header maminca sharing

Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Konten [Tampil]

Sudah menjadi kodrat wanita untuk melalui fase hamil, melahirkan dan menyusui. Maka dari itu diperlukan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI. Menurut saya fase yang paling menantang. Dimana fase ini seorang ibu harus memiliki tekad kuat untuk bisa memberikan ASI eksklusif ditengah gencarnya godaan iklan susu formula.

Meski sudah dikatakan bahwa ASI adalah makanan terbaik no 1 tetapi tetap saja banyak Ibu-ibu yang kemudian beralih ke susu sapi ini. Sekarang ini untuk menemukan ibu yang memberikan Asi eksklusif atau direct breast feeding (DBF) cukup jarang ditemukan. ASI mampet hingga ASI yang sedikit membuat ibu beralih ke sufor. Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI sangat dipelukan pada kondisi seperti ini.

Banyaknya wanita yang juga melakukan aktivitas karir dan aktualisasi diluar rumah menjadikan aktifitas mengASIhi mau tidak mau harus di support dengan susu formula. Saya pun pernah mengalami saat masih berstatus pegawai swasta, kurangnya ilmu ditambah lagi pemikiran sulitnya memberikan Asi eksklusif ketika bekerja, membuat saya mulai mempertimbangkan pemberian susu formula.

Padahal saya sangat paham bahwa ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi apalagi bayi baru lahir. Kandungan ASI diawal kelahiran kaya manfaat karena mengandung kolostrum. 


Apa itu Kolostrum? 


Kolostrum adalah kandungan ASI yang di produksi sesaat setelah bayi dilahirkan. Biasanya Kolostrum dihasilkan di akhir masa kehamilan. ASI pada ibu yang baru melahirkan kaya akan kolostrum. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI pertama ini dipercaya sangat baik sebagai pembentuk antibodi pertama pada bayi. Dilansir dari laman alodokter, kolostrum mengandung protein, vitamin A, nitrogen, garam, sel darah putih dan beberapa antibodi tertentu.



ASI pertama yang banyak mengandung kolostrum


Kolostrum ini berwarna kuning pekat dan cenderung sedikit kental, mengandung sedikit lemak dan kadar gula rendah, bila di cicipi rasanya cenderung asin. ASI pertama ini dapat berperan sebagai imunisasi pertama bagi bayi. Kolostrum yang ada pada ASI pertama ini membantu mengeluarkan mekonium. Mekonium adalah tinja yang dihasilkan sebelum bayi lahir. Mekonium ini perlu dikeluarkan agar bayi terhindar dari resiko penyakit kuning. Jadi Kolostrum juga berfungsi sebagai pencahar alami pada bayi.  


Cara Meningkatkan Kualitas ASI


Cara meningkatkan kualitas ASI sebenarnya sudah sering dibahas di dalam seminar ataupun tips-tips yang membahas dunia per-ASI-an mengenai cara meningkatkan kualitas ASI.




Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas ASI. 


1. Perbanyak makan sayur hijau seperti daun katuk, daun kacang panjang, bayam, daun bangun-bangun, kangkung yang banyak mengandung zat besi, vitamin, asam folat dan juga kalsium. 

2. Pare, dibalik rasanya yang pahit ternyata pare sangat baik untuk membantu meningkatkan kualitas ASI. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia dan antioksidan yang berguna melawan radikal bebas. Pare juga mampu membuat ASI lebih kental sehingga bayi lebih cepat kenyang. 

3. Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi kacang rebus lebih di rekomendasikan dibanding kacang goreng atau kacang dalam kemasan. Selain nutrisinya masih terjaga juga minim zat tambahan lain seperti minyak dan garam. 

4. Buah

Buah seperti semangka, alpukat dan pisang sangat baik untuk membantu melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI. Semangka mengandung fruktosa dan serat yang sangat membantu memperbanyak ASI, selain kandungan air yang tinggi. 

5. Telur

Telur sebagai sumber protein dan lemak yang sangat baik bagi para ibu menyusui. Pengolahannya pun cukup mudah bisa direbus dan bisa langsung dimakan. Saat sedang menyusui seperti sekarang, saya mengkonsumsi telur rebus 2 buah setiap pagi sebagai nutrisi tambahan saat sarapan. 

6. Jenis Ikan Laut

Jika salmon memiliki harga yang cukup tinggi, namun para ibu menyusui tidak perlu khawatir. Kita bisa menggantinya dengan ikan tuna atau pun ikan kembung, ikan kembung yang memiliki kandungan gizi hampir serupa dengan ikan salmon. 

7. Daging merah

Daging Merah seperti daging sapi mengandung protein,vitamin B12 dan zat besi yang sangat berguna untuk meningkatkan Kualitas ASI. 


Inilah beberapa makanan yang bisa meningkatkan kualitas ASI. Dalam tulisan berikutnya kita akan membahas cara meningkatkan produksi ASI. Selamat mencoba ya. 

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

2 comments

  1. Setuju bgt nih alhamdulillah aku berhasil ASI 2 tahun di anak eprtama n kedua juga support dari makanan. Suka susu kurma juga. Bagus dia. Susu almond juga. Semoga para busui semangat meng-ASI-i ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah kereenn Moms...susu kurma emang bagus, saya sering bikin sendiri. Manjur banget bikin ASI naik.

      Delete

Post a Comment