header

Cari Pop Up Class Montessori Islam Anak 1 Tahun Hingga 3 tahun? Yuk Ke Albata!

Konten [Tampil]

Hi Moms,
Metode Montessori untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun adalah cara menarik bagi anak untuk melatih sensorik motoriknya. Sejak memiliki anak, saya jadi semakin mencintai dunia parenting. Dan of course, salah satu metode parenting yang mencuri perhatian saya adalah Montessori.

Montessori adalah

Metode Montessori lebih mengedepankan hak anak untuk bermain. Meski sambil bermain, tetap disisipi dengan pembelajaran yang menyenangkan. Tidak terfokus pada kurikulum yang saklek.

Prinsip dalam proses pembelajaran Montessori, anak adalah pemimpinnya, sedangkan guru atau orangtua sebagai fasilitator. Bagaimana konsep Montessori untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun? Berikut utulisan Mom Queen.

Montessori Anak 1 Tahun


Pelajaran Montessori untuk anak 1 tahun bisa dimulai dengan melakukan eksplorasi pada semua panca inderanya. Bagi para bayi, panca indera laksana pembelajaran alamiah mereka. Bagaimana mereka mencari tahu sesuatu melalui seluruh inderanya.

Contoh yang paling sering kita lihat adalah bagaimana anak-anak memasukkan benda-benda asing ke dalam mulut dan memakannya. Bagaimana para bayi-bayi kita ini meraba-raba sebuah objek dengan tangannya dan mencoba mencari tahu detailnya. Inilah cara para buah hati kita belajar dan meneliti sesuatu.

Kita perlu melatih dan memfasilitasi keinginan mereka untuk tahu lebih banyak, guna mendukung kecerdasan motorik sensorik anak. Beberapa ide aktivitas bermain ala montessori untuk anak 1 tahun bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas berikut ini.

Aktivitas Montessori Anak 1 Tahun Hingga 18 Bulan


Montessori untuk anak 1 tahun

  • Berjalan tanpa bantuan
  • Merespon sebuah perintah sederhana, seperti membuang sampah, mengambil mainan, dan menendang bola.
  • Mengucapkan empat atau lima kata, hal ini untuk melatih kemampuan bahasa anak
  • Menempatkan objek dalam bejana atau wadah
  • Aktivitas makan sendiri dengan alat
  • Menarik mainan beroda
  • Menandai krayon
  • Bermain petak umpet
  • Bermain dengan cermin, aktivitas ini bisa dilakukan sambil mengenalkan nama-nama anggota tubuh
  • Menebak suara yang berasal dari benda-benda di sekitar seperti suara mainan plastik yang diadu, sendok, piring plastik, dan lain-lain
  • Sensory walk seperti meletakkan benda-benda dengan berbagai tekstur, seperti bantal,keset, selimut, dan semisal
  • Meraba berbagai tekstur, menggunakan benda-benda yang digunakan untuk permainan sensory walk tadi.

Montessori Anak 2 Tahun Hingga 3 Tahun


Aktivitas Montessori anak 2 tahun hingga 3 tahun merupakan lanjutan dari aktivitas Montessori untuk anak 1 tahun di atas. Namun ada pendalaman materi dan fokus pembelajarannya. Aktivitas Montessori anak 2 tahun ini lebih pada pengembangan semua panca inderanya, sekaligus memperluas pengetahuan anak tentang suatu objek.

Misalkan pada aktivitas Montessori usia 2 tahun untuk menebak objek buah. Permainan ini dilakukan dengan menutup mata. Awalnya anak diberitahu jenis buah yang ada, kemudian meraba tekstur serta baunya. Kemudian mata anak ditutup, dan mereka mengambil salah satu buah yang ada. Ajak mereka menebak nama buah tersebut.

Permainan tebak objek ini bermanfaat menambah kosakata anak, serta makin mengasah kemampuan sensorik anak. Adapun aktivitas Montessori lainnya untuk anak 2 tahun hingga 3 tahun adalah sebagai berikut.

Aktivitas Montessori Anak 2 tahun Hingga 3 Tahun


Montessori Anak 2 tahun

  • Mengelompokkan benda sesuai dengan warnanya
  • Melempar bola ke dalam keranjang, manfaatnya untuk memperkuat otot tangan dan memperkuat koordinasi tangan -mata
  • Menyusun balok, dari ukuran paling besar hingga paling kecil, tujuannya untuk memperkuat otot jari dan mengetahui konsep dasar besar-kecil
  • Merangkai pasta, tujuannya untuk melatih ketekunan, kesabaran, dan keterampilan motorik halus yang lebih berkembang
  • Bermain dengan cat air dan kuas, tujuan dari aktivitas Montessori untuk anak 2 tahun ini berfungsi melatih kekuatan otot jari dan motorik halus kasar anak.
  • Menciptakan pola-pola indah dengan buah dan sayur menggiurkan cat air, media buah yang bisa digunakan dari kentang atau potongan sawi, manfaatnya menciptakan kreativitas anak
  • Cetakan telapak tangan dengan cat air, hal ini bertujuan melatih sensorik anak dan mengembvangkan kreativitas serta jiwa seni anak
  • Membuat kreasi dari playdough
  • Menggunting pola dari kertas, tujuannya melatih kekuatan otot jari dan koordinasi mata-tangan
  • Bermain peran, seperti bermain peran sebagai penjual bunga atau sebagai pembeli. Tujuan permainan ini untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan menambah kosakata anak.

Itulah beberapa aktivitas Montessori untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun beserta manfaatnya. Bagi Moms yang sedang mencari pop up class Montessori untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun yang berbasis Islam, bisa mencoba baby class di Albata. Seperti apa kelasnya? Yuk lanjut baca ya.

Kenalan Sama Albata Yuk!


Albata adalah sebuah lembaga pendidikan Montessori Islam yang diperuntukkan bagi anak usia 1 hingga 7 tahun. Di Albata tersedia beragam kelas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Albata pop up class

Adapun kelas-kelas yang tersedia di Albata antara lain Toddler Class, TPQ Kids, TPQ Teens, serta Kindergarten. Dengan tetap mengusung konsep pembelajaran berbasis Montessori Islam, Albata juga membuka pop up class offline bagi toddler dengan materi yang tak kalah menarik.

Bagi Moms yang belum tahu tentang pop up class, Pop up class adalah kelas dasar yang diperuntukkan untuk anak usia dini. Sistem pop up class adalah kelas latihan, makanya cocok ditujukan untuk para bayi berusia 1-3 tahun.

Orang tua yang membutuhkan pop up class berbasis Montessori Islam, di Albata terdapat baby class yaitu Toddler Class Offline seperti berikut ini.

Toddler Class Offline (Home Visit)


Toddler Class Offline adalah kelas belajar anak berupa pop up class atau thematic class berbasis Montessori Islam untuk anak usia 1 - 3 Tahun. Anak-anak mendapatkan pengalaman belajar sambil bermain yang seru dan menyenangkan. Kurikulum yang diberikan sangat komprehensif, disesuaikan dengan rentang usia anak.

Apa sih yang dipelajari di pop up class toddler ini?


  • Khusus untuk kelas Toddler, anak akan mendapatkan learning kit untuk melatih sensorik motorik dengan berbagai tekstur,
  • Mengenal kosakata
  • Kelas olahraga sederhana
  • Pengenalan huruf Hijaiyah,
  • Akhlak dan adab, serta masih banyak materi lain yang dipelajari

Oh ya, setiap anak yang mengikuti pop up class di Albata akan mendapat sertifikat sebagai rekomendasi untuk melanjutkan ke sekolah berikutnya. Enak ya Moms!

Mengapa harus mencoba pop up class toddler di Albata?


Ini alasannya:
  • Toddler Class Offline Albata ini merupakan kelas private berupa home visit.
  • Pembelajaran sesuai Quran dan sunnah dengan metode Montessori
  • Satu siswa satu pengajar (ustadzah)
  • Pengajar (Ustadzah) terbaik yang diseleksi dari universitas ternama di Indonesia
  • Jumlah pertemuan sebanyak 8x pertemuan dalam satu bulan
  • Durasi 60 menit/ pertemuan
  • Include learning kit untuk setiap pertemuan
  • Telah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia

Berapa biaya untuk mengikuti kelas private Toddler Class offline di Albata?


Besaran biaya pop up class untuk toddler class offline adalah Rp 499.000,-. Biaya ini dibayarkan satu kali pada saat awal pendaftaran. Sedangkan uang kegiatan bulanan mulai dari Rp 1.250.000,-.

Moms, untuk baby class Albata sudah banyak diikuti oleh peserta lho. Penasaran kan bagaimana untuk bisa mengikuti kelas ini? Moms bisa cek detail Toddler class offline pada link berikut ini https://www.albata.id/toddler

Bagi Moms yang berada di Surabaya dan sekitarnya, bisa juga langsung mengunjungi Albata pada alamat berikut ini ya.

Albata Surabaya
Babatan Indah B9 No.1 Surabaya
Telepon (+62) 811334436
Email: assalamualaikum@albata.id


Yuk Moms, Ajak Toddler Bermain Sambil Belajar di Albata!




Di dalam Islam anak adalah titipan, kelak kita akan dimintai pertanggungjawaban. Didiklah anak sesuai tuntunan Alquran dan sunnah Rasulullah SAW. Didiklah dengan cara yang menyenangkan dan tanpa tekanan.

Semoga Allah SWT memudahkan langkah kita untuk mendidik anak sesuai tuntunan Alquran dan sunnah. Terutama untuk para toddler. Lakukan dengan cara yang nyaman dan fun.

Menurut saya, Albata adalah tempat belajar Montessori untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun yang nyaman dan menyenangkan. Yuk Moms, ajak para toddler belajar Islam ke baby class atau pop up Albata! Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

17 comments

  1. semoga albata makin punya banyak cabang di seluruh Indonesia ya...agar sistem montesori ini lebih dapat diperkenalkan ke masyarakat lebih luas lagi

    ReplyDelete
  2. Albata kelasnya lumayan beragam, ya. Untuk segala usia lagi, bahkan bisa mulai dari 1 tahun. Recommended nih, bisa online dan offline lagi. Keren

    ReplyDelete
  3. Ini anakku juga suka banget bermain dengan cat air dan kuas, berfungsi melatih kekuatan otot jari dan motorik halus kasar anak. Wah enak ya di Albata pembelajaran sesuai Quran dan sunnah dengan metode Montessori.

    ReplyDelete
  4. Pembelajaran dengan kurikulum montessori banyak disukai orang tua karena anak menjadi lebih terarahkan bakat dan minatnya, apalagi di Albata yang mengkombine dengan ajaran agama Islam, pastinya akan sangat baik perpaduan keduanya untuk pembelajaran anak-anak

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, ada ilmu baru lagi. Pas anak saya yang usia 19 bulan super aktif dan butuh aktivitas-aktivitas untuk melatih kemampuan motoriknya. Sip banget lengkap penjelasannya.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah ternyata ada banyak cara mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak dengan melatih sensor motoriknya menggunakan metode Montessori. Sukses selalu buat Albata karena melatih anak-anak untuk mengembangkan potensinya (Zen)

    ReplyDelete
  7. Pop up class pas banget buat anak batita ya mbak. Anak-anak bisa berlatih. Albata bisa nih jadi rekomendasi,apalagi menerapkan montessori.

    ReplyDelete
  8. Manfaat Montessori memang banyak sekali, selain mengajarkan anak untuk mandiri, mengembangkan kemampuan bersosialisasi, membantu anak dalam menemukan potensi tersembunyi yang ada pada dirinya, juga menumbuhkan rasa percaya diri.

    ReplyDelete
  9. Dulu pas awal montessori ini berkembang, aku penasaran banget pengen anakku belajar montessori sampai aku beli bukunya. Sekarang beruntungnya sudah ada kelasnya juga ya mba, mantap

    ReplyDelete
  10. Wiiih, di Albata ada yang kelas privat juga ya pop up class toddler ya, Mbak. Kukira disini hanya kelas TPQ saja, ternyata ada kelas pembelajaran umumnya juga ya. Keren nih. apalagi pake metode Montessori islam!

    ReplyDelete
  11. Masya Allh, anakku juga gabung Albta, tapi ikut TPA nya aja hihi.. Alhamdulillah o far memang menunjang sih buat belajar tilawati dan murajaahnya, meski lewat online tapi aku nilai tetap efektif buat anakku :)

    ReplyDelete
  12. Orang tua ga perlu khawatir untuk bisa membantu anak belajar dengan menyenangkan ya, bun. Apalagi Albata ini menerapkan fun learning dan metode montessori, pasti anak senamg belajar dan tidak bosan

    ReplyDelete
  13. Wah inii.... pas banget sama aku, apalagi sama-sama di Surabaya kan, aku juga di Surabaya cuma beda kecamatan aja wkwk. Menarik ya kelasnya, kok aku jadi tertarik pengen coba. Pas banget anakku usinya toddler, udah masuk kriteria yg Pop Up Class.. Makasih sharingnya momqueen :*

    ReplyDelete
  14. Bersyukur banget sekarang teknik untuk edukasi anak semakin berkembang ya kak. Saya aja baru denger montessori Islam ini, tentunya bisa membantu anak untuk lebih kreatif dalam bermain dan belajar ya

    ReplyDelete
  15. Waah lengkap sekali ya di albata, pake kurikulum montessori pulaa.. anak2 jdi makin semangat dan seneng belajar ngajinya

    ReplyDelete
  16. Di sini, aku belum menemukan kelas untuk anak-anak dengan metode montessori. So far, tahu ada Albata ini masha allah ya mbak. Semoga semakin banyak Albata di kota-kota lain

    ReplyDelete
  17. Wah bagus banget ini kalo Albata ada juga di daerah deket rumah, para ponakan bisa lebih happy belajarnya

    ReplyDelete

Post a Comment