header maminca sharing

7 Manfaat Content Plan dan Peluang Job Blogger

Konten [Tampil]

Heyyuu... Iya kamu! Selamat ya sudah sampai di babak ini. Content Plan adalah materi pamungkas dalam kelas Blogspedia Coaching For Newbie batch 2 ini. Ada rasa rasa haru, sedih sekaligus happy campur aduk menjadi satu.

Sedihnya karena ini materi terakhir, artinya ga ada lagi coach Marita yang akan cuap-cuap ngajakin mojok tiap Senin dan Kamis malam. Happynya adalah akhirnya bisa juga sampai di materi terakhir. Yeiyyyy!!! Alhamdulillah ya Allah. Meskipun.. masih ada satu lagi challenge yang menanti di depan sana beberapa hari lagi. Apa itu? Next artikel ya, mom Queen cerita.
 
Title blog

A. Mengapa Harus Membuat Content Plan?


Dalam materi terakhir ini, coach yang biasa menyebut dirinya mom blogger cupu ini menjelaskan tentang pentingnya mempunyai sebuah content plan bagi seorang blogger. Konon mengutip dari coach Marita bahwa orang bijak berkata :
"Perencanaan yang matang adalah separuh jalan dari kesuksesan"
Jadi, teringat dulu, ibunya mom Queen selalu mengingatkan agar mempersiapkan semua perlengkapan sekolah sebelum tidur. Rupanya orang tua zaman dulu pun sangat paham tentang konsep planning ya. Nah, sekarang kita tinggal mengulang-ngulang kembali konsep planning atau perencanaan itu. Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk kemajuan rumah maya alias blog kita. Siap? Bismillah!

A.1 Pengertian dan Tujuan Membuat Content Plan


Sebelum berbicara lebih jauh tentang content plan, dalam hal ini bahasan kita terkhusus tentang blog content. Ada baiknya kita menelisik lebih jauh tentang arti dari blog content plan.

Blog content plan adalah perencanaan konten atau isi dari sebuah blog dalam jangka waktu tertentu. Membuat Content Plan bertujuan untuk merencanakan arah, proses dan goal yang ingin dicapai dalam kegiatan blogging.

Tujuan lainnya dari proses membuat content plan ini adalah membuat jadwal posting menjadi lebih teratur dan proses memetakan keyword menjadi lebih terarah.

Oh ya, satu lagi tujuan dari content plan yang paling penting yaitu memudahkan dalam membuat outline artikel. Jadi, jika telah membuat konten plan, ga ada lagi deh yang namanya kena serangan writer's block

A.2 Blog Content Sample


Nah, pertanyaannya, bagaimana cara membuat content plan. Gampang kok. Coach Marita membagikan beberapa cara dalam membuat blog content plan yaitu:

☑️ melalui cara klasik dengan menulis manual, ditulis di buku dan dikasih printilan ala art journaling gitu boleh juga.

☑️ Ada juga dengan menggunakan printable yang bisa di donlot bebas di internet. Atau jika rajin dan kreatif bisa buat dengan desain canva, dicetak di ukuran besar dan tempel deh dimeja kerja.

☑️ Yang terakhir ini dengan menyimpan dalam bentuk digital. Bisa dengan aplikasi excel atau google sheet.

Ini contoh blog content mom Queen untuk ODOP (One Day One Post) selama seminggu ke depan.
 
Content plan sample

B. 7 Manfaat Blog Content Plan


Adapun manfaat dari Blog Content Plan adalah sebagai berikut:

1. Membantu jadwal posting konten lebih teratur.

2. Merencanakan konten yang seimbang untuk setiap kategori.

3. Menyediakan konten yang banyak peminatnya

4. Membantu memutuskan mana ide yang terbaik

5. Mengatasi writer's block

6. Lebih mudah dalam mencari postingan terdahulu.

7. Menghemat waktu.

Pada saat orang lain masih belum menentukan hendak menulis apa, Blogger yang membuat blog content plan sudah memiliki daftar tunggu tulisannya, mulai dari seminggu, sebulan, 3 bulan bahkan setahun.

B.1 Goal Plan


Setelah membuat blog content plan, maka selanjutnya adalah kita membuat goal plan. Goal plan adalah perencanaan target yang ingin dicapai dalam rentang waktu tertentu.

B.2 Tips Membuat Goal Plan


Dalam membuat goal plan, ada 5 unsur yang harus diperhatikan, yaitu

1. Spesifik

Target yang hendak dibuat, haruslah ditulis sespesifik mungkin. Bahkan kalau perlu menyebutkan merk dagang, sebut saja ga masalah.

2. Measureable (Terukur)

Setiap goal plan yang kita buat, hendaknya terukur sesuai dengan kemampuan kita pribadi. Jangan asal menentukan target tanpa tahu batas kemampuan sendiri. Misal target page view (PV) sebulan 5000 pengunjung, artinya dalam sehari minimal ada 150-200 pengunjung. Jika tidak mencapai angka ini, maka di bulan berikutnya harus dievaluasi kembali target tersebut.

3. Achievable (Bisa dicapai)

Setiap blogger boleh-boleh aja memasang target setinggi langit. Namun satu hal perlu diingat adalah goal plan itu haruslah bisa dicapai.

4. Reasonable (Alasan Kuat.)

Akan lebih baik jika goal plan memiliki alasan yang kuat dibalik tercapainya sebuah goal.

5. Time Limit (Berbatas Waktu)

Meski kita membuat target dalam kurun waktu tahunan, bukan berarti kita boleh abai. Kita harus juga memikirkan target waktu pencapaian.

B.3 Contoh Goal Plan 2022


Ini merupakan contoh goal plan secara sederhana, bisa di buat berdasarkan manajemen waktu dan target yang ingin dicapai.

  
Goal Plan

C. Peluang Job Blogger


Sebenarnya ada banyak sekali peluang job blogger dihadapan kita, tinggal menunggu waktu saja untuk mendapatkannya. Berikut peluang job blogger yang bisa didapatkan diantaranya :
  
Peluang job blogger

C.1 Job Review


Job review
adalah pekerjaan mengulas kelebihan dan kekurangan suatu produk atau jasa. Ada yang berbayar cash money ada juga yang ditukar dengan produk. Tergantung kesepakatan kedua belah pihak diawal.

C.2 Content Placement


Content placement
adalah pekerjaan mereview suatu produk atau jasa juga seperti poin C.1, cuma bedanya artikel dan keyword sudah disediakan oleh klien, Blogger tinggal posting saja.

C.3 Google Adsense


Caranya, dengan mengajukan diri sebagai mitra dari google sebagai penayang iklan di blog kita. Dari situ Google akan memberikan kompensasi tergantung dari banyaknya iklan yang dilihat pengunjung.

C.4 Affiliate


Maksudnya blog kita berafiliasi dengan media-media ternama untuk memasang banner iklan di blog kita. Jika ada yang meng-klik layanan afiliasi ini, kita akan mendapatkan bayaran tiap kali ada yang mengklik kode tersebut.

C.5 Menyewakan Banner


Maksudnya kita bisa menyewakan sedikit lapak dalam blog kita untuk dipasangi banner iklan. Maka, penyewa aka membayar sesuai tarif yang disepakati antara blogger dan klien. Besaran tarif sangat beragam, tergantung dari besarnya banner dan lamanya banner dipasang. 

C.6 Mengikuti Lomba Blog


Meski peluang menangnya juga sangat kecil, namun lomba blog sangat bisa juga untuk mendapat penghasilan lewat blog. Jika menang akan mendapatkan hadiah tentunya, jika belum menang maka akan menambah jam terbang dalam menulis.

Nah itulah bahasan terakhir tentang manfaat content plan dan peluang job blogger yang dibahas dalam materi pamungkas Kamis kemarin. Ada yang sudah pernah mendapatkan membuat blog content plan? Atau yang pernah mendapat peluang job blogger? Sharing di kolom komentar ya.


Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

15 comments

  1. Mantap mom satu ini. Go Blogger profesional ya mbak. Btw, aku menanti artikel yg lolos google adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaapp mba, insya Allah.. Ngumpulin energi dulu hihi

      Delete
  2. Lengkap, singkat, daging semua isinya, :D. Mom, aku menunggu konten tanggal 31 hihi.. terima kasih sudah memberi insight Mom Yunita :D

    ReplyDelete
  3. Metode smart tuh emang jitu ya buat bkin plan, termasuk blog plan atau content plan

    ReplyDelete
  4. Seperti biasa, tulisan mom's queen selalu terstruktur.

    ReplyDelete
  5. Huhu sedih ya moms queen bentar lagi selesai semoga lolos odopnya 😢
    Eh aku tunggu artikel mengatur mood bumil d TM 3 ya hahaha oas banget nih

    ReplyDelete
  6. Hahahaha pejuang job ..
    Ih mom queen bisa busung dada nih sebab emang udah keren.

    Aku suka nih tips bikin goals bakal aku praktikin. Refresh refresh membaca tulisan mom queen nih. Dulu jaman kuliah pernah dapat cara bikin goals eh udah emak2 jadi nguap hihi

    ReplyDelete
  7. mantab, padet dan detail!
    semoga goal plannya tercapai ya, mb..
    btw ak nungguin artikel tgl 3 hehe

    ReplyDelete
  8. Jadi menunggu tulisan pengalaman lolos google adsense nih, mb.⁷⁷

    ReplyDelete
  9. Aaark, pengen juga dapet peluang job. Aku nungguin artikel tanggal 31, Mommm. Semangat capai goalnya yaak.

    ReplyDelete
  10. Weekly plannya bagus ih, ditulis lengkap. Aku jadi pingjn bikin lengkap juga yang weekly ;)

    Semoga lancar goalsnya semua ya mba ;)

    ReplyDelete
  11. Suka banget baca tulisannya Maminca. Ngaliiirrr. Moga tercapai semua traget ya mbaak.

    ReplyDelete
  12. Masya Allah.. ku selalu kagum ini sama mom satu ini...
    Dg 3 balita di rumah tapi produktif bangeet...
    Mbaak...ajarin aku..hehe

    ReplyDelete

Post a Comment