header

5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Tampak Modern dan Luas

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Sudah lumrah jika tinggal di perumahan sederhana, kamu akan memiliki space ruangan yang terbatas. Luas bangunan yang tak seberapa membuat kamu harus selektif membeli barang. Sama seperti saya yang tinggal di perumahan sederhana. Saya harus rela memiliki area terbatas pada setiap ruangan.

Saya juga harus memutar otak membagi ruangan dengan partisi agar setiap ruangan memiliki area yang terpisah. Apalagi untuk dapur, saya berusaha keras bagaimana cara menata dapur sempit sederhana agar tampak lebih modern dan luas.

kitchen

Tinggal di perumahan lahan terbatas membuat saya harus mengedepankan gaya hidup minimalis. Mulai dari penggunaan partisi ruangan, pemilihan warna, hingga pemilihan perabot rumah dapur yang multifungsi. Bagaimana mengubah image dapur sempit agar tampak lebih luas dan bergaya modern?

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Tampak Modern dan Luas


1. Cat ulang


Cara menata dapur sempit sederhana yang pertama adalah melakukan pengecatan ulang. Tujuannya agar dapur sederhana memberi kesan modern. Pilih warna netral seperti putih atau abu-abu agar dapur tampak luas. Pemilihan warna netral dengan paduan desain warna kayu akan membuat dapur kamu lebih elegan,

2. Beri pencahayaan yang pas


Sebaiknya dapur memiliki jendela sebagai sirkulasi udara. Namun jika tidak memungkinkan, berikan sistem pencahayaan yang pas. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan efek natural lighting pada dapur. Pencahayaan pas juga membantu memberi kesan luas dan modern pada dapur yang sempit.

3. Tanaman hias


Pemberian tanaman hias pada dapur memberi efek sejuk dan menenangkan. Dapur yang mengeluarkan hawa panas selama proses memasak mampu diredam dengan dinginnya tanaman hijau yang ada di dapur. Jenis tanaman seperti daun Suji atau Srigading cocok menghiasi dapur sempit kamu.

4. Penggunaan rak multifungsi


Cara menata dapur sempit sederhana agar tampak modern adalah penggunaan rak yang multifungsi. Menggunakan rak terbuka adalah pilihan tepat agar dapur mungil tampak lebih estetis dan modern. Kamu bisa meletakkan benda-benda elektronik di rak ini untuk memudahkan saat akan digunakan.

5. Meja makan yang menyatu dengan kabinet


Moms, saya yakin jika kehadiran meja makan menjadi bagian penting dalam sebuah rumah. Namun kondisi ruangan yang sempit tidak memungkinkan memilih meja makan yang besar. Kamu bisa memilih meja makan minimalis atau meja makan yang menyatu dengan kabinet.


Saya juga yakin cara menata dapur sempit sederhana agar tampak modern memerlukan perabot yang multifungsi. Agar pengeluaran lebih terkontrol saya akan merekomendasikan beberapa perabot multifungsi yang wajib ada di dapur untuk memaksimalkan fungsi ruangan.

Produk Furniture Multifungsi yang Wajib Ada untuk Dapur Sempit


1. Rak Multifungsi



rak dapur dekoruma

Pilihan rak terbuka atau kabinet tertutup bisa disesuaikan dengan selera kamu. Jika digunakan untuk menyimpan barang-barang elektronik kamu bisa menggunakan rak terbuka yang memiliki kapasitas lebih luas. Sedangkan untuk menyimpan bahan makanan dan terkesan lebih rapi kamu bisa memilih kabinet tertutup yang bagian atasnya bisa digunakan sebagai meja dapur.

2. Kitchen Set



kitchen set

Kitchen set merupakan solusi jitu cara menata dapur sempit dan sederhana menjadi tampak modern dan elegan. Media penyimpanan vertikal ini tentu saja tidak akan memakan tempat karena memanfaatkan dinding sebagai ruang. Penggunaan kitchen set sebagai perlengkapan perabot dapur cocok digunakan bagi pemilik dapur minimalis.

3. Lemari Dapur Set Meja



meja dapur

Penggunaan meja makan memang memakan tempat. Pilihan cerdas dalam memilih meja makan bagi pemilik dapur minimalis adalah menggunakan lemari dapur set. Perabot ini bisa digunakan sebagai lemari penyimpanan sekaligus meja makan. Salah satu produk dengan fungsi ganda ini terdapat pada produk Dekoruma yaitu Heim Studio SANO Lemari Dapur.

Lemari dapur dengan susunan kabinet tertutup cocok digunakan untuk menyimpan berbagai perabot dapur. Moms bisa menyimpan piring, gelas, dan sendok di kabinet kecil di laci lemari dengan nuansa putih ini. Selain itu furniture dari Dekoruma ini dilengkapi dengan meja yang bisa digunakan sebagai meja makan maupun meja kerja. Multifungsi sekali kan?!

4. Cooker Hood


Memiliki area dapur yang terbatas bukan berarti tak bisa memberi kenyamanan karena bau masakan yang menyengat. Salah satu perabot yang wajib ada di dapur kamu adalah alat penghisap asap atau cooker hood. Hawa panas yang dihasilkan selama memasak dapat dinetralisir dengan cooker hood. Jadi, kamu tak perlu khawatir menyebarkan bau menyengat selama memasak. Pastikan cooker hood terpasang di dapur kamu.

Lengkapi Peralatan Dapur dengan Furnitur dari Dekoruma


Cara menata dapur sempit sederhana agar tampak lebih modern sejatinya hanya butuh kreativitas dan ketepatan dalam memilih perabot dapur. Pemilihan furniture yang pas serta fungsi ganda adalah hal mutlak bagi pemilik dapur minimalis.

Moms bisa menjadikan berbagai pilihan produk rumah tangga dari Dekoruma sebagai solusi. Dekoruma memiliki berbagai pilihan perabot multifungsi dengan harga kompetitif. Kamu juga bisa meminta Tim dekoruma untuk mendesain ulang rumah kamu sesuai keinginan.

So, sekarang Moms sudah nggak perlu khawatir karena luas dapur yang terbatas. Penataan ulang serta pilihan perabot modern dari Dekoruma membuat dapur tampak lebih luas dan modern. Kamu bisa cek harga dan pilihan berbagai produk furniture menarik Dekoruma di Official Store Dekoruma atau bisa juga cek di Shopee.

Yuk lengkapi peralatan dapur sederhana kamu dengan berbagai furniture dari Dekoruma. Semoga bermanfaat ^ ^

Salam,
Mom Queen

Referensi:
https://www.dekoruma.com/
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

9 comments

  1. Keren-keren ya rekomendasi furniture yang diberikan, itu semua bisa dibeli secara online kah?

    ReplyDelete
  2. Ide bagus untuk menata dapur sempit sederhana agar tampak modern dengan perabot yang multifungsi. Buat apa coba kebanyakan perabot yang menuhin tempat.

    ReplyDelete
  3. Aku pake meja makan yang lipet juga wkwkwk jadi pas ngga ada tamu banyak itu meja bisa dilipet dan ngga makan ruangan.. soalnya kebiasaan kami makan sambil duduk di bawah jadi kalo gak ada tamu gak butuh2 banget sama meja ekekeke sedangkan masakan sudah terhidang di kitchen set

    ReplyDelete
  4. Saya termasuk yang punya dapur dengan luas yang terbatas dan setuju sekali kalau dapur jenis ini memang harus ditata sedemikian rupa agar bisa tetap terasa nyaman.
    Salah satu yang sederhana tapi sangat berpengaruh adalah pengaplikasian cat yang cocok dan pas

    ReplyDelete
  5. Aku orang yang suka banget soal desain interior. Salah satu hal yang aku tau supaya ruangan sempit tampak dan terasa lebih lega itu dengan pencahayaan yang lebar/luas atau bisa juga pasang kaga cermin di dinding. Yang penting sih enggak banyak furniture yang bikin sempit.

    ReplyDelete
  6. Lemari yang banyak lacinya dan di dalam laci ada raknya juga. Ini bisa menampung banyak barang. Jadi meski dapur sempit tapi bisa ditata dgn rapih yaa. Kuncinya di desain interior

    ReplyDelete
  7. Intinya harus kreatif memanfaatkan ruang yang ada, pemilihan furniture dan cat ya, agar dapur sempit terasa lapang karena memuat banyak hal. Aku naksir furniturenya simple tapi fungsional.

    ReplyDelete
  8. Dapur aku sempit banget, ga begitu luas untuk ukuran dapur orang sumatera pada umumnya yg luas banget pokoknya minimalis itupun sudah berbagi space untuk jemur pakaian selepas dicuci. Sempat kepikiran mau ubah rak bawah menjadi rak atas aja smuanya agar terlihat lapang. Dan kayaknya aku bakal pakai salah satu tips kakak deh.. Makasih ya kak

    ReplyDelete
  9. Makasih kak tipsnya. Diriku memang ingin rehab area dapur biar makin nyaman dan perlu ditata ulang lagi. Jadi meskipun sempit tetap terasa lega.

    ReplyDelete

Post a Comment