header

Tips Memilih Gendongan Bayi ala Mom Queen

Konten [Tampil]


Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh

Hai Moms, lagi sibuk apa ni? Masih tema liburan dan long holiday, jadi masih banyak yang lagi pergi liburan ya? Seru banget ya bisa pergi liburan pastinya. Oh ya bagi yang tidak pergi berlibur kemana-mana ga masalah kok, bisa juga kan liburan dirumah rasa staycation di resort.

Nah, bagi Moms sembari berlibur ataupun nyantai dirumah, Aku mau kasih tips nih cara memilih kain gendongan anak yang pas buat anak.


Tips memilih kain gendongan ala Mom Queen

Siapa yang siap-siap sedang menunggu due date juga kayak aku? Atau bagi yang sedang menantikan kehadiran buah hati bahkan singelillah, semoga informasi berikut ini bisa menambah khazanah tentang ilmu parenting ya. Namun sebelumnya mau spoiler dulu kalau aku disini bukan ahli banget tentang gendongan, hanya berbagi pengalaman saja dengan kondisi anak yang hampir 3 anak ini. 

Just because, pernah punya pengalaman membeli gendongan bayi tanpa memperhatikan beberapa detail yang nanti aku bahas ini, akhirnya dipakainya ga terlalu nyaman bagi aku dan bayinya, nah tahu kan nasib gendongan itu berlabuh kemana? Mendem aja dalam lipatan, ga terpakai. Uh, Jangan sampai teman-teman disini begitu juga ya, makanya simak tulisan ini sampai habis ya. 

Tips Memilih Gendongan Bayi

Nah kalau menurut Aku sebelum membeli kain gendongan ada baiknya mengetahui informasi berikut ini, tips memilih kain gendongan yang cocok untuk bayi :

✍️ Cek bahan

Perlu diingat bahwa bahan kain gendongan yang cocok dipakai mulai dari newborn hingga toddler adalah yang lembut, serat tidak mudah rontok, pilih berbahan dingin sehingga bayi tidak merasa gerah saat digendong, serta tidak menyebabkan bayi alergi seperti gatal atau sejenisnya. 

✍️ Cek jenis gendongan 

Nah, sekarang kan banyak jenis kain gendongan ada yang pouch sling (jenis lingkaran), ringsling (jenis jarik yang memakai ring), SSC (Soft Structure Carrier, jenis gendongan hipseat namun tanpa bantalan duduk), Hipseat (ada bantalan duduk), maupun tipe baby wrap (yang sering dipakai dengan banyak variasi model namun sedikit rumit dengan cara pemakaian). 

Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gali informasi sebanyak-banyaknya dahulu sebelum membeli. Jangan asal sekali lihat, karena lucu, langsung kalap mata dan dibeli. Nanti berakhir dilipatan lagi kayak aku :(

✍️ Sesuaikan dengan usia anak dan size ibu

Nah beberapa jenis gendongan ada yang bisa dipakai mulai dari newborn hingga toddler. Tetapi tipe jenis Soft Structures Carrier (SSC) tidak bisa dipakai untuk newborn, rata-rata baru bisa dipakai saat bayi berusia 4 bulan keatas. Dan jika moms ingin membeli jenis gendongan seperti pouch sling setidaknya sesuaikan dengan size ibu, biasanya tergantung tinggi dan berat ibu. 

✍️ Cek ulasan pembeli

Sebelum Moms memasukkan kain gendongan ke dalam keranjang belanja, ada baiknya melihat dulu beberapa ulasan dari pembeli sebelumnya. Lebih baik teliti sedikit daripada sudah terbeli tapi tidak terpakai, mubazir. Usahakan membaca ulasan yang ada foto real dari pembeli, jadi benar-benar lengkap informasinya. 

✍️ Cek harga

Nah ini yang paling menjadi bahan pertimbangan pastinya. Harga kain gendongan sangat beragam mulai dari harga 50 ribu hingga ratusan ribu. Semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan terkecoh dengan promo harga murah atau diskon ala cuci gudang. Percaya lah harga itu tidak pernah bohong, harga menentukan kualitas. Istilahnya, "Jika ingin harga murah jangan tanya kualitas, Jika ingin kualitas jangan minta harga murah."  

OK, sudah ya cukup kan informasi yang harus dimiliki sebelum memutuskan membeli gendongan? Nah sekarang, pasti moms semua bertanya, mom Queen tim gendongan apa? Wah sejak anak pertama aku team gendongan ring alias ringsling, ada sempat beli SSC tapi ga terpakai masih baru, ga pernah dipakai (Jika ada yang minat boleh direct message aku). Pas anak kedua ringsling plus baby wrap (tapi jarang banget pakai baby wrap, ribet say). Nah, Insya Allah anak ke tiga nanti aku akan kembali cukup ringsling saja hehe. 

Kenapa aku lebih nyaman pakai gendongan ringsling? Menurut Aku ada beberapa poin kelebihan ringsling dibanding jenis gendongan lain :

⏩ Cara pemakaian lebih simpel, no ribet-ribet club.

⏩ Masa pemakaian lebih lama. 

⏩ Bisa dipakai sejak newborn hingga toddler

⏩ Ga perlu perhatikan size ibu, ada ukuran standar kain jarik. 

⏩ Posisi bayi bisa diatur sesuai kenyamanan

⏩ Skin to skin position alias nemplok ke dada ibu. 

⏩ Harga relatif terjangkau, mulai dari 100 ribuan.

⏩ Bisa dipakaikan ke ayah juga, no simpul-simpul. 

⛔ Kekurangan ringsling cuma satu, yaitu hanya bertumpu pada satu tumpuan bahu. Sehingga penggunaan jangka panjang bisa membuat sakit bahu sebelah. 

Namun, Aku punya tipsnya, posisi kain ringsling bagian belakang harus merata menutupi bahu, agar bisa membantu menopang tulang belakang. Jadi penyebaran beban terbagi di area pundak secara merata. Nah, ini ringsling rekomendasi aku ya, ringsling cozy series dari @havi_baby_goods 

Lebih Dekat dengan Ringsling Cozy Series dari Havi Baby Goods

Nah kenapa aku memilih ringsling karena selain simple dan ga ribet, menurut Aku ringsling juga bisa mengakomodasi segala jenis posisi. Mulai dari posisi M shape, skin to skin, maupun gendong belakang juga bisa. Bisa di sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan ibu.

Tips memilih kain gendongan ala Mom Queen
Ringsling cozy series,super cozy

Kelebihan Ringsling Cozy Series dari @havi_baby_goods  seperti menjawab masalah moms tentang gendongan, diantaranya :

⏩ Pemakaian simpel, semudah pasang - masukin bayi - atur kenyamanan - gendong.

⏩ Bisa dipakai dari newborn hingga toddler (asal masih kuat gendong aja sih)

Skin to skin position, benar-benar si bayi nemplok ke dada ibu. Posisi ini membuat anak lebih nyaman di gendong.

⏩ Bahan dari katun printing yang lembut, dan kualitas bahan adem, memang super cozy.

Stylish, dengan varian warna yang beragam bisa disesuaikan kondisi formal maupun non formal.

⏩ Ring terbuat dari aluminium, jadi ga khawatir masalah berat bayi.

⏩ Harga affordable

Untuk harga Rp 169,000,- cozy series seperti yang aku pakai, cukup puas dengan kenyamanan yang didapat.

⏩ Ada manual book, bagi yang ingin belajar tutorial pemakaian. Menurutku, karena sangat simpel banget, ga pakai manual book juga bisa kok. Tapi mereka sangat memperhatikan detail hingga tetap menyertakan manual book didalam kemasan. 


Tips memilih kain gendongan ala Mom Queen
Pic manual book

⏩ Rating versi mom Queen 4.8/5

Demikianlah, ulasan mengenai tips memilih gendongan dan jenis gendongan yang dipakai mom Queen. Kalau moms semua apa jenis gendongan andalannya? Cerita dikolom komentar ya :) 

Salam Sayang, 

Mom QueenMQ 






Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

19 comments

  1. Setuju banget Kak. Gendongan memang harus aman dan nyaman untuk ibu dan anaknya. Wah bakal jadi wiahlist nih.

    ReplyDelete
  2. gendongan adalah sahabatku semenjak anak masih bayi, sayangnya anakk keduaku lebih doyan pake tangan semenjak bayi karena maamahnya sering di rumah juga pas pandemi ini hihi

    ReplyDelete
  3. gendongan kekinian andalankuuu.. aku termasuk yang gak bisa pakai jarik seperti yang disaranin sm mamah ataupun mertua, karena pundak pasti pegel banget setelahnya, dan suka kendor.. gendongan instan dengan bahan lembut jd pilihanku

    ReplyDelete
  4. Dulu pas anak pertama aku juga suka banget pakai ringsling, lebih mudah dipakai dan bisa sampai toodler. Tapi yang anak kedua ini gak mau pakai gendongan. Padahal kalau digendong lebih gampang juga buat disambi-sambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp kak, berarti ibunya kudu kuad dan Sabar ngegendong

      Delete
  5. Aku jg tim gendongan ringsling nih mbak, pake warisan mbakku.. Simpel sih pakenya, tp ssc jg ngebantu gerak ibu bgt. Menyesuaikan usia jg sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh suka SSC yaa kak... Sayangnya anakku ga suka, akhirnya ga kepake

      Delete
  6. Aku masih pake gendongan sampai sekarang buat si bungsu, padahal udah 4 tahun!! Tapi gak terus dipake, sewaktu waktu aja kalau dia rewel, hehe. Gendongan ringsling sih pilihan aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw super mom teh Eka, 4 taon donk udah seberat apaa itu

      Delete
  7. Aq pakai ringsling juga mbak yang instant trus aq juga beli ringnya kalau sedang pake jarik jadi jariknya tetap kepake nggak dianggurin

    ReplyDelete
  8. Dulu mama saya biasanya kalau gendong saya masih bayi pake kain batik gitu sih, belum pernah pake kain gendongan bahan lain kk ringsling gitu selain pake kain batik


    (Alya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget, mewarisi budaya Indonesia.. Jarik Kain batik aku juga suka

      Delete
  9. Kalo aku waktu itu gendongan cuma beli jarit aja mom, ga kepikiran untuk cek2 karena gendongan yg lainnya hadiah semuaa

    ReplyDelete
  10. Wa'alaikumsalam. Duh, gendongan zaman sekarang bagus-bagus dan simple ya mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment