header maminca sharing

4 Hal Penting Dalam Persiapan MPASI Bayi 6 bulan

Konten [Tampil]

Moms, saat anak memasuki usia 6 bulan artinya kita siap memasuki fase baru kehidupannya. Disinilah adanya fase bayi mulai mengenal makanan padat pertamanya, makanan pendamping ASI (MPASI). Bagi mom Queen yang memiliki anak di usia ini, mempersiapkan menu MPASI adalah 6 bulan sama deg-degan nya seperti sedang mempersiapkan kelahiran sang bayi. Ada yang samaan? 

Apalagi jika menyusui ASI eksklusif, pada masa menjelang MPASI, bayi akan semakin kuat menyusu sebanding dengan banyaknya aktivitas bayi. Mom Queen yang memberikan ASI Eksklusif pada baby Uwais, sangat merasakan perbedaan frekuensi menyusu di usia ini. Boleh dibilang inilah masa-masa terberat dalam perjalanan menyusui.  

Dimana pada waktu menjelang usia 6 bulan ini, bayi akan semakin aktif dengan segala milestone yang sudah dicapainya. Pada usia ini, bayi sudah mulai bergerak kesana kemari, kemampuannya membolak-balik badan semakin terlatih, merangkak kesana kemari, bahkan sudah bisa duduk. Terus apa lagi? Kita lihat yuk milestone perkembangan bayi 6 bulan. 

Perkembangan Bayi 6 Bulan, Sudah Bisa Apa? 

Tepat pada tanggal 28 Agustus kemarin, anak ketiga mom Queen berusia 6 bulan. Di usia 6 bulan ini, sudah banyak perkembangan yang terjadi didalam dirinya.

Satu persatu kepandaiannya dalam menggerakkan tubuh sudah mulai mahir. Sudah tidak ada lagi bayangan kondisi bayi baru lahir yang ringkih itu. Setiap saat baby Uwais sudah berguling-guling dan merangkak kesana kemari. 

  

4 Hal Penting Dalam Persiapan MPASI Bayi 6 bulan

Apa saja perkembangan bayi 6 bulan? Apa yang bisa dilakukannya? Yuk kita simak. 

Pada usia 6 bulan ini, bayi moms sudah memiliki banyak sekali kemampuan, antara lain:

☑️ Telungkup dengan mapan

Saat berada pada posisi ini bayi 6 bulan akan menahan tubuhnya dengan tangan dan dada. Bagian kepala juga sudah tegak dengan sempurna, artinya bayi mampu mengangkat kepalanya sendiri. Saat ini juga bayi 6 bulan sudah mahir menggulingkan tubuhnya.

☑️ Mampu merangkak dengan cepat

Layaknya seekor katak yang hendak menangkap mangsa, baby Uwais merangkak dengan cepat sambil membusungkan dadanya. Mom Queen yang melihat, rasanya ngilu sendiri. Sebab dia melompat dengan menggunakan kaki sebagai tumpuan, sedangkan dada sebagai landasannya. 

☑️ Mampu duduk sendiri

Meski kadang masih oleng, bayi usia 6 bulan sudah mampu duduk sendiri. Bayi juga sudah bisa mengubah posisi dari tiduran langsung ke posisi duduk, dan dari berdiri ke posisi duduk. 

☑️ Dari segi bahasa 

Dari segi bahasa bayi 6 bulan sudah bisa mengoceh sendiri mengeluarkan kata 'oooh... ' atau 'aaah...' 

☑️ Tertawa lebar ketika melihat wajah orang yang dikenal. 

Ini adalah momen terindah pada milestone bayi usia 6 bulan. Senyumnya yang manis, akan membuat moms semakin gemas pada bayi usia ini. Bayi pun akan merespon senyuman dari orang yang dikenalnya. 

☑️ Sudah mengenali wajah orang terdekatnya

Nah susahnya jika bayi hanya mengenal wajah ayah ibunya saja. Maka dia akan menangis ketika wajah yang dikenalnya tidak berada didekatnya.

☑️ Dari segi motorik.

Bayi sudah mampu memegang benda-benda seukuran tanggannya. Dan saat melihat benda bergerak, bayi 6 bulan ini akan berusaha menjangkaunya. Milestone bayi 6 bulan lainnya yaitu gemar menyatukan kedua tangannya dan memasukkannya ke mulut. 

☑️ Mulai tertarik dengan makanan orang dewasa dan ingin meraihnya.

Itu tandanya bayi ini sudah bisa mengkonsumsi makanan pendamping ASI. 

Persiapan MPASI Bayi 6 Bulan

Selain milestone bayi 6 bulan yang super duper aktif, ada persiapan yang tak kalah heboh dalam mempersiapkan makanan pendamping ASI pada bayi. 

 

persiapan MPASI

Apa Saja Persiapan MPASI Bayi 6 Bulan ? Yuk kita cek list

Dikutip dari UNICEF, pada usia 6 bulan ini bayi masih belajar caranya mengunyah dan menelan makanan. Maka dari itu Moms, MPASI bayi 6 bulan itu hendaknya bertekstur halus dan mudah ditelan.

Terus apa lagi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan MPASI Bayi 6 bulan, lanjut yuk. 

1. Cek Kesiapan Bayi

Indikatornya

☑️ kepala bayi sudah bisa tegak dan 

Hal yang perlu diperhatikan adalah kemampuan bayi untuk menegakkan lehernya. Hal ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan bayi merespon makanan padat dan menelannya. 

☑️ ada keinginan tinggi dari bayi untuk makan. Kadang ditandai dengan keinginan bayi untuk merebut makanan yang sedang dimakan ibunya. 

☑️ Sering memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. 

☑️ Bayi langsung membuka mulut ketika ditawarkan makanan 

Moms pernah mengalami hal ini? Jika iya, artinya bayi kita sudah siap untuk memulai perjalanan makanan MPASI. 

2. Kesiapan Orang tua

Waktunya moms memberi nutrisi dari leher ke atas ya. Moms bisa membaca-baca rujukan buku MPASI, baik tentang resep makanan, tata cara MPASI hingga pengetahuan seputar MPASI. MPASI bukan cuma sekadar cerita memberi makan anak, akan ada banyak drama dan air mata disana, jika tidak disiapkan dengan matang akan ada namanya perasaan insecure pada moms. So, bekali diri dengan ilmunya agar selama proses MPASI ga bikin panik moms! 

3. Cek Perlengkapan Makan

Persiapan makan yang perlu dipersiapkan ulai dari 

☑️ Peralatan makan, dunia piring, sendok, mangkuk, cangkir, dan perlengkapan membuat MPASI halus.

☑️ Celemek makan juga harus dipersiapkan

☑️ Kursi makan ( high chair), ini penting guna membiasakan anak makan/minuk duduk. Mom Queen anti banget kalau memberi makan bayi sambil jalan-jalan keliling komplek. Adab makan itu dimulai dari MPASI ini. 

4. Ajarkan Adab Makan dan Minum

Mom Queen sudah membiasakan anak-anak untuk makan sambil duduk. Makanya ceklist high chair menjadi item must have dalam persiapan MPASI bayi 6 bulan. 

☑️ Makan/minum harus duduk

Mengajarkan kembali adab makan/minum harus duduk. Bagaimana jika bayinya belum bisa duduk dengan sempurna? Bisa menggunakan bantal untuk menopang bayi. 

Apalagi jika sekarang ini banyak sekali bantal penyangga bayi dijual di marketplace. Jika bayi 6 bulan belum mau duduk bagaimana? berarti harus dipangku dulu ya Moms.

☑️ Membaca Doa sebelum dan sesudah makan

☑️ Minum dengan 3x tegukan, sambil membaca basmalah. Tapi kan belum bisa? Ga masalah, kita bisa sounding sambil memberi contoh. Kembalikan ke tuntunan Islam dalam mendidik anak. 

Itulah 4 Hal Penting Dalam Persiapan MPASI Bayi 6 bulan ala mom Queen. Persiapan selanjutnya adalah Resep dan takaran makan MPASI bayi 6 bulan . Semoga bermanfaat. 

Salam, 

Mom Queen 


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

6 comments

  1. Noice info, mb. Manfaat banget bagi para orang tua. Moms dan bapak2 kudu ngeh juga masalah ini. Biar tahu juga perkembangan baby

    ReplyDelete
  2. Anak ke berapapun, tetep deg-degan kalau mau MPASI ya, padahal kakaknya udah pernah melewati fase itu hihi, aku juga ngerasain. Dan ternyata drama nya juga beda antara kakak dan adiknya. Semoga dedek Uwais lahap makan terus ya, Naak

    ReplyDelete
  3. Wah, para ibu yg mau mpasi wajib baca ini nih. Makasih sharenya momqueen..

    ReplyDelete
  4. Setuju pisan kalau menerapkan adab itu harus sejak dini, biar langsung terekam ...
    Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  5. Bunda jadi membayangkan baby Uwais berguling-guling dan merangkak kesana kemari, lucu... egal egol gak?

    ReplyDelete
  6. Keren momqueen .. aku di anak pertama serius lho sampai hampir panik lah saat anak mau mpasi. Nah pas anak kedua slowdown baby wah aku merasa santuy amat nih.

    Momqueen istiqomah keren..aku gak nyediain chair. Karena anak2 lebih suka lesehan mirip emak bapak nya maem bareng2 gtu

    ReplyDelete

Post a Comment