header

Mudik Lebaran 2024 Bareng Anak Via Laut

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Tahun ini saya dan keluarga kembali mudik lebaran 2024. Kalau dipikir sih, ini momen yang paling saya rindukan ketika lebaran tiba. Mudik!

Mom queen

Mudik adalah tradisi pulang ke kampung halaman, dimana orang tua menetap. Dan sekarang, kami mudik ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Bagaimana pengalaman mudik 2024 dengan kapal laut yang kami lakukan kali ini? Apa saja perlengkapan yang wajib dibawa untuk si kecil? Ini cerita perjalanan mudik lebaran 2024 yang kami lakukan.

Mudik, Momen yang Selalu dinantikan


Momen yang selalu saya nantikan. Begitu menyenangkan, membayangkan bisa menikmati lebaran di kampung bersama orang tua. Ya, orang tua suami. Setiap tahun jelang lebaran, saya akan pulang ke rumah mertua.

Rumah mertua saya hanya berbeda pulau dari tempat tinggal kami. Tak jauh, hanya berbeda pulau saja. Orang tua suami memilih tinggal di ibu kota Kepri setelah memasuki usia pensiun. Jika melakukan perjalanan laut dengan kapal ferry, hanya memakan waktu lebih kurang satu jam perjalanan.

Menjelang lebaran, tepatnya H-2 kami merencanakan mudik. Mengapa memilih waktu ini? Sesuai perhitungan saya, waktu ini bukanlah arus puncak mudik. Jadi kemungkinan penumpang tidak terlalu ramai. Dikarenakan kami pulang dengan 2 anak balita.

Mudik dengan anak usia dua tahun atau lebih membutuhkan persiapan matang. Apalagi jika mereka jarang bepergian jarak jauh. Kita memerlukan beberapa persiapan agar perjalan nyaman, mudik tenang.

Barang Wajib si Kecil Untuk Perjalanan Laut


Perjalanan mudik lebaran ini ini selalu kami lakukan setiap tahun, jadi bukan Hal aneh bagi anak-anak saya. Kejadian demi kejadian bisa saya prediksi. Anak mabuk laut, pusing, muntah, hingga rewel selama perjalanan sudah pernah saya alami.

Untuk mengantisipasi hal itu, beberapa perlengkapan wajib berikut ini, menjadi bekal perjalanan mudik lebaran 2024 kami ke kampung halaman.

1. Pakaian hangat


Meski cuaca saat ini sedang dalam kondisi kemarau panjang, saya tetap membawakan pakaian hangat sebagai perlengkapan mudik si kecil. Udara di dalam kapal ferry sangat dingin, suhunya bisa mencapai 16 derajat.

Agar kondisi tubuh anak-anak tetap hangat, saya membawa jaket dan sweater untuk mereka. Pakaian ini saya pakaikan ketika sudah berada di dalam ferry.

2. Susu formula atau makanan ringan


Anak-anak akan merasa nyaman selama perjalanan jika kondisi perut mereka kenyang. Karena ini bulan puasa, saya sudah melakukan komunikasi pada balita kami.

" Ini bulan puasa ya Nak, hormati orang yang puasa ya."

Alhamdulillah mereka paham. Plot twist, anak-anak tetap meminta makan di dalam kapal. Tetapi beruntung mereka masih bisa dikendalikan hehe. Sebagai gantinya saya mengatakan akan memberi makan ketika perjalanan menuju rumah.

Moms bisa menyiapkan makanan ringan seperti roti, snack, atau camilan ringan lainnya sebagai bekal perjalanan si kecil. Jika anak- anak Masih menyusu, jangan lupa juga membawakan susu formula mereka dalam tas perjalanan Moms.

3. Mainan kesayangan


Anak-anak yang terbiasa aktif dan bergerak akan merasa sangat bosan dengan kegiatan monoton. Meski hanya satu jam perjalanan, akan menjadi waktu yang lama bagi mereka yang aktif.

Saya juga membekali mereka dengan berbagai mainan kesayangan untuk dibawa. Mainan ini akan menjadi senjata pengalih perhatian ketika mereka mulai chaos

4. Kain gendongan


Anak-anak mudah sekali lelah. Mereka tetap membutuhkan istirahat yang cukup dimanapun berada. Meski sedang melakukan perjalan mudik, tidur tetap mereka butuhkan.

Anak-anak akan lebih nyaman jika tidur dalam dekapan. Gunakan kain gendongan yang nyaman agar mereka bisa nyenyak beristirahat. Selain itu, kain gendongan juga memberi kemudahan pada orang tua dalam bergerak.

5. Tas perlengkapan si kecil


Semua perlengkapan bekal perjalanan yang saya sebutkan di atas, sebaiknya diletakkan dalam tas perlengkapan si kecil. Tas ini tidak boleh masuk ke dalam bagasi.

Pilih tas yang tidak terlalu besar, namun bisa memuat banyak barang. Saya memilih tas punggung yang stylish khas wanita sebagai tas perlengkapan si kecil. Dengan tas ini, saya merasa siap mudik bersama anak-anak batita dan batita.

Jadwal Kapal Ferry Batam-Tanjungpinang 2024


Setiap kali mudik, saya hampir tak pernah memperhatikan jadwal keberangkatan kapal ferry Batam-Tanjungpinang. Namun kali ini, karena seringnya kolega yang menanyakan jadwal keberangkatan ferry, saya pun akan menuliskannya disini.

Jadwal Kapal Ferry Batam-Tanjungpinang 2024 adalah setiap 30 menit. Kapal pertama berangkat jam 07.30 WIB, sedangkan kapal terakhir Batam-Tanjungpinang pukul 17.30 WIB.


Untuk jadwal kapal ferry Tanjungpinang-Batam memiliki jadwal yang sama, baik waktu keberangkatan pertama hingga ferry terakhir Tanjungpinang-Batam.

Hal yang membuat saya bahagia di mudik lebaran kali ini adalah kondisi penumpang yang tidak terlalu ramai. Kami memang memilih jadwal H-2 lebaran. Sedangkan puncak arus mudik terjadi pada H-4 lebaran.

Selain itu loket penjualan tiket ferry juga terbilang banyak, ada 6 loket. Jumlah loket yang memadai ini tentu saja dapat mengurai antrian pembeli tiket. Ah.. senangnya mudik kali ini. Semoga ketika pulang, kami juga tidak menemui puncak arus balik hihi.

Harga Tiket Kapal Batam-Tanjungpinang


Mudik ke rumah mertua hanya setahun sekali membuat saya sedikit syok dengan lonjakan harga tiket haha. To be honest, kami memang jarang mudik sejak memiliki anak. Kecuali ada momen penting seperti ada acara penting atau lebaran saja.

Terakhir kali pulang kampung adalah lebaran 2023, saat itu harga tiket Masih di kisaran Rp 57.500,- Namun kini harga tiket ferry Batam-Tanjungpinang mengalami kenaikan.

Ferry tiket Batam-Tanjungpinang

Harga tiket ferry Batam-Tanjungpinang 2024 adalah Rp 70.500,- sedangkan pass pelabuhan Rp 10.000,- Harga pass pelabuhan tidak mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.


Moms, kalau kamu senang mudik dengan membawa kendaraan, kamu juga bisa mudik dengan membawa mobil atau motor. Nantinya kamu bisa menggunakan kapal roro Batam-Tanjungpinang sebagai armada kamu.

Harga tiket kapal roro Batam- Tanjungpinang 2024 adalah Rp 308.000,- sudah termasuk penumpang. Pembayaran tiket kapal roro menggunakan e-money ya. Mereka tidak menerima pembayaran cash. Info ini saya dapatkan dari saudara yang sering mudik dengan mobil.

Untuk memudahkan pengecekan jadwal keberangkatan dan pembelian tiket kapal Batam-Tanjungpinang, kamu bisa mengecek di situs www.tiketkapal.com yaa. Semua informasi tiket dan harga terbaru ada disana.

Selamat Mudik!


Inilah cerita liburan dan perjalanan mudik lebaran 2024 yang kami lakukan. Semoga perjalanan mudik lebaran 2024 yang Moms dan keluarga lakukan lancar jaya ya. Amiin.

Bagi Mom's yang ingin melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, tetap utamakan keselamatan dan jaga kondisi kesehatan.

Next post insya Allah Mom Queen akan membahas salah satu wisata kuliner Tanjungpinang yang amat terkenal. Apa kuliner yang terkenal di Tanjungpinang? Nantikan postingan Mom Queen berikutnya ya. Selamat berkumpul bareng keluarga besar.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

1 comment

  1. uwaaaiiiissss ko kamu melongo aja naaaak,,, wkwkwkw pas di kapal khawatir anak-anak berlarian gak mba, secara kanan kiri laut kan :'(
    terus mereka mabuk laut ga?

    ReplyDelete

Post a Comment