header

Makanan Untuk Penderita Asam Urat, Ini 8 Jenis Buah Untuk Kendalikan Asam Urat

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Bagi penderita radang sendi atau asam urat tentu sangat menjaga jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Seperti kita ketahui banyak makanan yang harus dipantang oleh penderita asam urat. Beberapa makanan penyebab asam urat dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Makanan untuk penderita asam urat yang harus dihindari berasal dari jenis makanan laut, daging merah, jeroan, serta beberapa buah seperti durian dan kacang-kacangan. Ketika asam urat meningkat dan menumpuk di persendian maka akan menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan.


makanan untuk penderita asam urat

Sebenarnya apa itu penyakit asam urat? Apa penyebabnya? Jenis makan untuk penderita asam urat sebaiknya seperti apa serta adakah jenis buah yang bagus untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat? Mom Queen akan membahas dalam postingan kali ini.

Makanan Untuk Penderita Asam Urat


Penyakit asam urat adalah jenis penyakit persendian yang mengalami pembengkakan sehingga menyebabkan rasa nyeri, panas, pegal, serta rasa tidak nyaman.

Menurut dokter Saddam Ismail dalam channel youtubenya mengatakan bahwa penyebab asam urat terjadi ketika kadar asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi sehingga memicu pembentukan kristal di persendian. Penumpukan kristal-kristal di persendian ini yang menyebabkan peradangan.

Salah satu pemicu pembentukan kristal ini adalah ketika tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin. Jenis makanan yang mengandung tinggi purin ini seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Purin adalah salah satu senyawa organik yang berguna untuk pembentukan sel dan berbagai hal penting lainnya dalam tubuh termasuk penyediaan energi. Seharusnya purin diurai oleh asam urat dan setelah selesai digunakan, asam urat akan dibuang bersama urin.

Namun, ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat karena masalah fungsi ginjal, maka akan terjadi penumpukan asam urat di persendian. Inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit asam urat.

Agar kadar asam urat dalam tubuh tetap terkendali, penderita asam urat sebaiknya memilih makanan untuk penderita asam urat dalam jumlah yang tepat. Jenis makanan yang dipilih sebaiknya banyak mengandung vitamin C yang kaya antioksidan untuk mengurangi peradangan, rendah fruktosa sehingga tidak memicu naiknya kadar asam urat, dan menghindari makanan instan (junk food)

Untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat, bagi penderita asam urat bisa mengkonsumsi buah tertentu untuk mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut buah yang baik untuk penderita asam urat.

Buah yang Aman Untuk Penderita Asam Urat


1. Buah Berry


buah berry

Sebenarnya jenis buah yang manis juga tidak terlalu disarankan bagi penderita asam urat. Karena buah yang rasanya manis mengandung fruktosa. Fruktosa juga bisa menjadi pemicu naiknya kadar asam urat dalam darah.

Jenis buah berry seperti blueberry, blackberry, raspberry, strawberry dan cranberry baik bagi penderita asam urat karena kandungan fruktosanya tidak terlalu tinggi. Jenis buah berry memang tidak terlalu banyak mengandung fruktosa namun mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi penderita radang sendi.

2. Kiwi


Ketika asam urat tinggi artinya terjadi peradangan pada persendian, maka tubuh butuh antioksidan untuk melawan peradangan tersebut. Buah kiwi kaya akan kandungan likopen, vitamin C, Lutein, vitamin B komplek, vitamin A dan masih banyak lagi.

Kandungan vitamin pada buah kiwi ini yang berfungsi sebagai antioksidan yang cocok untuk penderita radang sendi. Konsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan untuk mencegah asam urat kambuh.

3. Semangka


buah semangka

Buah semangka kaya akan kandungan air. Kandungan air pada semangka ini dapat meningkatkan kandungan urin tanpa menambah kinerja ekstra dari ginjal. Buah semangka mengandung likopen tinggi. Likopen berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi buah semangka 2 kali sehari dengan cara dibuat jus atau dimakan langsung. Sebaiknya pilih semangka yang berwarna merah karena mengandung Likopen yang lebih tinggi.

4. Buah Sitrus


Buah sitrus adalah jenis buah yang kaya akan vitamin C. Jenis buah sitrus seperti jeruk manis, jeruk bali, jeruk nipis dan lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu menekan peradangan yang terjadi pada penderita asam urat.

Konsumsi buah sitrus dengan cara dibuat jus atau dimakan langsung. Sedangkan untuk buah sitrus seperti jeruk nipis atau lemon, kamu bisa menjadikannya sebagai campuran minuman jahe atau madu.

5. Nanas


Buah nanas sangat baik untuk persendian. Hal ini dikarenakan buah nanas banyak mengandung bromelain yang berfungsi mengatasi peradangan dan nyeri sendi. Makanya mengkonsumsi buah nanas sangat baik untuk melindungi persendian dan mendapatkan tulang yang sehat.

6. Sirsak


sirsak

Sirsak mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin C sangat baik sebagai antioksidan. Sifat buah sirsak sebagai antioksidan mampu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Sebaiknya pilih buah sirsak yang matang dari pohon. Buah sirsak yang matang tanpa diperam memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi.

7. Buah Ceri


Buah Ceri memiliki sifat sebagai anti radang. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ceri dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian. Kamu bisa mengkonsumsi buah ceri untuk mengurangi rasa sakit akibat asam urat yang meningkat.

8. Blewah


Buah blewah biasanya menjadi hidangan yang sering dijumpai ketika bulan ramadhan. Tahukah kamu bahwa buah blewah kaya akan vitamin C. Karena tinggi kandungan vitamin C, blewah bisa dikonsumsi setiap hari. Selain kaya akan vitamin C, blewah juga mengandung vitamin B komplek, vitamin A, dan zat penting lainnya. Kandungan vitamin pada blewah berguna untuk meningkatkan antioksidan bagi penderita asam urat

Meski beberapa jenis buah menjadi pantangan bagi penderita asam urat, namun jenis-jenis buah di atas sangat baik bila dikonsumsi. Penyakit asam urat dapat diatasi dengan cara menerapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan untuk penderita asam urat dalam jumlah yang tepat.

Sekarang Moms sudah mengetahui tentang penyakit asam urat, penyebab, makanan serta buah apa saja yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Saya yakin semua penyakit ada obatnya. Tetapi bukan berarti kita menjadi lengah. Jalankan pola hidup sehat dan olahraga teratur agar terhindar dari resiko terkena asam urat dan penyakit berbahaya lainnya. Tetap jaga kesehatan ya, semoga bermanfaat :)

Salam,
Mom Queen

Referensi:
https://yankes.kemkes.go.id
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

6 comments

  1. Manfaat buah memang banyak banget ya. Enak dikonsumsi sekaligus memberikan beragam manfaat untuk kita.

    ReplyDelete
  2. Saya kebetulan asam uratnya tinggi. Jadi harus makan buah-buah di atas yaa..ada yg gampang aja semangka, sirsak,blewah. Kiwi ada di supermarket.

    ReplyDelete
  3. Mbak, ini yang sering aku keluhkan di usiaku sekarang, Entah kenapa meski kurus aku kena sam urat, dan semangka jadi buah favorit di usiaku yang sekarang

    ReplyDelete
  4. Duh terkena asam urat itu tidak menyenangkan, sakit, walaupun saat itu lebihnya hanya sedikit, terima kasih sharingnya ya

    ReplyDelete
  5. Adakah makanan anti asam urat selain buah? Soalnya Jujur sih aku orang yang enggak suka buah-buahan sama sekali, paling aku sukanya itu pisang goreng tapi memang asam urat ini merupakan salah satu penyakit yang ada pada orang tua atau orang dewasa atau bahkan mungkin ada beberapa anak-anak dan harus aware juga soal makanan yang dikonsumsi untuk menghindari asam urat

    ReplyDelete
  6. Salah satunya ada blewah ya, langsung inget bulan Ramadan deh bikin es buah pakai blewah. Walau ku tak tau apakah aku sdh ada gejala asam urat atau engga, jadi mau lebih rajin makan buah biar menghindari asam urat

    ReplyDelete

Post a Comment