header

Keju KRAFT Crolette, Menu Ramadhan Keluarga

Konten [Tampil]

Ramadhan tiba..
Ramadhan tiba...
Marhaban ya Ramadhan
Marhaban ya Ramadhan
Siapa yang bacanya sambil nyanyi? ayo ngaku? Senangnya menyambut momen bulan suci Ramadhan. Bulan terbaik diantara seribu bulan. Di bulan Ramadhan ini umat muslim siap-siap mendulang pahala berlimpah, insya Allah.
  
Keju KRAFT Crolette Mom Queen

Moms, gimana persiapan menu buka puasa keluarga? Sudah punya rencana menu Ramadhan belum? Nah, dari pada bingung nanti buka puasa atau sahurnya mau masak apa mending baca dulu ulasan Mom Queen tentang menu makanan sehat keluarga selama Ramadhan berikut ini yuk :)

Menu Ramadhan Keluarga, Enaknya Masak Apa ya?


"Buka puasa nanti enaknya masak apa ya?"

Sering nggak mendengar pertanyaan begini? Ini sebenarnya adalah pertanyaan simpel tapi realisasinya memang bikin bingung hehe.. 

Keinginan menyajikan menu buka puasa nikmat atau menu sahur sehat menjadi tantangan tersendiri. Pendeknya waktu penyajian di waktu sahur misalnya, menjadikan para Ibu harus berpikir menu apa yang bisa disiapkan dalam waktu singkat namun tetap bernutrisi.

Kandungan gizi seimbang menjadi salah satu poin penting dalam pikiran ibu untuk menyajikan menu sehat selama Ramadhan.

Tips Menyajikan Menu Sehat Selama Ramadan Dalam Waktu Singkat


1. Buat Rencana Menu Ramadan


Membuat menu plan di bulan Ramadhan nyatanya mampu membantu kebingungan dalam penyajian makanan. Moms sebaiknya membuat rencana menu selama Ramadan dan mulai berbelanja sesuai dengan menu yang akan di masak.

Saya biasanya membuat menu plan secara mingguan, hal ini membuat Saya terbantu sekali dalam mencari ide mau masak apa hari ini. Membuat rencana menu juga menjadikan Saya menghemat anggaran belanja dapur. Lumayan kan Ibu-Ibu biasanya penuh perhitungan hehe.

2. Siapkan Food Preparation


Setelah menyiapkan menu plan, Saya juga jadi lebih terarah dalam memilih belanja di pasar. Kadang, jika tidak membuat menu plan, Saya belanja asal comot, alhasil tak jarang sayur yang Saya beli kadang menguning bahkan membusuk. Ada yang begitu juga nggak Moms?

Nah, sejak menerapkan pola rencana menu selama sebulan, hal seperti ini tidak lagi Saya alami. Selain itu, Saya juga menerapkan praktik menyiapkan bahan makanan alias food preparation.

Food preparation adalah suatu cara menyiapkan bahan mentah makanan sebelum dimasak. Misal, ayam yang akan digoreng sudah dimarinasi terlebih dahulu, atau kangkung sudah siangi, cabai serta bawang sudah dikupas, dan sebagainya.

Intinya menggunakan metode food preparation artinya kita sudah menyiapkan segala sesuatu yang akan dimasak sebelumnya. Hal ini berguna untuk masak secara praktis dan hemat waktu.

3. Siapkan Bumbu Dasar


Satu lagi resep rahasia menyajikan menu sehat keluarga hemat waktu saat Ramadhan adalah menyiapkan bumbu dasar. Bumbu dasar yang wajib ada di dapur Saya adalah bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning dan cabai halus.

Cara membuat bumbu dasar putih ala Mom Queen adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, semuanya dihaluskan. Jika ingin membuat bumbu dasar kuning tinggal diberi kunyit sebagai pewarna kuningnya.

Terakhir diberi dengan sedikit minyak goreng yang dibuat dari sari pati lemak ayam. Nanti kapan-kapan Saya akan cerita cara membuat minyak ayam ini. Rasanya bisa membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat.

4. Membuat Menu Padat Gizi dan Nutrisi


Membuat menu padat gizi dan bernutrisi pastinya menjadi prioritas para Ibu, setuju? Sama Moms, Saya juga begitu. Apalagi semua anak-anak Saya masih dalam masa pertumbuhan. Bahkan yang paling kecil baru belajar mengenal makanan keluarga.

Makanya setiap makanan yang Saya masak harus betul-betul Saya pikirkan kandungan gizinya. Nah masalahnya anak Saya yang berumur 3 tahun dan 5 tahun hanya mau makanan tertentu dengan paduan keju.

Anak Saya yang no 1 paling susah makan nasi kecuali makan makanan yang ada kejunya, seperti roti bakar keju, pisang goreng keju, salad buah dengan toping keju dan semisal. Pokoknya semua yang berhubungan dengan keju.

Lumayan ya, PR Ibu-Ibu zaman now adalah menyiapkan menu masakan keluarga yang tidak membosankan hehe. Saya harus memutar otak makanan apa yang bisa Saya padukan dengan keju.

Bolehkah Anak-Anak Mengkonsumsi Keju Setiap Hari?


Menurut dokter Danny yang dikutip dari alodokter mengatakan, anak-anak yang mengkonsumsi keju setiap hari tidak berbahaya. Keju yang mengandung kalsium dan vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan otak anak.

Namun tetap diperhatikan juga apakah anak mengalami alergi terhadap menu olahan susu ini atau tidak. Bayi yang alergi keju biasanya ditandai dengan gatal, bengkak, maupun kemerahan.

Benarkah Keju Baik untuk Otak Anak?


Keju yang mengandung kalsium tinggi sangat baik untuk otak. Dari liputan6.com Sebuah data menyebutkan bahwa telah dilakukan penelitian di Amerika Serikat dan Australia. Penelitian tersebut dilakukan terhadap seribu orang. Hasilnya orang yang rutin mengkonsumsi keju, susu dan yoghurt memiliki otak dan ketahanan mental yang kuat.
    
Fungsi DHA untuk otak


Selain itu lemak yang berasal dari nutrisi keju sangat berguna untuk mencegah penyusutan otak. Yang kita tahu bahwa sebagian besar otak kita terdiri atas lemak yaitu sebanyak 60%. Lemak yang sangat dibutuhkan otak disebut DHA (Docosahexaenoic Acid). Sumber DHA salah satunya dari keju.

Menu Berbahan Keju, Anti ditolak Anak !


Menu padat gizi dan nutrisi yang Saya pilih untuk disajikan sebagai menu Ramadhan bersama keluarga adalah olahan berbahan keju. Mengapa memilih keju? Produk olahan susu ini hampir bisa diaplikasikan pada semua makanan sebagai bahan pelengkap kudapan khas Ramadhan.

Coba bayangkan, anak-anak yang susah makan sekalipun jika sudah melihat keju sebagai bahan tambahan makanan, pasti mereka akan langsung tertarik. Dari yang menolak menjadi sangat suka. Anak-anak Saya di rumah sangat menyenangi semua sajian dengan tambahan keju diatasnya.

Dari semua merk keju di pasaran Saya lebih cenderung memilih keju KRAFT Cheddar, mengapa? berikut Saya uraikan.

Mengapa Harus Memilih Keju KRAFT Cheddar?


Seperti yang sudah pernah Saya bahas dalam kampanye #KejuAsliCheck bahwa Ibu adalah agen perubahan, penentu masa depan lewat makanan. Lewat keputusan Ibu dalam memilih menu makanan, akan berpengaruh pada nasib masa depan generasi penerus bangsa.
   
Lembar fakta keju KRAFT

Kok bisa ya? Karena makanan salah satu nutrisi otak dan penunjang pertumbuhan. Sama halnya dalam memilih keju, sepertinya terlihat sepele,

"Ah cuma keju aja, semua keju kan sama! rasanya juga sama!"

Mungkin ada yang berpikiran seperti ini? seperti Saya dulu! Saya juga berpikir sebelumnya bahwa semua keju itu sama. Nyatanya tidak Moms. Coba Cek lembar fakta tentang Keju KRAFT Cheddar berikut ini.

Lembar Fakta, Keunggulan Keju KRAFT Cheddar


Fakta di lapangan membuat Saya terhenyak, bahwa tidak semua keju Cheddar berbahan dasar keju Cheddar sebagai bahan utamanya. Masa' iya sih? Mari kita bahas :) 

Berbeda dengan keju KRAFT Cheddar yang memiliki keunggulan dibanding keju lain di pasaran, berikut alasannya. 

1. Keju KRAFT Cheddar Sesuai Kriteria #KejuAsliCheck


Keju KRAFT Cheddar telah memenuhi kriteria sebagai #KejuAsliCheck yaitu berbahan baku tepat dan berkualitas. Pada kemasan keju KRAFT terdapat label pangan yang menempatkan keju Cheddar pada urutan pertama (bukan air atau tepung).
  
Keju KRAFT

Urutan penempatan keju Cheddar sebagai urutan pertama menunjukkan kandungan terbanyak pada keju KRAFT adalah keju Cheddar, bukan bahan lain seperti air maupun tepung.

Ini baru menjadi perhatian Saya dalam memilih keju, setelah Saya mengikuti kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT Cheddar. Coba Moms, mulai sekarang perhatikan label pangan sebelum membeli keju ya :)

2. Keju KRAFT Memiliki Klaim Nutrisi Pada Kemasan


Keju asli New Zealand ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. KRAFT Cheddar dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan Vitamin D. Kandungan bahan ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan otak, terutama anak-anak.

Alhamdulillah, jadi Saya merasa terbantu sekali atas kecukupan kebutuhan nutrisi penting ini. Apalagi tidak setiap hari anak-anak mau makan makanan meja yang Saya masak dengan kandungan protein dan kalsium dari bahan lain.

3. Keju KRAFT Mampu Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian


Fakta menyebutkan jika mengkonsumsi KRAFT Cheddar secara rutin dapat membantu memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin dan protein.

Nah, sebagai Ibu yang sering mengalami masakan kaya proteinnya lebih banyak 'ditolak' oleh anak. Dengan rajin menyajikan penganan berbahan keju KRAFT Cheddar, menjadi andalan Saya memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka.


4. Rasa KRAFT Cheddar Lebih Gurih dan Enak  

Karena kandungan keju Cheddar sebagai komposisi utama pada KRAFT Cheddar, menjadikan rasa keju KRAFT lebih gurih dan enak. Anak-anak Saya jadi lebih sering menjadikan keju KRAFT sebagai camilan. Hmm bahaya kalau sembarangan meletakkan keju di rumah Saya, bisa ludes tak berbekas hehe.. 

KRAFT Crolette, Menu Ramadhan Sehat dan Simpel


Moms, Saya yakin jika selama Ramadhan kita selalu berusaha memberikan makanan sehat dan padat gizi kepada keluarga. Namun, karena pendeknya waktu mempersiapkan menu seperti saat sahur, Moms pasti berusaha memilih menu yang bisa disajikan dalam waktu singkat.

Nah pertanyaannya, menu sahur sehat yang seperti apa yang bisa disajikan dalam waktu singkat namun tetap menggugah selera keluarga? Nih, Saya punya satu resep praktis yaitu KRAFT Crolette.

Apa itu KRAFT Crolette?

    
Menu sahur sehat

KRAFT Crolette adalah kudapan bergizi yang berasal dari telur dan keju KRAFT. Crolette merupakan singkatan dari Crown Omelet. Bentuk sajian akhir yang mirip dengan mahkota membuat KRAFT Crolette menarik minat siapa pun yang melihatnya.

Untuk membuat KRAFT Crolette hanya menggunakan 2 bahan utama saja. Namun sebagai Ibu yang senang berkreasi Moms juga bisa menambahkan bahan lain untuk memperpadat gizinya.

Saya yang melihat resep KRAFT Crolette pertama kali di akun instragram @kraft_id, langsung berpikir bahwa membuat menu keju yang satu ini sangat simpel. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat gampang didapat di rumah kita.

Mengapa KRAFT Crolette Jadi Pilihan Menu Simple Selama Ramadhan?

   
Menu olahan keju

Mengapa Saya merekomendasikan menu KRAFT Crolette sebagai salah satu menu selama Ramadhan? Selain karena bahan utamanya cuma 2 jenis, ada beberapa alasan lain yang bisa Saya jabarkan.

  • Bikinnya Praktis!

Bikinnya praktis dan simpel, hanya menggunakan 2 bahan utama yaitu keju dan telur. Meski demikian, Moms bisa berkreasi menambahkan bahan lain sesuai selera.

  • Menu Bernutrisi dari Keju Asli

Kudapan ringan seperti KRAFT Crolette ini bisa dibilang sebagai solusi sumber nutrisi anti GTM (Gerakan Tutup Mulut) hehe. Karena KRAFT Crolette mengandung protein tinggi dan kalsium yang berasal dari Keju asli produk Mondelez Indonesia ini.

  • Menggugah Selera

Karena bentuknya yang unik, KRAFT Crolette ini juga menggugah selera siapapun yang melihatnya. Bukan hanya anak-anak tetapi juga orang tua. Ya, siapa pun yang melihat sajian menu KRAFT Crolette pasti tak tahan untuk segera mencicipinya.

Berikut ini Saya akan memberikan resep bagaimana cara membuat KRAFT Crolette.

Resep Camilan Keju KRAFT Crolette


Bahan Utama :

2 buah telur
1 buah keju asli KRAFT Cheddar mini

Bahan pelengkap (optional)

1/4 buah Tahu, haluskan
Wortel parut
Sedikit garam
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

  •  Kocok telur tambahkan garam, tahu yang sudah dihaluskan dan wortel parut.
  • Panaskan teflon, beri sedikit minyak goreng dan masukkan telur.
  • Masak dengan api kecil dan tutup
  •  Setelah matang, lipat menjadi tiga bagian, sisihkan.
  •  Parut keju KRAFT Cheddar mini langsung di teflon (disarankan untuk menggunakan KRAFT Cheddar ukuran mini untuk takaran yang pas)
  •  Letakkan telur yang sudah dilipat di atas keju.
  •  Balik dengan spatula (gunakan piring untuk memudahkan)
   
Resep KRAFT Crolette telur gurih


  •  Taraa... Sudah jadi!!! KRAFT Crolette siap disajikan dan disantap bersama keluarga.

Note : resep ini hanya berhasil jika menggunakan Keju KRAFT Cheddar

Apa reaksi anak-anak Saya?? Wah mereka exited sekali, apalagi si Sulung yang memang kegemarannya adalah keju KRAFT. Rasa keju yang garing menambah cita rasa gurih dengan sensasi kriuk-kriuknya itu lho. Hmm memang bikin nagih. Oh ya mau lihat video Saya recook resep KRAFT Crolette ini bisa cek dari video recook KRAFT Crolette ala Mom Queen di instagra @queensha.aleena ya. 

Penutup


Nah, Moms sudah tahu kan mengapa harus menyajikan menu KRAFT Crolette sebagai salah satu menu sehat selama Ramadhan. Jangan lupa untuk selalu memilih keju asli dari KRAFT Cheddar, karena hanya keju KRAFT yang komposisi bahan utamanya keju Cheddar.

Sekarang saatnya eksekusi! Yuk Moms kita berkreasi di dapur dan recook resep KRAFT Crolette nya. Jangan lupa gunakan selalu keju KRAFT Cheddar ya! Ada yang sudah recook? Cerita dong Moms bagaimana reaksi keluarga!

Salam,
Mom Queen

Referensi
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bahayakah-mengonsumsi-keju-setiap-hari
https://www.liputan6.com/health/read/380995/keju-baik-untuk-otak
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

33 comments

  1. Aku penyuka keju. Makanan apa aja yang ada kejunya aku suka. Ya ampun, ngemil kejupun aku mau. Apa lagi keju kraft. Asli, enaknya pake banget. Penasaran nih dengan menu satu ini. Mau coba juga buat cemilan habis tarawih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun suka ngemilin keju ya? Mirip banget kayak anakku kak.

      Delete
  2. Penampakannya beneran menggoda sih. Nggak bakalan ditolak sama anak. Apalagi ada kombinasi keju dan juga telur yang biasanya anak anak suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran kak, resep ini langsung di approved sama anak-anak lho.. Buruan recook juga kak.

      Delete
  3. Keju KRAFT Crolette ini enak banget, bikinnya mudah dan praktis dengan bahan yang ada di dapur. Simpel tapi bergizi dan cocok buat menu berbuka puasa. Kejunya gurih banget, kriuk2 lagi crownya, kesukaan anak-anak banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah best partnya itu emang pas kriuk-kriuk si keju KRAFT ini Kak. Aslik gurih banget ya.

      Delete
  4. Keju kraft memang favorit anak2. Apalagi klo dibikin crollete gini ya. Coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba Kak. Nanti cerita respon anak-anak yak :)

      Delete
  5. penasaran deh pengen nyoba juga buat. semoga nanti gak gagal. keliatannya sih gampang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gampang Kak. Asal ngikutin stepnya dan pastikan pake keju KRAFT Cheddar ya.

      Delete
  6. praktis ya kalau ada keju tuh jadi penggugah selera hihi.. suka banet aku sama kejunya kraft, rasanya lebih gurih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keju KRAFT emang dari keju asli makanya rasanya gurih.

      Delete
  7. Pagi-pagi baca kaya gini jadi pengen deh, apakah aku harus beli keju karft dan mempraktekkan resep ini? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajiiibb mbak!! Kuy cobain yak, tar ku bantu ngabisin wkwk

      Delete
  8. Aku sudah recook nih mb, sekali percobaan juga lgsg jadi. Anti gagal! Tapi memang harus pakai keju KRAFT Cheddar sih ya :D

    ReplyDelete
  9. keju kraft lebih ngeju karena ku juga selalu pakai klo lagi bikin buat isian risoles ayam wortel kentang keju. isian risolesnya jadi gurih dan ngeju banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krju KRAFT emang bisa dipakai untuk resep apa aja ya Kak. Dan itu best banget rasanya.

      Delete
  10. Ya ampun, aku jadi pengen coba deh jadinya bikin Crolette ini, omelet sultan sih jadinya yak hahahah. Pasti enak.

    ReplyDelete
  11. kalau udah urusan perkejuan pasti sih pakainya Kraft karena rasanya enak menurut saya dan pas gurihnya dan bisa dibuat apa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Kak, auto lahap deh. Karena rasanya yang pas gurihnya.

      Delete
  12. Hwaaa baca ini malam2 auto lapar wkwkwk padahal baru buka puasa 2 jam yang lalu wkwkw. Emang sih ini paduan telor dan keju menurutku ngga pernah fail, apalagi kejunya pakai kraft

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh puasa-puasa bisa bikin timbangan nganan ya Kak wkwk

      Delete
  13. Bener banget mba, anak-anak pasti suka ya makanan serba keju, Alhamdulillah kalau tidak apa-apa konsumsi keju tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Favorit anak-anak ini mbak. Gpp asal tidak berlebihan apalagi tidak ada alergi keju, go head kak.

      Delete
  14. pengin coba ah mbak. ini kayaknya juga cocok untuk diet ya. hehehehe. Apalagi aku suka keju dan tahu. Klo anak-anak suka keju dna telurnya

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka banget menggunakan keju craft di beberapa makanan. habis enak banget sih

    ReplyDelete
  16. Mba, anak-anakku dari kecil yang namanya keju Kraft pasti dicamilin gada bosannya setiap hari. Karena rasanya yang gurih, teksturnya yang lembut dan padat bikin anak suka

    ReplyDelete
  17. Duh, gemes sama mahkotanya. Tapi aku masih gagal nih bikinnya... dasar tangan emak nggak biasa pegang wajan nih :D :D

    Meski masih failed, tapi rasanya enak, ngejuu banget... Biasanya aku juga suka bikin omelette pakai keju, tapi paling ditambah taburan keju aja di dalam kocokan telurnya.

    ReplyDelete
  18. Keju juga makanan yang enak...orang dewasa juga suka apatah lagi kalau anak-anak kecil

    ReplyDelete
  19. Keju Kraft kesukaan anak-anakku, mau bikin juga ah biar anak-anak semangat sahurnya

    ReplyDelete
  20. cuma 2 bahan aja tapi rasa dan gizinya lengkap nih, anak juga pasti doyan dengan menu satu ini.
    bisa jadi penyelamat juga nih saat sahur, kalau lagi buru-buru bisa langsung buat ini aja buat menu Si Kecil ya Mbak :)

    ReplyDelete

Post a Comment