header maminca sharing

Memilih Template Blog SEO Friendly

Konten [Tampil]

Perkara memilih template blog yang sesuai SEO friendly dengan template gratis memang menjadi keinginan terdalam para blogger. Apalagi jika tampilan template cantik ditambah dengan loading speed yang moncer. Mantul!! Sudah tampilan blog OK, SEO friendly, loading speed cepat, daaan satu lagi... gratiss pula!! Hayo siapa yang nolak?

Yes, memilih template ga cuma harus cantik, tapi juga harus membuat blog berjalan sesuai kaidah SEO parameter plus fast loading. Percuma kalau cuma cantik doank, tapi ga sigap #eh. Ini kayak minta gratis tapi mau yang plus plus ya wkwk.

Begitu pun juga dengan kinerja dari template blog. Kita maunya memilih template yang bukan hanya bagus secara tampilan, namun juga responsive di segala media. Baik desktop maupun gadget. 

title blog

Syarat Memilih Template Blog SEO Friendly


Apa syarat memilih template blog yang SEO friendly? Menurut coach Marita, setidaknya ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih template blog. Apalagi jika mengunakan template dari pihak ke tiga. 

Kenapa sih harus yang SEO friendly? Yang pasti agar blog kamu banyak pengunjungnya.

Apa saja syarat memilih template blog? Gimana sih maksudnya kriteria blog dengan template yang sesuai SEO itu? Yuk kita jembrengin satu-satu, simak ya :)

1. Tampilan Responsive

Template blog yang kita pilih harus memiliki tampilan yang responsive di segala mode, baik versi desktop maupun mobile. Pernah nih mom Queen, di komplain sama pembaca blog maminca sharing kalau blog ini ga nyaman dibaca lewat hape. Ya, kali waktu itu belum belajar SEO jadi pilih tampilan blog asal unyu doank. Nah, ini tuh karena templatenya ga responsive, kudu ngatur manual untuk settingan mobilenya. So, poin no 1 ini kudu bin wajib diingat ya.

2. Loading Cepat

Kemampuan lainnya yang harus dimiliki sebuah template adalah harus fast loading. Ga mau kan kalau kamu mengunjungi suatu situs, tapi pas dibuka loadingnya lama. Duh kesuwen, keburu ditinggal tidur pengunjung. Pilih yang templatenya fast loading, caranya dengan mengecek loading speed template tujuan. 

3. SEO Friendly

Meski diakui bahwa template blog bawaan blogspot loading cepat tapi banyak yang tidak sesuai parameter SEO. Terutama pada perkara susunan heading artikel yang amburadul. Bisa juga sih dibuat SEO friendly tapi mesti banyak mengulik HTML. Hmm kamu bisa mabok hehe.

Salah satu alasan mom Queen menggunakan template dari pihak ketiga adalah karena SEO ini juga. Kenapa harus pilih template blog SEO friendly? Agar blog kita mudah dikenal oleh mesin pencari, kalau sudah dikenal oleh mesin pencari,maka kamu ga perlu lagi mengemis view ke saudara dan tetangga demi sebuah insight (haha pengalaman pribadi) 

4. Mudah Penyetelan


Loading cepat dan SEO friendly saja ternyata tidak cukup. Pilihlah template yang memiliki dokumentasi penyetelan yang lengkap dan mudah. Percuma saja, kalau tampilan kece, tapi ga bisa mengaplikasikannya ke dalam blog perkara tidak ada arahan yang jelas. So, pilih yang memiliki dokumentasi yang komplit.

Mengapa Harus Ganti Template?


Awal ngeblog, mom Queen memakai template tema simple. Kemudian beralih ke template Soho, terakhir menggunakan template Notable pink. Semuanya mom Queen suka, apalagi Notable pink. Tema ini cukup lama dipakainya. Terakhir, mom Queen pernah memakai template Rapid-dari Gooyabi, sukaa deh template yang ini cantik soalnya. 


Template view dari Gooyabi
Ini tampilan blog dengan template dari gooyabi-rapid



Tapi ternyata, template-template itu memiliki beberapa catatan merah. Catatan merah inilah yang membuat mom Queen beralih ke lain hati, eh ke lain template maksudnya. Apa saja itu? Berikut uraiannya. 

1. Loading Lambat


Pernah juga memakai template dari Gooyabi yang Rapid/Templatesyard. Meski nilai SEO-nya bagus, tetapi memiliki loading speed yang buruk. Coba lihat gambar dibawah ini.

 
pagespeed gooyabi



Bisa dilihat khan berapa kecepatannya. Bahkan kecepatannya berada di range merah dan orange, untuk mobile dan desktop. Duh! Entahlah kenapa mom Queen memilih template ini. Mungkin karena unyu-unyu itu sih wkwk. Kemudian saat mulai mengecek menggunakan meta SEO inspector susunan heading pada homepage juga amburadul. Hmm gimana mau dilirik search engine jika struktur blognya saja acak kadut.

2. Banyak Mengulik HTML


Alasan lainnya juga mengapa akhirnya menggunakan template dari pihak ke tiga adalah terlalu banyaknya edit HTML bagi si pemilik blogspot. Hmm buat yang biasa 'main' dengan kode-kode tentu ga masalah. Namun bagi mom Queen, itu perkara layaknya uji nyali.

 
seoptimer gooyabi
nilai Seoptimer blog maminca sharing template lama

 
Demi mencapai syarat template yang sesuai SEO parameter dan responsive, maka harus ganti template baru. Dengan niat kuat, mom Queen mantap memilih template dari pihak ketiga. ang SEO friendly.

Fiksioner, Template Blog SEO Friendly dari Igniel


Agar memilih template tak sekadar memilih tampilan yang unyu, syarat memilih template dari pihak ke tiga juga harus sesuai kaidah SEO parameter, responsive dan fast loading. Jangan asal pilih cantik dari luar saja tapi juga cantik didalam #eaa.

Beralih ke template rekomendasi dari coach Marita, mom blogger cupu ini merekomendasikan template blog SEO friendly dari Igniel yaitu fiksioner. Template dari Igniel ini ada versi free donlot dan juga versi premiumnya.

Sebelum mengunduh template Fiksioner, ada baiknya kamu melihat informasi berikut, supaya makin mantul mengapa template ini di rekomendasikan oleh coach Marita.

1. Dilihat dari Struktur Blog


Kamu bisa melihat struktur blog pada template yang diincar dengan meta SEO inspector. Dari sini juga bisa melihat, struktur mana saja yang harus di edit atau dihilangkan. Dari meta SEO inspector, bisa di cek susunan heading dari template tersebut, baik dari versi desktop maupun mobile.

Jangan sampai susunan H1 sampai ada 2 dan lain-lain. Apakah tampilannya sesuai SEO atau tidak? Raportnya banyak 'merah' ga? Jika aman, artinya bisa masuk salah satu kriteria template yang bakal diunduh.

2. Cek Nilai SEO Template


Mari kita cek si Fiksioner dengan menggunakan seoptimer.com. Dengan seoptimer, kamu jadi tahu kan apa yang harus diperbaiki dalam sebuah template blog.

 
seotimer fiksioner


3. Speed Loading Baik


Untuk mengecek speed loading dari sebuah template yang diincar, kamu bisa mengecek page speed di Developers Google. Kamu tinggal memasukkan url dari template yang sudah di unduh. Kemudian kamu masukkan ke menu dan klik analyze. Cek kecepatan desktop dan mobile loading.

Oh ya, kalau masih blog baru angka-angka disini akan menjadi sangat besar ya. Kan semua tergantung dari kondisi masing-masing blog. Semakin banyak artikel akan semakin berat loadingnya.

Kita lihat hasil pengecekan pagespeed dari Fiksioner-nya Igniel ini.

 
pagespeed fiksioner


4. Unduh!


Karena ke tiga syarat di atas sudah terpenuhi, maka mari kita mulai unduh template Fiksioner ini. Oh ya, harap diperhatikan petunjuk yang ada di file dokumentasi. Di situ lengkap apa saja yang harus di edit atau di hilangkan.

Memasang Template Fiksioner


Sudah siap buat menata template blog sesuai SEO?? Dih, kayaknya sudah ga sabar banget yah! Kuy lah, yuk kita mulai yuk.

1. Cari File Donlot dengan Ekstensi Xml


Masuk ke file donlot dan extract file yang kita donlot tadi. File yang kita donlot berupa (dot) zip, jadi harus di extract terlebih dahulu. Kemudian, cari file dengan ekstensi xml. Lalu, klik kanan pilih open with notepad. Select semua file dengan menekan Ctrl+A dan Ctrl+C.

2. Setting Dashboard Blogger

Balik ke dashboard blogger, pilih menu theme - edit HTML. Lalu pilih menu 'edit html', lalu select all dan delete semua file. Pastikan tidak ada yang tersisa. Paste-kan semua file yang dari notepad tadi, dan save!

Selanjutnya kamu bisa mengecek apa-apa saja yang harus di edit di html ini dengan membaca panduan dari fiksioner. Ingat jangan lupa setiap selesai setting apapun, selalu ingat untuk di simpan dan di cek tampilan blognya dengan meta SEO inspector.

3. Hasil Menata Template Blog  


Dan taraaa... 

blog view
lihat perbandingannya :)

Ini dia tampilan blog Maminca Sharing yang baru dengan tema Fiksioner dari Igniel. Cantik kan??

 
fiksioner view
tampilan blog dengan template Fiksioner


Tone warnanya juga soft pastel, girly banget pokoknya. Ahh bikin makin cinta sama tampilannya. Terima kasih atas bimbingannya ya coach Marita dan Blogspedia, dengan gini ku makin cinta dengan blog ini. Oh ya mengenai cerita gimana cara mom Queen menata menu layout di blog ini, agar bisa dapat tampilannya jadi kece begini, insya Allah akan di bahas next artikel yaa.

Sekarang izinkan mom Queen take a breath first, after so many drama when setting up the template. Kamu punya cerita apa dalam memilih dan menata template blog SEO friendly dari Igniel? Sharing yuk!

Salam, 
Mom Queen 


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

18 comments

  1. Akhirnya.. jadi juga ya mbak. Alhamdulillah.. semoga jadi semakin semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  2. Wah aku pun mbak..ngulik yg ada di html macam uji nyali apalgi jika dibarengi dengan kerusuhan duo balita ya..

    Bayik nangis minta gendong, balita merengek minta ditemani main. Kepala muter mikirin html ini yg mana kodenya 😭

    Bahkan udah pakai yg template pihak ke-3 juga masih merasa kebingungan.

    ReplyDelete
  3. Empat link pertama ini kayake emang dah jago deh. Duh, tampak udah macam blogger pro.

    Keren2 ih, aku minder euy!

    Seriusan deh. Bagus-bagus dan keliatan jauh lebih keren sekarang tampilan blognya..
    Duh amal jariyah buat blogspedia dan ownernya

    ReplyDelete
  4. Ngedit template rasanya seminggu nggak cukuup. Harus ngatasin dramanya, nyari waktu buat fokus ngerjainnya. Tapi kalau udah lihat hasil akhirnya yg cantik kayak gini, rasanya lega. Semua usaha terbayar sudahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada perjuangan yg sia2 ya mba, smangat buat kita smua

      Delete
  5. Hi, mbak.. artikelnya runut. Mudah dipahami strong whynya ganti blog.

    Sekarang blognya lebih manis ya. Suka ;) happy blogging!

    ReplyDelete
  6. Manis ya mbak perpaduan warnanya, semoga tambah semangat nulis kita setelah punya template baru 😁

    ReplyDelete
  7. Manis banget warna pastelnya. Bikin makin betah berlama-lama di sini..

    Mb yunniew keren banget emang, panutaaaan..

    ReplyDelete
  8. huaa selamat mba,, semakin semangat ini ngeblog di rumah yang tambah cantik yaa

    ReplyDelete
  9. entah kenapa pake cara unduh sendiri gambar pada ilang akhirnya pake cara ninja mba coach heu heu, keren mba..makin semangat ngeblog di rumah baru yang cantik

    ReplyDelete
  10. Wah makin cantik blognya mbak..
    Suka penjelasannya enak, mudah dipahami..
    Happy blogging mbak

    ReplyDelete
  11. Kisah saat ganti tempkate tuh.. Berasa banget energinya.. Saat lembur sampai pagi sampai gak kerasa waktunya.. Hihii

    ReplyDelete
  12. Mengganti template butuh banyak energi, konsentrasi, dan inspirasi ya mb.

    ReplyDelete
  13. Ganti template emg penuh drama bgt ya mba, bkin puyeng tpi nagih, xixixi

    ReplyDelete
  14. Luar biasa... Jago ah. Bunda mah jauh bangettt

    ReplyDelete
  15. Wahhh... Ternyata kamu lebih hebat dari yang Bunda bayangin. Makasih sudah ngajarin ya...

    ReplyDelete
  16. Drama si emang ganti template mba. Awalnya aku keukeh mau pake templateku yang lama gak mau pake fiksioner tapi pusing sendiri nguliknya wkkwk
    Pasrah deh ganti ke fiksioner biar fast loading :)

    ReplyDelete
  17. Ganti template emang lumayan menguras konsentrasi dan energi. Banyak pertimbangannya. Ga bisa asal template cantik aja..

    ReplyDelete

Post a Comment