header

7 Cara Atasi Panas Dalam Saat Puasa Agar Ibadah Tetap Lancar

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Memasuki bulan Ramadhan tentunya serangkaian persiapan sudah mulai dilakukan. Apalagi bagi para umat muslim, bulan suci ini juga menjadi salah satu moment yang paling dinanti-nantikan. Karena banyak amalan yang dapat dilakukan dan bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. 

Namun karena tidak makan serta minum selama kurang lebih 12 jam, hal ini terkadang membuat 'kalap' saat berbuka, apapun dimakan, akibatnya sering terjadi panas dalam saat puasa. Hayoo..siapa yang suka begini? hehe

Panas dalam adalah kondisi kesehatan dengan sekumpulan gejala tidak nyaman pada bagian pencernaan atas, yaitu di mulut sampai dengan tenggorokan. Misalnya adalah bibir kering, sariawan, dan rasa tidak nyaman di tenggorokan. 

panas dalam saat puasa

Hal tersebut akan menyebabkan terganggunya ibadah di bulan suci bukan, sehingga harus segera diatasi, agar tidak semakin parah. Berikut ini ada beberapa cara atasi panas dalam saat puasa yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Istirahat secara cukup


Ketika puasa tubuh tidak makan dan minum seperti biasanya, sehingga akan lebih mudah untuk capek bahkan dehidrasi. Belum lagi terkadang jam tidur juga semakin berantakan akibat harus bangun malam untuk sahur. Jadi sebagai solusinya Anda bisa mencukupi kebutuhan istirahat. Contohnya dengan menambahkan tidur siang, tidak perlu lama, cukup dengan 30 menit saja sehingga badan lebih bugar. Hal ini juga membantu untuk mengobati panas dalam.

2. Perhatikan apa yang dimakan pada saat berbuka


Salah satu faktor penyebab terjadinya panas dalam saat puasa tak lain karena konsumsi makanan sembarangan pada saat berbuka. Bisa jadi Moms juga melakukan hal ini misalnya makan gorengan sebagai takjil, makanan manis yang berlebihan, namun kurang minum air putih, akibatnya adalah panas dalam. Dalam kondisi sedang panas dalam maka hendaknya hindari jenis makanan seperti gorengan ini.

3. Menjaga kebersihan mulut 


Selama tidak mengonsumsi apapun dalam durasi waktu lebih dari 12 jam, terkadang memang hal ini yang dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Penting sekali bagi kamu untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan tetap rutin gosok gigi, ditambah lagi (bisa) berkumur dengan memakai mouthwash.

4. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah


Jangan lupa untuk memperhatikan apa yang masuk kedalam mulut. Utamakan jenis makanan yang bernutrisi diantaranya adalah sayur-sayuran serta buah-buahan. Ini bagus untuk kesehatan tubuh. Panas dalam yang terjadi pada saat sedang berpuasa juga bisa dipicu oleh kekurangan serat. 

Jadi meskipun kondisi kamu sedang berpuasa, sangat penting untuk tetap mencukupi kebutuhan layaknya sayur serta buah-buahan.

5. Minum yang cukup


Banyak orang yang dehidrasi atau kekurangan cairan pada saat sedang berpuasa, karena malas mengubah jadwal minum air putih di malam hari. Mengingat efeknya bisa menyebabkan bolak-balik ke kamar mandi dan menganggu jam tidur. Padahal bagaimanapun kebutuhan cairan ini sangatlah penting untuk menghidrasi tubuh. Moms bisa mencoba pola minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur serta 2 gelas lagi saat sahur.

6. Tetap menjalankan aktivitas olahraga


Faktanya banyak orang yang justru skip jadwal olahraga mereka pada saat dengan puasa karena takut akan menganggu ibadah. Padahal sebenarnya tetap penting melakukan olahraga teratur untuk menjaga kebugaran serta agar imunitas tetap kuat dan tidak gampang sakit. Solusinya bisa dengan mengubah waktu atau jam olahraga menjadi malam hari.

7. Minum larutan penyegar


Moms, kamu juga dapat mengatasi panas dalam ini menggunakan produk Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga ataupun Liang Teh Cap Panda. Keduanya diformulasikan secara khusus yaitu selain untuk membantu redakan dahaga, juga bagus untuk mengatasi masalah panas dalam. Nantinya bisa dikonsumsi pada saat berbuka maupun juga sahur sehingga badan lebih segar dan panas dalam juga reda.

Jangan sampai serangan panas dalam saat puasa menjadi penyebab ibadah terganggu.Segera atasi dengan cara yang tepat. Pastikan untuk selalu stock produk seperti Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga ini dirumah, karena akan sangat membantu mengatasi panas dalam secara cepat. Moms bisa mengonsumsi rutin setiap hari sebagai pencegahan.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

1 comment

  1. kebiasaan minum memang harus diubah yaa saat puasa itu agar tidak dehidrasi...waah postingannya mengingatkan bahwa ramadhan semakin dekaatt

    ReplyDelete

Post a Comment