header maminca sharing

10 Ide jenis kado untuk ibu dan bayi baru lahir

Konten [Tampil]

 


Moms pernah mengalami kejadian banyak teman yang yang melahirkan atau undangan syukuran bayi dan aqiqah dalam satu waktu? Ya Saya sering. Dalam sebulan bisa 2-3 orang yang melahirkan. Biasanya kalau tetangga dekat rumah, membawa perlengkapan mandi atau cuci popok adalah jalan pintas daripada repot memikirkan mau membeli apa. Namun bagaimana bila yang baru melahirkan adalah rekan kerja atau sahabat lama? Tentu kita ingin memberikan sesuatu yang lebih berkesan agar bisa dikenang, bener kan ? 


Namun sebelum membeli sesuatu yang bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ada baiknya untuk memikirkan beberapa point berikut sebelum membeli hadiah seperti :


1.Budget hadiah

Tentukan berapa budget hadiah yang bisa Anda gunakan dari pos pengeluaran. Jangan sampai mengganggu pos pengeluaran yang lain. Kalau di Saya ini termasuk pengeluaran lain-lain. Jadi tidak asal comot ya hehe. 

2.Jika budget sedikit bisa mengajak teman untuk membeli kado

Nah jika rekan kerja biasanya banyak teman juga yang mau diajak untuk membeli kado bersama, istilahnya patungan. Ini cukup menjadi solusi jika hanya memiliki budget sedikit. 

3.Apa manfaat hadiah jangka panjang

Selain itu perlu juga di pikirkan untuk manfaat hadiahnya dalam waktu lama. Jika bisa terus dimanfaatkan sampai waktu yang lama, bukankah bisa menjadi amal jariyah juga bukan? Insya Allah. 

4.Jika budget berlebih, tanyakan hadiah yang diinginkan

Nah jika begini misalkan hasil patungan dari teman-teman kerja alhamdulillah terkumpul lumayan banyak. Maka tidak ada salahnya menanyakan pada sang ibu bayi, ingin dibelikan hadiah apa. Jangan lupa juga untuk menanyakan 2-3 pilihan hadiah agar sesuai dengan budget yang ada. 

5. Lebih spesifik sesuaikan gender

Selain itu, pilihan gender juga turut menjadi pertimbangan dalam membeli hadiah. Tentunya bisa menyesuaikan warna sesuai gender.

 

Setelah melihat point penting sebelum membeli hadiah atau kado ibu dan bayi, sekarang saatnya memikirkan hadiah apa yang cocok untuk ibu dan bayi. Nah Moms, jika selama ini yang terpikirkan sebagai hadiah ibu dan bayi hanya lah baju bayi, maka item dibawah ini bisa menjadi referensi sebagai pilihan hadiah:

Pics Google dan dokpri

1.Buku

Jika budget kecil hingga sedang pilihan hadiah seperti buku bantal bisa menjadi pilihan. Harganya mulai dari 10-50 ribuan.

Namun jika memiliki budget lebih besar pilih buku jenis board book, yang tahan lama dan tidak mudah rusak.Jenis buku yang dibeli bisa jenis buku keagamaan, ataupun buku cerita bergambar. 

2.Playmat

Selain berfungsi sebagai stimulasi sensori play pada bayi, playmat juga sebagai wadah untuk bermain anak. 

Harganya pun beragam mulai dari harga 50 ribuan sampai yang ratusan ribu juga ada. 

Baca juga :

Saat anak GTM, Coba cek ini

Resep sarapan simpel untuk batita


3. Meal set

Ini bisa menjadi referensi sebagai salah Satu dari kado yang ingin diberikan. Insya Allah sangat berguna, apalagi kadang ibu muda terlalu lupa waktu hingga saat MPASI semua belum siap dan baru mau dibeli.

4. Puzzle Kayu

Bisa berupa puzzle hewan, buah, huruf alphabet atau hijaiyah, transportasi dan sebagainya

Harga mulai dari 50 ribuan untuk yang grade kayu duplex pvc yang aman untuk anak. 

5. Teether

Pics google

Harga mulai dari 15 ribuan hingga 50 ribu lengkap dengan pengait ring yang bisa digantung pada tangan bayi. 

Pics google

6. High chair atau Kursi makan anak

High chair salah satu perlengkapan makan yang tak kalah penting. Namun sering dilupakan ibu-ibu. Selain penggunaan jangka panjang yang lama, high chair sangat bagus membiasakan anak makan duduk. Harga high chair bervariasi mulai dari 300 ribuan hingga 400 ribu. 

7. Hijab atau turban (perempuan)

Untuk anak perempuan, hijab dan turban bisa menjadi pilihan berikutnya untuk kado bayi. Apalagi sekarang banyak berbagai jenis turban dan hijab anak yang lucu dan menggemaskan. Pilihan harga pun beragam mulai dari 10 ribuan hingga puluhan ribu. Untuk bahan hijab pada bayi bisa menggunakan bahan katun ataupun jersey yang adem. 

8. Sepatu pre walker ( laki-laki)

Ini sangat penting, apalagi bagi ibu yang memiliki aktivitas tinggi dengan membawa bayi, sepatu prewalker juga bisa membuat rasa hangat pada kaki bayi. 

9. Pernak pernik Asi

Printilan seperti bantal menyusui, apron menyusui, botol kaca Asi, kantong Asi, breast pump, breast pad. Harga untuk barang-barang tersebut bervariasi, untuk Apron dan bantal menyusui mulai dari harga 50 ribuan. Botol kaca Asi harga mulai dari 2000-5000 per botol biasa dijual per 10 botol. Kantong Asi mulai dari harga 30 ribuan per kotak isi 12 kantong ada juga yang dijual satuan . Breast pad harga hampir sama dengan kantong Asi. Breast pump mulai dari harga standard 200 ribuan, untuk yang brand seperti pigeon, atau huki mulai dari 350 ribuan

10. Baju ibu menyusui (busui)1 

Pics google

Nah ini kadang terlupakan, ibu muda terlalu sibuk memikirkan masalah bayi hingga lupa memikirkan dirinya sendiri. Tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah pada sang ibu berupa baju daster menyusui ini sangat dibutuhkan pastinya. 

Demikian lah 10 ide hadiah atau kado bagi ibu dan bayi baru lahir. Semoga apapun yang hendak kita hadiahkan jangan lupa selipkan doa yang baik bagi ibu dan bayi


بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Artinya: "Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikanNYA

Semoga Allah Meridhoi dan mencatat sebagai pahala sedekah aamiin. 



Salam Sayang,

Mom Queen 


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

12 comments

  1. Yang penting kalau mau kado kita sesuaikan dengan budget kita dulu ya baru bisa menentukan jenis kado. Kalau aku yang penting kebermanfaatannya untuk jangka panjang. Kaya kursi makan baby ok lah.

    ReplyDelete
  2. baru kepikiran beliin gamis busui untuk si mommie... makasi mba ide nya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya yaa kadang hadiah kecil untuk ibunya sangat berkesan dan mampu mengurangi rasa lelah snag ibu pasca melahirkan :)

      Delete
  3. Waktu temanku hamil, aku belikan dia gamis busui friendly. Dan ketika dia melahirkan, aku memberikan dia baju untuk usia 1-2 tahunan dan set tempat makan ... Tapi aku lupa tidak membaca do'a sebelum memberikannya. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku sering bingung mba beliin kado untuk teman yang baru lahiran. Ingatnya malah baju lagi,baju lagi. Makasih untuk sharingnya mba.. Aku jadi ada ide mau kasih hadiah apa

    ReplyDelete
  5. Nah ini nih, biasanya klo nyari kado fokus buat anak aja, pdhal emaknya pun boleh bgt ya yg pake kadonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang kado buat ibu turut menurunkan resiko depresi post partum

      Delete
  6. Aku masih di tahap undangan nikah mba, kalau teman lahiran masih jarang hehe
    Tapi bisa jadi referensi kalau udah masuk tahap banyak teman yang melahirkan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi boleh juga ya, nanti coba mengulik kado buat mantan eh nikahan😁

      Delete

Post a Comment