih hari Sabtu jam 10.00 - 17.00 WIB adalah hari yang akan digunakan sebagai hari untuk staycation, cuma bedanya lokasinya staycation dirumah. Jangan lupa, dalam menentukan waktu liburan harap mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan ya.

#2 Stop semua rutinitas harian

Saat kita pergi berlibur ke suatu tempat, pernahkah kita tetap memikirkan nasib cucian, seterikaan, maupun urusan nyapu-ngepel rumah? Ga kan ? Jadi ada baiknya, saat merencanakan membuat rencana #LiburanDirumahAja, maka stop semua aktivitas domestik harian yang biasa dilakukan. Itulah mengapa di awal sudah ditekankan untuk mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan suami. 

#3 Delegasikan tugas domestik 

Seperti layaknya saat berlibur ke suatu tempat, pasti ada budget yang harus dikeluarkan. Maka liburan dirumah pun bukannya tanpa budget sama sekali. Namun, budget yang dikeluarkan tidak sebanyak jika liburan keluar.



Nah budget tersebut bisa dialokasikan untuk persiapan acara, membeli konsumsi, termasuk membayar tenaga harian untuk sekadar beres-beres. Kita bisa membayar tenaga harian untuk mendelegasikan tugas nyapu-ngepel, mengurus cucian dan seterikaan. Kita bisa menyiapkan tenaga harian untuk 2 hari, misalnya saat acara dan hari ke-2 setelah selesai acara. Jadi ga ada lagi tuh, muka kusut habis staycation gegara rumah berantakan. Ada yang pernah coba? Yuk manfaatkan saat #LiburanDirumahAja 

#4 Buat schedule atau rencana acara

Meskipun liburan kali ini kita mengambil venue dirumah, tetapi tetap lah perlu dilakukan secara sempurna. Jika pernah mengikuti berlibur via biro perjalanan, maka mereka pasti akan membagikan rencana acara selama liburan. Nah buatlah seperti yang sama dilakukan kalau berlibur ala travel agen

Ilustrasi itinerary liburan keluarga kami dibawah ini bisa menjadi gambarannya. 

Itinerary liburan ala mom Queenmq. 

Nah,jika semua rencana sudah beres langkah terakhir yang kita lakukan adalah menyiapkan venue atau tempat acara.


#5 Jangan lupa setting venue acara

Agar semakin mendapat feel liburan layaknya staycation di hotel ataupun resort Impian. Maka setting lah tempat acara sehingga nuansa liburan benar-benar terasa. Apa yang harus disiapkan? Misalnya kita menyediakan tempat acara ditaman belakang atau teras depan. Maka susunlah tempat seperti hanya venue ala-ala resort gitu. Seperti adanya tikar, meja-kursi, kolam bermain anak, tenda, dan lain-lain. Jika acara berlanjut hingga larut malam bisa menyiapkan area barbeque dan lampu hias. 

Venue bisa di sesuaikan dengan perabot yang ada 

 
Intinya bisa memfasilitasi anak-anak bermain

Setelah melakukan beberapa tips diatas, Aku yakin #LiburanDirumahAja pun tetap bisa fresh dan merasa seperti liburan sesungguhnya kan?


Demikian lah tips agar liburan dirumah rasa staycation ala resort dari Mom Queen. Liburan itu bukan tentang kita harus pergi kemana, menghabiskan dana berapa, menginap di hotel mana. Jangan juga kita memaksakan pergi liburan hanya karena gengsi di depan teman-teman sosialita kita. Jangan sampai liburan justru membuat kita stress karena memakai budget yang tidak seharusnya. 

"Om Tante kalau ga bisa liburan Jangan dipaksa ya" pesan tetei Queensha 


No No !  Makna liburan yang sesungguhnya bagaimana kita bisa melepaskan beban, pikiran dan perasaan, berhenti dari rutinitas serta memberi ruang bagi tubuh dan hati untuk istirahat sejenak, agar  siap dan happy menyambut aktivitas dan tugas yang baru.


Selamat berlibur.

Jangan lupa bahagia.


Salam Sayang,

Mom QueenMQ 

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

14 comments

  1. Betul banget mba, staycation di rumah sendiri..tapi susahnya dekor tempat biar beda suasananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak contekan di yutup mbaak Sep.. Poles-poles dikit aja, yang penting anak main dan cantik difoto wkwwk

      Delete
  2. Wahhhh... Idenya seruuuu, menarik.. kenapa gak kepikiran ya? 😍 bisa bener² low budget & gak perlu was² seperti klo pergi ke luar rumah di kondisi pandemi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi Bawa anak-anak Kan, ga perlu bentar warning anak harus 3M segala

      Delete
  3. Waaah setuju, liburan itu melepaskan beban sejenak. Kadang liburan pergi kemana malah bawa kerjaan dan mikirin banyak hal. Bukan menikmati :)

    ReplyDelete
  4. Wah.. iya ya, saya belum terpikir sampai membuat jadwal.. Jadi masukan yang menarik untuk saya dan keluarga.. hehe thanks for sharing Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk dicobain yak, biar berasa kayak libur beneran

      Delete
  5. Terniat nih mba yuni smape bkin itinerary sgala..anak2 jdi hepo ya mba full mainan begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk kebiasaan segalanya terencana dan well prepared 😝, biar lebih teratur aja Mba Iva waktunya ngapain

      Delete
  6. Wah seru banget liburan di rumahnya. Makna liburan bagi tiap orang juga kadang berbeda. Ada yang memanfaatkan liburan untuk belajar karena sebelumnya tak punya waktu. Yang pasti, mengisi liburan dgn hal yang bermanfaat, apa pun itu. Tetap semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul um, banyak makna liburan menurut masing-masing tentu berbeda, yang penting apapun maknanya tetap bahagia meski liburan dirumah aja 😅

      Delete
  7. Waaah Masyaa Allah setuju sekali. Sepertinya liburan di rumah aja jauh lebih seru yaa.. Terniat banget, sampe bikin itenarary.. Terima kasih mbak udah share tips liburan di rumah aja.

    ReplyDelete
  8. Kreatif banget mba. Bikin acara staycation di rumah pasti butuh ide-ide kreatif dan ibu-ibu super

    ReplyDelete

Post a Comment