header maminca sharing

7 Kriteria Sukses Mendidik Anak Perempuan ala Nabi SAW

Konten [Tampil]

Moms, penasaran ga sih apa yang menjadi kriteria sukses mendidik anak perempuan ala Nabi SAW? Sebagai orangtua dengan dua anak perempuan, mom Queen juga kepo deh gimana caranya mendidik anak cewek yang sesuai tuntunan nabi. Sama ga Moms?

Selama belajar tentang pengasuhan anak perempuan, mom Queen belum ketemu nih 'paket' komplit dalam pengasuhan anak ciwi-ciwi ini. Entah karena ini itunya atau ada hal lain kurang sreg atau gimana, mom Queen juga pinisirin hehe.

Eh, pas ikutan kulwap agar membaca buku terasa nikmat, mom Queen memilih buku yang sudah lama dimiliki tetapi belum sempat 'terjamah' karena banyaknya kesibukan. Baru memasuki hari pertama membaca, mom Queen sudah terkaget-kaget dengan banyaknya insight yang didapat dari membaca buku ini.

  
7 Kriteria Sukses Mendidik Anak Perempuan ala Nabi SAW


Inilah yang menjadi dasar lahirnya tulisan ini. Sebagian tulisan ini disarikan dari buku 'Cara Mendidik Anak Perempuan ala Nabi SAW karya Misran Jusan, Lc., M.A. dan Armansyah, Lc., M. Seperti apa?? Yuk lanjut yuk :)

Perempuan Dalam Pandangan Islam


Islam sangat memandang tinggi derajat perempuan, bahkan Islam adalah agama yang sangat memuliakan perempuan. Ingat bagaimana di zaman jahiliyah, ketika bangsa Arab sangat malu dengan kelahiran anak perempuan. Bahkan ada yang tega menguburnya hidup-hidup, ketika tahu bayi yang dilahirkan istrinya adalah perempuan. Na'udzubillah!

Hingga datanglah agama Islam, yang membawa perubahan yang dahsyat terhadap tatanan tradisi turun temurun di Arab. Agama yang dibawa Nabi SAW ini justru mengedepankan pemuliaan terhadap ibu tiga kali lebih banyak dari ayah.

Seperti yang tercantum dalam hadits berikut

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: “Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali?”. Rasulullah memberikan menjawab “Ibumu” Sahabat bertanya lagi, "siapa lagi ya Rasul?", dijawab lagi "Ibumu!" sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan “Ayahmu”
(HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Dari sini kita bisa membaca bagaimana posisi perempuan sebagai Ibu dalam pandangan Islam. Terlebih ibu adalah madrasah pertama bagi pendidikan anak-anak.

Mendidik merupakan suatu kewajiban orangtua terhadap anak-anaknya. Kadang kewajiban ini tertutupi dengan kewajiban lain seperti menyediakan kebutuhan primer saja seperti tempat tinggal, makanan bergizi, pakaian yang pantas dan semisal. Namun diantara kewajiban tersebut, justru kewajiban yang paling utama adalah mendidik anak-anak, apalagi anak perempuan.

Keutamaan Mendidik Anak Perempuan


Lantas pertanyaannya, mengapa kita harus mendidik anak-anak perempuan kita? Apa keutamaan dalam mendidik anak cewek ini?

  
7 Kriteria Sukses Mendidik Anak Perempuan ala Nabi SAW


Keutamaan mendidik anak perempuan sebagai berikut :
  •  Cara terbaik dalam menjaga dan menanamkan nilai-nilai agama
  • Wujud menjalankan amanah dari Allah SWT
  • Sebagai harapan menjadi anak shalihah
  • Sebagai penyejuk cahaya mata (qurratu a'yun)
  • Menjadi generasi penerus keislaman orang tua
  • Tabungan kehidupan Akhirat
Keutamaan mendidik anak wedok lainnya adalah seperti tercantum dalam hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Majah berikut ini :

"Barang siapa yang memiliki tiga anak perempuan lalu dia bersabar atas mereka, dan memberi makan mereka, memberi minum, serta memberi pakaian kepada mereka dari kecukupannya, maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka pada hari kiamat."

Kemudian, bagaimana cara mendidik anak perempuan sesuai tuntunan syariat Islam. Berikut kita lanjutkeun!

7 Cara Mendidik Anak Perempuan ala Nabi SAW


Ketika seseorang sudah menikah dan memiliki anak, tidak serta merta mereka memiliki kompetensi untuk mendidik anak-anaknya. Orang Tua tetap harus belajar dan 'ngilmu' supaya layak memberikan pendidikan sesuai tuntunan Nabi SAW.

Berikut ini 7 kriteria sukses mendidik anak perempuan yang diajarkan Nabi SAW yaitu 
  1. Ikhlas
  2. Ilmu
  3. Kasih sayang
  4. Sabar
  5. Teladan
  6. Adil, dan
  7. Pemaaf
Point no 1-3 ini adalah poin inti, meski demikian semuanya merupakan satu kesatuan yang bersifat prinsipil dan selalu dibutuhkan.

1. Ikhlas

Jika mendidik anak dengan rasa ikhlas, hanya mengharap pahala dari Allah akan terasa ringan dan dimudahkan.
Jika tidak memiliki rasa ikhlas, akan terasa berat dan banyak tantangan yang dihadapi.

2. Ilmu

Ilmu dibutuhkan untuk mendidik anak-anak, mengetahui aspek penting yang harus ditanamkan seperti akidah, ibadah, akhlak, mental, serta jasmani dan kesehatan.
Apabila tanpa ilmu, pendidikan anak akan salah kaprah dan tidak sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Misal, jika terlalu dini mengajarkan salat dapat menyebabkan anak membangkang dan membenci salat karena dipaksa.

Tetapi, jika di usia 13 tahun masih belum dilatih mengerjakan salat, maka akan sangat sulit membiasakan salat di usia ini.

3. Kasih Sayang

Karena kasih sayang orang tua rela melakukan apapun demi anaknya.
Seperti : Ayah rela bekerja keras demi memenuhi kebutuhan keluarga dan anaknya. Sedangkan Ibu, rela begadang malam hari, bangun untuk menyusui anaknya meski mata terkantuk-kantuk.

4. Sabar

Allah SWT memerintahkan orangtua untuk bersabar dan tidak putus asa ketika mendidik anak. Termasuk ketika bab menyuruh sholat. 

5. Teladan

Tanpa keteladanan, sulit bagi anak untuk percaya kepada kedua orang tuanya. Imam Al-Ghazali sudah memperingatkan untuk tidak menampakkan kemaksiatan kedua orangtuanya di depan anak-anak.

6. Adil

Terhadap anak yang satu dengan yang lainnya harus sesuai porsinya. Adil bukan berarti sama rata, tapi sesuai porsinya masing-masing.

7. Pemaaf

Jadilah orangtua yang pemaaf, maafkan segala tingkah laku anak-anak, kekhilafan diri sendiri dan juga anak-anak.

Di dalam Q.S AL-A'raf [7] : 199 Allah berfirman :
"Jadilah pemaaf, dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh."

Demikian, 7 Kriteria Sukses Mendidik Anak Perempuan ala Nabi SAW. Sebagai Ibu, tulisan ini adalah bentuk kontemplasi diri sendiri. Sesungguhnya mom Queen juga masih belajar dalam menerapkan mendidik anak perempuan ala Nabi SAW ini. Semoga bisa diambil hikmahnya ya. Ada tambahan? Silakan sharing di kolom komentar :) 

Salam,
Mom Queen


Ref
Mutiara Hadist
Buku 'Cara Nabi SAW Mendidik Anak Perempuan' karangan Misran Jusan, Lc., M.A. dan Armansyah, Lc., M.H
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

12 comments

  1. Mantab Kak, ternyata ada 7 kriteria ya, merangkum semua

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, requestnya dikambulkan.. hehe

    ReplyDelete
  3. Hwah terima kasih sekali untuk informasinya, kebetulan sekali saya punya dua anak perempuan yang sedang masanya tumbuh kembang dan lumayan harus belajar banget mendidik anak perempuan yang lebih sensitif dari anak lelaki sepertinya

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah dapat ilmu bagus, boleh dong Bunda share???

    ReplyDelete
  5. masyaAllah terima kasih mb sharingnya.. memang ilmu itu penting juga ya mb, kita sbg orangtua harus terus update biar bisa menyesuaikan zaman anak..

    ReplyDelete
  6. Mendidik anak itu memang harus dengan ilmu. Salah sedikit saja akan berdampak dikemudian hari.
    Terima kasih ilmunya ...

    ReplyDelete
  7. poin 7 yg kadang bikin lupa beberapa orang tua, padahal efek yang ditimbulkan juga luar biasa besar, semoga kita semua menjadi lebih bijak sebagai orang tua dan calon orang tua ya mom, setelah baca ini bener2 terbuka mata untuk memperlakukan anak sebaik mungkin :) terima kasih sharingnya mom :D

    ReplyDelete
  8. Masya Allah..makasih sharingnya mbak..
    Bismillah semoga bisa menerapknnya ke si kakak...

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah dapat insight lagi dari ulasan ini, akupun ibu tiga anak perempuan semua pula. Masya Allah rasanya seperti diguyur hujan di kala terik, terimakasih banyak ilmunya. semoga bisa mengamalkan ..

    ReplyDelete

Post a Comment