header

Harga Partisi PVC Per Meter 2023, Mulai dari 80 Ribuan!

Konten [Tampil]

Partisi pvc

Hi Moms!
Mendekor rumah dengan furniture impian pastinya keinginan semua pemilik hunian. Salah satu furniture rumah yang bisa menampilkan kesan berbeda nan indah adalah dengan adanya penambahan dekor dengan partisi.

Nah untuk itu layak rasanya kita mengetahui berapa harga partisi PVC per meter. Kelak ketika akan memasang partisi kita bisa mempersiapkan budgetnya.

Partisi pada furniture rumah biasanya digunakan sebagai sekat atau pemisah untuk membedakan fungsi masing-masing ruangan.

Mom Queen memiliki pasangan yang menyerahkan semuanya pada istri, termasuk masalah furniture. Makanya ketika memiliki hunian, Mom Queen bebas menentukan dekorasi rumah yang estetik. Salah satunya dengan penambahan partisi.

Moms, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita sama-sama membahas dulu yuk apa sih fungsi partisi pada hunian.

Fungsi Partisi Pada Hunian


Moms, pasti senang sekali jika sebuah hunian dapat dibagi menjadi bagian kecil tanpa mengubah bentuk asli rumah. Salah satu aksen dekorasi rumah yang banyak digunakan adalah partisi. Ternyata banyak juga lho fungsi partisi bagi sebuah ruangan. Yuk kita lihat berikut ini fungsi partisi pada sebuah hunian:

Partisi rumah

1. Memecah Ruangan Besar Menjadi Ruangan Kecil


Memberi partisi pada ruangan bisa memecah ruangan yang nampak besar menjadi bagian-bagian kecil. Ruangan kecil ini bisa dimanfaatkan sebagai area dengan fungsi tertentu tanpa mengubah denah rumah. Penggunaan partisi kerap menjadi solusi untuk membuat sebuah ruangan kecil dalam area yang besar. Hmm menarik ya!

2. Memaksimalkan Fungsi Ruangan


Fungsi sebuah ruangan di dalam rumah menjadi lebih maksimal dengan adanya partisi. Moms juga bisa membagi ruangan yang nampak luas jika di sekat per bagian akan nampak lebih maksimal.

Saya yang pernah menjadi solo traveller, bisa membatasi antara bagian privasi dan bagian umum, misalnya ruang keluarga, ruang makan, dan sebagainya.

Partisi yang digunakan untuk memaksimalkan ruangan bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan, tempat pakaian, rak sepatu, dan sebagainya

3. Sebagai Dekorasi Rumah


Penambahan partisi juga memberi kesan rumah semakin estetik dan mewah. Tampilan berbagai bentuk dan warna partisi yang menawan membuat tampilan rumah tampak elegan.

Wall decor

Moms, penggunaan partisi memang fungsional kan?! Wajar bila sekarang banyak yang menggunakannya. Untuk material partisi ada yang terbuat dari bahan kayu, plastik, dan besi hollow maupun aluminium. Kali ini Mom Queen khusus membahas harga partisi PVC per meter ya.

Partisi PVC, Mengapa Banyak dipilih?


PVC atau Polivinil klorida (Polyvinyl Chloride) adalah bahan plastik vinyl yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, karena memiliki kemampuan tahan air, mudah dibentuk, dan ringan. 

VC banyak digunakan untuk berbagai jenis industri fashion, tekstil tahan air seperti gorden kamar mandi, alat tulis, penutup pelindung, hingga bahan material seperti plafon, pintu, hingga pipa instalasi.
Menurut wikipedia.org, menyebutkan bahwa proses pembuatan PVC dilakukan dengan cara polimerisasi monomer vinyl klorida (CH2=CHCL) dengan proses produksi polimerisasi suspensi.
Mom Queen agak susah menjabarkan proses kimianya, jadi kalau mau tahu lebih lanjut silakan baca ke wikipedia ya hehe

Mengapa banyak orang memilih bahan PVC?

Saat ini banyak orang menggunakan bahan PVC atau vinyl. Sejak tahun 1970-an PVC banyak digunakan dalam berbagai industri dan mulai familiar di masyarakat. Mari kita lihat keunggulan PVC dibandingkan bahan lainnya.

1. Berbahan Ringan


Memiliki keunggulan berbahan ringan, bahan PVC dengan tambahan plasticizer bisa digunakan untuk plafon rumah. Tampilan plafon rumah dengan bahan PVC dengan finishing plastik vinyl tampak mewah lho Moms.

2. Lebih Tahan Lama


Bahan PVC yang berbahan plastik vinyl memiliki ketahanan yang lama. Hal ini dikarenakan selain tahan air, pengguna bahan PVC juga tidak khawatir akan serangan hama seperti rayap, atau sejenisnya. Meski berbahan ringan, PVC tidak mudah pecah, dan tahan terhadap api.

3. Perawatan Mudah


Perawatan pvc tidak sesulit bahan lainnya, hanya membutuhkan pembersihan secara berkala saja. Metode pembersihan PVC juga cukup dengan menggunakan deterjen yang dicampur dengan air.

4. Lebih Aman dibanding Bahan Kaca


Dibandingkan bahan kaca yang mudah pecah, bahan PVC tentu lebih unggul. Karena bahan PVC yang ringan, tidak mudah pecah jika terkena benturan. Jika pun pecah, bahan PVC tidak menimbulkan kepingan yang membahayakan seperti kaca.

5. Lebih Hemat Biaya


Karena PVC memiliki massa yang yang ringan, sehingga untuk budget pemasangan yang harus dikeluarkan relatif terjangkau dibanding bahan lainnya.

Tak ada Gading, yang tak retak!

Meski memiliki banyak keunggulan, bukan berarti bahan PVC tidak memiliki kekurangan. Mari kita lihat apa saja kekurangan penggunaan bahan PVC.

Kekurangan Bahan PVC


1. Tidak Ramah Lingkungan


Bahan PVC merupakan bahan yang sulit di daur ulang, sehingga sisa konstruksi yang dibuang begitu saja akan mencemari lingkungan. Sampah PVC yang dibakar akan menghasilkan dioksin yang mencemari udara.

Dioksin adalah zat hasil pembakaran dari bahan organoklorin yang terdapat di alam seperti dedaunan atau pohon. Dioksin banyak dihasilkan dari pembakaran hutan.
Tetapi penelitian New York Energy Research and Development Authority tahun 1987 menyebutkan bahwa ada tidaknya sampah PVC tidak berpengaruh pada jumlah dioksin pada proses pembakaran sampah. Karena menurut penelitian ini, bahan PVC mengkonsumsi paling sedikit minyak bumi pada proses pembuatannya.

2. Tidak Bisa dicat


Bahan PVC yang tidak bisa dicat, bisa saja menimbulkan kebosanan pada pemiliknya. Jika Moms memiliki hunian berbahan PVC seperti plafon, partisi, kamu tidak bisa melakukan pengecatan ulang untuk mengganti suasana. Ada baiknya pilih warna yang dipilih tidak mengikuti tren, untuk menghindari kebosanan nantinya.

3. Berbau


Proses pembuatan PVC menggunakan berbagai campuran kimia tertentu. Hasil proses kimia ini (kadang) menghasilkan bau yang bisa mengganggu penciuman.

Meski harga partisi PVC per meter kian tinggi dari hari ke hari, penggunaan bahan PVC masih menjadi primadona dalam dekorasi. Mari kita cara tahu harga partisi PVC per meter beserta ukurannya yuk.

Ukuran dan Harga PVC per Meter


Untuk ukuran material PVC yang dijual sangat variatif. Ada yang berukuran 3 meter, 4 meter, 5 meter, hingga 6 meter. Dengan ukuran lebar 20 cm dan ketebalan 6-8 mm.

Harga material PVC per meter mulai dari Rp 80.000,- hingga Rp 160.000,- tergantung jenis dan kualitas PVC yang dipilih.

Misalkan Moms memiliki ruangan dengan panjang 2 meter dan tinggi 3 meter maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli material partisi berbahan PVC adalah 6 m2 x Rp 80.0000,- = Rp 480.000,-

Harga ini tentu belum termasuk biaya instalasi (jika memakai jasa instalasi) serta biaya bahan -bahan lain yang timbul selama pengerjaan.

Itulah sekilas ulasan Mom Queen mengenai harga partisi PVC per meter 2023. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

1 comment

  1. Kebetulan banget istri lagi ngidam banget pingin pake partisi di calon rumah yang sedang kita bangun. Pas dilihat-lihat, memang lebih estetik dan kekinian pake partisi ini. Suka

    ReplyDelete

Post a Comment