header maminca sharing

5 Penyebab Anak GTM, Coba Menu Simple ini!

Konten [Tampil]
  
5 Penyebab Anak GTM, Coba Menu Simple ini!

Moms, pasti bingung kan jika menghadapi anak yang lagi GTM? Apa sih GTM? GTM atau Gerakan Tutup Mulut yang dilakukan Anak adalah keadaan dimana anak menolak untuk menerima makanan yang ditawarkan oleh ibunya. Kondisi gerakan tutup mulut ini pada umumnya sering sekali dialami oleh ibu-ibu.

GTM, Masalah Klasik yang Pelik


Moms, jika sedang mengalami kondisi anak tidak mau makan, pasti ibunya ikut-ikutan mogok makan juga kah? Biasanya saking kepikiran anaknya tidak mau makan jadi ibunya ikut-ikutan GTM juga hehehe.

Masalah GTM ini jika tidak ditangani dengan baik, maka ini akan menjadi sumber masalah yang pelik. Namun, jika Moms sudah mengetahu penyebab anak menolak makan, maka saya yakin Moms akan sangat santai sekali menghadapinya.

Berdasarkan fakta di lapangan, gerakan tutup mulut ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Beberapa penyebab anak menolak makan, antara lain:
  
5 Penyebab Anak GTM, Coba Menu Simple ini!

1. Gusi Bengkak

Ini adalah penyebab nomor wahid anak melakukan gerakan tutup mulut. Gusi bengkak perkara mau tumbuh gigi menjadi satu masalah serius manakala orangtua tidak paham. Jika anak dalam kondisi gusi bengkak, jangan memaksa anak makan makanan yang kita sajikan. Tapi sebaiknya buat anak merasa nyaman dengan kondisinya, guna menghilangkan rasa tidak nyaman pada anak.
 
Biasanya Saya akan mengganti makanan yang biasanya bertekstur agak kasar menjadi tekstur paling lembut. Ini demi mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh sang anak. Anak saya mengalami tumbuh gigi pada usia 6-8 bulan untuk gigi pertamanya. Dan usia 18-24 bulan untuk gigi gerahamnya. Di sini saya mulai mawas diri, persiapan kalau-kalau bayi saya menolak makan. Saya biasanya sudah siap bikin bubur hehe.

2. Tidak Enak Badan

Kondisi anak yang lagi tidak enak badan turut menjadi penyebab gerakan tidak mau makan ini. Pahami kondisi apakah anak dalam kondisi sehat atau justru dalam kondisi tidak enak badan. Biasanya anak sudah mulai menunjukkan geliat tidak sehat dan ibu pasti bisa merasakannya.

3. Mengantuk

Anak yang dalam kondisi mengantuk pun akan melakukan GTM saat diberikan makanan. Terkadang mereka tantrum efek dari ngantuk berat ini. Pastikan memberikan makan, bukan di jam mereka seharusnya beristirahat ya Moms.

4. Kenyang

Moms, kadang anak GTM bukan berarti dia tidak suka dengan menu yang ditawarkan. Tapi mungkin saja penyebabnya karena anak lagi dalam kondisi kenyang. Pastikan saat memberikan anak makanan berat, beri jeda waktu minimal satu jam dari pemberian susu. Karena jika anak dalam kondisi kenyang, dia akan menolak apapun jenis makanannya.

5. Bosan dengan Menu

Jika anak mengalami masa bosan dengan menu yang itu lagi, itu lagi maka bisa disiasati dengan memberikan menu yang bervariasi. Pilihan menu simpel yang saya buat ini bisa menjadi pilihan.

Moms bisa mencoba membuat La Fonte Macaroni Saus Manis. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup simple. Saya sudah mencoba dan alhamdulillah anak-anak pada suka.

La Fonte Macaroni Saos Manis (2+)

  
5 Penyebab Anak GTM, Coba Menu Simple ini!

Bahan :
🍭 La Fonte Macaroni 225 gram, rebus tiriskan
🍭 1/2 siung Bawang Bombay, cincang halus
🍭 3 buah Bawang putih, cincang halus
🍭 Cornet Sapi (Optional) secukupnya
🍭 1/4 sdt Merica (optional)
🍭 1/2 batang wortel, iris tipis memanjang
(me : pakai parutan keju ^o^)
🍭 Keju parut secukupnya (optional)
🍭 100 ml UHT (bisa ganti air putih)
🍭 3 sdm Saos tomat
🍭 1/4 sdt Gula
🍭 1 sdt Garam
🍭 Kecap asin secukupnya
🍭3 sdm Minyak goreng

Cara Membuat :
🍭 Tumis Bawang putih, bawang bombay setelah harum masukkan kornet, setelah tercampur rata, tambahkan keju+wortel parut dan saos tomat.
🍭Tambahkan susu UHT + garam + gula + merica aduk rata, test rasa.
🍭 Masukkan La Fonte Macaroni, aduk rata, beri irisan daun bawang.
🍭Sajikan dengan telur dadar dan irisan tomat

Reaksi anak-anak : Habis!

Yuk lah cobain Moms, resep La Fonte Macaroni Saus Manis ala Maminca. Kalau Moms ada resep anti GTM lain boleh sharing di kolom chat ya!

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

14 comments

  1. aku sih ga bakal nolak La Fonte, enak bangetttt :9

    ReplyDelete
  2. Duh ngiler liat pastinya, ini sih ga anak2 aja yg suka, emaknya jga ikutan makan kayaknya, hehehe

    ReplyDelete
  3. Kirain GTM itu anak nggak mau ngomong ..he he, eh ternyata nggak mau makan He he...
    Tapi kalau masak la fonte,, nggak perlu khawatir, krn nggak di makan anaknya ,,ibunya pasti siap melahapnya. ... Ha ha :D

    ReplyDelete
  4. GTM ini musuh legendaris para emak yang punya balita. Aku ada sih artikel ttg GTM, tapi ditinjau dari sudut pandang yang berbeda

    ReplyDelete
  5. Kirain GTM itu gerakan tutup mulut nggak mau ngomong, eh ternyata nggak mau makan....

    Resep nya pasti bikin anak anak suka

    ReplyDelete
  6. akkk aku juga mau mom kalo itu, makasih sharingnya mom, kupikir pasta hanya boleh buat dewasa ternyata balita boleh juga ya :D

    ReplyDelete
  7. Wah, kalau anakku paling suka LaFonte spagetti yg lidi nih.. Masaknya simple, praktis apalagi kalau tinggal pakai saus LaFontenya juga ^^ hihii,,

    ReplyDelete
  8. Wah aku mau nyoba ah...
    Ankku kemrin sempat GTM rupanya tumbuh gigi mbak. Duh mana kompakan tumbuh barengan area geraham..

    Aku kmrin dah ngelirik nih lafonte yg makaroni ini ehmm udah ada resep mau bikin ah

    ReplyDelete
  9. Ternyata baby punya gerakan tersendiri ya, GTM. Ternyata banyak hal yang jadi penyebabnya ya

    ReplyDelete
  10. Kalau Bunda GTM, dikirim La Fonte gak? pakai mangkok Mickey juga ya 🥰

    ReplyDelete
  11. Adikku susah banget diajak makan, apa itu juga termasuk gtm ya mba?
    Berarti kudu coba la Fonte nih😁

    ReplyDelete
  12. Langsung terpampang nyata resepnya. Ah pingin recook dan pingin juga plate-nya wkwk. Tapi btw, ngadepin anak GTM itu butuh sabar seluas samudera ya :'( harus pinter2 ngide.

    ReplyDelete
  13. jadi inget anakku yang pertama mbak, dia GTM dr usai sampai 2 thn, segala bubur dan makanan tim ga bsa dia makan, hari2 cuma bisa makan buah sama full asi. Alhamdulillah setelah 2 thn apa aja mau hehhe

    ReplyDelete
  14. Wah bikin resep ini sih bisa buat kakaknya si bayi dan ibunya sekalian :D

    ReplyDelete

Post a Comment