header

Jangan Anggap Remeh, Ini 3 Cara Merawat Gigi Berlubang Pada Anak

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Ketika mengetahui gigi anak berlubang, seharusnya kita segera membawanya ke klinik gigi anak terdekat. Jangan dianggap remeh atau malah berpikir,

"Ah masih gigi susu yang bolong, nggak masalah...nanti juga akan tumbuh gigi baru."

Pernyataan seperti ini mungkin tak asing di telinga kita. Sebelumnya, saya juga termasuk orang tua yang menganggap bahwa perawatan gigi berlubang pada anak tidak begitu mendesak.

Gigi susu rusak masih aman. Kalau Gigi permanen yang rusak, baru dilakukan perawatan.” batin saya dulu. Ternyata ini adalah pemikiran yang SANGAT KELIRU!

cek gigi anak

Ketidaktahuan tentang perawatan gigi anak membuat saya menurunkan kebiasaan yang salah pada mereka. Saya cenderung abai dengan perawatan gigi anak. Padahal faktanya banyak sekali fungsi gigi sulung (primary teeth) atau biasa disebut gigi susu ini, apa lagi terkait tumbuh kembang anak.

Fungsi Gigi Pada Anak


Menurut jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine menyebutkan bahwa gigi susu atau primary teeth merupakan aset berharga bagi anak.
Beberapa fungsi gigi pada anak antara lain
  • Sebagai alat untuk mengunyah makanan, yang mana dapat mempengaruhi kecukupan gizi serta tumbuh kembang mereka.
  • Gigi anak juga berfungsi untuk mendukung kemampuan berbicara anak, terutama untuk menyebutkan huruf S, T, L serta huruf-huruf lainnya.
  • Gigi yang bersih dan sehat juga dapat meningkatkan kepercayaan diri si buah hati
  • Pertumbuhan gigi susu yang bersih dan sehat berfungsi menjaga ruang gigi untuk pertumbuhan gigi permanen (secondary teeth) nantinya.
Namun masih banyak orang tua yang kurang aware dengan fungsi gigi pada anak. Masih dari jurnal yang sama menyebutkan bahwa hanya sekitar 39% orang tua dari 1000 responden yang aware mengenai fungsi gigi susu anak. Sehingga ketika gigi berlubang, orang tua cenderung ogah untuk membawa anak ke dokter gigi terdekat.

Dampak Gigi Berlubang yang Tidak dirawat


dentist and kid

Moms, sebenarnya kita sangat sadar bahwa gigi tidak serta merta berlubang secara dadakan. Cukup tahu bulat saja yang digoreng dadakan hehe. Tetapi, lubang pada gigi terbentuk melalui proses yang cukup panjang. Setidaknya melalui fase berikut ini:
  • Sisa makanan yang menempel pada gigi akan menjadi plak. Plak ini yang menjadi penyebab terjadinya karies pada gigi.
  • Sisa makanan terutama yang mengandung sukrosa sangat 'dicintai' oleh bakteri mulut dan bakteri membentuk asam laktat.
  • Asam laktat ini menjadi penyebab larutnya email gigi yang merupakan lapisan teratas pada gigi.
  • Jika email gigi sudah rusak, akan terjadi karies gigi dan menjadi awal mula gigi berlubang.
Dampak gigi berlubang pada anak tentu saja membuat mereka tidak nyaman. Masalah seperti gusi bengkak, infeksi, hingga sakit gigi dapat mengganggu aktivitas anak. Untuk itu, ketika mengetahui adanya lubang gigi pada anak, sebaiknya segera melakukan perawatan gigi.

Kapan Sebaiknya Melakukan Kunjungan Ke Dokter Gigi Anak?


Menurut informasi yang saya baca, bahwa penting untuk melakukan kunjungan ke dokter gigi anak sejak gigi pertamanya tumbuh. Hal ini untuk memeriksa apakah gigi anak tumbuh dengan normal dan sehat atau tidak.

Saya jadi teringat ketika gigi pertama anak saya tumbuh, terlihat ada titik hitam pada gigi serinya (incisor). Saya shock sekali, padahal gigi tersebut baru muncul beberapa minggu saja. Jadi tidak ada jaminan jika gigi pertama itu tumbuh dengan sehat. Jangan sampai anak sudah merasakan sakit gigi

"Gigi susu yang berlubang apa perlu ditambal?"

Moms, gigi susu yang berlubang perlu dilakukan tindakan sesuai anjuran dentist (dokter gigi) untuk mencegah gigi semakin rusak. Jika memang harus dilakukan penambalan, silakan mengikuti anjuran dokter.

Manfaat tambal gigi adalah menghentikan perjalanan penyakit karies gigi supaya tidak bertambah parah serta meluas ke gigi lainnya.

Jenis-jenis Tambal Gigi


Jenis-jenis tambal gigi ada beberapa macam, ada tambal gigi langsung (direct restoration) dan ada yang tak langsung (indirect restoration) Yuk kita cari tahu.

1. Amalgam (perak)

Adalah jenis tambal gigi yang terbuat dari perak dan mineral. Banyak digunakan untuk menambal gigi bagian belakang, karena jenis tambalannya beewarna abu-abu dan kurang estetik. Namun jenis tambalan amalgam bisa bertahan lama hingga 20 tahun. Tetapi kemudian jenis tambalan ini kemudian dilarang karena mengandung merkuri.

2. Glass Ionomer Cement (GIC)

Jenis GIC banyak digunakan untuk anak-anak, karena memiliki kelebihan bisa melepaskan fluoride sehingga mencegah terjadinya karies gigi. Tambalan GIC terbuat dari akrilik dan material kaca, berwarna putih, menyerupai warna gigi. Namun kekuatan tambalan hanya bertahan hingga 5 tahun saja.

3. Resin komposit

Resin komposit adalah jenis tambal gigi yang berasal dari bahan resin dan komposit dengan menggunakan sinar laser, artinya tambalan Gigi akan mengeras ketika di sinar laser. Jenis resin komposit lebih disukai karena warnanya menyerupai warna gigi. Daya tahannya kurang lebih 10 tahun.

4. Tambalan tak langsung (indirect restoration)

Tambalan jenis ini dilakukan untuk gigi yang tidak bisa dilakukan tambalan langsung, sehingga perlu dibuatkan tambalan khusus berupa seperti crown, inlay, onlay, maupun uplay. Bahan tambalan berupa porcelain, metal, maupun kombinasi metal dan porcelain.

Cara Merawat Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang


Moms, cara merawat gigi agar tidak berlubang tentu saja dengan melakukan sikat gigi minimal 2 Kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Selain itu, Mom's juga dapat menggunakan flossing (benang gigi) agar dapat membersihkan gigi secara maksimal.

Namun cara ini cukup sulit dilakukan secara konsisten pada anak. Ada cara merawat gigi pada anak agar dapat mencegah lubang gigi. Beberapa jenis perawatan gigi berikut ini bisa Moms lakukan, diantaranya

1. Pit Fissure Sealant

pit fissure sealant

Pit Fissure Sealant adalah jenis tambal gigi untuk menutup ruang cekung pada bagian atas gigi agar makanan tak mudah menempel sehingga gigi mudah dibersihkan. Tindakan ini juga sebagai bagian dari tindakan preventif gigi berlubang.

2. Tropika Fluoride

Tropika Fluoride adalah tindakan yang bertujuan untuk menambah kekuatan gigi dengan penambahan fluoride pada permukaan gigi. Hal ini sangat dianjurkan bagi anak yang rentan terkena karies gigi. Tropika flouride dapat dilakukan setiap 3 hingga 6 bulan sekali atau sesuai anjuran dentist.

3. Pemasangan gigi robot

gigi robot

Gigi robot atau stainless steel crown adalah mahkota tiruan tambalan gigi yang terbuat dari stainless steell. Gigi robot digunakan bagi anak yang memiliki gigi susu dengan kondisi lubang yang besar. Sehingga gigi tidak dapat dilakukan penambalan biasa. Pemasangan gigi robot dinilai memiliki kekuatan yang lebih baik dibanding tambalan biasa.

Itulah beberapa cara merawat gigi untuk mencegah gigi berlubang pada anak. Sebaiknya jangan tunggu gigi berlubang, lakukan tindakan pencegahan gigi berlubang mulai dari sekarang. Moms bisa mendapatkan semua perawatan gigi seperti di atas dengan mengunjungi klinik gigi terdekat seperti klinik Gigi Damessa. Yuk kenalan! 

Ayo Kunjungi Klinik Gigi Keluarga Damessa Untuk Perawatan Gigi Ananda


Klinik gigi Damessa adalah klinik gigi keluarga yang telah dipercaya melayani pasien lebih dari 15 tahun. Hingga saat ini klinik gigi Damessa tetap setia melayani pasien dengan berbagai masalah kesehatan gigi.

Kalau Moms yang berada disekitar wilayah Jabodetabek, kamu bisa mengunjungi klinik gigi Damessa untuk melakukan perawatan gigi rutin. Klinik Gigi Damessa juga didukung dengan tenaga kesehatan serta dokter gigi umum dan spesialis dari berbagai universitas top Indonesia, wajar bila klinik Damessa selalu mendapat testimoni positif dari para pelanggan.

Terutama untuk tambal giginya yang terbukti kuat dan awet, serta penambalan yang mirip dengan gigi asli. Kini klinik gigi Damessa telah memiliki 13 cabang yang tersebar di Jabodetabek. Oh ya ada garansi perawatan hingga 7 hari lho di Damessa!

Yuk kunjungi klinik gigi Damessa terdekat. Silakan reservasi melalui telepon +62 811 9115 445 atau email ke damessa.klinik@gmail.com. Klinik Damessa buka setiap hari (Senin-Minggu) pukul 08:00 – 21:00 WIB. Ayo #BeraniSenyum dengan gigi sehat terawat. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Referensi:
https://www.intsagram.com/damessa.dentalclinic
https://damessa.id/
https://plk.unair.ac.id/mengenal-jenis-tambalan-restorasi-dalam-perawatan-gigi/
https://www.alodokter.com/5-jenis-tambal-gigi-yang-perlu-diketahui
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4890064/
https://www.healthline.com/health/teeth-names

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

6 comments

  1. Jangankan untuk anak, saya pun pernah merasakan gigi berlubang dan gusi bermasalah, ternyata tidak cukup scaling gigi, tapi harus root planning dan dicabut. Masih banyak yang menganggap remeh pengobatan gigi. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Pemeriksaan gigi pada anak sebaiknya dilakukan secara rutin paling tidak 3 bulan sekali, agar kesehatan gigi anak tetap terpantau.

    ReplyDelete
  3. Gigi berlubang bisa menyebabkan plak gigi yang timbul sulit untuk dibersihkan. Ini bisa memberikan dampak buruk pada anak, selain keterangan di atas, gigi berlubang sepertinya bisa memengaruhi struktur gigi yang tidak rapi. Itu bisa menurunkan kepercayaan diri anak. Sebagai orang tua, kita harus berikan contoh yang baik dalam merawat gigi.

    ReplyDelete
  4. Kalau gigi berlubang harus cepat cepat diatasi jangan sampai ditunda tunda. Terus kalo pilih dokter gigi harus adil jangan asal...jangan sampek salah cabut gigi seperti cerita pasien yang mengantri bersamaku

    ReplyDelete
  5. Benar juga ya. Tak boleh menyepelekan gigi susu yang berlubang. Apalagi anak yang suka makan permen, coklat atau jajanan manis-lengket. Wah, berbahaya sekali.

    ReplyDelete
  6. Memang masih banyak yang meremehkan kesehatan gigi terutama saya, padahal sangat penting. Jadi ingat ketakutan saat kedokter gigi 2 bulan.

    ReplyDelete

Post a Comment