header maminca sharing

Google Analytics : Pengertian, Fungsi dan Cara Memasang

Konten [Tampil]

Google analytics adalah senjata (tools) wajib bagi pemilik website atau blog untuk melihat sejauh mana performa sebuah website atau blog yang dimiliki. Dulu, karena kurangnya informasi tentang fungsi google analytics ini membuat mom Queen terkesan cuek saat memasang google analytics ini.

Di awal membangun blog Maminca Sharing ini, mom Queen kurang begitu paham akan fungsi detail dari fitur unggulan google ini. Taunya bahwa google analytics hanya berfungsi untuk mengecek jumlah pengunjung blog saja. Oh ternyata google analytics tidak sesimpel itu Guys!

Ada segudang manfaat yang bisa kita lihat dari pemanfaatan fitur google ini. Jadi dulu, awal memasang google analytics ini modal belajar dari tutorial bebas youtube dan website gitu.

Maklum, kan awal ngeblog medio April 2020 cuma sebagai syarat tugas akhir kelulusan online course hehe. Jadi cara memasang google analytics pun ngasal, yang penting sudah ada. Ternyata eh ternyata, google analytics yang dipasang tidak dapat bekerja dengan baik. Alhasil reports yang seharusnya bisa didapat dari si google analytics malah tidak terlacak. Walah! Untungnya sekarang mom Queen mengikuti kelas Blogspedia for Newbie jadi kembali diajari oleh coach Marita tentang pengertian, fungsi dan cara memasang Google Analytics ini.
   
title

A. Pengertian dan Fungsi Google Analytics


Google analytics adalah sebuah tool dari google yang berfungsi untuk memantau traffic serta karakteristik pengunjung suatu website maupun blog dengan lebih detail. Tool yang wajib dimiliki oleh pemilik website ini memiliki banyak manfaat yang bisa kita kulik dari setiap menu-menu yang ada.

Jika dilihat dari kelengkapan dan fungsi fitur di dalamnya, menurut mom Queen fungsi google analytics antara lain :

1. Mengetahui jumlah pengunjung (page view) blog dengan lebih akurat, bahkan bisa terlacak secara real time.

2. Melihat siapa saja pembaca blog kita, halaman mana yang sedang dibaca hingga artikel mana yang paling banyak dikunjungi oleh pembaca.

3. Menganalisa niche blog kita sudah sesuai target market atau belum.

4. Mengukur ketepatan dari penerapan SEO On page maupun SEO Off page suatu blog.

5. Sebagai bahan atau pengembangan ide tulisan yang bisa mendulang page view.


A.1 Perbedaan Perhitungan Google Analytics Vs Dashboard Blogger


Di awal memasang google analytics mom Queen kurang teliti, hingga ada step yang terlewati. Sehingga laporan jumlah pengunjung tidak tampil di dalam akun google analytics. Karena, mom Queen fokus ngeblog adalah membuat konten tulisan jadi ga terlalu fokus ngurusin si 'GA' ini. Jadi kalau mau melihat page view, mom Queen hanya mengandalkan page view dari dashboard blogger.
  
perbedaan perhitungan GA vs dashboard


Padahal menurut coach Marita, cara perhitungan keduanya itu berbeda lho. Perhitungan jumlah page view lebih disarankan menggunakan google analytics, karena lebih lengkap dan lebih akurat. Beberapa klien pengguna jasa blogger pun, kerap meminta hasil skrinsut page view dari google analytics ini. Meskipun ada juga yang 'nrimo' aja diserahin pageview dari dashboard hehe.


A.2 Cara Memasang Google Analytics


Saat ini google analytics terus melakukan pembaharuan terhadap toolnya ini. Jika dulu setahun lalu, mom Queen membuat Google Analytics propertinya hanya berupa UA-XXXX-X sekarang sudah ada tambahan properti versi terbaru yaitu GA4.

Sebenarnya GA4 ini bisa dibuat bersamaan dengan properti UA (Universal Analytics), tapi entah karena mom Queen kurang teliti atau lupa, sehingga dulu buat google analytics nya hanya satu properti UA saja tanpa ada properti si 'GA4' juga. Ya, untungnya kan, klien masih ada yang mau nerima view dashboard meski cuma beberapa saja hehe. Jadi perkara GA4 atau UA nya ga jalan ga jadi soal wkwk.

Eh tapi, semenjak diajarin coach Marita cara memasang google analytics 2021 ini sekarang mom Queen sudah berhasil memasang google analytics dengan versi GA4 dan UA sekaligus lho. Ternyata untuk memasang google analytics ini, lagi-lagi dibutuhkan kesabaran dan ketelitian Guys. Step by stepnya lebih baik dipahami dulu, jangan buru-buru pindah ke langkah berikutnya jika belum paham benar. Salah-salah nanti kejadian kayak mom Queen yang laporan performa blognya ga muncul di google analytics. Hmm sayang kan, banyak peluang mendulang cuan akan lepas deh wkwk. Cus lah pasang google analytics di blog kamu ya, agar tujuan ngeblognya makin pro!


B. Istilah-Istilah Dalam Google Analytics

 
istilah google analytics

B.1. Home


Pada bagian Home ini berisi ringkasan laporan tentang berapa jumlah pengunjung blog. Session/sesi adalah istilah yang mengacu kepada berapa sesi blog kita di akses. Oh ya, akan ada juga istilah Bounce Rate atau sesi pantulan, yaitu perilaku pengunjung yang membuka suatu website dan langsung check out sesaat setelah website atau blog terbuka.


B.2. Customization


Bagian customization ini untuk membuat laporan kostumisasi, sesuai kebutuhan kita. Misalnya kita ingin melihat pengunjung tiap halaman tertentu saja dan semisal. tidak banyak yang dijelaskan oleh coach Marita perihal menu yang satu ini, intinya untuk membuat laporan yang customized gitu deh.


B. 3. Reports/Laporan

B.3.1 Real Time

Pada bagian report/laporan terdapat menu Realtime. Pada menu Real time juga terdapat Overview (ringkasan) yang berisi laporan waktu terkini tentang jumlah pengunjung blog kita, media pengaksesan menggunakan desktop atau gadget, halaman apa yang dibuka dan sebagainya.


B.3.2 Audience


Pada bagian Audience ini kita bisa melihat ada sub menu yaitu demographics /demografi yang bertujuan mengetahui jumlah pengunjung blog berada pada rentang usia berapa (age), mengetahui jumlah persentase pengunjung laki-laki berapa dan perempuan berapa (gender).

Pemanfaatan lain untuk menu audience ini adalah untuk menganalisa niche suatu website/blog. Dari hasil laporan di menu audience ini, kita bisa mengetahui apakah pengunjung yang membuka blog kita sudah sesuai dengan target market niche atau belum.


B.3.3 Acquisition/Akuisisi


Di menu ini kita bisa melihat data terkait traffic blog berasal dari pengunjung 'direct', 'social media' ataupun dari 'organic search mesin pencari'. Pengunjung yang termasuk kedalam kategori direct ini adalah seperti saat kita memberikan link artikel langsung kepada orang lain untuk menuju ke halaman blog kita. Sedangkan dari social maksudnya dari link yang sering kita bagikan di media sosial. Dari menu ini lah kita bisa melihat sejauh mana performa SEO On page dan SEO Off Page yang sudah kita terapkan bekerja atau tidak.


B.3.4 Behavior


Pada menu Behavior ini kita bisa melihat kecepatan loading tiap halaman, kunjungan tiap halaman dan sebagainya. Disini juga kita mengetahui jumlah pengunjung halaman tertentu. Jika kita sudah memasang google adsense, kita bisa membuka laporan google adsense di menu ini. Tapi dengan catatan, akun google analytics kita sudah dikonfigurasikan dengan akun google adsense ya. Mom Queen belum nyobain nih cara mengkonfigurasi akun GA dengan adsense, ada yang pernah nyobain ga?


B.3.5 Conversion


Nah, di bagian Conversion ini dapat memberikan informasi tentang pencapaian goal sebuah website atau blog. Namun sebelumnya, kita harus membuat goal dulu di akun google analytics melalui menu Admin. Namun mom Queen belum pernah mencoba membuat goal sih hehe. Jika belum membuat goal, maka menu Conversion tidak memberikan informasi apapun.


B.3.6 Admin


Menu Admin berfungsi untuk pengaturan dan konfigurasi akun google analytics. Seperti google ads, Google Adsense, Google Search Console, maupun juga untuk membuat goal.

Nah sekarang, kamu sudah tahu kan tentang pengertian, fungsi dan cara memasang google analytics, beserta istilah-istilahnya. Betapa banyak fungsi dari toolsnya google ini, maka sayang banget jika tidak dimanfaatkan. So, segera yuk pasang Google Analytics  sekarang!


Salam,

Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

17 comments

  1. Tim gercep ini mah.keren momqueen..tampaknya dah jalan pro nya ya.

    Wah aku aja masih muter2 ini momquuen. Masih mencoba memcerna istilah2 asing 😖

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beneerrr... Ini kudu bgt kita paham Istilah-istilah ini. Secara emak-emak kan akrabnya ma cabe bawang eh ini isitilah GA, aku sehariaan puyeeeng dah wkwk

      Delete
  2. yeay! sudah terpasang juga mb.. tinggal nunggu hasilnya nih, penasaran juga gimana cara bacanya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeiyyy... Iyak alhamdulillah. Tgu hari kamis hihi.

      Delete
  3. MbaknYuni ini bukan selangkah didepan Bunda... Tapi 10 langkah..
    Mantap banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. What?? 10 langkahku=1/2 langkah Bunda.
      Sungkem sama Bunda!

      Delete
  4. Btw, aku malah bersyukur saat client disodorin PV dasboard dan mau :') bersyukur bgt wkwkwkwk.

    Aku belum menuliskan detail isi Google Analytics nih. Baca artikel ini jadi pingin bikin jabarannya.

    Keren ah dirimu tim gercep nomero uno mba :) wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Bukan GA yg kutanyakan mbak, itu management waktunya bagaimana dg 3 krucil...ada pengasuhnya nggak sih mbak ?....mf, komennya melenceng....jempol dah, aku malah blm detail banget klo disuruh mengulas apa aja di dlm GA.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh collabs ama suami aja mba, kami bagi tugas gitu hahaha
      Kalo ga gitu, ya bs bubaar kita wkwk. Alhamdulillah aku punya waktu metime dan menyusui itulah buat ngeblog. Duh panjang bahasan ini mba. Ada di artikel sebelum ini. Ttg kreatif, inovatif dan produktif ditengah pandemi itulah.

      Delete
  6. wkw..tiap liat kata cuan, langsung aja ketemu :D
    Semoga dengan pasang GA makin cuan ya Mom :D

    ReplyDelete
  7. Masya Allah mbak..lengkap banget mah.. Aku baru tau istilah2 ini..tim cupuees banget..huhu
    Makasih sharingnya..
    Selalu keren tulisannya...😍

    ReplyDelete
  8. Ternyata google analytics itu tools wajib blogger banget ya mba wkwkwk
    Inget banget dulu ga tau buat apa terus masangnya asal aja 😂

    ReplyDelete
  9. Sekrang udah selangkah lebih maju, dan lebih siap menjadi blogger pro ya mb. Semangat bersama

    ReplyDelete
  10. Aku pun sempet tertipu dlu suka pake menu di dashboard krna jumlahnya lebih banyak, pdahal ga akurat ya... >.<

    ReplyDelete
  11. Selama ini cuma ngecek di dashboard statistik blog aja , rupanya ada yg lebih keren dan komplit dari itu. Mksh mbak artiklenya suppppeeeer

    ReplyDelete
  12. Aku malah baru tahu GA ini pas ikut Blogspedia coaching... Kerennn deh mom queen 👍

    ReplyDelete

Post a Comment