header

4 Amalan Hari Jumat untuk Rezeki Menurut Syekh Ali Jaber

Konten [Tampil]

Apa amalan wajib di hari Jumat yang biasa Moms lakukan? Setahu saya dulu amalan wajib di hari jumat itu sangat banyak. Namun menurut Syekh Ali Jaber (alm) ada 4 amalan wajib yang bisa dilakukan di hari Jumat.

Sebelumnya mohon mengirimkan alfatihah untuk sosok ulama Syekh Ali Jaber yang sudah lebih dulu menghadap Sang Khaliq.

Materi ini disampaikan kembali dalam liqo pekanan oleh Teh Ai sebagai Murobbiyah (Guru Pembimbing, pen.) Inti sari pokok bahasan ini di sarikan dari buku Syekh Ali Jaber.

Karena materi ini begitu dahsyat efeknya terutama untuk kelancaran rezeki, maka mom Queen akan menuliskannya dalam artikel blog ini.
    
4 Amalan Hari Jumat untuk Rezeki Menurut Syekh Ali Jaber
Picture by Canva

Mengapa ada amalan spesial di hari Jumat? Karena hari Jumat memiliki keutamaan dibanding hari lainnya dalam sepekan.

A. 4 Keutamaan Hari Jumat


Hari Jumat adalah hari besar bagi umat Islam. Di hari Jumat itulah Allah SWT menciptakan alam semesta. Diantara keutamaan hari jumat itu adalah

1. Hari Penciptaan Nabi Adam Alaihissalam


Selain hari penciptaan nabi Adam, hari jumat juga dijadikan Allah SWT sebagai hari dimana nabi Adam dimasukkan ke surga, dikeluarkan dari surga dan terjadinya kiamat pada hari Jumat. Seperti diriwayatkan dalam hadits berikut. 

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim)


2. Hari Berlimpah Pahala

  
Shalat jumat
Picture by Canva


Hari Jumat disebut juga sebagai hari raya bagi umat Islam, mengapa? Karena pada hari ini, amalan baik mendapat ganjaran pahala berlipat ganda. Sehingga banyak gerakan berbagi biasanya digalakkan pada hari Jumat, seperti gerakan cinta pesantren, Jumat berkah, Nasi Shubuh dan sebagainya. 

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah:216).


3. Waktu Mustajab untuk Berdoa

  
4 Amalan Hari Jumat untuk Rezeki Menurut Syekh Ali Jaber
Picture by Canva


Pada hari Jumat juga kita dianjurkan untuk memperbanyak doa, karena hampir seluruh waktu Jumat adalah waktu terbaik untuk berdoa.

4. Hari Suci bagi Umat Islam


Saya jadi teringat akan lagup Nusa Rara yang mengingatkan tentang keutamaan hari Jumat. Kira kira begini lirik nya
" Hari Jumat hari raya, Semua bergembira! "

Mengapa disebut hari raya? Karena pada hari itu kita akan melihat semua umat Islam berbagi kebaikan dan berbondong-bondong ke masjid dan memuji keesaan Allah SWT. 

" Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS Al Jumu'ah : 9)

B. 4 Amalan Wajib Hari Jumat


Hari jumat memang memiliki keutamaan lebih tinggi dibanding hari-hari lainnya. Untuk itu kita hendaknya memanfaatkan keistimewaan yang diberikan Allah terhadap hari Jumat. Sebagai umat Islam berikut amalan wajib yang bisa dilakukan pada hari Jumat.

1. Bershalawat Kepada Rasulullah SAW


Sebuah hadits yang menyebutkan bahwa kita dituntut untuk memperbanyak shalawat di hari Jumat.

"Perbanyaklah bershalawat kepadaku, di hari Jum'at" (HR Baihaqi)

Di hari Jumat bahkan Rasulullah sendiri yang menyebutkan untuk memperbanyak shalawat kepadanya. Shalawat ini akan berguna untuk mendapat shafaat dari sang Nabi SAW di hari akhir.

Bahkan di dalam Al quran disebutkan bahwa Allah beserta para malaikat bershalawat kepada Nabi. Hal ini tertuang dalam QS Al-Ahzab : 56

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

2. Rutin Membaca Surat Alkahfi

  
Membaca al kahfi di hari jumat
Picture by Canva


Meskipun surat Al Kahfi itu panjang, yaitu sebanyak 110 ayat. Menurut Syekh Ali Jaber seperti yang disampaikan oleh Teh Ai,

" Tidak mengapa jika membaca Al Kahfi tidak selesai sekali duduk. Bisa dibaca dengan cara dibagi-bagi per berapa ayat setiap selesai sholat. Subuh beberapa halaman, dzuhur beberapa ayat. Insya Allah dengan niat yang tulus Allah akan memudahkan dalam membacanya" ujar Teh Ai kala itu.

Apa keutamaan membaca surat Alkahfi pada hari Jumat? Menurut hadits yang diriwayatkan oleh An Nasa'i dan Baihaqi menyebutkan

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, maka dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at.” (HR. An Nasa'i dan Baihaqi)"

Cahaya maksudnya rahmat, keberkahan. Dari jumat ke jumat kita terjaga dari hal yg tidak kita inginkan seperti fitnah Dajjal dan sebagainya.

Jika karena unsur syar'i tidak bisa membaca Al kahfi karena haid, atau nifas, bisa dengan menyimak. Insya Allah menyimak pahalanya sama dengan membaca.

"Orang yang menyimak Al Quran sama pahalanya dengan yang membaca Al Quran."Syekh Ali Jaber.

3. Berdoa di Hari Jumat


Ingat kisah ibu yang ditakdirkan tidak mempunyai anak di zaman Nabi Musa, tetapi karena kekuatan doa, Allah mengubah takdirnya. Doa bisa mengubah takdir Allah, karena rahmat-NYA mendahului takdir. 

Dari Abu Dawud meriwayatkan hadits dari Rasulullah SAW tentang waktu berdoa pada satu jam yang terakhir yaitu setelah ashar.

"Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar." (HR. Abu Dawud)

4. Bersedekah di Waktu Subuh


Jika biasanya ada jumat berkah, dimana umat muslim berlomba-lomba untuk bersedekah karena memang ada keutamaan untuk bersedekah di hari Jumat, terutama di subuh hari.
  
4 Amalan Hari Jumat untuk Rezeki Menurut Syekh Ali Jaber
Picture by Canva


Kenapa harus sedekah subuh? Ada dua alasan yang disebutkan oleh Teh Ai pada bahasan hari itu, yaitu :
  1. Karena dalam Al Qur'an Allah mengikat sedekah dengan sholat. Sedekah juga adalah cara untuk meningkatkan rezeki.
  2. Karena di waktu subuh ada dua malaikat yang berdoa, yang mendoakan bagi orang yang berinfaq, agar hartanya diberkahi. Sedangkan bagi yang kikir dan pelit, kedua malaikat juga berdoa kepada Allah SWT agar hartanya tidak diberkahi.
Masya Allah, dahsyat ya sedekah shubuh apalagi jika sedekah dilakukan di shubuh Jumat. Hari jumat itu sudah penuh dengan keberkahan, maka sudah selayaknya kita mengisinya dengan amalan wajib hari Jumat untuk keberkahan rezeki.

Mari kita tingkatkan sedekah kita. Tingkatkan pahala kita dari jumat ke jumat. Kita bisa mencontohkan amalan wajib hari Jumat ini kepada putra-putri kita.

Harapannya agar kita bisa menjadi teladan bagi mereka, seperti teladan yang diberikan Ummu Imarah kepada putra-putranya, Amiin. Begitu istimewanya Hari Jumat, mari isi dengan 4 amalan wajib di hari Jumat ini. 

Salam,
Mom Queen

References :
Disarikan dari materi Liqo pekanan Ngaji Bareng Online
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

7 comments

  1. Kalau di kampung-kampung biasanya Jumat identik dengan Yasinan, tak salah memang. Namun melirik riwayat yang lebih sahih, membaca al-kahfi seperti di poin nomor 2, lebih direkomendasikan sesuai sunah Nabi. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  2. Andai semuanya meneladani Hari Jum'at pasti indah banget ya :') bahkan seakan hari raya seminggu sekali hehe saling medo'akan dan berbagi. Aku sepintas baca komentar kang Yonal hahahah bener banget biasanya pada baca Yasin, nggak salah juga sih. Tapi lebih baik ditambah surat Al-Kahfi dan amalan lain, wallahua'lam. Masha Allah reminder banget ini :)

    ReplyDelete
  3. Semoga kita semua diberikan kesempatan dan umur panjang serta kesehatan, sehingga bisa melaksanakan amalan-amalan sunnah di hari jumat.... Amin

    ReplyDelete
  4. Masya Allah, semoga kita bisa memaksimalkan beramal di hari jum'at maupun hari-hari lain. Terkadang meski sudah pernah dengar tentang keutamaan hari jum'at, manusia masih suka lalai.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sharingnya, Maminca. Amalan-amalan ini rugi sekali kalau sampai terlewatkan ya. Langsung masukkan ke jadwal harian biar nggak lupa.

    ReplyDelete
  6. Tantangannya adalah bagaimana agar bisa istiqomah dalam melaksanakan ibadah2 ini, masyaAllah

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, sekarang Jumat jadi identik dengan "Jumat Berbagi". Banyak orang berbondong-bondong ngasih sedekah. Entah itu melalui masjid atau turun ke jalan menghampiri orang-orang yang membutuhkan. Adem liatnya, bagi² rezeki lewat sedekah.

    ReplyDelete

Post a Comment