header maminca sharing

Aktivitas Pra Membaca Menyenangkan Ala Montessori di Rumah

Konten [Tampil]

Moms, bingung ga sih gimana cara mengajarkan anak membaca? Kayaknya ini masalah semua Buibu ya? Nah kali ini mom Queen mau sharing tentang Aktivitas pra membaca menyenangkan ala Montessori.

Setelah kemarin kita membahas tentang tahapan membaca anak usia dini ala Montessori sekarang mom Queen mau membahas aktivitas pra membaca menyenangkan ala Montessori.

Aktivitas Pra Membaca Menyenangkan Ala Montessori di Rumah


Seperti yang dijelaskan oleh Ms Zahra Zahira, penulis buku Membaca Menyenangkan Ala Montessori, sebagai rujukan mom Queen dalam menulis artikel ini. Bagaimana penerapan tahapan pra membaca bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dirumah maupun di sekolah?

Penerapan Tahapan Pra Membaca Montessori di Rumah dan di Sekolah


Pada awalnya Montessori di setting dan diaplikasikan di sekolah. Teaching training yang pertama kali dibuka di Berlin, diperuntukkan untuk guru-guru pengajar di Eropa, Amerika dan seluruh dunia.
 
Hingga tahun 1968, saat Montessori dideklarasikan secara legal untuk dipakai publik. Elizabeth G Hainstock Melakukan revolusi pendidikan Montessori yang dilakukan di rumah, home based instruction Montessori, yang dibukukan lewat bukunya berjudul 'Teaching Montessori in the Home'. Buku ini kemudian termasuk dalam jajaran buku best seller hingga mencapai cetakan ke-40. Wow!
 
Namun, tetap akan ada perbedaan saat mengaplikasikan kegiatan Montessori di rumah dan di sekolah. Tidak bisa 100% sama.

Tahapan Pra Membaca Menyenangkan Ala Montessori di Rumah

  
Aktivitas Pra Membaca Menyenangkan Ala Montessori di Rumah


Pada Tahapan Pra Membaca Menyenangkan Ala Montessori di Rumah ini ada 10 proses pembelajaran yang bisa dilakukan, antara lain :
  • Bercakap-cakap
  • Bercerita
  • Bernyanyi
  • Membacakan Buku Cerita
  • Mencocokkan Objek
  • Mencocokkan Kartu
  • Mencocokkan Objek dan Kartu
  • Kartu Nomenklatur
  • Thematic Letters Activity
  • Three Period Lesson

1. Bercakap-cakap

Mengajak anak berbincang kecil disaat ada kesempatan, ataupun di kesempatan terjadwal rupanya turut berpengaruh pada kemampuan membaca si kecil nantinya.

2. Bercerita

Mengajak anak bercerita dan menceritakan kembali semisal aktivitas yang biasa dilakukan dirumah atau di sekolah.

3. Bernyanyi

Nah kalau ini, mom Queen yakin deh semua anak-anak pasti suka menyanyi, ternyata menyanyi itu bagian dari persiapan pra membaca lho! Menyanyi dapat membantu memaksimalkan artikulasi anak.

4. Membacakan Buku Cerita

Bagian ini menjadi amat sangat penting dan membantu, membacakan buku cerita pada anak mampu membuat anak mengenal simbol huruf dan kata per kata yang diucapkan. Disarankan membacakan buku minimal 15 menit setiap harinya kepada anak.

5. Mencocokkan Objek

Permainan mencocokkan objek ini juga membantu anak berpikir padanan dari suatu objek.
  
Aktivitas Pra Membaca Menyenangkan Ala Montessori di Rumah

6. Mencocokkan Kartu

Jika pada poin 5 kita menggunakan benda sebagai bahan ajar dan permainan, di poin ini kita menggunakan kartu. Mencocokkan kartu juga berfungsi untuk melatih menyempurnakan koordinasi tangan dan kemampuan memahami simbol huruf.

7. Mencocokkan Objek dan Kartu

Jika anak sudah mulai mahir dengan permainan sebelumnya, maka memadukan keduanya akan lebih mematangkan kemampuan si Kecil dalam memahami bentuk huruf dan kata.

8. Kartu Nomenklatur

Bahan ajar dan permainan dengan menggunakan kartu nomenklatur membantu menyempurnakan kemampuan pra membaca anak. Karena pada kartu nomenklatur ini anak dituntut untuk lebih kreatif memasangkan antara gambar dan bunyi kata.
  
Aktivitas Pra Membaca Menyenangkan Ala Montessori di Rumah

9.Thematic Letters Activity

Dengan permainan bertema juga bisa dijadikan sebagai cara mematangkan kemampuan pra membaca pada anak.

10. Three Period Lesson (TPL)

Three Period Lesson dimulai dengan kalimat penjelasan tentang suatu objek "ini adalah" , kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan "Yang mana objek ini" dan terakhir dilanjutkan dengan tanya "ini apa?". Sederhananya Three Period Lesson dimulai dari tahap: Naming - Recognize - Recall.

Nah Moms, sekarang sudah tahu kan 10 Aktivitas yang bisa dilakukan dalam tahap pra membaca ala Montessori? Sekarang saatnya tinggal mempraktekkannya di rumah, Moms bisa juga mempelajari tahapan membaca anak usia dini terlebih dahulubuntuk memperjelas tiap tahapannya. Ada yang sudah melakukannya? Sharing yuk! 

Salam,
Mom Queen

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

23 comments

  1. Putri saya yang sedang di Taman kanak-kanak kayanya lebih tertarik menghitung (matematika) dibandingkan dengan belajar membaca. Saya sempat bingung juga dengan kondisi seperti itu. Sepertinya memang sebagai orang tua, saya belum paham bagaimana mengajarkan pra membaca yang menyenangkan.

    Terima kasih Mbak Yunniew atas ilmunya, mudah-mudahan bisa saya terapkan bertahap untuk anak saya.

    ReplyDelete
  2. Jika sepuluh aktivitas pra membaca ala Montessori ini diaplikasikan dengan sempurna pasti akan membuat akan jadi gemar membaca.

    ReplyDelete
  3. Jadi kepengen segera punya cucu, biar bisa menerapkan ilmu ini...

    ReplyDelete
  4. Makasih mom quen jadi nambah ilmu lagi, aku mau praktekkan ah ..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mba, sharingnya kereen, tinggal prakteknya inih butuh effort lebih banyak

    ReplyDelete
  6. Pernah baca tentang ini di buku keajaiban membaca tanpa mengeja karya mbak Vidya. Sepakat dengan konsep belajar membaca bermakna ala Montessori. Jadi membaca bukan menghafal, namun merelasikan susunan alfabet dengan makna benda nyata.

    ReplyDelete
  7. Sebagai guru di MI/SD saya masih menemukan anak anak yang kesulitan dalam hal membaca, dan saya akan coba trik ini
    Terima kasih ilmunya

    ReplyDelete
  8. Alamiahnya begitu ya, kalau tahapan ada yang terlewat akan susah buat selanjutnya, bisa sih tapi mengegas anak kesannya.

    ReplyDelete
  9. Kalau 10 aktivitas ini diterapkan, aku yakin Indonesia akan jadi negara dengan angka literasinya tinggi
    Suka sama tulisannya

    ReplyDelete
  10. Setelah si kakak melalui tahap ini, sekarang fokus ke anak tengah yg sedang menjalani tahap pra membaca. Butuh effort, kesabaran, dan kreativitas tinggi tuk emaknya 😅

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ak berhasil ngajarin anakku baca pake montessori ini tanpa paksaan mom, dan we did it usia 5th. Bener2 metode ini bikin anak belajar baca tanpa kaya belajar.

    PRnya aku ada lagi sih. Anak keduaku nih perlu stimulasi mencocok2an nih. Kadang anak kedua ke skip karena kesibukan dll, krg maksimal stimulasinya :(

    Baca ini jadi inget lagi materi2nya. Makasih mba.

    ReplyDelete
  12. Wow, 10 proses yang harus banget diterapin dengan telaten nih kalau besok udah punya anak :D terima kasih insightnya Mom Yunita :D

    ReplyDelete
  13. Wah, bukunya menarik nih, buat kita-kita, pilihan kegiatannya sangat banyak, itnggal kreatifnya orang tua ya

    ReplyDelete
  14. masyaAllah ilmu baru. kegiatan dari no 7 sampai 10 belum pernah ku mainkan dengan anak mb, eksekusi ah~
    makasih sharingnya momqueen..

    ReplyDelete
  15. Ternyata belajar membaca yang kelihatan mudah, butuh skil mumpuni ya... Terima kasih infonya kak. Wawasan jadi terbuka nih

    ReplyDelete
  16. Masyaallah....banyak hal sebenarnya yang bisa kita lakukan bersama anak2. Sayang masa saya dah lewat. Nanti buat cucu kayaknya...heheheh

    ReplyDelete
  17. Pernah sukaaa banget sama Montessori sampai pingin sekolah Montessori. Lama-lama lupa sama keinginan itu, dan baca artikel ini jadi tumbuh lagi rasa itu, pingin belajar Montessori.

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah terimakasih artikelnya mbak, membaca ala montessori ini adalah metode yang paling cocok sama anak saya. Alhamdulillah menunjukkan progress yang baik dengan metode dan alat bantu belajar membaca ala montessori.

    ReplyDelete
  19. Tenyata banyak cara yang dapat orang tua lakukan bersama anak² dengan melakukan hal2 menyenangkan agar minat baca anak2 bisa tumbuh ya mbak. Mksh arikelnya mbak

    ReplyDelete
  20. ternyata banyak ya tahapannya, menarik bangettt mbaaa..

    ReplyDelete
  21. Widiiih, Mbak Yun. Banyak juga tahapannya Mbak. Makasih artikelnya, qaqaa

    ReplyDelete

Post a Comment