header

Jasa Pengiriman Barang Murah dan Efisien dengan LJR Logistics

Konten [Tampil]

Kebutuhan untuk jasa pengangkutan barang dewasa ini menjadi kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan. Semakin berkembangnya dunia usaha baik lokal maupun international menjadikan kebutuhan untuk jasa angkutan barang dengan biaya murah dan cepat menjadi prioritas.

Apalagi jika kita berbicara mengenai perpindahan barang dalam jumlah yang besar seperti jasa kirim dengan menggunakan Full Container Load (FLC) ataupun Less Container Load (LLC).

Berkembangnya Dunia Usaha di Indonesia Berbanding lurus dengan Kebutuhan Jasa Pengiriman Barang

Minimnya informasi yang bisa didapatkan terutama oleh pelaku usaha mikro yang baru berkembang menjadikan hanya sedikit saja yang bisa memanfaatkan jasa kirim ini.

Padahal jika dicermati pengiriman dengan menggunakan logistik berbiaya murah bisa menghemat biaya produksi. Penghematan yang besar pada biaya produksi tentu bisa meraup laba yang lebih besar.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini dunia bisnis seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sedang dalam perhatian pemerintah.

Sebut saja seperti Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), ditahun 2021 pemerintah kembali berencana menggelontorkan dana sebesar 15,36 triliun untuk disalurkan kepada 9,8 juta pelaku usaha Mikro.

Para pelaku usaha Mikro ini bertambah dari angka awal 9,8 juta naik sebesar 3 juta orang ditahun ini sehingga total penerima BPUM ditahun 2021 diprediksi berkisar 12,8 juta pelaku usaha.

Fakta ini menunjukkan bagaimana geliat dunia usaha di Indonesia dari hari ke hari semakin berkembang. Dengan semakin berkembangnya dunia usaha di Indonesia akan berbanding lurus dengan kebutuhan jasa pengiriman barang hingga warehousing.

Pengertian Logistik dan Faktor Pendukung Kelancaran Proses Logistik 

Dikutip dari Accurate.id pengertian logistik adalah bagian dari ilmu manajemen yang mana serangkaian proses aktivitasnya saling berkaitan dan dikerjakan secara bertahap, serta memiliki tujuan dalam mengelola dan memelihara barang ataupun alat perlengkapan tertentu. Serangkaian proses ini tentu harus memenuhi faktor yang dapat mendukung terciptanya kelancaran dalam hal pengadaan dan pasokan barang dalam waktu yang cepat dan tepat. Faktor pendukung kelancaran semua alur perpindahan barang akan berdampak pada lancarnya jalur distribusi logistik untuk sampai ke konsumen. Ada beberapa faktor pendukung yang harus dimiliki demi kelancaran proses distribusi logistik antara lain :

1. Lokasi Fasilitas Logistik

Memiliki lokasi fasilitas logistik adalah salah satu faktor pendukung jasa pelayanan logistik yang mampu mendongkrak kepuasan konsumen. Bentuk penyediaan layanan fasilitas logistik ini antara lain seperti pabrik, gudang, dan toko pengecer. Pemilihan lokasi yang strategis juga menjadi salah satu faktor yang mesti diperhatikan guna memberi kelancaran proses pendistribusian barang. 

2. Transportasi

Pilihan moda transportasi yang cepat dan aman menjadi faktor penting berikutnya. Kecepatan transportasi menjadi salah satu alasan dibalik pemilihan jasa pengiriman barang. Beberapa hal seperti biaya, kecepatan, dan konsistensi pengiriman bisa memengaruhi kualitas pelayanan transportasi. 

3. Manajemen Pengadaan Barang

Bagaimana cara perusahaan untuk mengatur dan mengelola persediaan barang hingga sampai pada proses penyimpanan (storage) dan pendistribusian kepada konsumen. Proses flow ini membutuhkan kemampuan manajerial yang mumpuni dari perusahaan agar mampu bersaing dikancah nasional maupun internasional. 

4. Komunikasi 

Faktor pendukung kelancaran proses pendistribusian logistik berikutnya adalah komunikasi. Kegiatan untuk saling berbagi informasi pada seluruh alur kegiatan logistik diantara orang per orang yang menduduki setiap posisi tertentu sangat berperan dalam kelancaran pengiriman barang. Informasi yang selalu ter-update tentu sangat dibutuhkan oleh setiap bagian jalur distribusi. 

5. Penyimpanan

Penyimpanan barang-barang yang akan di kirim dari tempat asal ke tempat tujuan mencakup seluruh aspek operasional logistik seperti pengepakan, pergerakan, dan pengemasan. Tempat penyimpanan barang yang aman dan minim resiko kerusakan tentu menjadi hal yang patut diperhatikan. 

Tantangan Jasa Pengiriman Barang dimasa Pandemi 

Dimasa pandemi ini tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan yang berbasis jasa pengiriman barang atau ekspedisi mengalami tantangan tersendiri. Diantara tantangan yang ada yaitu masalah biaya sumber daya manusia (SDM), likuiditas perusahaan, dan kepastian operasional. 

◾Biaya Sumber Daya Manusia (SDM)

Industri jasa kirim barang termasuk ke dalam sektor padat karya. Pengiriman Barang yang bersifat fisik ini tidak bisa digantikan dengan teknologi, harus ada campur tangan sumber daya manusia (SDM) didalamnya. Kondisi ini menuntut perusahaan ekspedisi, meski situasi sedang pandemi dengan pembatasan sosial tetap harus bekerja seperti biasa. 

◾Likuiditas Perusahaan

Kemampuan perusahaan untuk melunasi utang jangka pendeknya karena adanya kontrak kredit yang mengikat tetap harus dilakukan sedangkan ekonomi mengalami laju penurunan. Memang hal ini hampir dialami oleh semua dunia usaha, makanya pemerintah berupaya mengurangi beban pelaku usaha dengan memberikan berbagai keringanan dan subsidi suku bunga kredit. 

◾ Kelancaran Operasional

Seperti diketahui bahwa selama pandemi covid-19 pemerintah berbagai daerah ramai menerapkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal ini tentu saja mengganggu kelancaran dan kecepatan pengiriman barang yang sangat berpacu pada timeline. Waktu yang 'ngaret' tentu saja berimbas pada pertambahan biaya operasional. Untuk itu selama pandemi ini pemerintah berupaya menerapkan aturan pengecualian untuk bidang usaha ini demi kelancaran pengiriman barang.

Tantangan Pengiriman Barang ke Wilayah Indonesia Timur

Belum lagi tantangan pengiriman ke wilayah Indonesia bagian timur, kerap kali merasakan kesulitan dalam mengakses transportasi. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Komersial PT Pos Indonesia Charles Sitorus yang dilansir dari laman bisnis.com mengatakan bahwa 

"Pengiriman dari dan ke kawasan Indonesia timur kerap tergantung kepada jalur udara alias pesawat, namun jadwal penerbangan yang ada belum seramai lalu lintas udara di kawasan barat. Kadang masalahnya muncul begini, saat berangkat kirim ke sana (timur), barang ada tetapi saat hendak balik justru kosong," ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (14/7/2020).

Beliau juga menilai bahwa ongkos logistik di Indonesia yang secara umum tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Perbedaan biaya ini bisa mencapai 20% dari negara-negara tetangga. Belum lagi mengenai masalah standarisasi packaging (pengemasan) barang. Standarisasi pengemasan penting diperhatikan guna meningkatkan efisiensi ketika loading dan penumpukan barang di kontainer terjadi. Masih terbatasnya jasa kirim barang murah dan efisien yang dapat menjangkau wilayah timur Indonesia turut menjadikan naiknya biaya ini. 

Menjawab tantangan ini, telah hadir saat ini sebuah perusahaan jasa kirim barang PT. Lestari Jaya Raya Logistics atau di singkat LJR Logistics. Perusahaan LJR Logistics ditahun 2002 menancapkan sejarah baru dengan melayani  pengiriman barang ke wilayah timur Indonesia seperti Ambon, Sorong,  Manukwari, dan Jayapura. 

Sejarah Perusahaan

Perusahaan LJR Logistics yang awal mula berdiri berbasis di Makasar (saat itu bernama Ujung Pandang), kemudian perusahaan ini ditahun 2005 membeli ruko di Kawasan Bizpark Penggilingan Jakarta Timur. Dari sini perusahaan LJR Logistics mulai berkembang dan dikenal. Perusahaan yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan logistik dan jasa pengiriman barang yang terhandal dalam memberikan pelayanan bagi negara dan masyarakat Indonesia ini mulai melebarkan sayap dengan membuka cabang di Surabaya, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Balikpapan, Palu dan Manado.

Jasa Pengiriman Barang Murah dan Efisien dengan LJR Logistics

Demi meningkatkan kualitas dan variasi pelayanan dalam pengiriman barang LJR Logistics mendirikan anak perusahaan baru yang bernama Pelangi Sukses Cemerlang ( PSC ) untuk kebutuhan pasar trucking khusus di wilayah Sumatra ditahun 2012. Saat ini Pelangi Sukses Cemerlang ( PSC ) sudah berkembang pesat dengan melayani pengiriman trucking bukan hanya wilayah Sumatra saja tetapi sudah merambah ke wilayah pulau Jawa, Bali, NTB dan NTT. 

Sedangkan untuk melayani jasa angkut dengan Freight Forwarding, LJR Logistics mendirikan anak perusahaan baru lagi di tahun 2019 yaitu, Mentari Jaya Raya ( MJR ). MJR ini khusus melayani angkut barang dengan trailer. LJR Logistics kini sudah memiliki 18 cabang, 8 HUB, 6 Station.

Visi & Misi Perusahaan 

Jasa Pengiriman Barang Murah dan Efisien dengan LJR Logistics

Perusahaan PT. Lestari Jaya Raya Logistics memiliki visi dan misi sebagai berikut :

◾Menjadi perusahaan yang meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya manusianya, negara dan masyarakat Indonesia.

◾Menjadi perusahaan logistik dan jasa pengiriman barang yang terhandal dalam memberikan pelayanan bagi negara dan masyarakat Indonesia. 

Dengan menganut sistem pelayanan Service +1, PT Lestari Jaya Raya Logistics berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, demi mencapai kepuasan pelanggan. 

Jenis Layanan LJR Logistics

Untuk menjawab setiap kebutuhan pelanggan, Saat ini LJR Logistics melayani berbagai jenis armada pengiriman. 

1. Air Freight Service

Ketika kebutuhan akan barang diterima dengan cepat karena bersifat penting dan mendesak, maka harga bukan lagi menjadi kendala. Memilih menggunakan Air Freight Service dari LJR Logistics sangat tepat karena keunggulan dari pelayanan Air Freight Service ini adalah:

◾Memiliki jadwal keberangkatan setiap hari. 

◾Bisa menghemat waktu, pengiriman barang menjadi lebih cepat diterima oleh pelanggan.

◾Pilihan armada yang digunakan adalah maskapai-maskapai berkualitas dan telah berpengalaman selama puluhan tahun dalam hal pengiriman barang. 

2. Sea Freight Service 

◾Jadwal keberangkatan kapal hampir setiap minggu dan dengan kapasitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

◾Solusi tinggal untuk kategori barang atau jenis kargo yang dianggap dapat menganggu aktivitas penerbangan seperti yang mengandung cairan atau alkohol. 

◾Layanan fleksibel untuk muatan kontainer. 

LJR Logistics memberikan solusi untuk muatan kontainer penuh/Full Container Load (FCL) maupun Less Container Load (LCL) atau kurang dari muatan kontainer, hingga kargo curah/non kontainer dari dan ke pelabuhan mana pun di seluruh Indonesia. 

3. Land Freight Service

Jasa Pengiriman Barang Murah dan Efisien dengan LJR Logistics

Saat ini dengan 18 cabang di seluruh tanah air dan 230 lebih unit armada yang dimiliki dengan berbagai jenis dan kapasitas,. Layanan land freight service memiliki kelebihan sebagai berikut :

◾Setiap pengiriman untuk Land Freight Services menggunakan aset milik LJR sendiri, mulai dari pergudangan hingga unit-unit armada dalam pendistribusian barang. 

◾ Setiap armada LJR Logistics dilengkapi teknologi GPS termutakhir, untuk memastikan setiap pengiriman terkontrol dan terkirim dengan aman hingga sampai pelosok-pelosok daerah yang sulit dijangkau.

◾Sistem door to door service yang dapat diandalkan. 

◾ Harga yang kompetitif untuk kualitas layanan maksimal. 

4. Packing and Moving

Jasa Pengiriman Barang Murah dan Efisien dengan LJR Logistics

Layanan packing and moving ini menjawab kebutuhan pemindahan rumah/kantor/gudang/tempat usaha, baik antar kota maupun provinsi di seluruh Indonesia. Keunggulan dari layanan ini adalah :

◾ Layanan Full Services

Mulai dari pengecekan dan pengawalan barang dari tim yang melakukan pengepakan di lokasi awal, proses packing, pengiriman hingga pengantaran di tempat tujuan dengan aman.

◾Menjamin keamanan barang karena terdapat pilihan packaging yang sesuai kebutuhan pelanggan mulai dari karton box, bubble pack, styrofoam hingga packing kayu untuk barang Mudah rusak.

5. Warehousing

Intelligent Warehouse Solution atau layanan logistik pergudangan melalui LJR Logistics menawarkan untuk pengiriman dengan kecepatan, efisiensi, dan fleksibilitas yang lebih besar. 

◾ Luas warehouse lebih dari 4000 m2, Menjawab kebutuhan untuk penyimpanan yang komprehensif semua jenis kargo. 

◾Waktu yang fleksibel

Memastikan keinginan pelanggan agar kebutuhan menyimpan dan melepaskan barang setiap waktu dapat terpenuhi. 

◾ Menjawab kelancaran siklus transportasi barang. 

6. Specials Handling Shipment

◾Layanan ini berlaku untuk pengiriman yang membutuhkan tenaga dan sistem yang kompleks dalam proses pengiriman hingga pengantaran ke outlet.

◾ Berpengalaman dalam mendistribusikan produk hingga ke pelosok daerah termasuk yang membutuhkan sistem penanganan ekstra seperti distribusi vaksin. 

◾ LJR memiliki cold chain system terpercaya yang dapat diandalkan.

◾Memiliki armada khusus dan sistem penyimpanan yang dapat menjaga suhu vaksin tetap normal di kisaran 2-8° Celsius.

Jasa Pengiriman Barang Murah dan Efisien dengan LJR Logistics


Bagaimana Anda tertarik menggunakan LJR Logistics? Silahkan menghubungi kontak yang tertera di website LJR Logistics. 


#LJRLOGISTICS #LOGISTIKJAKARTA, #EKSPEDISIMURAH #WAREHOUSEJAKARTA, #PERGUDANGAJAKARTA 


References :

www.ljrlogistics.com

https://m.bisnis.com/amp/read/20200520/98/1243154/ini-tiga-tantangan-perusahaan-jasa-kiriman-ekspres-saat-pandemi

https://banjarmasin.tribunnews.com/amp/2021/04/30/cara-dapat-blt-umkm-2021-tahap-3-cek-eformbricoidbpum-untuk-bantuan-rp-12-juta?page=2







Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

18 comments

  1. Sebagai reseller kuker di bulan Ramadan aku jg merasa terbantu ni kirim2 pake jasa ekspedisi

    ReplyDelete
  2. Boleh nih, ekspedisi terbaru..recomended bangett..👍

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Jasa pengiriman LJR ini menjawab kebutuhan bisnis yah untuk mengirim barang dewasa, so recomended banget

    ReplyDelete
  5. Waah baru tau ada jasa pengiriman ini, bisa nih buat kirim-kirim barang ke pembeli hehe

    ReplyDelete
  6. Saudaraku juga sering ngeluh nih kalau ngirim paketan ke Indonesia Timur pasti ongkirnya lebih mahal daripada barangnya. Untung sih LJR Logistics bisa menjadi solusi.

    ReplyDelete
  7. Makin banyak pilihan ekspedisi nih. Memang zaman selarang yang belanja pun online, belum lagi pandemi, perlu bgt pilih ekspedisi yg trusted :)

    ReplyDelete
  8. luar biasa ya meningkatnya permintaan jasa logistik setelah masa pandemi ini :) jadi makin banyak jasa logistik baru yang pelayanannya jg luar biasa :)

    ReplyDelete
  9. aku baru tau soal LJR Logistik ini lho kak, aku biasa pake yang standar, hehehe. Kalau ada konsumen yang beli dari Indonesia timur aku bisa pake LJR nih nanti

    ReplyDelete
  10. Las aku kepoin soal LJR ini juga biaya kirimnya relatif murah yak. Mendukung umkm bgt lah pokoknya 😍

    ReplyDelete
  11. emang kendala banget kalau ngirim ke luar jawa itu entah harga maupun estimasi waktunya yaaa. LJR nih ternyata mempertimbangkan hal tersebut, besok2 coba tengok LJR ah kalau mau kirim2

    ReplyDelete
  12. Lengkap sekali ya meskipun masih terbilang baru, bisa buat referensi klo pas pindahan nih

    ReplyDelete
  13. LJR? Hmm baru denger sih. Tapi kalau memang layanannya mumpuni boleh dijadikan rekomendasi nih

    ReplyDelete
  14. Udah banyak banget ya jasa pengiriman barang, kayak si LJR ini. Baru denger malah, boleh tuh dicoba..

    ReplyDelete
  15. Aku baru denger lo tentang ekspedisi ini. Sekarang makin banyak ya pilihan kargo, sebagai konsumen kita jadi semakin banyak pilihan. Tinggal pilih yang sesuai budget, dan tentunya yang kualitasnya oke kek LJR ini.

    ReplyDelete
  16. Wah LJR logistik lebih murah ternyata biayanya dibanding ekspedisi yang kupakai. Bisa jadi andalan UMKM nih

    ReplyDelete
  17. Baru dengar jasa pengiriman ini. Sudah mulai banyak cabang ya.

    ReplyDelete

Post a Comment