header

Kriteria Memilih Klinik Bersalin

Konten [Tampil]
Kriteria Memilih Klinik Bersalin


Melahirkan adalah proses yang sakral bagi seorang wanita, maka dalam proses ini hendaknya terjadi secara alami dan minim intervensi. Tubuh wanita dirancang sedemikian rupa untuk bisa hamil dan melahirkan dengan sempurna. Saat dalam kondisi hamil rahim wanita bisa membesar hingga 50 kali lipat dari ukuran biasa, sedangkan tubuh wanita bisa menahan sakit hingga 57 del (normal hanya sampai 45 del) saat melahirkan yang mana setara dengan 20 tulang patah bersamaan.  

Proses hamil dan melahirkan adalah kodrat seorang wanita, semua terjadi sesuai fitrahnya. Tidak ada wanita yang tidak tahu caranya melahirkan jika sudah saatnya melahirkan. Sebenarnya tidak ada langkah yang pas untuk setiap wanita cara melahirkan yang baik, tidak banyak robekan perineum, gentle, tidak panik, tidak takut dan semisal.

Namun persalinan yang diupayakan dengan ilmu akan menjadi persalinan yang gentle dan minim trauma. Memang proses melahirkan terjadi begitu saja, mengalir seperti air. Jika bayi didalam kandungan sudah waktunya dilahirkan maka dia akan memilih caranya sendiri untuk keluar, entah lewat operasi sesar atau normal spontan pervaginam. 

Untuk mencapai kelahiran yang gentle dan minim trauma bisa diusahakan dengan memberdayakan diri dengan ilmu seputar hamil dan melahirkan. Sehingga ketika nanti diamanahi Allah buah hati tidak serta merta kaget dengan kejadian ini itu. Selagi masih bisa belajar, pelajari semua bidang ilmu seputar keibuan. 

Baca juga : Treatmen alami selama kehamilan agar persalinan lancar

Makanya saat mengetahui sudah positif hamil hendaknya diperhatikan sekali mau memilih rumah sakit mana yang hendak dituju dalam membantu proses persalinan buah hati nantinya. 

Memilih Klinik Bersalin yang Cocok 

Berdasarkan pengalaman pribadi, aku akan sharing mengenai beberapa kriteria dalam memilih rumah sakit atau klinik bersalin untuk membantu proses persalinan.

 

Kriteria Memilih Klinik Bersalin


1.Kenyamanan (Pelayanan)

Bisa mencari tahu dari referensi orang yang sudah pernah berobat atau melahirkan di klinik tersebut. Bisa menanyakan juga mengenai pelayanan dan cara penanganan saat melahirkan, lebih tepatnya minta ulasan tentang klinik atau rumah sakit tersebut. Atau sebaiknya minta rekomendasi dari orang-orang terdekat tentang rumah sakit yang pernah dijadikan tempat bersalin. 

2. Kualitas Provider

Nah ini sejalan dengan baik buruknya pelayanan suatu rumah sakit atau klinik. Jika tenaga kesehatan seperti bidan atau dokternya memiliki sikap dan pelayanan yang ramah, sabar, profesional, penanganan cepat dan tepat, pro normal, dan sebagainya tentulah kita sebagai pasien tidak segan untuk merekomendasikan atau memberi 'iklan' gratis ke sesama teman dekat. Apalagi bagi ibu baru, pelayanan yang baik, nakes (tenaga kesehatan) yang sabar, dan ramah tentu menjadi modal utama dalam menentukan tempat melahirkan. 

3.Jarak

Jarak menjadi urutan ke-3 dalam menentukan klinik atau rumah sakit mana yang hendak dituju. Karena ketika kontraksi menyerang, perasaan seorang wanita inginnya segera ditangani dan di cek oleh ahlinya. Terbayang jika jarak dari rumah ke rumah sakit saja memakan waktu berjam-jam, duh semakin panik nantinya. Aku merekomendasikan jarak maksimal 5 km untuk menuju tempat bersalin, pengalaman aku jarak 1 km saja dari rumah ke klinik, rasanya lama sekali hehe

4.Fasilitas 

Berbicara mengenai fasilitas, yang menjadi bahan pertimbangan seperti ketika ada keadaan emergency dan mengharuskan untuk dilakukan tindakan medis tertentu, maka bagaimana dengan fasilitas yang ada. Apakah faskes tersebut memiliki fasilitas untuk tindakan emergency semacam ruang operasi, tenaga kesehatan yang mumpuni, atau koneksi ke rumah sakit tertentu atau tidak. Sebagian besar klinik bersalin memiliki kerja sama dengan rumah sakit-rumah sakit besar. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk bahan pertimbangan dalam memilih faskes. 

5.Biaya 

Biaya melahirkan normal untuk sebuah klinik bersalin berkisar antara 1,5 juta - 2,5 juta. Sedangkan untuk biaya persalinan dengan tindakan operasi sesar berkisar antara 5 juta - 10 juta untuk kelas standar, harga akan menjadi lebih tinggi lagi tergantung dari pilihan kelas rawat yang dipilih nantinya. Sebaiknya jika terjadi tindakan emergency saat melahirkan lebih baik jika menggunakan asuransi kesehatan baik yang disediakan pemerintah atau pun asuransi mandiri. Karena biaya persalinan akan semakin membengkak jika menggunakan jaminan sebagai pasien umum, daripada bingung saat didepan kasir lebih baik persiapkan kebutuhan biaya sejak awal kehamilan. 

Baca juga : Buah yang baik di konsumsi saat hamil

Bukan hal aneh jika seorang wanita yang akan melahirkan akan lebih tenang apabila biaya melahirkan semua di cover asuransi. Karena dibutuhkan budget tersendiri dalam biaya persalinan yang tentunya lumayan. Maka perhatikan juga apakah provider persalinan yang dituju bisa menggunakan 'kartu sakti' semacam asuransi atau tidak. Jika tidak bisa, berarti biaya persalinan 100% di cover secara pribadi. Informasi ini sebaiknya diketahui jauh hari sebelum persalinan. 

Demikianlah sedikit catatan mom Queen dalam memilih provider persalinan. Semoga tulisan singkat ini bisa membantu para calon ibu dalam menentukan tempat bersalin yang nyaman, dan semoga persalinan moms semuanya lancar, normal dan minim trauma, amin. 

Salam, 

Mom QueenMQ 

#indonesiancontentcreator #odopiccday20 #mamincasharing #maminca_providerpersalinan #menulis #yuknulis #maminca_resolusi #KlinikBersalin #KriteriaProviderPersalinan #melahirkan #30HariBercerita


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

22 comments

  1. Aamiin, mudah2an lancar buat yg akan melahirkan.
    Aku jg suka observasi dlu mana provider yang cocokk dan nyaman.

    ReplyDelete
  2. wah memang belanja provider itu kudu wajib banget pas di awal2 ya mbak . tidak hanya review, bener2 harus dateng ngobrol dan riset kecil2 biar tau providernya cocok apa engga ya mbak

    ReplyDelete
  3. Penting banget ya kak belanja provider ini, harus yang cocok juga pastinya.. semangat selalu mbaaak... Salam kenal ya dari Iconcent creator 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, waalaikumsalam Salam kenal juga kak, senang sudah berkunjung

      Delete
  4. persalinan bukan hal yang sederhana ya, harus di rencanakan dengan matang. soalnya aku pernah selama hamil ngecek kehamilan dimana, ngelahirin dimana, beda tempat. soalnya ternyata pas hari H melahirkan si bidan ini malah bikin saya gak nyaman. akhirnya malah pindah dadakan

    ReplyDelete
  5. Bener nih. Untuk memilih provider persalinan memang perlu pertimbangan. Jangan asal memilih. Soal kenyamanan itu yang utama. Alhamdulillaah dua kali melahirkan dapat provider yang bagus dan mendukung buat lahiran normal. Even gak sampai menerapkan gentle birth tapi setidaknya persalinan yang saya jalani terasa nyaman dan minim trauma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah senangnyaa ya kak kalau bisa lahiran normal

      Delete
  6. Bener banget nih 5 kriteria di atas untuk memilih provider persalinan, sebaiknya memang disiapkan sejak awal hamil ya. Jadi udah nggak ribet saat mau menjelang lahiran.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget nih mom sama 5 kriteria diatas, kaya aku pas lahiran yang pertama kurang adanya survey ke provider jadinya kecewa banget sama pelayananya huhhhhy

    ReplyDelete
  8. Betul banget. Saya setuju. Apalagi untuj yang pertama kali melahirkan, wajib mempersiapkan seperti ini.

    ReplyDelete
  9. Wah masih ingat dulu melahirkan 3 anakku pakai kartu kesehatan, apaya askes klo tak salah, prosedurnya gampang banget, nggak kayak sekarang ribet.

    ReplyDelete
  10. Infonya menarik banget nih. Memang pemilihan provider yg tepat membuat sangat ibu nyaman pas Hari H nya ya.. Aku dl jg compare dl antara diantara beberapa provider baru diambil yang sekiranya sesuai pilihan hati baik aku maupun suami

    ReplyDelete
  11. wah ga boleh asal milihnya ya kak, ilmu baru buat cewek single yang nnti bakal jadi ibu, hihihihi thx bundaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sama-samaa maaf atas segala kekurangan kak

      Delete

Post a Comment