header

Service Berkala Motor Yamaha, Ini Harga Terbaru 2023!

Konten [Tampil]

Hi Moms,
Memiliki kendaraan tentu saja harus siap dengan segala perawatan dan salonnya kan? Hehe. Mom Queen memiliki motor matic yang setiap bulan ada jatah ke ‘salon'’ lho. Apa sih yang harus diperhatikan saat motor harus nyalon alias service?

Jika Moms adalah pengguna motor matic Yamaha, tentu ingin tahu bagaimana perawatan serta berapa biaya service berkala motor Yamaha? Melalui tulisan ini Mom Queen akan mengulasnya untuk kamu semua.

Service Berkala Motor Yamaha


Motor Yamaha saat ini memiliki varian yang cukup beragam. Terbaru, Yamaha sudah mengeluarkan motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar yaitu Nmax dan Xmax. Moms tentu sepakat biaya service berkala motor Yamaha dengan volume mesin yang besar akan berbanding lurus dengan biaya perawatannya.

Service Berkala Motor Yamaha

Biaya service berkala motor Yamaha juga ditentukan oleh jenis perawatan apa saja yang dilakukan pada kendaraan roda dua tersebut. Service berkala pada motor bertujuan untuk menjaga kondisi mesin tetap baik dan nyaman selama digunakan.

Apa saja yang dilakukan pada saat service berkala pada motor? Service berkala pada motor dibagi dengan dua tipe yaitu:

Service Ringan


Service Ringan meliputi penggantian oli mesin, oli gear, pengecekan busi, kampas rem, aki, saringan udara,suspensi, pengecekan ban, dan kelistrikan kendaraan. Biaya yang dikeluarkan saat servis ringan relatif lebih murah dibandingkan service besar. Sedangkan,

Service Besar


Service besar adalah service yang menitikberatkan pengecekan kondisi mesin atau perawatannya. Biasanya dilakukan pengecekan bagian dalam mesin yaitu pembersihan kerak karbon, penggantian sil klep dan sebagainya. Service besar dilakukan pada motor dengan pemakaian diatas 3 tahun atau lebih. Biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih besar daripada service berkala kendaraan bermotor.

Apa saja yang dicek pada saat service berkala pada motor? Beberapa hal yang dilakukan pada saat service berkala antara lain:

1. Tune Up Motor


Tune up atau service motor biasanya dilakukan pengecekan bagian-bagian motor secara umum seperti pengecekan tegangan rantai, lampu senin, pengecekan klakson, pembersihan saringan udara, pengecekan CVT dan kondisi kelistrikan secara umum.

2. Ganti Oli


Ganti oli motor akan dilakukan pada saat service ringan. Oli yang diganti meliputi oli mesin dan oli gear. Penggantian oli mesin dilakukan saat motor sudah menempuh jarak 1000-2000 KM atau minimal satu bulan sekali.

Oli gear adalah pelumas gir yang ada pada CVT. Berbeda dengan oli mesin yang lebih cepat diganti, oli gear boleh dilakukan penggantian saat jarak tempuh mencapai 6000-8000 KM.

Berapa harga oli mesin dan oli gear?


Harga oli mesin lebih mahal dibanding oli gear. Menilik dari beberapa marketplace harga oli mesin berkisar antara 30 ribuan hingga 80 ribuan untuk berbagai merk motor. Sedangkan oli gear jauh lebih murah, harga oli gear mulai dari Rp 17 ribuan saja.

3. Pembersihan Saringan Udara


Pembersihan saringan udara menjadi salah satu bagian rutin pada service berkala motor Yamaha. Saringan udara pada mesin motor berfungsi untuk penyaring udara hasil pembakaran maupun kotoran-kotoran dari luar yang bisa saja merusak mesin.

Berapa biaya ganti saringan udara pada motor Yamaha?


Biaya penggantian saringan atau filter motor Yamaha berbeda-beda, tergantung dari jenis motor kamu. Harga filter udara motor matic Yamaha seperti Mio J, Mio Soul, dan Mio Fino harga mulai dari Rp 17 ribuan. Sedangkan untuk motor jenis Aerox, Nmax harga filter udara mulai dari Rp 25 ribuan.

4. Pengecekan Kampas Rem


Pengecekan kondisi rem kendaraan menjadi bagian vital pada service berkala motor Yamaha maupun kendaraan pada umumnya. Kondisi kampas rem akan diganti apabila sudah mengalami penipisan dan mengalami gesekan dengan cakramnya.

Berapa biaya ganti kampas rem motor Yamaha?


Harga penggantian kampas rem motor Yamaha dibagi menjadi dua yaitu, untuk kampas rem cakram bagian depan, harganya mulai dari Rp 9 ribuan. Sedangkan untuk harga kampas rem belakang mulai dari Rp 37 ribuan.

5. Pengecekan Aki Motor


Pengecekan kondisi aki motor menjadi bagian rutin pada service berkala motor Yamaha. Karena aki yang berfungsi menyuplai sumber listrik pada kendaraan untuk menghidupkan starter, menyalakan dashboard motor, fuel pump, dan lainnya.

Pada saat service kendaraan, mekanik akan memeriksa tegangan aki. Dalam kondisi off, tegangan aki adalah 12.3-12.36 Volt. Sedangkan saat menyala tegangan aki menjadi 13.7-14.2 Volt. Apabila aki motor tidak mampu menjalankan fungsinya lagi, maka akan disarankan untuk menggantinya.

Berapa biaya ganti aki motor Yamaha?


Harga aki motor Yamaha original mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 220 ribu. Sebaiknya untuk pembelian aki motor pastikan kamu membeli aki original dari Yamaha ya Moms. Jangan tergoda dengan harga miring 10-20 ribu, tapi durasi pemakaian hanya beberapa bulan saja.

Untuk masalah sparepart motor Mom Queen tidak mau kompromi, harus menggunakan spare part asli. Soalnya pernah punya pengalaman mengganti aki motor dengan yang bukan original (waktu itu service di bengkel biasa).

Tergiur perbedaan harga 20 ribu saja, tanpa babibu Mom Queen langsung menerima tawaran mekanik. Ternyata setelah 3 bulan aki kembali soax. Dibawa ke bengkel resmi ternyata akinya memang sudah kosong. Hiks!

So, belajar dari pengalaman itu saat service di bengkel biasa, Mom Queen selalu minta untuk mengganti dengan sparepart asli meskipun ada penawaran harga yang lebih murah.

Mom Queen biasanya melakukan service berkala pada motor Yamaha matic minimal sebulan sekali atau jika telah jarak tempuh mencapai 1000-2000 KM. Berapa biaya service motor Yamaha di bengkel resmi? Yuk kita lanjut lagi ya.

Biaya Service Motor Yamaha di Bengkel Resmi


Biaya service motor Yamaha di bengkel resmi seperti yang sudah Mom Queen sebutkan diatas tergantung dari jenis motor dan jenis perawatan yang dilakukan. Apakah termasuk service ringan atau service besar.

Biaya service motor Yamaha

Jika hanya melakukan service berkala tanpa adanya kendala pada mesin, semisal mesin tidak mau hidup lagi karena terendam banjir, jamm, dan sebagainya. Pilihan service yang dilakukan adalah service ringan. Biasanya Mom Queen terima beres sih untuk service motor ini haha.

Tapi sebagai Ibu rumah tangga dan manajer keuangan, kita juga harus mengetahui berapa biaya service berkala motor Yamaha di bengkel resmi ya. Berikut estimasi biaya servicenya.

Biaya service berkala motor Yamaha di bengkel resmi

No.

Jenis Item

Harga

1.

Service ringan berdasarkan jenis motor:

-

2.

Motor 2T dan 4T

Rp 77.000,-

3.

Motor matic 115-125 cc

Rp 88.000,-

4.

Motor Byson, MX King dan Vixion

Rp 88.000,-

5.

Motor Aerox dan Nmax

Rp 150.000,-

6.

Service besar untuk jenis motor:

-

7.

Motor 2T

Rp 160.000,-

8.

Motor 4T

Rp 175.000,-

9.

Motor matic 115-125 cc

Rp 200.000,-

10.

Motor Jupiter MX

Rp 200.000,-

11.

Motor Lexi

Rp 200.000,-

12.

Motor Aerox dan Nmax

Rp 250.000,-

13.

Motor  Xmax

Rp 300.000,-

Sumber: dari berbagai sumber

Dari informasi diatas berdasarkan data dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber yang Mom Queen kumpulkan ya. Nah, untuk bengkel resmi Yamaha Batam, kamu bisa cek di alamat berikut.

Bengkel Resmi Yamaha Batam


Bengkel resmi Yamaha

Untuk membawa motor kamu ‘nyalon’ kamu bisa membawanya ke bengkel Yamaha terdekat ya Moms. Bengkel resmi Yamaha sudah banyak dibuka di kota-kota di seluruh Indonesia. Berikut ini alamat bengkel Yamaha terdekat di Batam.

PT Alfa Scorpii Batam Kota
Kompleks Mahkota Raya Blok A No. 1-3A Teluk Tering, Batam Kota, Batam
Telepon: +62821-7495-6600 (booking service)
Jam operasional : 08.00-18.00 WIB (Senin-Jumat), 08.00-16.00 WIB (Sabtu), 08.00-15.00 WIB (minggu)

Yamaha Alfa Scorpii Bengkong
Ruko Grand Town
Jalan Bengkong Baru No.14 Bengkong Laut, Bengkong, Batam
Telepon: (0778) 455-519
Jam operasional: 08.30-21.00 WIB (buka setiap hari)

Yamaha Alfa Scorpii Botania
Yamaha Alfa Scorpii Botania, Belian, Batam Kota, Batam
Telepon: (0778) 749-0877
Jam operasional: 08.30-22.00 WIB (Senin-Sabtu), 09.00-20.00 WIB (Minggu)

Yamaha Sales & Service Sei Beduk
Perum Buana garden
Jalan raya Kp. Bagan Tanjung Piayu, Batam
Telepon: +62811-7786-600
Jam operasional 09.00-21.00 WIB (buka setiap hari)

Yamaha Official Workshop Sei Beduk
Komplek Bukit Sentosa
Jalan S.Parman No.10, Mangsang, Kec. Sei Beduk, Batam
Telepon: +62812-6801-9718
Jam operasional 09.00-18.00 WIB

Penutup


Memberikan perawatan pada kendaraan bermotor memang perlu dilakukan untuk memberi kenyamanan dan keamanan. Perkara biaya service berkala motor Yamaha akan berbeda-beda tiap daerah, tetapi perbedaan harga tersebut tidak terlalu signifikan. Sebaiknya kamu melakukan service kendaraan bermotor di bengkel resmi di kotamu ya.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)
Newest Older

Related Posts

Post a Comment